Cara Menurunkan Gula Darah – 10 Tanaman Herbal Bisa Anda Pilih

Diposting pada
Terima Kasih untuk Berbagi

ANDA punya penyakit diabetes dan ingin menurunkannya? Ya, itu tekad yang bagus dan itu mudah. Cara menurunkan gula darah tidak sulit. Antara lain Anda bisa mengonsumsi tanaman herbal menjadi minuman atau makanan penurun gula darah.

Ya, menemukan makanan yang bisa menurunkan sakit Anda sesungguhnya bisa dilakukan kapan saja. Yang sangat penting adalah kemauan Anda untuk sembuh dari penyakit diabetes.

Umumnya kendala utama untuk menyembuhkan diabetes adalah sikap penderita. Banyak penderita yang tidak tekun untuk menyembuhkan sakitnya. Minum obat tidak rutin. Sering mengonsumsi makanan yang bisa menyebabkan diabetesnya naik, dan masih banyak lagi.

Intinya, cara menurunkan gula darah tidak bisa instan. Harus dilakukan terus-menerus. Terutama menghindari makanan penyebab diabetes. Banyak penderita diabetes suka melanggar larangan ini dengan mengonsumsi makanan pantangan.

Akibatnya, penyakit diabetes tidak kunjung sembuh. Atau, penyakit diabetes mudah kambuh atau gula darahnya naik lagi.

Salah satu cara terpenting untuk menyembuhkan diabetes adalah rajin mengonsumsi makanan untuk menurunkan gula darah. Bersamaan dengan itu, Anda harus menghindari makanan penyebab diabetes.

Ada baiknya Anda memiliki alat tes gula darah yang bisa digunakan untuk mengetahui perkembangan gula darah Anda. Berapa kadar gula Anda sebelum dan sesydah mengonsumsi makanan penurun gula darah.

Misalnya Anda mengukurnya seminggu sekali. Berapa penurunannya, lalu adakan evaluasi. Apa yang perlu diperbaiki, ditingkatkan atau diturunkan. Harga alat tes gula darah bervariasi, pilih harga sesuai dengan keinginan Anda.

 10 Jenis Makanan Terbaik untuk Menurunkan Gula Darah

cara menurunkan gula darahmakanan penurun gula darah (foto:sehatcenter.com)

Lantas, makanan apa saja yang bisa menurunkan gula darah dan Anda harus sering mengonsumsunya?

Sesungguhnya banyak makanan untuk menurunkan gula darah yang bisa Anda konsumsi untuk menyembuhkan diabetes. Pilih makanan yang mudah Anda dapatkan dan pengaruhnya sangat besar untuk menurunkan diabetes.

Makanan di sini mencakup bahan makanan, sayur, dan buah. Berikut ini 10 makanan yang bisa Anda konsumsi untuk menurunkan diabetes.

1. Alpukat: Buah, Daun dan Bijinya Rendah Gula

Mengonsumsi alpukat bisa Anda pilih sebagai cara menurunkan gula darah. Khasiat alpukat sangat hebat untuk menyembuhkan penyakit diabates. Tidak hanya buah, daun dan bijinya juga punya manfaat untuk menurunkan gula darah.

Buah alpukat rendah karbohidrat dan rendah gula. Buah alpukat ukuran sedang memiliki 17 karbohidrat. Cukup rendah. Oleh karena itu, buah ini bisa Anda konsumsi untuk menurunkan dan menyetabilkan gula darah Anda.

Daun alpukat juga bermanfaat untuk menurunkan gula darah. Rasa daun ini sangar pahit. Selain menurunkan gula darah, konsumsi daun alpukat juga bisa menyembuhkan nyeri saraf, nyeri lambung, bengkak saluran pernapasan dan haid tidak teratur.

2. Bawang Putih, Dikonsumsi Sebelum Makan Besar

Bawang putih juga bagus untuk menurunkan gula darah. Banyak zat yang bisa mengurangi kadar gula pada penderita diabetes tipe 2, mengurangi gangguan metabolik, meningkatkan sensitifitas kadar insulin dalam darah, dsb.

Bawang putih bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah atau dimasak. Semua punya pengaruh besar untuk kesehatan. Ia bisa mengatur glukosa darah, menurunkan efek komplikasi diabetes, memperlancar aliran darah, memerangi infeksi, dan mengurangi tumpukan kolesterol jahat.

Bawang putih tidak mengandung karbohidrat. Konsumsi bawang putih merupakan cara menurunkan gula darah yang sangat baik. Tetapi, bawang putih harus dikonsumsi sebelum makan besar. Ia akan mampu membuat kadar gula darah Anda kembali normal.

3. Telur, Hati-hati dengan Kandungan Kolesterolnya

Anda juga bisa memilih konsumsi telur rebus untuk menurunkan diabetes. Tetapi hati-hati. Sebab, telur mengandung kolesterol tinggi, yakni kuning telur.

Yang membuat telur sangat bagus untuk menurunkan gula darah karena kandungan proteinnya yang tinggi. Konsumsi telur bisa menyeimbangkan gula darah dalam tubuh.

Mengonsumsi telur rebus bisa membuat Anda cepat kenyang. Karena itu, konsumsi secukupnya saja. Jangan banyak-banyak karena di sana juga ada kolesterol tinggi, yaitu pada kuning telur. Kolesterol tinggi bisa berisiko kena sakit jantung.

4. Sayuran Bayam, Selada, Lobak, Kubis Tinggi Serat

Makanan lain yang juga bagus untuk menurunkan gula darah adalah sayuran hijau. Misalnya, bayam, selada, lobak dan kubis. Sayuran-sayuran ini mengandung serat, magnesium, mineral, antioksidan, dan vitamin A.

Di sisi lain, sayuran hijau rendah kalori dan karbohidrat. Mengonsumsi satu piring per hari bisa menurunkan risiko gula darah naik dan diabetes tipe 2 sebesar 14%. Angka yang cukup tinggi.

Anda sebaiknya mengonsumsi 3 – 5 porsi sayuran tiap hari. Bisa dalam bentuk sayuran dimasak atau dibuat jus atau dikonsumsi dalam keadaan mentah. Jika dibuat jus, jangan ditambah gula.

Baca: Cara Menyembuhkan Diabetes Melitus dengan 14 Tanaman Obat

5. Cara Menurunkan Gula Darah dengan Pare

Buah pare terasa pahit. Tetapi, justru rasa pahit itu bisa membuat diabetes Anda turun. Ada tiga senyawa yang membuat buah pare bisa menurunkan gula darah. Yakni, charantin, polipeptida P dan asam oleanolic glikosida.

Polipeptida P bisa menurunkan gula darah sebagaimana halnya dengan insulin. Anda bisa mengonsumsi buah pare rebus, sebagai makanan atau dibuat jus. Anda bisa mengkonsumsi satu buah pare ukuran kecil atau 2 ons untuk jus segar pare 3 kali sehari.

Beberapa studi menunjukkan bahwa buah pare bisa meningkatkan penyerapan sel glukosa, mempromosikan pelepasan insulin, dan efek insulin lebih kuat. Beberapa studi bahkan mendokumentasikan efek pare juga menurunkan kolesterol tinggi.

6. Kacang Almond Membuat Gula Darah Stabil

Dengan kandungan banyak nutrisi, kacang almond bisa mencegah beberapa penyakit, di antaranya penyakit gula darah (diabetes). Kandungan nutrisi antara lain serat pangan, lemak tidak jenuh, vitamin B da vitamin E.

Dari penelitian diketahui bahwa mengonsumsi kacang almon, Anda secara bertahap bisa mengurangi pemakaian obat-obatan. Mengonsumsi almond juga membuat Anda tidak mudah  lapar.

7. Menurunkan Gula Darah dengan Minuman Teh Hijau

Mengonsumsi teh hijau bisa digunakan sebagai terapi atau pencegahan penyakit diabetes. Teh kaya dengan senyawa falvanol, alkaloid, polifenol, mineral lengkap, protein, asam amino dan vitamin.

Semua itu bisa meningkatkan kepekaan tubuh terhadap produksi insulin sekaligus menurunkan kadar gula darah.

Secara khusus, kandungan polifenol dalam minuman teh bisa membuat Anda mampu menjaga resistensi insulin. Sebaiknya, penderita diabetes tipe 2 mengonsumsi teh hitam atau teh hijau setidaknya satu cangkir setiap hari.

Anda yang tidak menderita diabetes juga baik minum teh hijau sebagai upaya pencegahan sakit diabetes dan lainnya. Bagi penderita diabetes, teh hijau berfungsi menurunkan gula darah sehingga penyakit diabetes bisa disembuhkan.

8. Sambiloto, Anda Bisa Memilih Obat Herbal Sambiloto Jadi

Sambiloto merupakan tumbuhan liar, bisa tumbuh di mana-mana. Tetapi, khasiatnya untuk mengobati penyakit sangat tinggi. Tanaman ini mengandung andropholide dan glukosa diterpen.

Zat andropholide mampu menurunkan kadar gula darah. Fakultas Farmasi UGM Yogyakarta dan ITB Bandung telah melakukan penelitian terhadap sambiloto. Hasilnya, sambiloto positif bisa menurunkan gula darah tinggi. Kandungan gula darah tinggi dalam tubuh bisa menyebabkan sakit diabates.

Cara membuat seduhan minuman dari daun sambiloto seperti Anda membuah minuman teh. Ambil 5 helai daun dan cuci bersih. Siapkan air panas satu gelas dan masukkan daun sambiloto ke dalamnya. Tunggu beberapa saat sampai agak dingin.

Siapkan penyaring untuk menyaring seduhan daun sambiloto. Setelah disaring, seduhan sambiloto siap diminum. Anda sebaiknya minum seduhan sambiloto 2 kali sehari sampai gula darah Anda normal.

Tetapi, Anda juga bisa langsung merebus daun sambiloto untuk dibuat minuman menyeharkan. Caranya juga tidak sulit.

Jika tidak ingin repot membuat sendiri obat diabetes dari tanaman sambiloto, Anda bisa membeli obat herbal dari tanaman sambiloto. Anda bisa memilih mana yang Anda inginkan.

9. Brotowali, Sangat Pahit tetapi Efektif Menurunkan Gula Darah

Anda juga bisa memanfaatkan tanaman botrowali untuk menurunkan gula darah. Minuman dari brotowali sangat pahit. Tetapi, jika Anda rajin minum seduhan brotowali, Anda akan sehat dengan produktivitas tinggi.

Brotowali kaya akan kandungan alkaloid (berberina dan kolombina) yang ada di akar dan batang. Lalu, damar lunak, pati, glikosida pikrotetosid, zat pahit pikrotetin, hars, berbebrin, parmatin, kolumbin (akar), kokulin (pikrotoksin) dan boorma.

Itulah sebabnya brotowali kerap digunakan sebagai antipiretik, tonikum, antiperiodikum (obat pengatur haid), diuretikum dan antidiabetik.

Selain itu, brotowali juga bisa mengaktifkan fungsi pankreas dan mengaktifkan sel-sel beta.
Cara membuat seduhan brotowali hampir sama dengan membuat minuman teh atau rebusan sambiloto (nomor 8) di atas. Anda bisa merebus batang dan daunnya untuk diminum.

10. Daun Kumis Kucing

Tanaman kumis kucing, seperti tanaman obat lainnya, juga bisa Anda gunakan untuk mengobati atau menurunkan sakit gula. Anda bisa mendapatkan daun kumis kucing di mana-mana. Apalagi di kota pinggiran atau didesa. Mendapati tanaman kumis kucing sangat mudah.

Dengan berbagai kandungan di dalamnya, daun kumis kucing bisa menurunkan kadar gula dalam darah dan mengendalikan kadar gula biar tidak naik. Cara kerjanya hampir sama dengan cara kerja zat insulin dalam tubuh Anda.

Kandungan senyawa pada tanaman kumis kucing juga bisa memperbaiki sel beta pankreas. Dengan cara itu, pankreas akan kembali menghasilkan banyak zat insulin yang berfungsi mengantarkan gula darah untuk diproses menjadi energi.

Anda juga bisa mendapatkan herbal tanaman kumis kucing untuk mengatasi sakit diabetes. Misalnya, Ago Teh Kumis Kucing, Kapsul Kumis Kucing Tazakka POM TR, dsb. Harga obat herbal dari tanaman kumis kucing juga murah. Anda bisa membelinya di toko online yang menyediakan obat-obat herbal.

Tidak hanya sebagai cara menurunkan gula darah dan diabetes. Konsumsi tanaman herbal kumis kucing juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi penyakit-penyakit lain.

Baca:  13 Buah Terbaik untuk Menurunkan Penyakit Diabetes

Menghindari Penyebab Gula Darah Naik Jauh Lebih Penting

Tentu saja, yang jauh lebih penting untuk Anda lakukan adalah mengatasi penyebab gula darah tinggi. Anda harus menghindari penyebab gula darah naik. Jika Anda mampu mengatasi penyebab gula darah tinggi, maka Anda akan bebas dari sakit diabetes.

Atau setidaknya gula darah Anda akan selalu stabil. Diabetes dalam kondisi normal, yang berarti Anda sehat

Maka, tidak hanya Anda yang sudah memiliki penyakit diabetes saja yang harus menghindari penyebab gula darah naik. Anda yang kini masih sehat pun harus menjaga diri biar tidak terkena diabetes.

Caranya, ya menghindari makanan minuman penyebab diabetes ataupun gula darah tinggi.
Ada beberapa penyebab gula darah naik yang harus Anda hindari.

1. Tidak Pernah Sarapan Pagi

Jangan meremehkan pentingnya sarapan pagi. Biarpun Anda masuk kerja pagi-pagi betul, tetapi jangan sampai tidak sarapan. Risikonya Anda bisa kena penyakit diabetes atau kencing manis.

Sarapan pagi yang kaya protein dan lemak bisa menjaga gula darah Anda tetap stabil sepanjang hari. Jika Anda tidak sarapan, maka ketika makan siang Anda akan menemukan gula darah naik tinggi.

Apalagi bagi Anda yang memiliki badan gemuk. Sebaiknya selalu sarapan pagi dengan menu makanan yang bisa membuat Anda sehat, misalnya tidak mengandung karbohidrat tinggi.

Untuk membuat sarapan yang menyehatkan dan aman untuk penderita diabetes, banyak menu bisa Anda pilih. Yang penting selalu sarapan dengan jam makan yang tidak berubah-ubah (harus disiplin waktu sarapan).

2. Mengonsumsi Makanan dengan Kandungan Gula Tinggi

Makanan dengan kandungan gula tinggi juga bisa menyebabkan gula darah Anda naik. Makanan manis, apalagi sangat manis, adalah nomor satu penyebab diabetes. Maka, hindari makanan seperti itu sejak muda.

Menghindari atau mengurangi makanan minuman dengan kandungan gula tinggi bisa menjadi cara menurunkan gula darah yang sangat efektif dan Anda harus melakukannya.

Saya sering menyaksikan pengunjung rumah makan minta tambah gula untuk minumannya. Mereka bilang, “Mas tambah gula” sambil menyodorkan minuman yang disajikan kepadanya.

Tujuannya supaya minuman yang disajikan bisa terasa sangat manis dan segar.
Minuman manis dan segar nikmat rasanya. Tetapi, hati-hati. Di balik itu ada penyakit yang mengintai, yakni penyakit diabetes akibat gula darah tinggi.

Tidak hanya minuman tang sangat manis, termasuk sirup. Makanan manis juga penyebab diabetes yang harus Anda hindari, Misalnya, es krim, roti putih, donat, pastries, cokelat, serta makanan dengan pemanis buatan lainnya.

Bahkan, nasi putih juga harus dihindari atau dikurangi karena kandungan gulanya. Jika Anda penyuka makanan-makanan manis, hati-hati biar Anda terhindar dari penyakit diabetes.

3. Jus Buah yang Sangat Manis

Umumnya pembuatan jus buah selalu diberi gula pasir yang cukup banyak. Maksudnya, biar jus yang dihasilkan terasa segar dan nikmat. Tetapi, minuman ini jelas bukan untuk penderita penyakit diabetes. Gula darahnya bisa langsung tinggi.

Kalau Anda ingin minum jus buah, ya tanpa ditambah gula. Buah tanpa ditambah gula sesungguhnya sudah terasa manis segar. Rasa manis yang ada adalah alamiah. Ini tidak menyebabkan gula darah naik. Tuhan Maha Hebat, membuat buah menyegarkan sekaligus tidak menyebabkan sakit.

herbal penurun gula darah
foto:klikinfo.co.id

Herbal Diabetes untuk Penyembuhan Penyakit Diabetes/Gula Darah

Sangat banyak herbal diabetes yang bisa Anda dapatkan di toko-toko online arau toko herbal. Harganya tidak mahal. Umumnya dibawah Rp 100.000. Ada yang berupa minuman, kapsul, ataupun tablet atau pil. Mengonsumsi herbal bisa menjadi salah satu cara mengobati diabetes yang cukup efektif.

Herbal diabetes yang bisa Anda konsumsi antara lain:

1. AMSI Jamu Diabetesi Diabetes 2HbA1c

Minuman fermentasi ini terbuat dari bahan-bahan alami. Diolah dengan teknologi Nano sehingga ramuan herbal ini mudah diserap oleh tubuh sehingga mampu mengatasi diabetes Anda.

Khasiatnya: mengatasi diabetes Anda, menyehatkan otak karena mengandung omega 3 dan 6, membuat badan sehat dengan cepat. Tidak membuat ketergantungan pada obat. Bisa untuk pencegahan dan bisa untuk penyembuhan diabetes.

Harga bervariasi, dari yang termurah Rp 67.000.

2. Obat Diabetes Herbal Denature Paket 1 Minggu

Herbal diabetes ini berfungsi untuk menormalkan kadar gula dalam darah, melancarkan peredaran darah, mengurangi kolesterol, menambah stamina tubuh, memperbaiki jaringan kulit dan menjaga kesehatan tubuh. Harganya Rp 325 ribu.

3. MELABIC Obat Herbal Untuk Diabetes Menstabilkan Kadar Gula Darah

Obat herbal diabetes yang ini dibuat dari tanaman asli Indonesia. Misalnya sayuran buncis, tanaman kumis kucing, daun salam, temulawak, dan gymnema.

Tetapi, untuk bisa efektif menyembuhkan diabetes, Anda harus mengonsumsinya selama 2 bulan berturut-turut. Menurut pembuatnya, proses penyembuhan penyakit dengan menggunakan obat herbal memang agak lama. Tetapi, itu alami dan bisa mengatasi penyakit Anda sampai ke akarnya.

Oleh kerana itu diperlukan waktu dua bulan pada awal penyembuhan. Anda perlu mengonsumsi dua botol untuk konsumsi dua bulan.

Bahan-bahan obat herbal ini tentu tidak asing untuk Anda, kecuali yang terakhir, yaitu gymnema. Tanaman itu sangat besar khasiatnya untuk menurunkan dan menyembuhkan diabetes Anda. Artikel lain tentang herbal diabetes: 12 Obat Herbal Diabetes. Khasiat dan Harganya.

Demikian artikel mengenai cara menurunkan gula darah dengan mengonsumsi makanan penurun  gula darah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.