Terima Kasih untuk Berbagi

PENDERITA diabetes perlu sering mengonsumsi buah. Tentu saja, buah yang aman untuk mereka. Anda perlu memilih buah untuk penderita diabetes yang tentu saja tidak membuat gula darah Anda naik.

Pertanyaannya adalah buah apa saja yang terbaik untuk mereka? Syukur, buah yang akan Anda konsumsi nantinya bisa ikut mengendalikan diabetes Anda. Atau bahkan ikut menurunkan gula darah dengan cepat.

Meskipun banyak buah terasa manis, tetapi itu tidak akan menaikkan kadar gula Anda. Sebab, rasa manis pada buah adalah gula alami dan indeks glikemiknya rendah. Indeks glikemik adalah indikator tentang kecepatan makanan yang Anda konsumsi mempengaruhi kadar gula darah.

Buah bisa dikonsumsi langsung setelah dicuci dan dikupas kulitnya atau dibuat jus. Yaitu, jus buah untuk menurunkan diabetes.

Berikut ini adalah daftar 13 buah yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes:

1. Buah Apel untuk Penderita Diabetes

Buah apel sangat baik untuk Anda konsumsi. Buah ini bisa ikut mengendalikan diabetes Anda dengan mengurangi kadar gula dalam darah (glukosa) karena kandungan indesk glikemiknya rendah.

Selain itu, buah apel mengandung serat larut pektin yang juga bisa mengendalikan gula darah dan fungsi usus. Ditambah punya kandungan zat antinflamasi yang membantu meningkatkan kesehatan Anda.

2. Buah Pisang Menurunkan Gula Darah

Kandungan glikemik pada pisang juga rendah sehingga bisa ikut menurunkan gula darah Anda. Selain itu pisang bisa mengontrol tekanan darah dan di sisi lain bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat.

buah untuk penderita diabetes
buah penurun diabetes (foto:violetflame-merkaba.com)

3. Mangga Menurunkan Diabetes

Dengan kandungan polifenol, buah mangga juga bisa menurunkan gula darah Anda. Tidak hanya itu. Mangga juga mengandung vitamin A, C, B6 dan serat yang sangat baik untuk penderita diabetes. Kandungan oksidan bisa meningkatkan sistem metabolisme tubuh sehingga bisa lebih sehat.

4. Buah Kiwi Menurunkan Kadar Gula Darah

Jika Anda suka buah kiwi, itu adalah pilihan tepat. Kiwi mengandung insitol yang bisa mengontrol kadar gula darah, meningkatkan penyerapan gula darah oleh insulin dan mengurangi kadar gula dalam darah.

Di sisi lain, fruktosa dan serat dalam buah kiwi mudah diserap oleh tubuh. Dengan itu, konsumsi buah kiwi bisa menunkan kadar gula darah. Ini berarti konsumsi kiwi tidak akan meningkatkan diabetes Anda. Kiwi juga bisa membantu penyembuhan diabetes karena kandungan vitamin A dan C.

5. Nanas Membantu Penyembuhan Diabetes

Buah nanas juga sangat baik Anda konsumsi. Sebab, buah nanas mengandung karbohidrat, vitamin C, dan kalsium yang bermanfaat bagi kesehatan penderita diabetes. Apalagi, nanas tidak mengandung kolesterol, lemak, dan lemak jenuh. Mengonsumsi nanas justru membantu penyembuhan diabetes.

6. Jambu Biji

Jambu biji juga sangat baik untuk Anda konsumsi. Jambu biji mampu menurunkan gula darah sudah lama dikenal. Khasiat jambu biji cukup banyak untuk kesehatan.

Dari penelitian mahasiswa Program Studi Keperawatan STIKes Umitra Lampung, di Bandarlampung belum lama ini menunjukkan bahwa konsumsi buah jambu biji bisa menurunkan gula darah penderita diabetes.

Ada 33 penderita diabetes yang ditelitinya. Dengan kandungan antioksidan, konsumsi buah jambu bisa mengurangi kerusakan oksidatif pada penderita diabetes.

Baca: Kenali 23 Gejala Penyakit Diabetes biat Anda Bebas dari Diabetes

7. Belimbing Buah untuk Penderita Diabetes

Buah belimbing kaya akan serat larut yang bisa menyerap glukosa, menghentikan disfungsi glukosa, dan memperlambat pelepasan glukosa. Hasilnya, konsumsi belimbing bisa menurunkan kadar gula darah sehingga diabetes bisa diturunkan.

8. Buah Naga

Anda juga bisa mengonsumsi buah naga untuk menurunkan diabetes. Kandungan gula dalam buah naga sangat rendah. Selain itu, buah naga mampu memberikan nutrisi yang dibutuhkan penderita diabetes. Anda tidak perlu khawatir dengan rasa manis buah naga. Manis alami dalam buah, termasuk buah naga, tak berpengaruh negatif pada diabetes Anda.

9. Melon Mampu Menurunkan Gula Darah

Melon termasuk buah yang sangat bagus untuk dikonsumsi penderita diabetes. Melon mengandung kalium, zat tembaga, vitamin B dan C. Kalium mampu menurunkan darah tinggi yang bisa menyebabkan resistensi insulin.

Zat tembaga bisa memperbaiki sel-sel jaringan pada pankreas. Sementara, pankreas berfungsi memenuhi kebutuhan insulin untuk membawa gula darah ke sel-sel untuk diubah menjadi energi.

10. Kulit Semangka Warna Kuning

Kulit semangka juga sangat bagus Anda konsumsi utuk menurunkan kadar gula darah Anda. Kulit semangka dengan kandungannya citrulline bisa menghasilkan nitrit oksida. Nah, nitrit oksida inilah yang bisa menurunkan gula darah dan trigliserida.

Kadar citrulline semangka berdaging kuning lebih tinggi dibandingkan dengan semangka berdaging merah. Kadar citrulline semangka berdaging kuning adalah 28m5 g, semangka warna jingga 14,2 g dan semanga warna merah 7,4 g.

Sementara, kadar citrulline daging semangka adalah 16,7. Atau lebih lebih rendah dibandingkan dengan semangka warna kuning.

Jadi, jika Anda mengonsumsi semangka tidak hanya dagingnya yang segar dan manis. Tetapi, juga konsumsi daging kulit warna putih, karena khasiatnya lebih besar untuk pengobatan, termasuk menurunkan gula darah.

11. Anggur

Anda juga bisa mengonsumsi anggur untuk menurunkan gula darah atau diabetes. Anggur mengandung fruktosa, serat, beta karoten, vitamin, antioksidan, kalium dan polifenol.

Kandungan fruktosa dalam buah anggur bisa menyerap glukosa atau gula darah dengan cepat. Sementara, kandungan beta karoten, vitamin, antioksidan, polifenol dan kalium bisa memperlambat pertumbuhan kanker tipe 1.

Selain itu, buah anggur bisa mengurangi tekanan darah dan mencegah resistensi unsulin pada penderita diabetes tpe 2.

12. Pir Menurunkan Diabetes dan Kolesterol

Buah pir juga bisa Anda manfaatkan untuk menurunkan penyakit diabetes. Buah ini mengandung antosianin dan antioksidan. Keduanya bisa mengurangi resistensi insulin pada penderita diabetes.

Studi di Universitas Harvard menyimpulkan mereka yang mengonsumsi banyak buah pir sangat kecil kemungkinan kena diabetes. Buah yang kaya serat juga bisa membantu penurunan kolesterol dan kelancaran sistem metabolisme dalam tubuh.

13. Pepaya

Pepaya juga merupakan buah yang merakyat. Maksudnya, semua orang dari kelas apa pun bisa menikmati pepaya. Buahnya segar dan manis, ditambah harganya murah.

Buah pepaya sangat bagus dikonsumsi penderita diabetes. Biarpun buahnya manis, tetapi pepaya kandungan gulanya rendah. Pepaya mengandung antioksidan yang bisa mencegah kerusakan pada sel-sel tubuh.

Pepaya tinggi serat. Oleh karena itu, penderita diabetes sangat baik mengonsumsi pepaya tiap hari.

Ya, sesungguhnya masih banyak buah untuk penderita diabetes atau sakit kencing manis. Tetapi, dengan 13 buah tersebut, Anda telah memiliki banyak pilihan. Anda pilih buah mana yang Anda sukai untuk menurunkan gula darah atau diabetes Anda.

Tentu saja, Anda bisa membuat variasi buah yang akan Anda konsumsi. Misalnya, dua hari semangka, dua hari lagi pir atau buah naga, dsb.

Yang terpenting lakukan terus menerus tanpa henti. Ketika gula darah Anda sudah normal pun, Anda tetap mengonsumsi buah penurun diabetes. Walaupun tidak setiap hari seperti ketika gula darah naik dan diabetes kambuh.

Buah-buah tersebut bisa dikonsumsi langsung atau dibuat jus. Jika dibuat jus harus tanpa gula ataupun susu. Sebab, konsumsi gula dan susu hanya akan menambah kadar gula dalam darah Anda. Berarti penyakit diebetes Anda akan bertambah berat.

Satu-satunya buah yang harus Anda hindari adalah buah alpukat. Sebab, alpukat mengandung banyak lemak.

Baca: 35 Makanan Penurun Diabetes, Anda Perlu Mengonsumsinya

Hindari Mengonsumsi Buah Kalengan

Untuk menjaga agar kadar gula darah Anda tidak naik dan diabetes tidak kambuh, Anda sebaiknya menghindari konsumsi buah kalengan. Sebab, buah kalengan mengandung banyak gula dan bahan pengawet. Tentu saja, mengonsumsi banyak gula hanya akan menambah sakit diabetes Anda.

Jadi, buah kalengan merupakan salah satu pantangan makanan bagi penderita diabetes. Setidaknya ada 24 makanan pantangan yang harus dihindari oleh penderita diabetes.

Demikian artikel mengenai buah untuk penderita terbaik. Artinya, buah-buah dalam daftar di  atas adalah sangat baik Anda konsumsi karena menurunkan diabetes Anda. Atau bisa mencegah sakit Anda.

Semoga Anda bisa terbebas dari deraan penyakit diabetes atau kencing manis.