Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Alami dengan Mudah

Diposting pada
Terima Kasih untuk Berbagi

CARA membersihkan karang gigi secara alami. Siapa pun pasti tidak ingin ada banyak karang gigi di mulutnya. Karang gigi tidak hanya membuat kondisi gigi buruk dan munculnya bau mulut tidak sedap, tetapi juga bisa menyebabkan terjadinya penyakit. Baik penyakit berkaitan dengan kondisi gigi atau penyakit lain seperti penyakit jantung.

Sayangnya, banyak orang yang kurang memperhatikan kesehatan gigi mereka. Misalnya tidak menyikat gigi dengan teratur. Tidak membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi hingga tuntas, dsb.

Akibatnya, muncullah karang gigi, yakni plak pada gigi yang mengeras. Karang gigi dalam bahasa medis disebut kalkulus gigi. Kondisi plak atau karang gigi untuk tiap orang berbeda. Ada yang dalam kondisi ringan, sedang atau berat yang mampu membuat beberapa gigi rusak.

Penyebab Terjadinya Karang Gigi

Banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya karang gigi. Anda sebaiknya berusaha menghindari faktor-faktor tersebut sehingga gigi Anda selalu sehat. Bersih dari plak dan karang gigi yang menumpuk.

Penyebab terjadinya karang gigi antara lain:

1. Jarang menyikat gigi atau membersihkan mulut setelah makan bisa menjadi penyebab karang gigi.

2. Bercampurnya sisa makanan yang tidak dibersihkan dengan bakteri-bakteri di mulut. Percampuran keduanya membuat terjadinya plak di gigi.

cara membersihkan karang gigi secara alami

membersihkan sisa makanan di sela gigi dengan benang (foto:ashevro.ru)

3. Plak yang tidak dibersihkan akhirnya mengeras menjadi karang gigi. Tentu saja, karang gigi tidak bisa dibersihkan hanya dengan menggunakan sikat gigi.

4. Penyebab karang gigi lainnya adalah cara menyikat gigi yang salah. Artinya, cara menyikat gigi tidak bisa menghilangkan sisa-sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi. Cara menyikat gigi yang bisa menghilangkan sisa makanan di sela-sela gigi adalah dengan membuat sikat gigi naik turun. Bukan ke kanan ke kiri.

5. Makanan yang mengandung gula dan tepung yang tinggi juga bisa menyebabkan terjadi plak di gigi dengan cepat. Demikian pula minuman kopi, minuman teh dan merokok. Juga bisa menjadi penyebab terjadinya plak dan karang gigi.

Itulah beberapa penyebab karang gigi yang harus Anda perhatikan. Coba cek. Pada gigi Anda sering terjadi adanya plak? Atau, bahkan sudah terjadi adanya karang gigi?

Jika ya, coba bersihkan sampai tuntas. Jika tidak dibersihkan, bisa menimbulkan beberapa risiko sakit. Misalnya, terjadi radang gusi (gingivitis), gigi tanggal, dan terjadinya penyakit jantung atau stroke.

Daftar 6 Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Alami

Banyak cara untuk menghilangkan karang gigi. Jika Anda punya dana, Anda bisa membersihkan karang gigi ke dokter gigi. Tetapi jika tidak punya dana cukup atau Anda bisa membersihkan sendiri, ya Anda tidak perlu ke dokter.

Lakukan cara membersihkan karang gigi secara alami. Yakni, cara yang mudah dan murah. Yang penting rajin melakukan sampai gigi Anda bebas dari karang gigi.

1. Rajin Menyikat Gigi Dua Kali Sehari

Cara terbaik untuk membersihkan karang gigi adalah dengan menyikat gigi dua kali atau tiga sehari. Minimal tiap menyikat gigi adalah 2 menit. Tujuannya supaya gigi Anda benar-benar bersih dari sisa-sisa makanan.

Selain itu, gunakan sikat gigi yang lembut dan mampu menjangkau bagian belakang gigi geraham. Bisa menjangkau semua sisa makanan di sela-sela gigi.

Gunakan pasta gigi yang mengandung fluroid atau tartar control. Ini akan mencegah terjadinya karang gigi. Atau menghilangkan karang gigi.

Anda juga bisa menggunakan benang untuk membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi. Caranya, benang dibentangkan di dimasukkan ke sela gigi dan ditarik ke kanan ke kiri.

2. Berkumur Menggunakan Mouth Wash

Anda sebaiknya berkumur dengan menggunakan obat kumur (mouth wash). Ini bukan sekarang berkumur. Tetapi, mouth wash ini mengandung antiseptik yang bisa membasmi kuman-kuman dalam mulit.

Tetapi, Anda juga bisa menggunakan mouth wash alami. Tidak usah beli di apotek. Tetapi membuat sendiri. Caranya berkumur dengan air yang telah diberi garam atau daun sirih.

3. Kurangi Makanan Minuman Manis

Batasi konsumsi minuman makanan rasa manis dan makanan dengan tepung. Sebab, kedua jenis makanan (gula dan tepung) itu bisa menjadi penyebab berkembangbiaknya bakteri dalam mulut.

4. Rajin Minum Air Putih

Minum air putih rutin setidaknya 8 gelas per hari juga bisa mencegah terjadinya plak dan karang gigi. Tentu saja, rutin minum air putih tiap hari sekaligus menyehatkan badan.

5. Rutin Mengonsumsi Sayur dan Buah

Rajin mengonsumsi buah dan sayur akan membuat produksi air liur dalam mulut cukup untuk mencegah terjadinya plak dan karang gigi. Buah apel dan melon sangat baik untuk dikonsumsi karena kandungan vitamin C tinggi.

Vitamin C efektif mencegah dan menghilangkan karang gigi. Selain itu, buah melon mengandung banyak serat yang bisa membantu terbentuknya air liur. Ada beberapa buah dan sayur yang kandungan vitamin C-nya tinggi dan baik untuk Anda konsumsi.

6. Hindari Merokok

Cara membersihkan karang gigi lainnya adalah jauhi merokok. Sebab, sering merokok juga bisa menyebabkan terjadinya karang gigi.

Kesimpulan

Demikian artikel mengenai Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Alami. Anda yang giginya telah banyak ditumbuhi plak, bahkan karang gigi, harus rajin melakukan pembersihan tanpa mengenal lelah. Maksunya, lakukan cara membersihkan karang gigi secara alami dengan terus-menerus sampai usaha Anda sukses.

Bagi yang belum, terutama Anda yang masih berusia muda, pembersihan gigi dan kemungkinan timbulnya plak dan karang gigi harus selalu dilakukan. Tujuannya supaya gigi Anda tetap sehat sampai usia lanjut. Gigi yang sehat juga menyebabkan mulut yang sehat dan Anda terhindar dari berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung dan stroke.