9 Cara Merawat Rambut Mengembang dengan Praktis dan Mudah

Diposting pada
Terima Kasih untuk Berbagi

CARA merawat rambut mengembang. Punya rambut mengembang tentu tidak nyaman. Apalagi buat wanita. Jelas, adanya rambut mengembang sangat mengganggu. Rambut mengembang membuat kondisi rambut tidak sehat dan tidak bisa tampil cantik.

Pertanyaannya, bagaimana cara mengatasi dan merawat rambut mengembang? Apa yang harus dilakukan supaya rambut mengembang bisa dihilangkan? Bagaimana cara mencegah terjadinya rambut mengembang?

Jadi, berkaitan dengan rambut mengembang, ada dua hal penting yang harus Anda lakukan. Pertama mencegah adanya rambut mengembang. Kedua, jika rambut mengembang sudah terjadi, Anda harus berusaha mengatasi atau menghilangkannya.

Bagi kaum Hawa, rambut adalah mahkota. Rambut juga menjadi kebanggaan jika tumbuh dengan baik dan sehat. Maka, pekerjaan yang harus Anda lakukan adalah selalu merawat rambut agar tumbuh dengan baik. Tidak menjadi rambut mengembang dan kering.

Di sini, Anda harus selalu memenuhi kebutuhan nutrisi rambut. Tujuannya supaya rambut selalu tumbuh subur, sehat dan menawan. Tidak terjadi rambut mengembang dan rambut kering.

9 Cara Merawat Rambut Mengembang dengan Produk Murah

cara merawat rambut mengembang
(foto:bisikan.com)

Cara merawat rambut mengembang sebenarnya tidak sulit. Anda bisa melakukan cara mengatasi rambut mengembang secara alami ataupun menggunakan obat perawatan rambut seperti shampo, conditioner, dsb. Cara ini mudah dan murah.

Tetapi, jika Anda ingin perawatan istimewa, ya perlu biaya besar. Apalagi, jika perawatan dilakukan melalui salon terkenal.

Berikut ini 9 cara merawat rambut mengembang yang bisa Anda lakukan. Pilih cara perawatan yang murah dan mudah sehingga Anda bisa melakukan sendiri.

1. Keramas Menggunakan Air Dingin

Keramas merupakan cara merawat rambut yang paling penting. Siapa pun bisa melakukan. Sebaiknya, Anda melakukan keramas rambut 2 atau 3 hari sekali.

Cara keramas, Anda gunakan air dingin (biasa). Bukan air panas. Menggunakan air panas justru bisa membuat rambut Anda rusak. Penggunaan air panas bisa membuat kulit kepala berminyak. Ini bisa membuat rambut tidak sehat seperti rambut tumbuh bercabang.

Jangan keramas tiap hari. Ini juga bisa merusak rambut.

2. Pakai Shampo Khusus Rambut Mengembang

Cara merawat rambut mengembang lain, Anda bisa menggunakan shampo. Anda bisa memilih shampo yang Anda sukai, termasuk suka atau cocok dengan harganya.

Shampo khusus untuk rambut mengembang, antara lain Sampo Redken All Soft, Dove Nourishing Oil Care, TRESemme Keratin Smooth, L’Oreal Paris Smooth Intense Caring, Sunsilk Soft & Smooth, dsb.

Shampo Redken All Soft mengandung formula ultra-rich. Bisa mengatasi rambut mengembang dan rambut kering. Shampo ini bisa juga digunakan untuk jenis rambut lainnya.

Dove Nourishing Oil Care mengandung ekstrak dari minyak almond, kelapa, dan bunga matahari. Shampo ini efektif untuk melembutkan rambut, rambut tidak kering dan tidak mengembang.

TRESemme Keratin Smooth mengandung keratin yang sangat bermanfaat untuk memenuhi protein rambut. Rambut tidak kering dan tidak akan mengembang lagi. Rambut juga mudah diatur.

3. Menggunakan Kondisioner Rambut

Shampo dan kondisioner rambut sesungguhnya berbeda. Cuma, banyak orang yang menyamakan keduanya karena fungsinya sangat berkaitan erat. Yang penting, bagi mereka adalah fungsinya bisa mengatasi rambut mengembang.

Ada beberapa kondisioner yang sangat baik untuk merawat rambut mengembang dan rambut kering. Antara lain TRESemmé Keratin Smooth, Sunsilk Lively Straight Conditioner dan Sunsilk Soft and Smooth Conditioner.

Cara menggunakan RESemmé Keratin Smooth adalah setelah keramas. Rambut Anda akan lurus dan mudah diatur hingga 48 jam. Kandungan kondisioner adalah keratin dan protein alami.

Kekurangan keratin bisa dipenuhi dengan menggunakan kondisioner ini. Rambut mengembang bisa diatasi dan tidak rusak. Caranya menggunakannya setelah keramas.

4. Gunakan Sisir Rambut Bergigi Banyak

Hati-hati cara menggunakan shampo dan kondisioner. Ikuti aturan pakai yang tepat dan benar sehingga bisa memperoleh hasil maksimal. Jadi, sebelum menggunakan, baca dulu sturan pakainya.

Ketika menyisir rambut setelah keramas, gunakan sisir bergigi banyak. Tujuannya supaya rambut menjadi lurus dan rambut mengembang bisa hilang.

Selain menggunakan sisir, Anda juga bisa menggunakan catok. Catok adalah alat yang pemakaiannya menggunakan tenaga listrik. Oleh karenanya, perlu hati-hati.

5. Memakai Masker Rambut

Cara mengatasi rambut mengembang lainnya adalah menggunakan masker rambut. Lakukan 2 minggu sekali. Rambut Anda akan sehat, lembut, tidak kering dan tidak mengembang.

Anda bisa memilih masker rambut sesuai dengan keinginan. Ada masker berharga murah. Bisa pula memilih masker harga sedang atau mahal.

Pantene Daily Moisture Renewal Intensive Hair Mask, misalnya. Harganya hanya Rp 38.000. Atau L’Oreal Paris Total Repair 5 – 1 Minute Repairing Mask. Harganya Rp 65.000. Berharga mahal juga ada. L’Occitane Aromachologie Repairing Mask harga Rp 520.000.

6. Menggunakan Bahan-bahan Alami

Cara merawat rambut mengembang lainnya adalah menggunakan bahan alami. Cara ini aman dari efek samping. Cuma, Anda perlu repot dengan menyiapkan bahannya sendiri. Lainnya halnya dengan menggunakan produk industri.

Tetapi, yang terbaik Anda gunakan cara sesuai dengan kondisi rambut. Misalnya, untuk rambut yang rentan terhadap produk berbahan kimia. Anda sebaiknya menggunakan bahan alami.

Bahan alami yang bisa digunakan merawat rambut mengembang, misalnya, minyak zaitun, minyak zaitun dan madu, minyak zaitun dan kuning telur, minyak kemiri, minyak jarak, alpukat, pisang, dsb.

Salah satu contoh pemakaian. Misalnya menggunakan minyak zaitun. Caranya, ratakan minyak zaitun ke seluruh rambut. Lalu, diamkan sampai rambut kering sekitar 30 menit. Terakhir, rambut dibilas dengan air bersih atau dengan keramas.

Minyak zaitun bisa dicampur dengan bahan lain. Misalnya, dicampur dengan madu. Ukurannya 1 : 1. Setelah bahan jadi, oleskan ke rambut sampai merata. Diamkan 30 menit dan bilas dengan air bersih.

7. Rambut Jangan Diikat Saat Tidur

Rambut diikat ketika tidur bisa berakibat buruk. Antara lain, rambut bisa rontok, rambut menjadi kering dan mudah patah. Atau gatal-gatal pada kulit kepala, kepala pusing, rambut mengembang, dan rambut bergelombang.

Tetapi, jika Anda tidak bisa tidur nyenyak tanpa rambut diikat, cara mengatasi rambut mengembang dengan membuat ikatan tidak terlalu kencang. Sebab, seperti Anda, rambut juga perlu bernafas dan menyirkulasi nutrisi.

8. Hindarkan Rambut dari Sinar Matahari

Hindari rambut kena sinar matahari untuk waktu yang agak lama. Sinar matahari bisa membuat rambut menjadi kering dan mengembang. Anda perlu menggunakan penutup kepala jika berada di lokasi terbuka dan Anda kena sinar matahari.

Jika ternyata rambut Anda telanjur rusak akibat kena sinar matahari, cara mengatasinya dengan menggunakan produk khusus untuk itu. Antara lain menggunakan treatment gloss atau glaze. Anda bisa mendapatkan bahan itu di salon.

9. Pakai Perawatan Anti-Frizz Spray

Bagi Anda yang sibuk sehingga tidak punya waktu merawat rambut mengembang, Anda bisa pakai cara merawat rambut mengembang dengan cara yang praktis. Misalnya menggunakan perawatan Anti-Frizz. Anda bisa menemukan produk ini di berbagai toko atau konter kecantikan, termasuk di salon atau di toko online.

Ya, misalnya shampo, kondisioner, masker rambut hingga Anti-Frizz spray. Anda bisa menata rambut dengan produk-produk itu sebelum bepergian. Rambut Anda bakal lebih rapi dan sehat.

Harganya pun murah, bahkan di bawah Rp 50 ribu. Contohnya, Perawatan Anti-Frizz, Ricko Jaya Makarizo Anti Frizz Spray Advisor, Vanestrix Anti Frizz Spray Shine Serum, JvGood Moroccan Argan Oils 100% Pure Body & Massage Oils Hair Care, WATSONS Argan Oil Anti-frizz Treatment Shampoo, L’oreal Smooth Intense Anti Frizz Conditioner, dsb.

Harganya dari Rp 20.000 – Rp 100.000. Anda bisa memilih produk yang cocok karena banyak pilihan sehingga rambut Anda tumbuh sehat dan tidak mengembang.

Kesimpulan

Jika Anda punya rambut suka mengembang atau bercabang, Anda tidak perlu risau. Lakukan cara merawat rambut mengembang dengan benar. Pilih cara yang cocok dan mudah dilakukan. Bisa juga Anda gunakan produk-produk yang Anda cocok, termasuk cocok harganya.

Lakukan cara mengatasi rambut mengembang dengan benar dan tepat sehingga tidak timbul efek samping yang justru bisa merusak rambut Anda.

Demikian artikel mengenai cara merawat rambut mengembang. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih atas kunjungannya.