Terima Kasih untuk Berbagi

MENDERITA darah tinggi selama 27 tahun, saya merasakan bahwa cara menurunkan darah tinggi itu mudah. Yang penting adalah selalu konsisten menjalankan cara-cara menurunkan darah tinggi secara benar.  Tidak melanggar aturan kesehatan.

Salah satunya dengan diet hipertensi atau diet darah tinggi. Diet tidak hanya menyembuhkan penyakitnya. Tetapi, juga mengatasi sumber dari datangnya penyakit darah tinggi. Sebab, diet adalah meniadakan penyebab hipertensi. Sebagian besar darah tinggi akibat makanan yang Anda konsumsi dan cara hidup Anda.

Tentu saja, diet hipertensi tidak bekerja sendiri. Ia perlu didukung dengan olahraga. Tidak perlu olahraga berat. Menjalankan olahraga ringan secara teratur bisa membuat tensi darah tinggi cenderung normal.

Pernah suatu saat tensi darah saya untuk tekanan diastoliknya mencapai 110. Sementara, tekanan sistoliknya 140 atau normal karena saya sudah berusia lanjut. Dokter yang memeriksa saya minta periksa rutin tiap bulan.

Tetapi, saya tidak bisa memenuhi permintaan dokter. Sebagai jalan keluar, saya tingkatkan diet hipertensi saya. Hasilnya, ketika 4 bulan berikutnya saya kembali periksa dokter, tekanan darah saya dinyatakan normal.

Sudah satu tahun saya tidak periksa dokter. Saya terus jaga diet saya agar saya tidak terlalu sering mengonsumsi makanan penyebab darah tinggi. Saya pun selalu merasa sehat dengan semangat kerja dan makan yang cukup baik.

11 Cara Menurunkan Darah Tinggi yang Saya Jalani

cara menurunkan darah tinggi

pisang, buah yang bisa menurunkan darah tinggi (foto:beritasehatku.com)

Setidaknya ada 11 cara menurunkan darah tinggi yang saya pilih dan saya jalani. Sungguh, saya sangat bersyukur dengan kesehatan saya. Beberapa teman dan tetangga yang menderita darah tinggi tak bisa menjaga kesehatannya sehingga akhirnya terkena stroke.

Aduhh.. kalau bisa Anda jangan sampai terkena stroke. Penderitaannya sangat berat dan memprihatinkan. Penderita harus selalu didampingi anggota keluarga atau orang lain untuk memberikan bantuan saat diperlukan.

Tidak tahu kapan stroke bisa disembuhkan. Bisa 5 tahun, 10 tahun, 15 tahun, dsb.

Bahkan, seorang profesor yang masih usia muda, 55 tahun, terkena stroke kiri yang sangat berat. Selain harus selalu duduk di atas kursi roda, ia tak mampu bicara dengan baik. Sebagian anggota badannya lumpuh.

Berikut ini adalah cara menurunkan darah tinggi yang saya jalani, yaitu:

1. Tidak mengosumsi gorengan, baik aneka gorengan untuk lauk makan atau untuk cemilan. Istri menggantinya dengan masakan rebus. Tidak tempe goreng, tetapi tempe rebus (bacem). Tahu rebus, telur putih rebus, dsb.

Kualitas diet saya tingkatkan dengan tidak mengonsumsi aneka gorengan. Jika toh ingin mengonsumsi aneka gorengan, sedikit saja dan satu minggu hanya dua kali. Cara menurunkan darah tinggi seperti ini saya rasakan sangat efektif (besar pengaruhnya).

2. Tidak mengonsumsi makanan minuman yang mengandung gula tinggi, termasuk minuman teh manis, kecap manis, sirup, roti manis, dsb. Pokoknya, semua makanan minuman yang manis atau mengandung gula tinggi saya hindari. Kalau bikin minuman teh, ya gulanya sedikit saja. Roti pilih yang rendah gula.

3. Memperbanyak minum air putih. Sejak bangun tidur sampai menjelang tidur saya selalu minum air putih. Sedikitnya 6 gelas sehari. Jika tensi sudah turun, boleh minum teh tetapi jangan terlalu manis.

Gulanya sedikit saja. Anda tentu tidak ingin penyakit darah tinggi kambuh dan menggerogoti kesehatan Anda.

4. Rajin berolahraga. Tidak perlu olahraga yang berat. Cukup olahraga ringan seperti jalan kaki di kompleks perumahan, jogging, senam, dsb. Dulu, saya suka jalan kaki mengelilingi kampung pada pagi hari. Kini, saya suka jogging karena lebih bertenaga dan mampu membuat lebih sehat dengan cepat.

5. Memperbanyak konsumsi buah. Buah sangat penting untuk membuat badan Anda sehat dan tensi darah tidak naik tinggi. Tidak perlu buah yang mahal. Yang penting punya khasiat bisa menurunkan darah tinggi. Tetapi, jika Anda punya dana, mengonsumsi buah mahal karena lezat dan segar rasanya juga tidak masalah.

6. Tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol dan tidak stres. Jika Anda sekarang suka merokok, suka minum alkohol atau sering stres, ya coba diatur agar Anda tetap sehat. Tensi darah tidak naik tinggi. Anda bisa mengurangi secara bertahap. Tetapi, harus selalu ada keseriusan dan perkembangan.

7. Istirahat cukup. Istirahat dan tidur akan membuat tensi Anda turun. Maka, selalu luangkan waktu untuk beristirahat dan tidur. Ketahanan fisik manusia ada batasnya. Tidak bisa dipaksa agar terus bekerja dan kurang tidur.

8. Konsumsi makanan minuman yang sehat. Ini sangat penting. Anda tidak mungkin bisa hidup sehat jika pola makannya buruk. Tidak pernah memperhatikan kesehatan. Termasuk Anda yang masih berusia muda, juga perlu memperhatikan kesehatan.

Penyakit di hari tua adalah penumpukan bibit penyakit sejak muda. Maka, cek tensi darah, cek gula darah, kolesterol, sejak muda. Jangan menunggu usia tua atau menunggu sakit. Pelihara kesehatan sejak usia muda biar sampai tua tetap sehat.

9. Konsumsi obat hipertensi tradisional. Ini cara murah tetapi cukup efektif. Yang dimaksud dengan obat tradisional adalah sayuran dan buah yang punya khasit obat. Banyak sayuran yang berkhasiat obat darah tinggi.

Misalnya daun seledri, bawang putih, mentimun, dsb. Walaupun tidak tiap hari, Anda perlu mengonsumsinya. Umumnya obat tradisional itu memiliki banyak khasiat pengobatan. Khasiat.co.id menyebutkan ada 35 manfaat kesehatan dari daun seledri.

Bisa untuk obat darah tinggi, rematik, anemia, kulit berminyak, batuk, kanker, kolesterol tinggi, dsb. Ya, sekali dayung puluhan pulau terlampaui. Sekali minum jus seledri, Anda mengatasi puluhan penyakit.

9.Tingkatkan pengetahuan tentang kesehatan. Ini juga sangat penting. Dengan meningkatnya pengetahuan Anda tentang kesehatan, Anda bisa tahu berbagai cara membuat diri sehat. Anda bisa tahu bagaimana caranya menghindari sakit darah tinggi, cara mengatasi dan mengobatinya, dsb. Jelajah internet. Anda akan menemukan ribuan artikel mengenai kesehatan, termasuk di blog www.tanpadiabetes.com ini.

10. Mengonsumsi obat herbal jadi. Anda juga bisa memelihara kesehatan dengan minum obat herbal jadi. Saya suka mengonsumsi obat herbal Jelly Gamat yang terbuat dari tripang. Obat herbal jadi ini sebenarnya sama dengan obat tradisional. Sebab, bahannya juga sama dari tumbuhan atau bahan alami. Tetapi, yang ini diproduksi oleh pabrik sehingga kandungannya lebih lengkap dan lebih higienes.

11. Ikut asuransi. Jika punya dana, ikutlah asuransi. Paling tidak ikut asuransi BPJS. Walaupun asuransi BPJS adalah asuransi yang minimal. Tetapi, tak apa. Yang penting Anda bisa memelihara kesehatan dengan punya hak periksa kesehatan (dokter).

Banyak orang menderita sakit berat seperti jantung, diabetes, darah tinggi, karena tak pernah cek kesehatan. Mereka selalu merasa sehat. Padahal, penyakit sudah beberapa tahun menggerogoti kesehatan Anda, tetapi Anda tidak tahu karena tidak ada gejalanya.

Demikian tips tentang cara menurunkan darah tinggi saya praktekkan. Saya telah 27 tahun menderita darah tinggi dan kini merasa lebih sehat. Meskipun pernah tensi naik hingga 190/105 mmHg. Tetapi, kini cenderung normal.

Tanpadiabetes.com berharap semoga artikel ini bermanfaat. Sukses bagi Anda yang punya darah tinggi dan semoga bisa menurunkannya menjadi selalu normal.