12 Cara Menghilangkan Ketiak Basah secara Permanen dan Mudah

Diposting pada
Terima Kasih untuk Berbagi

PUNYA ketiak yang sering mengeluarkan ketingat tentu tidak nyaman. Kondisi itu bisa menimbulkan bau tak sedap yang menyebar ke sekeliling. Bagaimana cara menghilangkan ketiak basah secara permanen? Adakah cara itu?

Ya, siapa pun tidak ingin punya ketiak yang sering mengeluarkan keringat atau ketiak basah. Anda tidak bisa bebas bergaul dengan teman atau banyak orang. Akankah Anda selalu menyendiri di tempat kerja, di tempat pertemuan, di tempat kuliah, dsb?

Jawabnya tentu tidak. Anda ingin bisa bebas dan nyaman bercengkerama dengan teman. Berdiskusi atau membicarakan hal-hal penting dengan siapa pun. Atau sekadar bercanda dan bersendau gurau.

Tetapi, jika di tengah-tengah perbincangan tiba-tiba muncul bau menyengat dari ketiak Anda, apa sikap Anda? Tentu Anda merasa malu, tidak nyaman, dan ingin segera menghilangkan bau ketiak.

Nah, di bawah ini ada 12 tips tentang cara menghilangkan ketiak basah secara permanen dan alami yang bisa Anda lakukan. Caranya sangat mudah. Siapa pun bisa melakukan. Yang penting adalah kemauan dan ketekunan untuk menjalankan tips-tips ini.

Tips apa saja yang bisa menghilangkan ketiak basah atau bau ketiak? Ketiak basah sering disingkat dengan sebutan burket (bubur ketiak) atau basket (basah ketiak).

1. Oleskan Potongan Mentimun/Timun

cara menghilangkan ketiak basah secara permanen
mengolesi ketiak dengan jeruk lemon (foto:heelthy.blogspot.com)

Anda bisa menghilangkan ketiak basah dengan menggunakan mentimun/timun. Hampir tiap rumah tangga selalu akrab dengan sayur yang satu ini. Iris tipis-tipis, lalu timun dioleskan pada area ketiak basah.

Biarkan beberapa menit sampai kering. Lalu, bilas ketiak Anda dengan air mengalir (air kran). Lakukan tiap hari sampai bau ketiak menghilang. Mudah kan?

Mentimun memang punya banyak manfaat untuk kesehatan. Bisa untuk menurunkan darah tinggi, kolesterol tinggi, dsb. Getah  mentimun itulah yang berkhasiat menghilangkan bau ketiak.

2. Oleskan Potongan Jeruk Lemon

Cara menghilangkan ketiak basah lainnya adalah menggunakan jeruk lemon. Caranya hampir sama dengan cara menghilangkan bau ketiak dengan mentimun.

Caranya, ambil satu buah jeruk lemon. Potong menjadi dua bagian. Lalu, oleskan permukaan jeruk pada bagian ketiak yang sering mengeluarkan bau tidak sedap. Lakukan hal itu sebelum mandi.

Setelah beberapa menit dan ketiak yang diolesi jeruk lemon kering, Anda bisa mandi sambil membilas area ketiak sehingga bekas olesan jeruk bisa dibersihkan. Lakukan tiap hari menjelang mandi sampai bau tak sedap tidak muncul lagi.

Tetapi, bagi Anda yang punya kulit sensitif, ya hati-hati. Jangan terlalu banyak mengoleskan air jeruk lemon ke ketiak biar tidak timbul efek samping/negatif yang merusak kulit ketiak.

3. Oleskan Cuka Apel

Anda juga bisa menggunakan cuka apel sebagai cara menghilangkan ketiak basah. Caranya, Anda sediakan cuka apel dan bola kapas. Celupkan bola kapas pada cuka apel, lalu oleskan pada area ketiak yang bau secara merata.

Setelah rata, biarkan area ketiak kering sekitar 30 menit. Selanjutnya Anda bisa mandi sambil membersihkan ketiak. Lakukan beberapa kali sampai bau ketiak menghilang.

4. Menggunakan Baking Soda

Cara menghilangkan ketiak basah secara permanen dengan baking soda juga sangat mudah. Harga baking soda tidak mahal. Malah ada yang harganya di bawah Rp 10.000. Tergantung besaran kemasan/isi.

Caranya, ambil 2 – 3 sendok baking soda. Campur dengan air hingga berbentuk pasta. Hasilnya Anda oleskan pada bagian ketiak hingga bau ketiak menghilang. Setelah kering, bekas olesan Anda bersihkan dengan air bersih.

5. Konsumsi Rebusan Lidah Buaya

Anda juga bisa minum rebusan lidah buaya untuk menghilangkan ketiak basah. Caranya ambil beberapa lidah buaya sedang, yakni tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua.

Lalu, rebus sampai airnya mendidih. Anda bisa minum air rebusan lidah buaya setelah airnya dingin setidaknya setengah cangkir sekali minum. Lakukan beberapa kali sampai keringat ketiak menghilang. Lidah buaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, termasuk menghilangkan berbagai noda.

6. Minum Jus Tomat

Tomat juga bagus untuk Anda gunakan sebagai cara menghilangkan ketiak basah secara permanen. Caranya pun sangat mudah. Buat jus tomat dan beri gula sedikit biar nyaman.

Tetapi, Anda juga bisa mengonsumsi buah tomat langsung setelah tomat dicuci berih. Minum jus tomat setidaknya sehari sekali.

Anda juga bisa menggunakan tomat untuk masker ketiak. Bisa dicampur dengan mentimun. Lembutkan melalu blender atau ditumbuk, lalu oleskan pada bagian ketiak. Lakukan beberapa kali sampai tidak ada lagi keringat sering membasahi ketiak.

Buah tomat mengandung vitamin C dan A yang bisa menghilangkan produksi minyak berlebih. Bahkan, akhirnya membuat ketiak tidak mengeluarkan banyak keringat.

7. Oleskan Jus Lobak

Lobak juga sangat baik untuk mengatasi ketiak basah dan menyebarkan bau tak sedap, termasuk menghilangkan bau badan. Pemakaiannya sangat mudah. Oleskan 1 sendok jus lobak ke area ketiak kana dan 1 sendok untuk ketiak kiri. Lakukan beberapa kali sampai problem ketiak basah menghilang.

8. Konsumsi Daun Kemangi

Daun kemangi sering digunakan sebagai lalapan karena kemampuannya bisa mengatasi makanan berminyak. Ternyata, kemampuan itu bisa dilakukan untuk mengatasi minyak (keringat) pada ketiak.

Caranya, ya konsumsi saja beberapa daun kemangi setelah Anda bersihkan. Bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah atau lebih dulu dikukus atau dalam bentuk masakan lainnya.

Tetapi, wanita harus hati-hati mengonsumsi daun kemangi. Jangan berlebihan agar tidak timbul efek samping yang negatif.

9. Jangan Biarkan Rambut Ketiak

Terkadang rambut ketiak tumbuh lebat. Anda sebaiknya sering mencukur rambut ketiak biar tidak menyebabkan banyak keringat. Punya banyak rambut ketiak, apalagi berukuran panjang, akan membuat banyak minyak di ketiak yang akhirnya menyebarkan bau tak sedap.

10. Hindari Konsumsi Bawang Putih, Bawang Merah

Mengonsumsi makanan dengan aroma kuat ketika dicerna juga bisa menghasilkan bau tak sedap di badan ataupun ketiak. Contohnya mengonsumsi bawang putih, bawang merah dan kari. Rempah-rempah itu akan menghasilkan gas sulfur yang diserap oleh darah dan dieliminasi lewat paru dan pori-pori kulit.

Jika Anda termasuk orang yang suka mengonsumsi tiga rempah itu dan menyebabkan bau badan dan ketiak, ya hindari konsumsi ketiga bumbu dapur itu. Tujuannya supaya ketiak dan badan Anda tak bau.

11. Kurangi Makan Daging

Jika penyebab bau ketiak Anda akibat sering mengonsumsi daging, ya kurangi saja. Atau hentikan sementara konsumsi daging. Anda bisa mengganti dengan masakan lain yang fungsinya seperti mengonsumsi daging. Yakni, mampu membuat Anda tetap sehat tanpa menyebarkan bau menyengat.

12. Hindari Minum Alkohol, Kafein, dsb.

Minum alkohol dan berbagai minuman yang mengandung kafein juga bisa menghasilkan keringat tak sedap di ketiak. Itu tergantung pada banyak faktor dan kondisi fisik tiap orang tentu berbeda. Hasilnya, kondisi keringat ketiak juga berjenis-jenis.

Jika kenyataannya Anda adalah peminum alkohol dan kafein yang membuat ketiak bau, ya hentikan saja konsumsi alkohol dan minuman yang mengandung kafein, terutama kafein tinggi. Selain badan dan ketiak tidak bau, Anda juga lebih sehat.

Cari dan Atasi Penyebab Ketiak Basah

Untuk mengatasi dan menghilangkan ketiak basah, sebaiknya Anda sekaligus meniadakan penyebabnya. Artinya, Anda harus menghindari penyebab terjadinya ketiak basah. Ini adalah cara yang lebih kuat dan permanen untuk menghilangkan bau ketiak atau ketiak basah.

Sebagian besar penyebab ketiak basah sudah disebutkan dalam pembahasan tentang 12 tips menghilangkan ketiak basah secara permanen. Dalam kesempatan ini akan lebih diperjelas untuk memudahkan cara mengatasinya.

Penyebab ketiak basah antara lain:

1. Sering mengonsumsi makanan dan minuman panas membuat suhu tubuh meningkat dan menghasilkan banyak keringat. Solusinya, ya hindari mengonsumsi makanan minuman panas.

2. Suka mengonsumsi minuman berkafein tinggi seperti minuman kopi akan merangsang saraf pusat untuk membuat kelenjar keringat aktif dan banyak keluar keringat. Ya, Anda sebaiknya berhenti dari suka mengonsumsi minuman kopi atau berkafein lainnya.

3. Merokok akan meningkatkan denyut jantung, tekanan darah dan suhu tubuh yang membuat keringat keluar lebih banyak. Berhenti merokok merupakan solusi mengatasi masalah ketiak basah.

4. Mengonsumsi makanan pedas seperti sambal juga bisa membuat produksi keringat meningkat. Rasa pedas bisa mengaktifkan kelenjar keringat.

5. Pakaian juga bisa menjadi penyebab Anda banyak keringat. Sebaiknya Anda menghindari pakaian yang terbuat dari kain sintetis seperti polyester karena membuat keringat tak bisa menguap.

6. Minum alkohol juga bisa menyebabkan banyak mengeluarkan keringat. Sebab, minuman alkohol akan melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan suhu tubuh sehingga perlu banyak keringat untuk mendinginkannya. Tetapi, efeknya banyak keringat bisa menimbulkan bau tidak sedap akibat bakteri.

Jutaan bakteri tidak berbahaya berdiam di permukaan tubuh. Bau ketiak dan tubuh merupakan hasil pembuangan oleh bakteri yang memakan keringat kita. Semoga bermanfaat.

 

One thought on “12 Cara Menghilangkan Ketiak Basah secara Permanen dan Mudah

Comments are closed.