Terima Kasih untuk Berbagi

ANDA punya problem bau badan? Siapa pun akan merasa sangat risi jika ternyata punya masalah bau badan. Sebab, banyak orang, teman, atau siapa pun yang akan merasa tidak nyaman berdekatan dengan Anda.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan bau badan? Cara apa yang harus dilakukan? Mengapa terjadi bau badan, dan apa yang menyebabkan badan Anda menebarkan bau tak sedap?

Sebenarnya banyak cara bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau badan. Caranya sangat mudah dan murah. Anda bisa melakukan sendiri untuk menghilangkan bau badan. Bisa beli obat untuk menghilangkan bau badan.

Tetapi jika Anda menggunakan obat kimiawi buatan pabrik, ya Anda harus hati-hati dengan efek samping obat. Baca petunjuknya biar tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan berkaitan dengan kesehatan Anda.

Bau badan terjadi saat bakteri dalam tubuh bertemu dengan keringat. Bau tak sedap itu muncul sebagai hasil pemecahan protein keratin oleh bakteri pada permukaan kulit, khususnya di ketiak. Bau badan kian menusuk hidung saat bercampur dengan keringat.

Yang akan disampaikan dalam artikel ini adalah menghilangkan bau badan dengan obat herbal yang terbuat dari tanaman. Anda bisa membuat sendiri obat penghilang bau badan dari bahan-bahan yang dibutuhkan atau membeli obat herbal jadi di toko obat herbal, baik toko online atau toko offline.

Obat herbal, termasuk obat untuk mengilangkan bau badan, tidak memiliki efek samping. Kalaupun ada, efeknya tidak setinggi efek samping dari obat farmasi. Oleh karena itu, Anda juga perlu tahu efek samping obat herbal.

Misalnya, berapa kali harus mengonsumsi setiap hari. Jangan sampai berlebihan yang akhirnya justru merugikan kesehatan Anda.

cara menghilangkan bau badan
cara menghilangkan bau badan dan ketiak (foto:bautic.co.il)

10 Cara Menghilangkan Bau Badan secara Alami

Banyak tanaman obat yang bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan bau badan. Berikut ini 10 cara menghilangkan bau badan secara alami yang bisa Anda praktekkan dengan mudah:

1. Sering Minum Wedang Jahe

Anda bisa menghilangkan bau badan dengan sering mengonsumsi minuman jahe. Tanaman bumbu dapur ini mengandung minyak atsiri yang bisa menghilangkan bau badan. Anda bisa membuat wedang jahe sendiri atau pergi ke tempat jualan minuman jahe.

Silakan minum tiap hari sekali. Jika bau badan sudah tidak muncul lagi, silakan minum wedang jahe satu minggu sekali. Tujuannya untuk mencegah bau tak sedap muncul lagi dari tubuh Anda.

2. Masker Mentimun untuk Ketiak

Anda juga bisa menggunakan mentimun untuk menghilang bau badan. Tetapi, caranya bukan dimakan. Melainkan buah mentimun digunakan sebagai masker untuk ketiak, salah satu sumber munculnya bau badan dari tubuh Anda.

Buah mentimun mengandung air yang sangat tinggi, 95%. Kandungan lain berupa vitamin K, C, magnesium, kalium, mangan, vitamin A, thiamin, dsb. Semua itu bermanfaat untuk mengatasi bau badan dan ketiak.

3. Oleskan Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi bau badan. Caranya sangat mudah. Potong keruk nipis jadi dua bagian. Lalu, oleskan jeruk nipis pada ketiak yang menjadi sumber bau tidak sedap.

Jeruk nipis kaya vitamin C, flavonoid, asam sitrat, besi, tembaga, kalium, kalsium, macronutrients, serat, dan kalori. Bisa digunakan mengatasi bau badan tidak sedap.

4. Bunga Kecombrang untuk Mandi

Dengan berbagai zat yang dikandungnya, bunga kecombrang juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bau badan. Bunga kecombrang kaya antioksidan.

Zat-zat yang bisa mengatasi bau badan dari bunga kecombrang antara lain saponin, fenolik, flavonida, alkaloid, tanin, triterpenoid, glikosa, streoid, polifenol, antimikroba, vitamin, dan juga mineral.

Cara pemakaiannya, bunga kecombrang dan batangnya Anda tumbuk. Hasilnya bisa Anda gunakan untuk sabun mandi. Artinya, hasil tumbukan bunga kecombrang Anda oleskan ke tubuh saat mandi. Lakukan hal yang sama tiap Anda mandi.

5. Minum Ramuan Temu Lawak

Minum ramuan (jamu) temulawak juga bisa menghilangkan bau badan. Hanya saja, rasa jamu temulawak sangat pahit. Caranya, kupas kulit temulawak, lalu temulawak Anda parut. Hasil parutan diperas untuk mendapatkan jamu temulawak.
Supaya rasanya tidak terlalu pahit, Anda bisa menambahkan madu pada ramuan temulawak. Ramuan siap untuk Anda minum,

7. Mandi dengan Rebusan Daun Sirih

Daun sirih mudah Anda temukan. Banyak dijual di pasar tradisional. Anda ambil beberapa lembar daun sirih, lalu direbus dengan air 2 gelas. Setelah air mendidih, air rebusan dituangkan pada bak atau ember tempat mandi. Gunakan airnya untuk mandi. Daun sirih juga mengandung vitamin C, tiamin, niacin, riboflavin, dan karoten. Efektif untuk mengatasi bau badan.

8. Minum Rebusan Daun Beluntas

Tanaman ini banyak tumbuh di pinggir pantai sebagai tanaman liar. Mengandung banyak zat yang bisa menyehatkan tubuh, termasuk menghilangkan bau badan tidak sedap.

Kandungan tanaman beluntas antara lain alkaloid, minyak atsiri, fosfor, kalsium, magnesium, lemak, natrium, flavonoid, tanin, asam amino, vitamin A, dan vitamin C.

Ambil beberapa lembar daun beluntas, cuci dan rebus. Anda bisa minum air rebusan daun beluntas sehari dua kali. Pagi dan sore/petang/malam.

9. Minum Ramuan Daun Kemangi

Anda juga bisa minum rebusan daun kemangi untuk menghilangkan bau badan. Daun kemangi mengandung minyak atsiri dan bisa berfungsi sebagai antiseptik. Anda bisa mengonsumsinya sebagai lalapan makan setelah daun kemangi dicuci bersih.

Dalam acara tumpengan untuk selamatan, daun kemangi selalu disertakan. Tetapi, Anda juga bisa menggunakan daun kemangi kering untuk membuat minuman seperti minuman teh.

Daun kemangi kering, ditumbuk, lalu seduh dengan air panas. Anda bisa meminumnya setelah air agak dingin. Minum sehari dua kali. Itulah cara mudah menghilangkan bau badan dengan daun kemangi.

10. Menghilangkan Bau Badan dengan Obat Herbal

Cara lain untuk menghilangkan bau badan dengan menggunakan obat herbal. Anda bisa membelinya di toko obay herbal, online atau offline. Cara penggunaan obat herbal bervariasi. Ada yang disempurkan ke area ketiak, pusat terjadinya bau tidak sedap dari tubuh Anda.

Obat Herbal Menghilangkan Bau Badan

Berikut ini obay herbal untuk mengatasi berat badan yang bisa Anda pilih. Ini hanyalah contoh obat herbal mengatasi bau badan dan ketiak.

1. Deorex Body Odorizer. Disemprotkan ke area berbau tak sedap menjelang tidur. Satu munggu cukup 2 kali semport. Bisa membunuh bakteri, kuman dan jamur penyebab bau tidak sedap. Harga bervariasi sekitar Rp 50.000-an.

2. New Gox Fresh Natural Deodorant An Naufa. Digosokkan di area ketiak dan bau segera hilang. 100% dibuat dari badan alami. Harga bervariasi sekitar Rp 25.000.

3. Penghilang Bau Badan dan Ketiak Hiu Arum. Bentuknya kapsul yang bisa Anda konsumsi tiap hari. Harga bervariasi sesuai kemasannya, dari Rp 30.000 – Rp 172.000.

4. Obat Mengatasi Bau Badan, Keputihan, Jerawat, Obat Khusus Wanita – Walatra. Selain menghilangkan bau badan, obat herbal ini berkhasiat untuk menyembuhkan banyak penyakit yang diderita wanita. Dari yang ringan sampai yang berat. Harga bervariasi.

Tetapi, dengan contoh 10 tanaman di atas, Anda bisa memilihnya mana yang mudah dan Anda suka untuk mempraktekkannya. Yang penting, bau badan Anda bisa hilang dan Anda bebas bergaul dengan siapa pun.

Semoga artikel mengenai cara menghilangkan bau badan ini bermanfaat untuk Anda semua. Sukses menghilangkan bau badan dan ketiak.