6 Cara Mencegah Kanker Serviks Secara Alami dan Sejak Dini

Diposting pada
Terima Kasih untuk Berbagi

CARA mencegah kanker serviks secara alami. Ini adalah cara terbaik untuk menghindarkan Anda dari penyakit kanker, termasuk kanker serviks (kanker leher rahim). Akan lebih baik lagi jika Anda mencegah kanker serviks sejak dini, yakni sejak usia sekitar 20-an tahun.

Cara mencegah kanker sejak dini memang cara terbaik untuk bebas dari sakit kanker. Ibarat kata pepatah mencegah lebih baik daripada mengobati. Mengingat data tentang penderita kanker serviks cukup besar, ya cara terbaik bagi Anda adalah mencegah terjadinya penyakit kanker serviks.

Rata-rata tiap tahun ada 21 ribu penderita kanker serviks di Indonesia. Ini merupakan peringkat ke-2 dunia, kata dokter spesialis kebidanan dan kandungan dr Laila Nuranna SpOG seperti dikutip kantor berita Antara.

Hal senada dikemukakan oleh Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Prof. DR. dr. Aru Wicaksono. Dia menyatakan kanker serviks merupakan penyakit pembunuh wanita nomor 1 di Indonesia. CNN Indonesia pun memberitakan bahwa tahun 2014 lalu, 92 ribu lebih wanita Indonesia terkena penyakit kanker.

Dari mereka itu, 10,3 persen di antaranya karena kanker serviks. Sungguh, ini adalah fakta yang sangat memprihatinkan. Apa pun penyebab kanker serviks, tentu semua pihak perlu memberikan perhatian yang serius dan berusaha mencegahnya.

Umumnya penderita menyadari penyakit kanker yang diderita dan berobat ke dokter ketika kondisi penyakitnya sudah parah. BPJS pada Januari sampai Juni 2014 lalu harus mengeluarkan dana Rp 7,2 triliun untuk pengobatan penderita sakit kanker serviks dengan kondisi yang parah.

Cara mencegah kanker serviks sejak dini adalah cara yang sangat baik sehingga jumlah penderita dan jumlah yang meninggal bisa dibatasi. Cara mencegah kanker secara alami akan menghemat biaya. Tidak sampai triliunan rupiah seperti yang dilakukan BPJS.

Daftar 6 Cara Mencegah Kanker Serviks Secara Alami  dan Sejak Dini (Usia Muda)

cara mencegah kanker serviks secara alami(foto:tophastag.com)

Pertanyaannya, bagaimana cara mencegah kanker servis sejak dini biar Anda selalu sehat? Apa yang harus diperbuat untuk menghindari kanker serviks?

Ada banyak cara bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit kanker serviks. Anda sebaiknya melakukan cara mencegah kanker serviks secara alami dan sejak dini sehingga bisa berjalan lebih mudah dan tidak memerlukan biaya besar.

Cara mencegah kanker serviks yang terpenting adalah:

1. Menghindari hubungan seksual dengan bukan pasangan resmi (suami istri sah)

Dari hasil penelitian diketahui bahwa penyebab kanker serviks adalah sering berganti-ganti pasangan dalam hubungan seksual. Cara ini berisiko menularkan virus hpv. Penularan virus hpv terjadi jika salah satu pasangan sudah terinfeksi virus tersebut.

Walaupun saat berhubungan menggunakan kondom. Itu tidak bisa mencegah terjadinya penularan karena adanya sentuhan kulit dengan bakteri yang ada pada pasangan yang bisa menularkan virus hpv.

Dari hasil penelitian, 99% kanker serviks terjadi akibat virus hpv. Anda yang punya risiko tinggi kena virus hpv sebaiknya segera melakukan metode IVA atau pap smear 6 bulan sekali sehingga penyakitnya bisa disembuhkan.

Melakukan vaksinasi hpv juga bisa menangkal kemungkinan terjadinya kanker serviks.

2. Penguatan pemahaman ajaran agama

Perlu penguatan pemahaman ajaran agama yang melarang terjadinya hubungan seksual dengan bukan pasangan resminya. Ini sangat penting karena sekalipun masyarakat Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang relegius, tetapi kepatuhan dalam hal hubungan percintaan di luar nikah masih sangat lemah. Masih banyak terjadi hubungan seksual di luar nikah.

Bahkan, tersedia juga tempat-tempat untuk bisa memadu kasih dengan cara ilegal, baik untuk kelas murahan, sedang sampai kelas mahal. Ini bisa menjadi sumber berkembangnya penyakit kanker serviks.

Dalam Islam, hukuman bagi pelaku hubungan seksual bukan dengan pasangan resminya sangat berat. Yakni, hukuman rajam dengan dilempari batu hingga meninggal. Di akhirat masih akan mendapat hukuman masuk neraka.

3. Menghindari pernikahan dini di bawah usia 18 tahun

Pernikahan di bawah umur yang sudah diatur dalam Undang-Undang Perkawinan haruslah dipatuhi dan dijalankan dengan baik. Wanita usia di bawah 18 tahun belum matang untuk melakukan hubungan suami istri. Mereka berpotensi kena infeksi virus Hpv, yakni penyebab utama kanker serviks.

Bahkan, dari hasil penelitian diketahui wanita usia di bawah 18 rentan terkena kanker serviks dua kali lebih besar dibandingkan dengan wanita usia lebih dari 25 tahun.

4. Jangan merokok

Wanita merokok berisiko kena penyakit kanker serviks 3 kali lebih besar daripada wanita tidak merokok. Dari hasil penelitian diketahui berbagai zat dalam rokok juga ada pada mukosa atau lapisan selaput lendir kanker serviks. Merokok bisa merusak materi DNA dalam sel leher rahim.

5. Batasi penggunaan kontrasepsi oral

Alasan pembatasan penggunaan kontrasepsi oral berupa pil KB karena berisiko kena kanker serviks. Buktinya, begitu Anda menghentikan penggunaan kontrasepsi oral, maka risiko kena kanker serviks kembali normal.

Cara terbaik, ya Anda berkonsultasi dengan dokter atau bidan sebelum menggunakan kontrasepsi. Kesehatan Anda akan diperiksa dulu sebelum diizinkan mengonsumsi pil KB, baik kesehatan rahim ataupun kesehatan badan untuk mencegah terjadinya kanker serviks dan risiko lain.

6. Mengonsumsi makanam tinggi serat

Cara mencegah kanker serviks secara alami lainnya adalah mengonsumsi makanan tertentu yang bisa mencegah kanker serviks. Yaitu, makanan yang banyak kandungan serat dan kaya zat antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Ini sangat penting sebagai cara mencegah kanker serviks dari sudut makanan. Ada baiknya anak-anak muda, khususnya wanita, juga mulai menyukai konsumsi sayur dan buah yang bisa mencegah Anda dari penyakit kanker serviks. Walaupun tidak mengonsumsi tiap hari.

Tetapi, jika Anda bersedia mengonsumsinya tiap hari, ya itu sangat bagus sebaga cara mencegah kanker serviks secara dini. Ini adalah sangat penting karena jumlah penderita kanker serviks cukup besar.

Makanan yang bisa mencegah kanker serviks secara dini antara lain wortel, kacang, brokoli, kembang kol, kubis, selada, bawang putih, bayam, cabai, paprika, tomat, teh hijau, minyak zaitun, roti gandum utuh, telur, hati, ikan tuna, ikan salmon, lemak ikan, jeruk, blueberry, anggur merah, raspberry hitam, dan kenari.

Demikian artikel mengenai cara mencegah kanker serviks secara alami dan sejak dini. Smoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang ingin terhindar dari kanker serviks.

 

One thought on “6 Cara Mencegah Kanker Serviks Secara Alami dan Sejak Dini

Comments are closed.