Cek Gula Darah – Cara Praktis Menghindari Sakit Diabetes

Diposting pada
Terima Kasih untuk Berbagi

BANYAK orang kena penyakit gula darah atau diabetes karena sebelumnya tidak pernah melakukan cek gula darah. Supaya terhindar dari sakit diabetes, Anda perlu cek gula darah secara periodik.

Misalnya sejak usia 35 tahun. Kalau Anda punya dana, Anda bisa membeli alat tes gula darah digital. Anda bisa cek sendiri di rumah. Alat cek gula darah digital bisa Anda beli di toko-toko online.

Harganya tidak mahal. Harga 100-an ribu rupiah juga ada. Tetapi, yang terbanyak adalah alat tes gula darah Rp 200 ribuan sampai Rp 400 ribuan. Anda bisa pilih mana yang Anda suka. Selengkapnya lihat di artikel “9 Alat Tes Gula Darah Harga Murah dan Garansi Sepanjang Hidup“.

Kenalan saya, Bapak Adi sudah lima tahun sakit diabetes. Pernah masuk rumah sakit karena penyakitnya. Ia tidak merasakan adanya gejala awal kena diabetes. Diketahui sakit diabetes ketika dia punya luka di kaki yang sulit disembuhkan.

Dia akhirnya periksa dokter. Ternyata dia menderita diabetes sehingga lukanya sulit disembuhkan. Dia memang suka minum dan makan yang manis-manis. Sampai kini dia masih periksa doker.

Pengalaman lain disampaikan oleh seseorang kepada dokter. Ia bilang coba cek gula darahnya dengan alat ukur gula darah digital. Hasilnya sangat mengejutkan. Sebab, gula darahnya sangat tinggi, yakni 400 mg/dl.

Kemudian ia minum obat. Satu minggu berikutnya gula darah turun jadi 225. Setelah 5 hari, ia cek lagi dan turun menjadi 152. Tetapi, 2 hari berikutnya naik lagi menjadi 285.

Kini dia minum obat dua kali sehari. Biasanya hanya sekali tiap hari. Hasilnya? Kadar gulanya terjun payung menjadi 75. Ia tidak lagi minum obat. Esoknya dicek naik menjadi 95.

Tetapi, hari berikutnya kembali naik cukup tinggi, yakni 315 mg/dl. Tentu sa, penderita ini bingung karena gula darahnya naik turun (fluktuatif).

cek gula darah

Sebaiknya Cek Gula Darah Sejak Usia 35 Tahun, Mengapa?

Siapa pun sebaiknya cek gula darah sejak usia 35 tahun. Tetapi, jika ingin lebih awal lagi, misalnya sejak usia 30 tahun, itu lebih baik lagi. Makin cepat Anda mengetahui berapa kadar gula darah Anda adalah lebih baik.

Dengan cek gula darah, Anda bisa memastikan apakah gula darah Anda normal atau tidak. Jika normal berarti Anda sehat. Jika gula darah Anda tinggi, ya Anda harus segera menurunkannya.

Demikian pula jika ternyata gula darah Anda mendekati tinggi. Anda harus menurunkannya dengan cepat sehingga Anda tidak terlambat untuk mencegah timbulnya penyakit diabetes.

Untuk menurunkan gula darah yang tinggi, Anda bisa memilih cara mana yang disukai. Yang penting Anda harus menurunkannya supaya Anda sehat. Caranya adalah Anda minum obat diabetes resep dokter, obat herbal diabetes atau obat diabetes tradisional.

Tetapi jika kadar gula darah Anda terlalu rendah (hipoglikemia), ya Anda harus meninggikan atau menormalkan Tujuannya supaya Anda selalu sehat.

Berikut ini ukuran kadar gula darah normal:

  • Sebelum makan: 70 – 130 mg/dL.
  • Dua jam setelah makan: kurang dari 180 mg/dL.
  • Setelah puasa paling tidak selama 8 jam: kurang dari 100 mg/dL.
  • Menjelang tidur: 100 – 140 mg/dL.

Saya bulan lalu coba cek gula darah di laboratorium kesehatan. Dua tahun lalu, saya juga cek gula darah. Untuk cek gula bulan lalu adalah:

Gula darah puasa saya adalah 92 mg/dl. Batasan gula darah normal adalah 70 – 100 mg/dl.
Gula darah 2 jam setelah makan (tidak puasa) adalah 128 mg/dl. Batasan normalnya adalah 70 – 140 mg/l.

Kesimpulannya adalah gula darah saya normal. Tentu saja, saya bersyukur kepada Allah atas kondisi kesehatan saya sekarang. Saya pun bertekad untuk mempertahankan kadar gula darah saya tetap normal sehingga tubuh selalu sehat.

Kini, bagaimana gula darah Anda? Pernah cek gula darah belum? Jika belum coba cek gula darah Anda. Bisa di Puskesmas, rumah sakit atau klinik kesehatan. Jika punya alat ukur gula darah, Anda bisa cek sendiri di rumah.

Cara Membuat Kadar Gula Selalu Normal biar Tubuh Selalu Sehat

Bagaimana cara membuat gula darah selalu normal? Apa yang harus dilakukan untuk mencegah gula darah naik sehingga membuat seseorang kena penyakit diabetes?

Untuk mempertahankan supaya kadar gula darah Anda selalu normal, ada beberapa cara yang harus Anda lakukan, yaitu:

1. Melakukan pola makan yang sehat. Artinya, selalu memperbanyak makanan sehat yang bisa menurunkan gula darah. Setidaknya ada 35 makanan sehat yang bisa Anda konsumsi sehingga gula darah Anda bisa selalu normal. Makanan sehat untuk penderita diabetes antara lain brokoli, bayam, cokelat hitam, blueberry, ikan tetapi jagan digoreng, kacang, ubi jalar, minyak zaitun, dsb.

2. Hindari makanan minuman yang menyebabkan terjadinya penyakit gula darah. Antara lain jangan minum jus buah kalengan atau kemasan buatan pabrik sebab ada zat pengawetnya dan tinggi garam. Ada 24 pantangan makanan untuk penderita diabetes yang harus Anda hindari agar penyakit tidak kambuh atau Anda yang sehat supaya tidak terkena penyakit diabetes.

3. Berolahraga secara teratur. Misalnya, satu minggu 4 atau 5 kali. Peranan olahraga sangat penting. Dengan olahraga, Anda juga bisa melatih otot-otot karena fungsinya untuk menyimpan gula darah sangat besar. Ya, macam-macam olahraga bisa Anda lakukan.  Lari, senam, jalan kaki, renang, push up, dsb.

4. Jika tubuh Anda gemuk (obesitas), turunkan berat badan Anda hingga mencapai berat badan yang ideal. Caranya, ya kurangi porsi makan. Lebih baik makan 5 kali sehari dengan porsi kecil daripada makan tiga kali sehari tetapi porsinya besar. Hindari juga makanan berlemak yang bisa menyebakan Anda mengalami kegemukan.

5. Berhenti merokok jika Anda suka merokok. Dan, berhenti minuman alkohol jika Ada sering mengonsumsi minuman memabukkan.

6. Minum obat herbal diabetes atau obat diabetes tradisional. Banyak obat herbal diabetes atau gula darah yang bisa Anda minum untuk menyembuhkan atau mencegah penyakit diabetes. Obat herbal atau obat tradisional diabetes bebas dari efek samping yang bisa merugikan kesehatan Anda.

Ya, ini perlu mendapatkan perhatian karena penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit spanjang hidup, sebagai halnya penyakit darah tinggi, kolesterol tinggi, asam urat, dsb.

Demikian artikel mengenai cek gula darah. Cek gula darah sangat penting untuk mencegah terjadinya penyakit gula darah atau diabetes. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

One thought on “Cek Gula Darah – Cara Praktis Menghindari Sakit Diabetes

Comments are closed.