5 Cara Efektif Mencegah Diabetes pada Ibu Hamil

Diposting pada
Terima Kasih untuk Berbagi

HATI-HATI dengan penyakit diabetes, lebih-lebih bagi ibu hamil. Diabetes pada ibu hamil berisiko besar. Oleh karena itu, sebelum hamil sebaiknya Anda memastikan diri tak punya diabetes. Lakukan cara mencegah diabetes sehingga Anda hamil dalam kondisi sehat.

Menurut International Diabetes Federation, diabetes merupakan penyebab meninggal (pembunuh) ke-9 di dunia. Terbanyak penderitanya adalah kaum wanita. Paling rentan terkena diabetes adalah ibu hamil.

“Diabetes merupakan penyebab kematian ke-9 pada wanita di seluruh dunia. Kematian yang diakibatkan oleh penyakit diabetes mencapai 2,1 juta orang per tahun,” kata dr Roy Panusunan Sibarani, SpPD-KEMD, Spesialis Endokrin saat peringatan Hari Diabetes Sedunia – Wanita dan Diabetes di Pondok Indah, Jakarta, belum lama ini seperti dikutip oleh viva.co.id.

Untuk Indonesia, diperkirakan penderita sakit diabetes adalah 10,3 juta pada tahun 2017. Ini merupakan peringkat ke-6 dunia dari segi jumlah penderita. Dari angka itu diprediksi pada tahun 2045 penderita diabetes di Indonesia mencapau 16,7 juta orang. Dan, 53% di antaranya tidak terdiagnosa.

Tingginya angka penderita diabetes karena kurangnya kesadaran untuk menghindari penyakit diabetes atau kencing manis.

Selain itu, masyarakat tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang cara mencegah diabetes atau melindungi diri mereka dari penyakit diabetes.

Yang memprihatinkan, dari lima wanita yang menderita diabetes, dua di antaranya adalah mereka yang berusia produktif. Artinya, mereka masih berusia muda.

Baca: Cara Menyembuhkan Diabetes Melitus dengan 14  Tanaman Obat

diabetes pada ibu hamil
cek hehamilan (foto:blog.lakupon.com)

Mencegah Diabetes pada Ibu Hamil, Perbanyak Aktivitas Fisik

Tentu saja, data jumlah penderita diabetes yang cukup tinggi itu perlu mendapat perhatian kita semua. Ya saya, Anda dan semua penduduk Indonesia, terutama ibu hamil.

Mengapa ibu hamil? Karena 2 dari 5 wanita penderita diabetes adalah wanita yang sedang hamil. Diabetes pada ibu hamil atau diabetes gestasional perlu mendapatkan perhatian karena kondisi itu juga akan mempengaruhi kesehatan bayi yang dikandungnya.

Selain itu, dalam waktu 5 – 10 tahun setelah kelahiran, si ibu bisa terkena penyakit diabetes melitus. Angkanya mencapai 50%. Ini berarti 50% ibu hamil yang menderita diabetes, maka pada waktu 5 – 10 tahun mendatang bisa terkena penyakit diabetes melitus.

Jika sudah demikian, perawatan kesehatan penderita akan lebih sulit dan perlu biaya besar. Oleh karena itu, ibu hamil harus selalu menjaga kesehatan dirinya, selain kesehatan si calon bayi. Cara, ya mencegah diabetes.

Menurut Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan, Dr. Lily Sriwahyuni Sulistyowati, MM, cara mencegah penyakit diabetes lanjutan hingga diabetes tipe 2 adalah selama kehamilan sebaiknya Bunda tetap melakukan aktivitas fisik.

Tentu saja, bukan aktivitas fisik yang berat, melainkan aktivitas ringan yang tidak membahayakan.

Selain itu, sering periksa dokter. Setidaknya periksa 4 kali selama kehamilan. Dengan rajin periksa dokter, maka akan diketahui perkembangan kesehatan ibu hamil dan bayi yang dikandungnya.

Baca: 12 Obat Herbal Diabetes, Berbagai Khasiat dan Harganya

Atau melakukan pencegahan agar terhindar dari penyakit diabetes yang lebih berat di masa mendatang.

5 Cara Mencegah Penyakit Diabetes pada Ibu Hamil

Pertanyaan penting sekarang adalah bagaimana cara mencegah diabetes pada ibu hamil? Apa saja yang harus dilakukan? Anda juga perlu tahu 23 gejala penyakit diabetes sehingga Anda bisa cepat mengatasinya.

Ya, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya sakit diabetes selama mengandung atau hamil. Berikut ini beberapa cara mencegah diabetes yang bisa Bunda lakukan:

1. Pastikan Gula Darah Anda Normal

Sebelum hamil atau pada bulan-bulan awal Anda hamil, pastikan gula darah Anda normal. Caranya, ya periksa gula darah di laboratorium. Bisa di puskesmas, klinik kesehatan atau rumah sakit.

Jika Anda punya alat pengukur gula darah, Anda bisa cek sendiri berapa kadar gula darah Anda.
Jika ternyata hasilnya menunjukkan kadar gula darah Anda tinggi, segera turunkan.

Banyak cara bisa Anda lakukan untuk menurunkan kadar gula darah tinggi. Tujuannya untuk mencegah Anda terkena penyakit diabetes.

Punya gula darah tinggi selama kehamilan sangat berisiko. Bisa menyebabkan bayi lahir cacat atau Anda mengalami keguguran.

Gula darah normal adalah 70 – 100 mg/dl saat puasa (tidak makan 8 jam) dan 70 – 140 mg/dl diukur 2 jam setelah makan (tidak puasa).

2. Turunkan Berat Badan Anda jika Mengalami Kegemukan

Jika Anda memiliki berat badan yang tinggi atau di atas normal, Anda harus menurunkannya. Kegemukan bisa berpengaruh negatif bagi kesehatan Anda selama kehamilan.

Cara terbaik menurunkan berat badan adalah dengan memperbaiki pola makan. Hindari makanan yang bisa menyebabkan kegemukan. Selain itu, lakukan cara makan yang bisa menurunkan berat badan.

Misalnya dengan mengurangi porsi makanan. Lebih baik makan dengan porsi kecil (separoh dari porsi biasanya) 5 – 6 kali sehari daripada makan 3 kali tetapi dengan porsi besar. Porsi kecil membuat pencernaan akan mengolahnya dengan sempurna. Itu bisa membuat berat badan Anda turun.

Atau pilih jenis makanan yang tidak membat gemuk.

3. Mencegah Diabetes dengan Diet Sehat

Pilih makanan dan buah yang membuat Anda sehat dan tidak mengalami kegemukan. Tentu saja, Anda juga harus menghindari makanan yang tidak sehat. Misalnya, makanan mengandung banyak lemak, kolesterol tinggi, zat purin besar, dsb. Makan dengan porsi kecil, perbanyak minum air putih, mengonsumsi makanan banyak serat, dsb.

Diet sehat diabetes maksudnya adalah menghindari makanan minuman penyebab diabetes. Di sisi lain, selalu mengonsumsi makanan dan buah penurun diabetes.

4. Rajin Melakukan Olahraga

Rajin berolahraga juga aktivitas penting untuk wanita hamil. Tidak perlu olahraga berat. Lakukan saja seperti jalan kaki, senam, dan bentuk senam yang cocok untuk ibu hamil.

Misalnya, senam sambil tidur telentang, berbaring, posisi merangkak, posisi berbaring miring dengan menggerakkan kaki dan tangan. Atau senam jongkok. Selain untuk sehat, juga supaya memlancar kelahiran nantinya.

5. Rajin Perksa Dokter

Ini sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan dan memastikan Anda dan bayi yang berada dalam kandungan selalu sehat.

Demikian artikel mengenai cara mencegah diabetes pada ibu hamil. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kesehatan Bunda dan bayi yang dikandungnya.