8 Cara Menghilangkan Migrain Sebelah Kanan dan Sebelah Kiri

Diposting pada
Terima Kasih untuk Berbagi

ADA dua jenis penyakit migrain, yaitu migrain sebelah kanan dan migrain sebelah kiri. Pertanyaannya, bagaimana cara menghilangkan migrain sebelah kanan ataupun migrain sebelah kiri? Apakah penyakit migrain itu?

Penyakit migrain adalah rasa nyeri di kepala, dari nyeri sedang sampai nyeri berat. Saat migrain terjadi, Anda akan merasa sakit yang sangat. Ketika iu, Anda akan merasakan kepala berdenyut pada bagian kiri atau bagian kanan.

Jika yang berdenyut kepala sebelah kanan, maka dinamakan migrain sebelah kanan. Jika yang berdenyut kepala sebelah kiri, maka dinamakan migran sebelah kiri.

Tetapi, terkadang migrain bisa terjadi pada dua sisi secara bersamaan, yakni pada kepala bagian kiri dan kepala bagian kanan.

Anda tidak perlu khawatir dengan penyakit migrain. Cara menghilangkan migrain sebelah kanan atau migrain sebelah kiri tidak sulit. Bahkan, Anda isa melakukannya tanpa obat.

Namun, jika penyakit migrain terjadi beberapa kali, misalnya dalam satu bulan terjadi 5 kali lebih, maka Anda perlu periksa dokter. Apalagi, jika sakit kepala Anda sudah berat dan obat yang Anda konsumsi tidak menghilangkan atau menyembuhkan sakit kepala Anda.

Penyakit migrain yang tidak disembuhkan bisa menyebabkan penderita mengalami stroke, sakit jantung, vertigo atau mengalami luka pada bagian otak. Baca Juga: Kenali Ciri-ciri Penyakit Kanker Otak dan Cara Mencegahnya 

Beberapa Penyebab Migrain Sebelah Kanan dan Sebelah Kiri

cara menghilangkan migrain

aduhhhhh… sakitnyaaaa… (foto:terussehat.com)

Jika Anda belum minum obat apa pun, Anda bisa menghilangkan penyakit migrain dengan cara alami. Caranya tidak sulit. Kemungkinan besar cara ini bisa menyembuhkan penyakit migrain Anda.

Kebanyakan penderita penyakit migrain adalah wanita. Tetapi, banyak juga kaum pria yang kena migrain. Hanya persentase penderita lebih banyak wanita. Maka, wanita perlu hati-hati dengan penyakit migrain.

Sampai sekarang belum diketahui persis faktor apa saja yang menjadi penyebab migrain, baik migrain sebelah kanan atau migrain sebelah kiri.

Baca Juga: 10 Cara Alami Menghilangkan Bau Badan dengan Mudah 

Alodokter.com menduga penyebab migrain adalah adanya aktivitas yang tidak normal di dalam otak. Kondisi ini bisa berdampak pada pembuluh darah, sinyal saraf, dan zat kimia dalam otak.
Ketidakseimbangan zat kimia dalam otak atau serotonin diperkirakan menjadi pemicu utama terjadinya migrain.

Faktor-faktor lain penyebab migrain sebelah kanan:

1. Perubahan hormon bisa menyebabkan banyak wanita menderita penyakit migrain, terutama ketika mereka sedang menstruasi. Menurunnya kadar hormon estrogen sebelum terjadi mestruasi diduga sebagai penyebab migrain. Biasanya migrain terjadi dua hari sebelum menstruasi dan tiga hari sejak menstruasi.

2. Akibat keturunan. Banyak juga orang menderita migrain karena ada kerabatnya yang juga menderita penyakit yang sama. Jadi, faktor gen yang diduga menjadi penyebab terjadinya migrain.

3. Makanan tertentu juga bisa menjadi penyebab terjadinya migrain. Misalnya mengonsumsi kafein (minuman kopi, teh, dsb). Demikian pula mengonsumsi coklat, keju, buah jeruk, bumbu penyedap masakan (MSG), alkohol dan kurang minum (dehidrasi), juga bisa menyebabkan migrain.

4. Kurang istirahat, stres, dan kurang tidur juga bisa memicu terjadinya penyakit migrain. Maka, aturlah cara hidup Anda dengan menjalani cara hidup sehat sehingga Anda bisa terhindar dari migrain.

5. Mengonsumsi obat-obat tertentu juga bisa menjadi penyebab migrain. Misalnya tablet tidur dan pil kontrasepsi. Maka, hati-hati mengonsumsi obat-obat tertentu biar migrain tidak mudah kambuh.

Beberapa penyebab migrain sebelah kiri:

Ada beberapa penyebab penyakit migrain sebelam kiri. Misalnya mengonsumsi es krim, olahraga, mengonsumsi obat pereda sakit, hipertensi (darah tinggi), dan sakit jantung.

Langkah terbaik untuk mencegah terjadinya migrain sebelah kiri adalah menghindari makanan dan aktivitas yang bisa memicu terjadinya penyakit migrain sebelah kiri.

Seperti penyebab terjadinya migram sebelah kanan, Anda sebaiknya juga menghindari makanan penyebab migrain sebelah kiri. Ya, Anda bisa meneliti makanan yang Anda konsumsi yang kemungkinan menjadi penyebab migrain.

Anda sebaiknya memperbanyak konsumsi buah yang bisa meredakan sakit migrain sebelah kiri. Anda bisa mengonsumsi mentimun untuk ini.

Baca Juga: Sakit Punggung Sebelah Kiri, Jangan-jangan Anda Kena Sakit …

Migrain sebelah kiri juga bisa terjadi akibat penyakit lain seperti stroke, tekanan darah tinggi, flu dan demam, tumor otak, gegar otak, dsb.

8 Cara Menghilangkan Migrain Sebelah Kanan dan Sebelah Kiri

Bagaimana cara menghilangkan migrain sebelah kanan ataupun sebelah kiri? Anda bisa mengonsumsi obat yang dijual secara bebas ataupun menggunakan obat migrain alami.

Keuntungan dari cara menghilangkan migrain dengan cara alami, baik migrain sebelah kanan ataupun migrain sebelah kiri adalahh bebas dari efek samping. Selain itu, bahannya mudah ditemukan dan harganya murah. Bahkan, ada kemungkinan bahannya telah tersedia di tempat Anda.

1. Kompres di bagian kepala yang sakit dengan menggunakan air hangat atau air dingin. Bisa pula Anda berendam di bak mandi dengan air hangat.

2. Mengonsumsi obat bebas seperti ibuprofen, paracetamol, atau aspirin. Anda bisa mendapatkannya di apotek atau toko obat.

3. Mengonsumsi cuka apel.

4. Makan dan minum secara teratur sesuai dengan jadwal Anda. Makan setidaknya tiga kali dalam waktu yang ditentukan. Minum setidaknya 2 liter sehari. Tentu saja, Anda harus mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat.

5. Mengonsumsi suplemen atau herbal juga bisa dipilih sebagai cara menghilangkan migrain, baik migrain sebelah kanan atau migrain sebelah kiri. Antara lain:

a). Kamil Minyak Jinten Hitam 210’s – Habbatussauda. Selain menghilangkan atau mengobati migrain, obat herbal ini juga bisa mengatasi stroke, jantung, asma, kanker, sinusitis, TBC, darah tinggi, kista, insomnia, dan diabetes.

b). Vertigrain Obat Herbal Migren / Migrain Obat Herbal Vertigo Original. Obat migrain berupa kapsul ini bisa mengatasi kekurangan magnesium sehingga Anda bisa bebas dari penyakit migrain.

c). Vermint Cacing Obat Typus Migrain Ambeien. Obat herbal dari cacing tanah ini punya khasiat mengobati banyak penyakit. Selain migrain, juga menghilangkan penyakit tipus, ambeien, demam berdarah, diabetes, darah tinggi, kolesterol, stroke, dsb.

d). Madu Migrain Khazanah Madu Pusing Pussing Vertigo. Herbal madu pusing ini selain untuk mengatasi migrain, juga sangat berkhasiat untuk mengatasi vertigo, darah rendah, darah tinggi, migrain dan maag. Bisa dikonsumsi oleh orang tua dan anak-anak.

6. Melakukan Olahraga. Tetapi, pilihlah olahraga yang tidak memberikan beban yang berat. Misalnya, jalan kaki, senam, bersepeda statis, treadmill, dsb. Anda juga bisa melakukan jogging di depan rumah. Renang juga bisa dipilih. Yang penting bukan olahraga berat.

7. Hindari lampu yang sangat terang, terik matahari, dan suara keras. Berjalan-jalan ke toko swalayan, mall atau supermarket sebaiknya dihindari karena kondisi di tempat-tempat itu bisa memicu terjadinya penyakit migrain. Anda tentu sangat repot jika sedang memilih barang-barang menarik di swalayan, tiba-tiba migrain kambuh.

Baca Juga: Kenali 20 Gejala Diabetes biar Anda Bebas dari Penyakit Diabetes

8. Perhatikan perubahan cuaca yang ekstrem. Perubahan cuaca juga bisa menyebabkan terjadi penyakit migrain. Perubahan cuaca bisa membuat Anda merasa tidak enak badan. Tentu saja, Anda perlu istirahat biar migrain tidak kambuh.

Demikian artikel mengenai Cara Menghilangkan Migrain Sebelah Kanan dan Sebelah Kiri. Semoga artikel yang disajikan oleh tanpadiabetes.com ini bermanfaat untuk Anda.