Cara Mengatasi Diabetes Melitus dengan 14 Tanaman Obat

Diposting pada
Terima Kasih untuk Berbagi

CARA mengatasi diabetes melitus dengan mudah tetapi tepat. Tentu saja banyak cara bisa dilakukan. Selain itu, juga tergantung sudah berapa lama sakit diabetes Anda berlangsung dan berapa kadar gula darahnya.

Tetapi, bagaimanapun kondisi penyakit diabetes Anda sekarang, Anda harus berusaha mengatasinya. Cara mengatasi diabetes harus terus dilakukan. Anda tidak boleh mengenal lelah dan tidak boleh mudah berhenti.

Sebab, jika upaya mengobati diabetes ditunda-tunda, maka penyakitnya akan makin meningkat. Kadar gula darah Anda akan bertambah tinggi sehingga makin menyulitkan penyembuhannya. Demikian pula jika pengobatannya tidak serius dan tidak terus-menerus.

Dalam kesempatan ini akan disampaikan cara mengatasi diabetes melitus secara alami dengan menggunakan bahan tanaman yang telah disediakan oleh Tuhan di negeri kita yang kaya tanaman obat.

Sangat banyak tanaman obat yang bisa Anda manfaatkan. Yang penting Anda bersedia meluangkan waktu untuk mengatasi diabetes yang Anda derita biar cepat sembuh.

Tetapi, jika Anda ingin cara mengobati diabetes melitus dengan mudah, Anda bisa mengonsumsi obat herbal. Anda tidak perlu repot membuat obat sendiri.

Banyak toko obat, termasuk toko online, yang menjual obat herbal diabetes. Yang penting Anda bersedia minum obat diabetes secara rutin sesuai dengan petunjuk.

Jangan takut mengeluarkan biaya untuk menyembuhkan diabetes. Obat herbal diabetes tidak mahal. Bahkan, banyak yang berharga murah. Jika pengobatan tidak dilakukan secara serius, ya sama saja Anda membiarkan penyakit terus tumbuh berkembang dan makin berat serangannya.

Cara Mengatasi Diabetes Melitus dan Mereka yang Mudah Terkena Diabetes Melitus

cara mengatasi diabetes melitus
buncis obat diabetes (foto:businessincameroon.cm)

Apakah diabetes melitus itu? Diabetes melitus atau populer dengan nama penyakit kencing manis adalah penyakit kronis akibat kelainan metabolik. Penyebabnya bisa kerena:

1. Insulin yang diproduksi oleh pankreas tidak bisa memenuhi kebutuhan

2. Respon tubuh terhadap insulin sangat kurang

3. Pengaruh hormon lain yang bisa menghambat kerja insulin.

Penderita penyakit diabetes melitus tidak mengenal usia. Artinya, siapa saja bisa terkena penyakit kencing manis ini. Oleh karena itu, Anda semua harus berhati-hati dengan kemungkinan terkena penyakit yang diakibatkan oleh gula darah yang tinggi dalam tubuh.

Biar masih muda, Anda tetap harus hati-hati dengan makanan minuman terlalu manis. Selain membatasi kadar manisnya, Anda sebaiknya tidak terlalu sering mengonsumsi makanan minuman manis.

Ada beberapa kelompok orang yang mudah terkena penyakit diabetes melitus. Jika Anda termasuk dalam salah satu atau lebih kelompok ini, Anda harus selalu mencegah kemukinan penyakit diabetes menghinggapi Anda.

Mereka yang potensial terkena penyakit diabetes melitus:

1. Anda yang memiliki orang tua atau saudara yang punya penyakit diabetes melitus.

2. Anda yang mengalami obesitas (kegemukan) atau memiliki berat badan yang tinggi

3. Anda yang tidak pernah melakukan olahraga

4. Anda yang kurang gerak, misalnya sehari-hari banyak duduk dari pagi hingga sore hari.

5. Anda yang sering merokok

6. Anda yang suka mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Kadar kolesterol jahatnya tinggi tetapi kolesterol baiknya justru rendah.

7. Anda yang kini telah menderita hipertensi atau darah tinggi

8. Anda yang suka mengonsumsi obat-obatan kimia.

9. Orang yang menderita resistensi insulin atau tubuh tidak mampu menghasilkan insulin yang cukup.

Selain berhati-hati tentang kemungkinan terkena penyakit diabetes, Anda yang termasuk 8 kelompok yang mudah terkena diabetes melitus juga harus mengusahakan agar bersedia menyembuhkan sakitnya atau meninggalkan kebiasaan yang tidak sehat.

Yang suka merokok harus tidak merokok lagi. Yang punya darah tinggi harus menurunkan darah tingginya sampai pada posisi tekanan darah normal. Yang tak pernah olahraga, ya harus mulai berolahraga.

Semua itu untuk kesehatan Anda. Anda harus berubah 180% dari hidup tidak sehat menjadi hidup sehat. Selain itu kenali gejala diabetes. Anda bisa cepat mengatasi jika ada gejala diabetes muncul. Setidaknya ada 24 gejala diabetes yang harus Anda ketahui. 

14 Cara Mengatasi Diabetes Melitus dengan Tanaman Obat Herbal

Bagaimana cara mengatasi diabetes melitus secara alami? Ya, Anda bisa memanfaatkan tanaman herbal untuk diabetes. Anda bisa membuat ramuan herbal untuk diabetes dengan bahan tanaman obat.

Ada beberapa cara mengobati diabetes secara alami dengan manfaatkan tanaman herbal.

1. Buncis obat diabetes. Mengandung zat B-sitosterol dan stimgasterol yang bisa meningkatkan kadar insulin Anda. Insulin bertugas mengirim glukosa ke sel-sel tubuh untuk diubah menjadi energi.

2. Kayu manis. Banyak penelitian di dalam negeri di luar negeri yang menunjukkan kayu manis bisa untuk menyembuhkan diabetes tipe 2.

3. Pare bisa dibuat jus atau direbus. Banyak penelitian yang hasilnya menunjukkan buah pare bagus untuk menyembuhkan diabetes.

4. Kumis kucing untuk diabetes. Beberapa senyawa alami dalam tanaman kumis kucing bisa menurunkan kadar gula darah tinggi menjadi normal. Yaitu, sinensetin, zat semak, saponin, minyak atsiri, dsb.

5. Sambiloto untuk diabetes. Zat andropholide yang terkandung dalam daun sambiloto bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Itu hasil penelitian Fakultas Farmasi UGM dan ITB.

6. Jamu brotowali. Brotowali sudah sangat dikenal di Indonesia. Rasanya sangat pahit, tetapi khasiatnya besar. Brotowali memiliki efek sekretagogue atau merangsang sekresi insulin di pankreas. Insulin bertugas mengangkut glukosa ke sel-sel tubuh untuk diubah menjadi energi.

Menggunakan Daun Kemangi, Pegagan, Daun Salam

7. Cara mengatasi diabetes melitus dengan daun kemangi. Sebuah penelitian yang intensif tentang khasiat daun kemangi untuk diabetes. Hasilnya, penderita diabetes yang mengonsumsi rebusan daun kemangi gula darah puasanya turun 17,6% dan gula darah setelah makan turun 7,3%.

8. Daun pegagan. Mengandung zat anti bakteri dan zat anti racun yang bisa menurunkan kadar gula darah Anda. Ambil 25 lembar daun pegagan, bersihkan dengan air mengalir, lalu direbus. Setelah airnya dingin, rebusan daun pegagan diminum 3 kali sehari.

9. Daun salam mengandung banyak zat yang bisa membuat diabetes Anda kembali normal. Sebab, tanaman ini mengandung banyak zat yang bermanfaat untuk diabetes. Misalnya, antioksidan, flavonoid, vitamin V, A, asam laurat, dsb.

10. Daun sirsak. Menurut WHO, kandungan nutrisi daun sirsak bisa menurunkan kadar gula dalam darah dan menjaganya agar tetap stabil.

11. Manfaat bawang putih. Ramuan bawang putih yang mengandung protein, vitamin A,B-1 dan C bisa mengurangi kadar gula Anda. Jadi, konsumsi bawang putih sangat baik untuk mengatasi diabetes. Ramuan herbal bawang putih mengandung bahan alami yang sangat membantu untuk mengurangi tingginya kadar gula darah dan juga mengatur tingkat berbahaya dalam tubuh.

12. Cara mengatasi diabetes melitus dengan cuka apel juga pilihan tepat. Cuka apel sangat besar manfaatnya untuk menurunkan diabetes. Cuka apel bahkan bisa membantu kerja insulin untuk memproses gula darah tinggi menjadi energi.

13. Lidah buaya. Dengan berbagai kandungannya, lidah buaya juga mampu menurunkan gula darah Anda yang menderita diabetes. Ada 72 zat yang bermanfaat untuk kesehatan dan 18 diantaranya membantu menurunkan gula darah. Penurunan gula darah tanpa bantuan insulin.

14. Buah mengkudu (pace). Buah ini juga sangat besar khasiatnya untuk mengatasi penyakit diabetes. Dalam percobaan pada tikus, luka diabetesnya 73% bisa cepat sembuh akibat mengonsumsi mengkudu.

Jika Anda ingin mengobati diabetes dengan obat herbal, silakan membaca artikel: 12 Obat Herbal Diabetes yang Bisa Anda Pilih, Berbagai Khasiat dan Harganya.

Selain mengonsumsi obat diabetes, Anda juga perlu menghindari makanan pantangan diabetes. Setidaknya ada 24 makanan pantangan diabetes yang harus Anda hindari. Olahraga juga sangat penting untuk kesehatan Anda,

Demikian informasi mengenai cara mengatasi diabetes melitus dengan memanfaatkan 14 tanaman obat. TanpaDiabetes.com berharap semoga Anda selalu sehat.