20 Cara Mengobati Diabetes secara Alami – Mudah dan Murah

Diposting pada
Terima Kasih untuk Berbagi

CARA mengobati diabetes secara alami bisa Anda pilih untuk menyembuhkan sakit Anda. Banyak orang sukses menyembuhkan penyakit diabetes dengan cara ini. Yang penting tekun, yaitu selalu mengobati sakitnya dan menghindari makanan yang bisa menyebabkan diabetes bertambah tinggi.

Penyakit diabetes atau kencing manis adalah penyakit yang diakibatkan oleh kadar gula (glukosa) yang tinggi. Akibatnya, tidak semua zat gula dalam tubuh bisa diproses menjadi energi setelah melalui sel-sel tubuh.

Ada dua jenis diabetes, yakni diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 (diabetes melitus). Diabetes tipe 1 terjadi akibat kerusakan atau adanya gangguan pada pankreas sehingga organ tubuh itu tidak mampu memproduksi insulin yang cukup. Insulin berfungsi mengantarkan kadar gula (glukosa) ke sel-sel tubuh untuk dibakar menjadi energi.

Diabetes tipe 2 (diabetes melitus) adalah penyakit yang diakibatkan oleh kurangnya insulin yang bisa memproses kadar gula menjadi energi melalui sel-sel tubuh.

Berbeda dengan diabetes tipe 1, kurangnya insulin untuk diabetes tipe 2 ini akibat konsumsi makanan yang mengandung gula sangat tinggi melebihi kebutuhan atau kemampuan pankreas memproduksi insulin.

Kebanyakan penyakit yang diderita masyarakat adalah diabetes tipe 2. Bahkan, angkanya mencapai 90 – 95%. Artinya, sebagian besar penyakit diabetes yang diderita oleh masyarakat adalah diabetes melitus tipe 2.

Gaya hidup dan gaya makan modern menjadi penyebab terbesar dari penyakit diabetes tipe 2. Misalnya, banyak mengonsumsi makanan cepat saji (fast food) dan makanan berlemak lainnya. Atau mengonsumsi makanan minuman dengan kandungan gula tinggi.

20 Cara Mengobati Diabetes secara Alami dan Berbagai Kandungannya

 Cara Mengobati Diabetes secara Alami

ramuan buah mengkudu (foto:jussehat.com)

Salah satu cara menyembuhkan atau mengobati penyakit diabetes adalah dengan cara alami. Yakni, mengobati diabetes atau kencing manis dengan memanfaatkan berbagai tanaman obat atau tanaman yang berkhasiat menyembuhkan penyakit.

Cara mengobati diabetes secara alami ini sangat mudah dan juga murah. Banyak tanaman atau sayuran yang bisa Anda konsumsi untuk menyembuhkan diabetes.

Cara mengonsumsinya adalah bahan tanaman obat bisa Anda konsumsi langsung sesudah dicuci bersih atau dibuat makanan/minuman. Atau dibuat ramuan jamu. Ya, jenis dan cara menyiapkannya terserah Anda, pilih yang mana.

Tetapi, Anda juga bisa membeli obat herbal diabetes. Anda tidak perlu repot membuat jamu diabetes sendiri. Obat herbal diabetes buatan pabrik tentu lebih higienes, lengkap dan nyaman. Harganya pun tidak mahal.

Yang penting Anda rutin meminumnya sesuai dengan petunjuk dan kondisi penyakit Anda. Diabetes termasuk penyakit sepanjang hidup. Jadi, Anda harus hati-hati. Hindari konsumsi makanan minuman penyebab diabetes atau penyebab gula darah Anda meningkat tinggi.

Ke-20 cara mengobati diabetes secara alami adalah:

1. Buncis Meningkatkan Produksi Insulin

Sangat bagus untuk penyembuhan diabetes. Buncis mengandung zat B-sitosterol dan stigmasterol. Berdasarkan penelitian IPB Bogor, zat-zat itu bisa meningkatkan produksi insulin yang nantinya bisa memproses gula darah menjadi energi.

2. Mengkudu Mempercepat Penyembuhan Luka Diabetes

Mengkudu yang dikenal dengan nama buah noni atau pace punya khasiat besar untuk mengatasi diabetes, termasuk luka diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah mengkudu bisa mempercepat penyembuhan luka diabetes dan menurunkan kadar gula darah.

Ini berarti konsumsi mengkudu sangat baik untuk menyembuhkan penyakit diabetes. Biar rasanya nyaman, Anda bisa menambah madu. Atau membeli obat herbal dari bahan mengkudu sehingga Anda nyaman mengonsumsinya.

3. Pare Tambah Madu

Buah pare juga efektif untuk menurunkan gula darah. Meskipun rasanya sangat pahit. Justru di dalam rasa pahit itu terkandung pengobatan untuk diabetes. Anda bisa membuat pare sebagai jus. Tetapi, jangan ditambah gula. Anda bisa menambah madu untuk mengurangi rasa pahitnya.

4. Brotowali, Juga Mempercepat Luka Bisa Sembuh

Tanaman ini juga sangat bagus untuk menurunkan kadar gula darah. Sama dengan pare, rasa brotowali juga sangat pahit akibat zat pikroretin. Tetapi, rasa pahit adalah obat yang tinggi khasiatnya. Berbagai kandungan zat dalam tanaman ini bisa mengontrol gula darah dan mempercepat sembuh luka diabetes.

5. Ginseng

Ramuan ginseng juga efektif menurunkan kadar gula dalam darah. Berbagai kandungan dalam ginseng bisa mengatasi diabetes secara alami. Masyarakat China sejak lama menggunakan ginseng sebagai obat diabetes.

6. Kayu Manis, Diabetes Turun 18 – 29%

Anda juga bisa menurunkan kadar gula darah atau penyakit diabetes dengan mengonsumsi kayu manis. Bahkan, juga mampu mengatasi komplikasi yang timbul akibat diabetes. Dari hasil penelitian diketahui penyakit diabetes bisa turun 18 – 29% setelah 40 hari mengonsumsi kayu manis.

7. Bawang Putih

Hampir semua orang mengetahui bahwa bawang putih memiliki khasiat obat. Tetapi, umumnya malas mengonsumsi karena rasa dan aroma yang sangat menyengat. Anda bisa memilih obat herbal yang lebih nyaman jika tidak ingin membuat sendiri.

Yang penting, Anda harus menyembuhkan sakit diabetes karena risikonya tinggi. Caranya, ya mengonsumsi obat herbal jadi dari bahan bawang putih.

8. Daun Teh Hijau

Mengonsumsi teh minimal 1-2 cangkir setiap hari bisa menurunkan kadar gula dalam tubuh. Anda bisa minum teh hitam, teh hijau, teh oolong atau teh murni lainnya. Semua bisa menurunkan diabetes Anda. Lakukan rutin sampai gula darah normal. Setelah itu, jaga supaya gula darah tetap normal dan terhindar dari penyakit diabetes.

9. Daun kelor

Banyak kandungan zat nutrisi dalam daun kelor yang berkhasiat menurunkan kadar gula darah atau cara mengobati diabetes secara alami. Mengonsumsi daun kelor sama dengan menambah insulin yang bisa menetralisir zat gula dalam darah. Maka, Anda yang kini harus melakukan suntik insulin, cobalah mengonsumsi daun kelor rutin sehingga mempercepat penyembuhan diabetes Anda.

10. Daun kemangi

Kandungan minyak atsiri dalam daun kemangi sangat manjur untuk menurunkan diabetes. Minyak atsiri bisa meningkatkan produksi hormon insulin yang dihasilkan oleh pankreas. Ini bisa menghindarkan Anda yang suka daun kemangi dari penumpukan glukosa dalam tubuh.

Oleh karena itu, jangan enggan mengonsumsi daun kemangi, termasuk bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah untuk lalapan. Yang penting sebelumnya harus dicuci bersih dengan air mengalir.

11. Biji buah alpukat

Cara lain untuk mengatasi penyakit diabetes adalah mengonsumsi biji buah alpukat. Bapak Sonny Sumarsono, warga Kabupaten Jember, Jawa Timur telah membuktikan hal itu. Penyakit diabetesnya sembuh setelah mengonsumsi biji buah alpukat.

Bapak Sonny mengaku ia mengonsumsi biji buah alpukat atas saran seorang perawat di Rumah Sakit Paru Jember, saat dia dirawat di RS itu akibat diabetes dan paru-paru. Awalnya ia tidak percaya dengan saran itu. Tetapi, ia coba mengonsumsi sari biji apel. Eh, ternyata betul. Diabetesnya turun dan sembuh.

12. Mahkota Dewa

Anda bisa minum sari mahkota dewa untuk menyembuhkan diabetes. Ambil 5 biji mahkota dewa, cuci bersih, iris kecil-kecil, lalu direbus. Setelah airnya mendidih, rebusan buah mahkota dewa bisa diminum. Anda bisa minum sehari tiga kali, dan minum sebelum makan. Ada beberapa zat yang bisa membuat buah ini efektif menyembuhkan diabetes. Yakni, zat saponin, alkaloid, flavonoid, dan zat polifenol.

13. Daun Salam

Anda juga bisa menggunakan daun salam untuk menyembuhkan diabetes. Khasiat daun salam untuk pengobatan tidak diragukan lagi. Cara membuat minuman daun salam sangat mudah. Rebus 15 lembar daun salam dengan 3 gelas air hingga mendidih. Lalu, air rebusan disaring dan hasilnya diminum sehari 2 kali. Daun salam bisa menurunkan kadar glukosa darah dan kadar serum glukosa darah.

14. Daun Sirsak

Daun sirsak juga bisa Anda konsumsi untuk menyembuhkan penyakit diabetes. Dengan kandungan vitamin A, vitamin B, protein, alkaloid, saponin, falvonoid, dan asetogenin, daun sirsak punya khasiat mengobati beberapa penyakit, termasuk diabetes. Anda bisa merebus beberapa daun sirsak dan bahan lain. Misalnya, dengan daun sirih. Setelah beberapa daun dicuci bersih, lalu direbus. Hasilnya bisa diminum 2 gelas per hari. Coba minum satu bulan dulu, lalu cek hasilnya.

15. Lidah Buaya

Ambil dagingnya (gel) dan dikonsumsi. Bisa menurunkan lemak dalam darah sehingga efektif untuk menurunkan kadar gula atau penyakit diabetes. Bisa juga untuk menyembuhkan luka atau bisul penderita diabetes. Kandungan senyawa lektin, antrakuinon dan manans sangat baik untuk penyembuhan diabetes.

16. Lemon Mengandung Serat Larut Tinggi

Lemon mengandung serat larut tinggi yang mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu juga mampu mengurangi penyerapan karbohidrat dan mencegah penyerapan lemak. Inilah yang membuat American Diabetes Association menempatkan lemon sebagai salah satu dari 10 makanan super penurun diabetes.

17. Kunyit Membantu Produksi Insulin

Kunyit juga bagus dijadikan cara mengobati diabetes secara alami. Sebab, kandungan senyawa kurkumin bisa membantu tubuh memproduksi hormon insulin. Hormon ini sangat penting untuk membawa gula darah (glukosa) ke sel-sel tubuh untuk diproses menjadi energi. Dengan mengonsumsi ramuan kunyit, Anda bisa mengurangi lemak dalam tubuh, mengatur kadar insulin dan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tak mudah kena penyakit, khususnya diabetes.

18. Ramuan jahe

Cara mengobati diabetes secara alami juga bisa menggunakan ramuan jahe. Ramuan ini akan membuat kadar gula dalam tubuh terkendali. Meningkatkan penyerapan gula darah ke otot sehingga tidak memerlukan banyak insulin. Bahan jahe dibersihkan, dipotong kecil-kecil dan seterusnya direbus.

19. Ikan salmon

Tetapi, masaknya jangan digoreng. Anda bisa memanggang atau mengukusnya. Mengandung protein tinggi yang sangat baik untuk penderita diabetes.

20. Minyak zaitun

Sangat baik untuk mengatasi diabetes. Bahkan bisa mengurangi hingga 70% risiko dari penyakit ini. Tidak mengandung lemak jenuh. Anda akan merasa kenyang untuk waktu agak lama setelah mengonsumsi minyak zaitun.

Demikian artikel mengenai 20 Cara Mengobati Diabetes secara Alami – Mudah dan Murah. Semoga bermanfaat dan Anda selalu sehat.

One thought on “20 Cara Mengobati Diabetes secara Alami – Mudah dan Murah

Comments are closed.