Cara Mencegah Kanker Payudara – Hindari 11 Makanan Penyebab Kanker

Diposting pada
Terima Kasih untuk Berbagi

MENCEGAH lebih mudah daripada mengobati. Demikian halnya dengan kanker payudara. Anda, terutama kaum wanita, sebaiknya mulai sekarang melaksanakan cara mencegah kanker payudara biar selalu sehat.

Jangan menunggu sampai kanker payudara muncul. Itu sangat terlambat. Penyakit kanker, termasuk kanker payudara, perkembangannya sering sangat cepat. Usaha menahan lajunya sering tidak membahwa hasil. Anda, mau tidak mau, harus melakukan operasi payudara. Salah satu payudaranya harus diangkat.

Anda terpaksa harus kehilangan payudara, salah satu mahkota buat wanita. Oleh karena itu, Anda sebaiknya selalu menjaga kesehatan payudara sejak sekarang. Bukan besokl Bukan besoknya lagi, atau sama sekali tidak memikirkan kesehatan payudara.

Ya, sekali lagi, perhatikan payudara Anda sejak sekarang. Apakah ada sesuatu yang mencurigakan. Ketahui ciri-ciri atau gejala kanker payudara, bagaimana cara mencegah kanker payudara, dsb.

Gejala Kanker Payudara yang Harus Anda Waspadai

cara mencegah kanker payudara

sosis, daging olahan penyebab kanker payudara (foto:kanalsatu.com)

Berikut ini 10 ciri atau gejala kanker payudara yang harus Anda waspadai. Ini penting supaya Anda tidak terlambat mengetahui penyakit kanker Anda. Begitu tahu ada gejala kanker, Anda bisa segera melakukan pengobatan.

Pengobatan dini akan mencegah kanker menyebar, terutama menyebar ke kelenjar getah bening di ketiak. Bentuk benjolan kanker pun masih kecil, yakni sekitar 2 cm atau kurang dari itu.

Tips di bawah ini adalah cara praktis untuk mengetahui ada tidaknya gejala kanker payudara. Lakukan pengecekan setidaknya satu bulan sekali, terutama ketika menstruasi (datang bulan).

Beberapa gejala kanker payudara adalah:

1. Ada Benjolan di Area Payudara

Coba raba payudara Anda, terutama ketika Anda sedang menstruasi. Sebab, ketika itu benjolan kanker akan muncul. Anda bisa meraba sendiri. Munculnya benjolan di area payudara adalah gejala awal penyakit kanker.

2. Puting Payudara Terasa Sakit

Perubahan pada bagian puting yang disertai rasa sakit atau nyeri juga merupakan gejala kanker payudara. Apalagi, dari puting payudara juga keluar cairan tidak normal. Atau posisi puting sedikit melesak.

3. Perubahan Warna Payudara

Coba perhatikan warna kulit payudara. Sama dengan hari-hari sebelumnya atau ada perubahan. Yakni, kulit terlihat agak merah atau kemerah-merahan. Jika ya, Anda perlu cek ke dokter.

4. Ada Benjolan di Ketiak

Selain di area payudara, Anda perlu mencek di ketiak. Coba raba di bawah ketiak. Jika ternyata ada benjolan, Anda perlu mencurigai itu sebagai kanker. Jaringan payudara memang sampai ke bawah ketiak. Biasanya kanker payudara menyebar melalui kelenjar getah bening di bawah ketiak.

Baca: 88% Penyakit Kanker Akibat Makanan Tidak Sehat

Mencegah Kanker Payudara, Hindari Makanan Penyebab Kanker Payudara

Tentu saja, yang terbaik untuk Anda adalah mencegah kanker payudara. Ibarat pepatah sedia payung sebelum hujan. Sebelum penyakit kanker payudara muncul dan menyebar, Anda telah melakukan pencegahan.

Bukan setelah kanker muncul, baru ribut ingin melakukan pencegahan. Ini sudah terlambat. Bersyukur jika kanker payudara diketahui pada stadium awal atau stadium 1. Pengobatannya masih mudah dibandingkan kanker sudah membesar atau meluas.

Sekali lagi, yang terbaik adalah mencegah kanker payudara. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya kanker payudara atau membuat payudara Anda selalu sehat. Antara lain menghindari makanan minuman penyebab kanker payudara.

Berikut ini beberapa makanan yang harus Anda hindari sebagai cara mencegah kanker payudara.

1. Mencegah Kanker: Hindari Konsumsi Daging Olahan

Mengonsumsi daging olahan memang praktis. Anda tidak usaha memasak sendiri. Tetapi, daging olahan selalu menggunakan bahan pengawet. Apalagi buatan pabrik. Ada daging olahan dari daging sapi, babi, ayam, kalkun asap, atau sosis, ham dan hot dog.

Jangan karena praktis dan lezat Anda memilih makanan itu. Tetapi, yang pertama harus dipertimbangkan adalah makanan sehat atau tidak. Menghindari konsumsi daging olahan adalah satu satu cara mencegah kanker payudara.

2. Minum Alkohol Penyebab Kanker Payudara

Cara lain untuk mencegah kanker payudara adalah menghindari minuman alkohol. Sebab, dari beberapa penelitian diketahui mengonsumsi banyak alkohol bisa menyebabkan kanker payudara. Terutama yang mengonsumsi 200 cc per hari. 30% wanita peminum alkohol berpotensi kena kanker payudara.

3. Hindari Konsumsi Kentang Goreng

Anda suka kentang kentang goreng? Apalagi kentang goreng yang disajikan di kafe atau rumah makan yang menyajikan ayam goreng. Sangat gurih. Tetapi, ada bahaya mengancam Anda di balik itu, yakni penyakit kanker payudara.

Kentang goreng.mengandung akrilamida. Zat ini bisa meningkatkan risiko terkena kanker payudara dan kanker lainnya.

4. Kerupuk dan Keripik, Sumber Penyakit Kanker

Suka mengonsumsi kerupuk atau keripik? Hati-hati. Keduanya merupakan sumber terjadinya penyakit kanker payudara dan kanker lain. Penyebabnya karena digoreng dalam suhu tinggi dan banyak menggunakan lemak trans ditambah banyak garam.

5. Makanan yang Dibakar/Dipanggang

Tidak hanya makanan digoreng. Makanan dibakar atau dipanggang juga bisa menjadi penyebab kanker payudara. Apalagi membakarnya cukup lama hingga tampak gosong. Contohnya ikan bakar, ayam bakar, sate, dsb.

Ada zat karsinogen yang nantinya bisa memicu munculnya kanker payudara. Bahkan, pertumbuhan kanker menjadi sangat cepat dengan mengonsumsi makanan bakar/panggang.

6. Makanan Minyak Goreng

Cara menyediakan lauk dan cemilan yang mudah adalah dengan menyajikan aneka gorengan. Pagi, siang, sore, sampai malam berkali-kali makan aneka gorengan. Itu bisa menyebabkan terjangkitnya kanker payudara.
Selingi juga dengan makanan rebus, lauk rebus, dsb, yang bukan makanan digoreng. Minyak goreng memicu banyak lemak yang akhirnya bisa berakibat kena kanker.

7. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji juga bisa menyebabkan terjadinya kanker payudara atau kanker lain. Makanan cepat saji antara lain hot dog, kentang goreng, bacon, keripik kentang, es krim, stick keju, burger, nugget ikan, mi dan pizza.

Ya, Anda boleh makan tetapi jangan tiap hari dan berlebihan. Sebaiknya sesekali cek gula darah Anda.

8. Daging Ayam Potong

Ayam potong sudah lazim menjadi menu harian kebanyakan dari kita. Tetapi, tahukan ayam potong sering disuntik hormon supaya cepat besar da dagingnya tebal.

Tetapi, cara itu bisa menyebabkan konsumen yang sering mengonsumsi daging ayam potong bisa kena kanker payudara. Daging ayam mengandung hormon estrogen tinggi.

Anda boleh makan tetapi jangan tiap hari. Selain itu tambahkan konsumsi sayuran dan buah sebagai .

9. Buah Berry Mencegah Kanker Payudara

Anda juga bisa mengonsumsi buah untuk mencegah kanker payudara. Misalnya mengonsumsi buah dari keluarga beri. Misalnya strawberry, blackberry dan blueberry. Jika Anda mengonsumsinya rutin tiap hari, Anda akan terhindari dari risiko kena kanker payudara.

Buah keluarga berry mengandung banyak vitamin. Misalnya vitamin A dan C. Selain itu juga mengandung serat tinggi.

10. Aneka Buah yang Mengandung Vitamin C dan Antioksidan

Tidak hanya keluarga berry. Banyak buah yang bisa Anda konsumsi untuk mencegah kemungkinan terkena kanker payudara, terutama buah yang mengandung vitamin C dan antioksidan. Antara lain apel, belimbing, jambu, jeruk, nanas, sirsak, pepaya, dan tomat.

11. Sayuran yang Mengandung Vitamin A, C dan Antioksidan

Sama dengan buah yang mengandung vitamin C dan antioksidan, berbagai sayuran yang memiliki kandungan sama atau mengandung vitamin A juga bisa Anda konsumsi untuk mencegah kanker payudara. Antara lain wortel, daun pepaya, singkong, buncis, brokoli, kubis, sawi, dsb.

Baca: 11 Sayuran Efektif untuk Mencegah Penyakit Kanker

Demikian artikel mengenai cara mencegah kanker payudara dengan mengenali gejala dan menghindari makanan penyebab kanker payudara. Semoga artikelĀ  ini bermanfaat untuk Anda semua.