9 Cara Mengobati Diabetes Kering dengan Tanaman Herbal Paling Ampuh

Diposting pada
Terima Kasih untuk Berbagi

CARA mengobati diabetes kering dengan menggunakan tanaman herbal bisa menjadi pilihan utama Anda. Sebab, ini adalah cara mudah dan murah. Ada 9 tanaman herbal yang bisa Anda pilih untuk mengobati diabetes.

Mengobati diabetes dan menurunkan kadar gula darah adalah sangat penting. Naiknya gula darah akan membuat sakit diabetes Anda kian berat. Risikonya pun tidak kecil dan tidak ringan.

Oleh karena itu, Anda harus berusaha keras untuk menurunkan kadar gula darah sampai ke posisi normal. Caranya tidak sulit. Anda bisa memilih cara mengobati diabetes kering menggunakan tanaman herbal (obat).

Banyak orang berhasil menyembuhkan sakit diabetesnya dengan rutin mengonsumsi ramuan khusus diabetes yang terbuat dari tanaman herbal. Jika Anda rutin mengonsumsinya, Anda bisa bebas dari penyakit gula darah.

Siapa tidak suka dengan memiliki tubuh yang sehat karena mampu menyembuhkan sakit diabatesnya? Semua orang pasti suka.

Tetapi, tanaman herbal apa saja yang bisa Anda gunakan untuk mengobati diabetes kering Anda?

9 Cara Mengobati Diabetes Kering Menggunakan Tanaman Herbal

cara mengobati diabetes kering

foto:caramudahhidupsehat.com

Sebelum mengetahui tanaman herbal apa yang mampu menyembuhkan sakit diabetes kering, ada baiknya Anda lebih dulu mengetahui apa yang dimaksud dengan penyakit diabetes kering.

Penderita diabetes kering akan tampak badannya kurus dan kering. Berbeda dari penderita diabetes basah, penderita diabetes kering tidak memiliki luka yang sulit disembuhkan.

Penyebab terjadinya penyakit diabetes kering antara lain sering makan minum yang terlalu manis, banyak minum soft drink dan makanan cepat saji (junk food). Selain itu, badan terlalu gemuk, kurang istirahat, tidak pernah berolahraga, ataupun karena keturunan.

Adapun tanaman herbal yang bisa Anda pilih untuk pengobatan diabetes adalah;

1. Tapakdara

Tumbuhan tapak dara sangat bagus untuk mengatasi penyakit diabetes. Dengan kandungan alkaloid, tapakdara bisa merangsang hormon insulin untuk lebih aktif mengantarkan gula darah ke banyak sel untuk diubah menjadi energi.

2. Bawang, Mencegah Kadar Gula Darah Berlebihan

Bawang sebagai herbal untuk banyak penyakit sudah dikenal luas. Di antaranya bisa untuk menyembuhkan atau mencegah terjadinya sakit diabetes.

Bawang mengandung zat allicin yang mampu mengendalikan produksi gula darah agar tidak berlebihan. Selain itu, bawang juga bertugas merangsang hormon insulin agar lebih aktif mendistribusikan zat gula darah ke semua sel yang membutuhkan.

3. Kayu Manis

kayu manis

Anda juga bisa memilih kayu manis untuk menyembuhkan diabetes. Dari hasil penelitian, kayu manis diketahui punya kandungan zat yang bisa menyembuhkan penyakit diabetes kering.

Bahkan, kayu manis juga mampu mencegah terjadinya komplikasi akibat penyakit diabetes yang tergolong berat. Yang terbaik, ya Anda mengobati diabetes sejak awal. Yakni, sejak diketahui diabetes menyerang Anda.

4. Sambiloto

Tumbuhan in mengandung zat flavinoid yang bisa mengatasi diabetes kering. Cara membuat rebusan daun sambiloto tidak sulit. Ambil beberapa lembar daun, bersihkan dengan air yang mengalir, lalu direbus sampai airnya mendidih. Silakan Anda minum secara rutin sehingga sembuh dari diabetes.

5. Kulit Manggis

Kulit manggis juga sangat bagus untuk mengatasi penyakit diabetes kering. Kandungan zat xanthone dan antioksidan dalam kulit manggis bisa membuat hormon insulin bekerja maksimal untuk membawa zat gula darah le sel-sel tubuh untuk diubah menjadi energi. Selain itu, dengan kandungan oksidan bisa membuat Anda terhindar dari gangguan penyakit.

6. Ginseng

ginseng

Anda juga bisa membuat ramuan diabetes dari bahan ginseng. Cara membuatnya tidak sulit. Ya, seperti Anda membuat minuman teh. Minuman ginseng juga bisa menambah stamina sehingga Anda lebih sehat dan penuh semangat. Tidak loyo, lesu ataupun letih.

7. Buncis

Anda juga bisa mengonsumsi buncis untuk terapi penyakit diabetes kering. Buncis, sayur yang murah harganya, ini mengandung zat B-sitosterol dan stigmasterol. Kedua zat itu bisa meningkatkan kadar insulin untuk memproses glukosa menjadi energi melalui sel-sel tubuh.

8. Pare

Buah pare yang rasanya pahit itu juga berkhasiat menyembuhkan diabates kering. Kandungan buah pare antara lain fitonutrien, serat, mineral, vitamin dan anti oksidan. Buah pare bisa mengontrol kadar gula darah Anda berkat kandungan serat sehingga selalu stabil.

Hindari Beberapa Makanan dan Minuman Berikut Ini

mengobati diabetes kering
makanan minuman penyebab diabetes (foto:pengensehat.com)

Selain mengonsumsi makanan yang bisa mengobati dan menurunkan diabetes kering seperti disebutkan di atas, Anda juga harus menghindari makanan minuman penyebab diabates. Atau makanan pantangan diabetes.

Jika Anda rajin mengonsumsi tanaman herbal sebagai cara mengobati diabetes kering, tetapi di sisi lain masih sering mengonsumsi makanan penyebab diabetes, ya pengobatan yang Anda lakukan tidak bisa menurunkan gula darah Anda.

Maka, penyakit diabetes Anda tetap belum bisa sembuh. Kadar gula darah belum bisa turun menjadi normal.

Ya, saya pernah bertemu seorang pasien diabetes di tempat praktek dokter. Dia rutin periksa dokter tiap bulan. Tetapi, gula darahnya masih tetap tinggi. Ia ingin gula darahnya bisa turun sehingga tubuh bisa sehat dan nyaman.

Saya pun bertanya. makanan penyebab diabetes apa yang dia hindari? Dia bilang tidak ada. Dia hanya mengandalkan obat dari dokter.

Saya katakan kepada dia, coba hindari makanan penyebab gula darah tetap tinggi. Tidak usah banyak. Pilih satu atau dua dulu, yang kandungan gulanya tinggi.

Kalau Anda bisa menghindari makanan pantangan diabetes karena kandungan gulanya tinggi, Anda bisa menurunkan gula darah. Jika tidak, gula darah Anda akan tetap tinggi.

Nanti, dengan berjalannya waktu, usaha menghindari makanan penyebab diabetes bisa ditingkatkan. Kalau tidak, nanti jika sudah berusia lanjut, beban Anda untuk menghadapi sakit diabetes makin berat.

Efek samping dari pemakaian obat yang terus-menerus juga makin tinggi.

Cara terbaik adalah sejak sekarang menghindari makanan minuman penyebab gula darah tinggi. Pola makan harus diatur sedemikian rupa karena penyakit diabetes termasuk penyakit dengan risiko tinggi.

Berikut ini beberapa makanan dan minuman yang harus Anda hindari, yaitu:

1. Kue manis

2. Jus buah kemasan

3. Jus dengan tambahan gula terlalu banyak

4. Susu dengan kandungan lemak tinggi

5. Nasi putih

6. Roti tawar

7. Daging merah

8. Gorengan dll.

Baca Juga:

Demikian artikel tentang cara mengobati diabetes kering. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Semoga Anda bisa terhindari dari penyakit diabetes kronis.