Cara Ampuh Menghilangkan Bau Mulut akibat Gigi Berlubang

Diposting pada
Terima Kasih untuk Berbagi

BANYAK penyebab bau mulut. Di antaranya karena gigi berlubang. Pertanyaannya, bagaimana cara menghilangkan bau mulut akibat gigi berlubang?

Tentu saja, yang harus Anda lakukan pertama adalah mengatasi gigi berlubang. Sebab ia merupakan sumber terjadinya bau mulut. Tanpa menghilangkan sumber utamanya, bau mulut tetap terjadi.

Meskipun Anda selalu menggunakan obat kumur tiap hari atau cara lain untuk menghilangkan bau mulut.
Gigi berlubang terjadi akibat kebersihan yang kurang terjaga. Gigi jarang dibersihkan sehingga sebagian sisa makanan masih tersimpan di sela-sela gigi.

Apalagi sisa makanan mengandung zat gula. Ini segera mengundang bakteri dalam mulut. Bakteri akhirnya mengubah gula dari sisa makanan menjadi asam. Kian lama, asam menyebabkan terjadinya lubang pada email gigi.

Bakteri tempatnya memang di email gigi. Jika gigi tidak dibersihkan, jumlah bakteri kian banyak. Ketika bakteri bercampur dengan air liur, maka terjadilah banyak plak pada gigi Anda.

Menambal Gigi – Cara Menghilangkan Bau Mulut Akibat Gigi Berlubang

cara menghilangkan bau mulut akibat gigi berlubang

Lalu, bagaimana cara menghilangkan bau mulut akibat gigi berlubang?

Ya, tidak ada cara lain kecuali Anda harus mengunjungi dokter untuk menambal gigi berlubang Anda.

Nanti dokter akan mengecek kondisi gigi Anda. Seberapa besar lubang gigi Anda untuk menentukan tindakan yang harus dilakukan. Jika lubang masih kecil, tentu cara mengatasinya bisa lebih mudah.

Jika lubang gigi sudah besar atau lebar, ya bahan untuk menambalnya juga besar. Konsekuensinya, biaya untuk menambal gigi berlubang juga lebih besar daripada lubang gigi kecil (tidak lebar).

Untuk menambal sementara, biayanya Rp 80 ribu – Rp 100 ribu per gigi. Penambalan gigi berlubang sementara dipilih jika penambalan permanen belum bisa dilakukan akibat kondisi gigi.

Misalnya gigi berlubang masih terasa sakit. Penambalan permanen akan dilakukan setelah sakitnya sembuh.
Penambalan gigi dengan jenis lubangnya dan bahan yang digunakan dari Rp 100 ribu sampai Rp 500 ribu untuk satu gigi. Biaya besar tentu untuk penderita dengan kondisi gigi parah.

Apalagi, bahan yang digunakan adalah bahan berkualitas dengan harga mahal. Ya, biaya penambalan gigi menjadi lebih mahal. Tentu, dokter akan memberikan pilihan kepada Anda sesuai dengan kemampuan Anda.

Tetapi, apakah bahan yang mahal akan menjamin tambalan gigi mampu bertahan lama dan akan lebih nyaman?

Banyak faktor yang menentukan. Antara lain bagaimana kualitas penambalan dan kualitas perawatan pasca-penambalan.

Anda harus selalu memelihara kebersihan gigi dengan baik. Cara ini akan membuat tambalan gigi tetap terjaga dengan baik untuk waktu yang lebih panjang. Gigi Anda pun selalu sehat dan Anda merasa nyaman.

Mengonsumsi Sayuran dan Buah Penghilang Bau Mulut

Ada beberapa cara lain yang bisa menghilangkan bau mulut, termasuk bau mulut setelah melakukan penambalan gigi. Antara lain mengonsumsi sayuran dan buah penghilang bau mulut.

Sayuran dan buah apa yang bisa menghilangkan bau mulut? Antara lain wortel, seledri, mentimun, jahe, kayu manis, sayuran hijau, teh hijau, buah pisang, apel, dan air putih. Anda bisa memilih sayuran dan buah mana untuk menghilangkan bau mulut akibat gigi berlubang.

1. Wortel

Bermanfaat untuk kesehatan gigi dan mulut. Memiliki kandungan yang bisa membersihkan plak dan sisa makanan di gigi dan mulut. Ya, layaknya sikat gigi. Mengandung mineral yang bisa membunuh bakteri jahat penyebab bau mulut. Juga bisa mencegah gigi berlubang.

2. Daun seledri

Juga bermanfaat untuk mengatasi bau mulut. Kaya serat bisa meningkatkan jumlah air liur untuk mengatasi bau mulut. Mengonsumsi daun seledri juga bisa membersihkan lidah, tempat persembunyian bakteri penyebab bau mulut.

3. Jahe

Mengonsumsi minuman jahe juga bisa jadi  cara menghilangkan bau mulut akibat gigi berlubang. Anda bisa membuat minuman jahe dengan rasa agak pedas. Jahe mengandung gingerol, senyawa kimia yang bisa merangsang enzim dalam mulut untuk memecah zat-zat mengandung sulfur dari makanan. Bau mulut akibat sisa makanan pulang hilang.

4. Kayu manis

Kayu manis biasa dipakai untuk penambah cita rasa masakan atau kue. Tetapi, juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi bau mulut. Kayu manis juga dikembangkan sebagai bahan campuran permen karet, industri jamu, dan produk kecantikan. Di Amerika, kayu manis dibuat bahan pembuatan permen anti-bau mulut. Bisa menurunkan konsentrasi bakteri dalam mulut.

5. Timun segar

Pilih timun yang segar dan rasa renyah. Bukan timun pahit. “Konsumsi timun bisa mengatasi atau menghilangkan plak di gigi dan gusi yang merupakan sumber bakteri dan menyebarkan bau tidak sedap,” kata seorang dokter gigi kosmetik di New York City, Gregg Lituchy.

6. Buah Apel

Apel juga bagus untuk mengatasi bau mulut. Kaya nutrisi, mengandung radikal bebas dan penyegar bau mulut. Mengunyah apel sama dengan menyikat gigi. Bisa menghilangkan sisa makanan di sela-sela gigi. Ini mengatasi bau mulut.  Kulitnya juga berkhasiat kesehatan. Sebaiknya, apel Anda konsumsi langsung, bukan dibuat jus.

Demikian artikel mengenai cara menghilangkan bau mulut akibat gigi berlubang. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Sukses menghilangkan bau mulut.