6 Cara Menghilangkan Bau Badan pada Anak – Masalah Serius

Diposting pada
Terima Kasih untuk Berbagi

ANAK Anda baru berusia 3 tahun tetapi sering menebarkan bau tidak sedap? Coba cek. Jika ya, itu pertanda ada yang salah dengan anak Anda. Tetapi Anda tidak perlu risau. Ada cara menghilangkan bau badan pada anak yang bisa Anda lakukan dengan mudah.

Bau badan anak digolongkan sebagai bau yang bermasalah jika anak Anda belum menginjak remaja. Buat anak lelaki usia 9 tahun dan anak perempuan 8 tahun, munculnya bau badan tidak sedap adalah tanda bahwa anak Anda tumbuh menjadi remaja atau mengalami pubertas.

Bagi anak yang memasuki masa remaja (pubertas), yang penting mereka harus hidup bersih. Mandi dua kali setiap hari dengan menggunakan sabun mandi yang memadai, ganti pakaian bersih setiap hari, dan tidak mengonsumsi makanan yang bisa menyebabkan bau badan.

Lantas, apa yang harus Anda lakukan untuk menghilangkan bau badan pada anak?  Sulitkah cara mengatasi bau badan mereka?

Penyebab Bau Badan pada Anak dan Cara Menghilangkan

 

Cara menghilangkan bau badan pada anak

(foto: todaysparent.com)

Bau badan yang menebarkan bau tidak sedap biasanya muncul dari ketiak, kaki dan area kemaluan. Bau tidak sedap dari ketiga area tersebut akibat adanya bakteri.

Keringat sendiri sesungguhnya tidak bau. Keringat menjadi berbau setelah kehadiran bakteri dalam keringat.

Bau badan anak menjadi masalah serius jika mereka belum memasuki usia remaja (pubertas) tetapi dari badannya tercium bau tidak sedap. Anda sebagai orang tua harus memberikan perhatian pada anak Anda yang dalam kondisi seperti itu.

Baca Juga: 31 Cara Menghilangkan Bau Ketiak secara Alami, Mudah dan Murah 

Melalui perawatan yang tepat, Anda bisa menghilangkan bau badan atau bau ketiak pada anak. Keringat muncul selain akibat aktivitas fisik, juga bisa disebabkan oleh anak kurang menjaga kebersihan.

Maka, sebagai orang tua, Anda harus melatih dan membiasakan anak untuk selalu menjaga kebersihan, terutama kebersihan tubuh. Dengan cara itu, anak Anda bisa terhindar dari munculnya keringat yang menebarkan bau tidak sedap.

Itulah cara menghilangkan bau badan pada anak yang perlu Anda lakukan. Selain biar badannya tidak menebarkan bau tidak sedap, selalu menjaga kebersihan diri juga membuat anak Anda selalu hidup sehat.

Berikut ini 6 cara menghilangkan bau badan pada anak:

1. Selalu Menjaga Kebersihan Area Khusus di Tubuh

Anak harus dibiasakan untuk selalu menjaga kebersihan tubuhnya. Selalu cuci tangan sebelum makan. Selalu mandi 2 kali setiap hari dengan menggunakan sabun anti-bakteri yang mampu menebarkan bau harum dari tubuh anak.

Anak harus dibiasakan mandi dengan benar. Tidak tergesa-gesa dan menyabun sekujur tubuh dengan baik. Semua area tubuh harus dibersihkan ketika anak mandi.

Misalnya pada area kaki, jari-jari kaki, selangkangan, ketiak dan kaki. Area-area ini sering diabaikan ketika mandi sehingga menebarkan bau tidak sedap/bau busuk. Anak harus dibiasakan mandi dengan benar supaya tubuh mereka bebas dari bakteri.

Setelah mandi, tubuh harus dikeringkan dengan baik, terutama di bagian tubuh yang mudah mengeluarkan keringat tak sedap.  Anak biasanya tergesa-gesa ingin segera ganti pakaian dan main atau menonton televisi.

Itulah salah satu cara menghilangkan bau badan yang bisa Anda lakukan dengan mudah pada anak Anda. Yang dipentingkan dari Anda adalah memberikan perhatian seara baik sehingga anak tahu apa yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh mereka.

2. Hindari Konsumsi Makanan Penyebab Bau Badan

Anak Anda perlu dibiasakan untuk selalu mengonsumsi makanan sehat yang tidak menebarkan bau tidak sedap. Sebaliknya, selalu menghindari makanan yang bisa menyebabkan bau tidak sedap pada badan, ketiak dan anggota tubuh lainnya.

Sayuran, misalnya, beberapa diantaranya bisa menyebabkan sisa metabolieme yang mempunyai kandungan zat penyebab bau badan. Brokoli mengandung sulfur dan sulfida yang jika keluar bersama keringat bisa menimbulkan bau tidak sedap.

Makanan lain yang bisa menyebabkan bau badan adalah bawang putih, bawang merah, kari, daging merah, alkohol dan kafein (kopi, teh, cokelat, soda, dll), makanan olahan yang banyak menggunakan garam dan gula, ikan, telur, dsb.

Untuk mengatasi bau badan, mengonsumsi buah dan sayur tertentu bisa membantu. Misalnya mengonsumsi buah apel, cuka apel, jeruk, lemon, resemary, seledri, dan jahe.

3. Mengenakan Pakaian yang Mampu Menyerap Keringat

Cara menghilangkan bau badan pada anak lainnya adalah selalu berganti pakaian tiap hari. Apalag bagi anak yang suka bermain, lari-lari (kejar-kejaran dengan anak lain), dsb. Ketika berlari-lari dan bermain, tentu saja mereka mengeluarkan banyak keringat.

Keringat yang membasahi atau melekat pada baju, kaus dan lainnya bisa menyisakan bau tidak sedap jika tidak dicuci atau diganti. Pencucin pakaian anak harus benar-benar bersih, tidak menyisakan deterjen yang berpotensi memunculkan bau badan tak sedap saat pakaian itu dikenakan.

Anda sebaiknya juga memilihkan pakaian yang mampu menyerap keringat. Misalnya pakaian yang dibuat dari bahan katun, linen dan rayon. Dengan cara menghilangkan bau badan seperti itu, anak Anda tidak akan menebarkan keringat yang bau.

4. Minum Susu yang Dipasteurisasi

Susu yang dipasteurisasi dan dikemas juga bisa menghasilkan bau badan tidak sedap. Ini terjadi akibat terkontaminasi hormon pada sapi. Selain itu juga akibat kandungan karnitin dalam susu yang dipasteurisasi dan dikemas.

Karnitin bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi daging sapi, domba, susu, ikan, dan ayam. Zat karnitin sesungguhnya diperlukan oleh tubuh untuk memproduksi energi. Anda bisa mendapatkan zat ini dengan minum suplemen karnitin.

Tetapi, konsumsinya harus sesuai dengan ketentuan. Anda perlu membaca keterangan pada label yang tersedia saat membeli suplemen ini. Ini bisa mencegah terjadinya bau badan tidak sedap.

Mengonsumsi suplemen terus-menerus bisa menimbulkan efek samping seperti munculnya bau badan tidak sedap.

5. Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Banyak Minum Air

Anak harus minum air putih dalam jumlah yang cukup. Cara ini akan mampu membuat tubuh anak mengeluarkan berbagai toksin berbahaya yang menyebabkan bau badan. Dengan minum banyak air putih, anak bisa bebas dari bau badan.

6. Menggunakan Baking Soda

Anda juga bisa memilih cara menghilangkan bau badan pada anak dengan menggunakan bahan tradisional. Misalnya menggunakan baking soda, baik baking soda dengan dicampur bahan lain atau tanpa campuran.

Menggunakan baking soda tanpa campuran apa pun merupakan cara paling mudah. Anda ambil bubuk baking soda dan langsung dioleskan di area bau badan seperti ketiak. Setelah beberapa menit, bersihkan area yang Anda olesi baking soda.

Anda bisa mencampur baking soda dengan sedikit air dan oleskan di area yang mengeluarkan bau badan. Setelah 10 menit, bekas baking soda bisa Anda bersihkan.

Demikian artikel mengenai beberapa cara menghilangkan bau badan pada anak. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kesehatan anak Anda (tanpadiabetes.com).