7 Cara Mengobati Diabetes Melitus: Praktis, Cepat dan Murah

Diposting pada
Terima Kasih untuk Berbagi

CARA mengobati diabetes melitus tentu bermacam-macam. Ada yang sangat mudah, ada yang sedang dan ada yang memakan waktu lama. Tergantung dari tingkat sakitnya. Masih ringan, sedang atau sudah kronis dan berat.

Jika sudah berat, tentu memerlukan pengobatan yang intensif. Bahkan, jika punya luka yang sulit disembuhkan, anggota badan yang punya luka terpaksa harus dipotong (diamputasi) supaya penyakit diabetes tidak meluas ke anggota tubuh yang lain.

Diabetes melitus atau kencing manis adalah penyakit yang ditimbulkan oleh tingginya kadar gula (glukosa) dalam darah akibat gangguan sekresi insulin. Ini terjadi disebabkan oleh konsumsi makanan minuman manis (mengandung gula) yang tinggi.

Akibatnya, insulin tidak mampu mengubah seluruh zat gula menjadi energi bagi sel-sel tubuh. Apalagi, Anda juga mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi, maka tumpukan zat gula darah makin tinggi.

Inilah penyebab terjadinya penyakit diabetes melitus. Anda harus berusaha mencegah terjadinya diabetes melitus menghinggapi tubuh Anda. Anda harus bebas dari sakit diabetes (kencing manis).

Baca: 23 Gejala Penyakit Diabetes yang Harus Anda Waspadai

Cara Mengobati Diabetes Melitus Tipe 2

cara mengobati diabetes melitus

(foto:dokterkamu.blogspot.cm)

Ada tiga tipe diabetes melitus (DM). Yaitu, diabetes melitus tipe 1, diabetes melitus tipe 2 dan diabetes gestasional.

Terbanyak adalah penderita DM tipe 2. Bahkan, jumlah penderitanya bisa mencapai 90% dari jumlah penderita diabetes melitus. Diabetes melitus tipe 2 diakibatkan oleh makanan dan minuman yang mereka konsumsi.

Misalnya, makanan minuman yang sangat manis, makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, lemak jenuh dan lemak trans, daging merah dan daging olahan. Lemak trans terdapat pada aneka gorengan.

Penderita diabetes melitus tipe 1 akibat keturunan. Orang tuanya punya penyakit DM, lalu ada anaknya juga menderita sakit yang sama.

Diabetes gestasional adalah penyakit yang diderita wanita hamil. Meskipun setelah melahirkan penyakit itu menghilang, tetapi saat sakit, penyakit itu harus diobati atau disembuhkan. Tujuannya supaya tidak muncul penyakit DM tipe 2 di belakang hari, 5 – 10 tahun kemudian.

Tentu saja, cara mengobati diabetes tiga jenis tersebut berbeda-beda. Sebab, jenis dan tingkat sakitnya juga tidak sama. Bagaimana cara mengobati diabetes melitus tipe A1?

Baca: 5 Cara Mencegah Ibu Hami Kena Penyakit Diabetes

7 Cara Mengobati Diabetes Melitus dengan Obat Alami

Jika penyakit diabetes melitus telah menyerang tubuh Anda, bagaimana cara mengobati? Apa yang harus Anda lakukan sehingga penyakit diabetes melitus Anda bisa teratasi?

Ya, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk mengatasi atau menyembuhkan diabetes melitus. Salah satunya dengan mengonsumsi obat diabetes alami seperti memanfaatkan tanaman obat.

Banyak penelitian yang hasilnya menunjukkan bahwa mengonsumsi obat herbal diabetes dari tumbuhan sangat baik. Beberapa tanaman berkhasiat obat, termasuk obat untuk menyembuhkan diabetes.

Tanaman apa saja yang berkhasiat bisa menyembuhkan atau mengobati diabetes? Berikut ini daftar 7 tanaman obat untuk mengatasi sakit diabetes.

Pengobatan Diabetes Menggunakan Pare

Cara mengonsumsi pare bisa dengan cara dibuat jus. Rasa pare agak pahit. Anda bisa menambah gula jawa biar mengurangi rasa pahit. Tetapi, obat memang pahit. Justru rasa pahit yang bisa menyembuhkan sakit Anda.

Pengobatan diabetes dengan mengonsumsi pare bisa meningkatkan produksi insulin. Fungsi insulin adalah mengangkut gula darah untuk diproses menjadi energi. Dengan demikian, tak ada lagi timbunan gula darah yang bisa menyebabkan terjadinya diabetes melitus.

Buncis Efektif untuk Mengobati Diabetes

Sayuran buncis atau kacang buncis juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan atau mengobati diabetes. Buncis mengandung zat B-sitosterol dan stigmasterol yang mampu meningkatkan produksi insulin.

Buncis bisa dikonsumsi dalam bentuk masakan sayur atau oseng-oseng buncis. Sebaiknya buncis dimasak tidak terlalu matang. Bisa dicampur dengan kacang panjang. Rasa buncis adalah renyah dan agak manis sehingga siapa pun akan suka mengonsumsinya.

Cara Mengobati Diabetes dengan Mengkudu

Buah mengkudu juga bagus untuk mengobati diabetes. Dari hasil penelitian diketahui senyawa triterpen dan saponin mampu menurunkan gula darah atau penyakit diabetes. Demikian pula terhadap luka diabetes yang sulit disembuhkan.

Dengan mengonsumsi buah mengkudu, luka bisa sembuh secara bertahap hingga akhirnya penderita bisa bebas dari deraan luka yang sebelumnya sulit disembuhkan..

Penyembuhan Diabetes dengan Ginseng

Tanaman lain yang berkhasiat untuk menyembuhkan diabetes adalah ginseng. Di Indonesia, tanaman ginseng itu bernama ginseng jawa, som jawa, talinum paniculatum gaertn, dsb.

Dalam pembuatan obat, ginseng Indonesia dicampur dengan bahan lain. Yang terkenal adalah kolesom. Jadilah anggur kolesom.

Dr Jusuf Krstianto, ahli herbal dari Kementerian Kesehatan mengatakan kandungan ginsenosid bisa mengatasi dan mencegah penyakit diabetes. Tetapi, jika beli produk buatan pabrik, harus ada tanda pengesahan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Pengobatan Diabetes dengan Brotowali

Masyarakat Indonesia sudah lama mengenal brotowali berkhasiat obat. Tetapi, tiap daerah punya pemahaman dan kebiasaan yang berbeda.

Masyarakat Jawa menggunakan brotowali sebagai obat demam dan luka. Masyarakat Bali menggunakan brotowali untuk obat sakit perut, demam dan sakit kuning.

Brotowali bisa untuk pengobatan karena punya berbagai kandungan zat yang berkhasiat obat. Akar tanaman brotowali mengandung senyawa berbelin dan kolumbin sebagai anti-microba.

Daun dan batang brotowali mengandung zat untuk pengobatan diabetes, obat luka, rasa nyeri dan meningkatkan nafsu makan. Anda bisa merebus daun brotowali untuk mengobati diabetes.

Sambiloto Mengobati Diabetes

Tanaman sambiloto juga berkhasiat menyembuhkan penyakit diabetes atau kencing manis karena kandungan andropholide dan glukosa diterpen. Dari penelitian Fakultas Farmasi UGM dan ITB menyimpulkan bahwa mengonsumsi rebusan daun sambiloto bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Obat Diabetes dari Kumis Kucing

Tanaman kumis kucing juga sangat terkenal sebagai tanaman obat. Antara lain bisa untuk mengatasi diabetes. Tanaman kumis kucing memang mengandung banyak zat yang sangat bermanfaat untuk pengobatan diabetes.

Kandungan yang bermangaat untuk kesehatan, khususnya diabetes, adalah inensetin, zat semak, saponin, minyak atsiri, dan sapofonin, mionositol, dan kalium.

Cara Mengobati Diabetes dengan Obat Herbal

Jika tidak ingin repot, Anda bisa mengonsumsi obat herbal diabetes yang dijual di toko-tojo obat, baik toko online atau offline. Ini cara praktis untuk pengobatan diabetes. Untuk informasi lebih lanjut tentang herbal diabetes, Anda bisa baca: 12 Obat Herbal Diabetes: Berbagai Khasiat dan Harganya.

Demikian artikel mengenai cara mengobati diabetes melitus tipe 2. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

One thought on “7 Cara Mengobati Diabetes Melitus: Praktis, Cepat dan Murah

Comments are closed.