Cara Cepat Mengobati dan Menyembuhkan Flu pada Bayi

Diposting pada
Terima Kasih untuk Berbagi

JIKA tiba-tiba bayi Bunda mengalami flu (pilek), apa yang harus dilakukan? Apalagi bayi yang menderita flu adalah anak pertama. Bunda tentu belum punya pengalaman tentang cara mengobati dan menyembuhkan flu pada bayi.

Tetapi, Bunda tidak perlu panik. Yang penting Bunda bergerak cepat dengan segera mengobati flu pada bayi. Sebab, si kecil bisa menderita berbagai macam komplikasi akibat flu yang tidak cepat disembuhkan.

Dengan usianya yang belum ada 2 tahun, si kecil memang rentan terkena berbagai penyakit, termasuk flu atau pilek. Ada sekitar 200 virus yang bisa membuat bayi Bunda kena flu.

Flu adalah infeksi yang terjadi pada hidung, tenggorokan dan paru-paru akibat virus influenza. Tanda bahwa bayi Bunda terkena flu adalah hidung meler, bersin, dan terkadang disertai batuk dan demam.

Pertanyaannya, apa yang harus Bunda lakukan supaya si kecil bisa cepat sembuh dari sakitnya? Obat atau makanan apa yang harus diberikan kepada si kecil biar sakit flunya cepat sembuh?

Cara Mengobati Flu pada Bayi dengan Cara yang Mudah dan Alami

cara mengobati flu pada bayi

(foto:mangsawanita.blogspot.com)

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengobati flu pada bayi tanpa harus pergi ke dokter. Dengan cara sederhana dan alami, Anda bisa membebaskan si kecil dari flu yang berkepanjangan.

1. Biarkan istirahat agak lama

Selama si kecil beristirahat, sistem imun tubuhnya melakukan proses penyembuhan. Selama beristirahat, udara di sekitarnya harus lembab sehingga lendir dalam hidung bisa encer dan si kecil bisa bernafas dengan baik. Cara menggunakan alat pelembab udara, tetapi bukan AC.

Selain menyediakan alat pelembab udara, Bunda sebaiknya memandikan si bayi dengan air hangat. Uap air hangat bisa membantu mencairkan lendir yang menyumbat hidung.

2. Perbanyak Minum Air

Selain banyak istirahat di ruangan dengan udara lembab, si kecil juga perlu banyak minum. Baik minum ASI, susu formula atau air. Ya, mana yang dia sukai. Untuk bayi berusia kurang dari 6 bulan, Bunda perlu sering menyusuinya.

3. Teteskan Air Garam

Cara mengobati flu pada bayi lain yang juga sangat baik untuk Bunda lakukan adalah meneteskan air garam ke lubang hidung si kecil. Itu bisa dilakukan jika upaya-upaya di atas belum juga membuahkan hasil. Anda juga bisa menggunakan alat penyedot ingus bayi untuk membersihkan hidung.

4. Bersihkan Lendir atau Cairan Hidung

Bunda juga perlu membersihkan lendir atau cairan hidung yang mengeras. Bisa menggunakan kapas yang dibasahi dengan air hangat.

5. Teh Hangat untuk Atasi Sumbatan

Cara menyembuhkan flu pada bayi lainnya minum teh hangat. Cara ini bisa mengatasi sumbutan di hidung. Tetapi, cara itu hanya bisa dilakukan untuk bayi usia 6 bulan lebih. Tujuannya untuk membantu meredakan hidung bayi usia di atas 6 bulan yang tersumbat

6. Jika Pola Makannya Tetap Baik

Bunda tidak perlu membawa si kecil ke dokter selama pola makannya tetap baik. Demikian untuk aktivitas hariannya. Jika si kecil tetap aktif seperti sebelum menderita flu, Bunda tidak perlu khawatir dan tidak perlu membawa si kecil ke dokter.

7. Jangan Gunakan Obat

Untuk bayi usia di bawah 6 bulan, Bunda jangan menggunakan obat untuk mengatasi flu si kecil. Kecuali penggunaan obat atas anjuran dokter.

8. Jika Menderita Demam Lebih dari 40 Derajat

Jika si kecil yang menderita flu juga menderita demam lebih dari 39 derajat Cecius untuk anak di bawah 3 bulan atau 40 derajat lebih untu anak usia di bawah 6 bulan, maka Bunda harus membawanya ke dokter. Si kecil perlu penanganan yang cepat dan tepat untuk kesembuhannya.

9. Jika Demamnya Lebih dari 2 Hari

Anda juga perlu membawa si kecil ke dokter jika demamnya lebih dari 2 hari, batuknya makin berat disertai mengi atau nafas yang cepat, sering mengantuk dan rewel, matanya berair atau ada kotoran, dan pileknya tidak berkurang setelah 10 hari.

Dengan membawa ke dokter, si kecil bisa segera mendapatkan pengobatan yang tepat dan cepat sembuh dari sakitnya. Itulah beberapa cara mengobati flu pada bayi yang bisa Bunda lakukan.

Cara Mencegah Flu pada Bayi

Tentu saja, hal terbaik yang perlu dilakukan oleh Bunda adalah mencegah flu atau pilek pada bayinya. Ada beberapa hal yang bisa Bunda lakukan untuk menghindarikan si kecil dari penyakit flu.

1. Memberikan ASI dengan baik

ASI (air susu ibu) mengandung zat antioksidan yang sangat tinggi sehingga bisa memberikan kekebalan tubuh pada bayi. Bayi pun tidak mudah kena penyakit, termasuk penyakit flu.

2. Jangan Sering Keluar Rumah

Udara di banyak kota telah tercemar oleh berbagai polusi. Ini membuat bayi tidak aman dari kemungkinan terkena penyakit akibat menghirup udara kotor. Yang terbaik, Anda perhatikan polusi udara di wilayah tempat Anda tinggal.

Jika udaranya bersih, jauh dari pabrik besar, ya amanlah anak Bunda. Jika sebaliknya, ya hati-hati. Jangan sampai anak Anda sakit karena tercemar polisi buruk.

3. Sering Memberi Asupan Sayur dan Buah

Sangat baik jika Bunda sering memberikan asupan sayur dan buah kepada si kecil. Sayur dan buah mengandung banyak vitamin yang sangat baik untuk membantu pertumbuhan dan kesehatan bayi sekaligus sebagai cara mencegah flu.

4. Bersihkan Hidung Bayi secara Rutin

Biar tidak mudah kena flu, hidung bayi harus sering dibersihkan. Gunakan cotton buds ataupun kapas kecil yang diberi baby oil untuk membersihkan hidung secara rutin. Tetapi, lakukan dengan hati-hati biar tidak terjai hal yang tidak diinginkan.

5. Memijat Hidung Bagian Atas

Cara menyembuhkan flu lainnya adalah dengan memijat hidung bagian atas. Pemijatan dikukan perlahan-lahan, tetapi tepat sasaran. Ada baiknya pemijatan menggunakan minyak telon atau lainnya sehingga terasa hangat dan flu cepat menghilang.

Semoga artikel tentang 9 cara mengobati flu pada bayi atau cara menyembuhkan flu bayi bisa bermanfaat bagi kesehatan putra-putri Anda.