Ciri-ciri Diabetes – Kenali Sejak Sekarang biar Anda Tidak Kena Diabetes

Diposting pada
Terima Kasih untuk Berbagi

KENALI ciri-ciri diabetes. Anda akan mampu mencegahnya sejak dini sehingga Anda bisa terhindar dari penyakit diabetes. Jika terlambat mengatasinya, penyakit diabetes sulit disembuhkan. Risikonya pun sangat besar. Bisa berujung ke kamatian.

Lihat data penderita diabetes dari tahun ke tahun. Angkanya cukup tinggi. Indonesia menduduki nomor 4 dunia dalam hal prevalensi diabetes. Survei kesehatan tahun 2014 menyebutkan bahwa angka kematian akibat diabetes menduduki urutan ke-3.

Angka penderita diabetes diperkirakan akan naik menjadi 21,9 jiwa pada tahun 2030. Angka yang sangat tinggi dan harus dicegah.

Oleh karena itu, kita perlu memberi perhatian besar terhadap kemungkinan terkena diabetes. Kita harus berusaha mencegahnya agar diri kita tidak kena diabetes.

Untuk itu, kenali ciri-ciri penyakit diabetes sejak dini. Kapan? Ya, sejak sekarang kita harus menjalani pola hidup sehat yang bisa menjauhkan kita dari penyakit gula darah.

8 Ciri-ciri Diabetes dan Penyebabnya

Apa saja ciri diabetes? Apa yang harus Anda lakukan supaya terhindar dari penyakit menahun ini?

Ciri-ciri penyakit diabates yang perlu Anda kenali cukup banyak. Perhatikan beberapa saja. Jika ada gejala itu, Anda segera cek gula darah. Jika positif kena diabetes, ya segera harus mengobatinya dan menurunkan kadar gula darah hingga menjadi gula darah normal.

ciri-ciri diabetes
cek gula darah (foto:sumeks.co.id)

Ciri-ciri penyakit diabetes antara lain:

Berikut ini disampaikan beberapa ciri diabetes yang perlu Anda waspadai. Jika muncul ciri seperti akan disebutkan di bawah ini, Anda segera cek gula darah. Benarkah itu tanda gula darah Anda tinggi atau tanda penyakit lain. Atau gejala yang tidak ada kaitannya dengan penyakit.

1. Mati rasa. Biasaya anggota tubuh yang mati rasa antara lain kaki dan tangan beserta jari-jarinya. Hal ini terjadi akibat meningkatnya gula darah yang membuat serabut saraf rusak.

2. Sering buang air kecil, terutama di malam hari.

3. Berat badan terus menurun. Ini akibat tak semua zat gula darah bisa diubah menjadi energi akibat kurangnya hormon insulin atau tidak imbangnya antara gula darah dan produksi insulin.

4. Nafsu makan meningkat. Inginnya selalu makan dan makan. Habis makan, tak lama kemudian ingin makan lagi.

5. Pandangan kabur. Ini terjadi akibat tingginya gula darah sehingga membuat pembuluh darah rusak dan cairan yang masuk ke mata berkurang.

6. Sebentar-sebentar merasa haus. Ini sama dengan ciri atau gejala diabetes nomor 4, yakni selalu ingin makan dan makan. Hal yang sama terjadi dengan masalah minum. Rasanya mudah merasa haus dan ingin minum. Ini terjadi sebagai akibat sering buang air kecil (nomor 2).

7. Mudah merasa lelah dan emosional. Apalagi saat malam beberapa kali bangun untuk buang air kecil. Ini membuat tubuh menjadi lelah.

8. Infeksi pada gusi gigi. Misalnya, gusi berdarah atau mengalami pembengkakan dan iritasi.

9. Jika terjadi luka, lama sembuhnya. Upaya penyembuhannya tidak segera membawa hasil. Tetapi, ada juga penyakit diabetes yang ditandai dengan gatal-gatal di tubuh.

Segera Lakukan Cek Gula Darah

Anda sebaiknya selalu memperhatikan gejala atau ciri penyakit diabetes seperti disebutkan di atas. Jika itu terjadi, Anda sebaiknya segera melakukan cek gula darah. Jika Anda punya alat cek gula darah sendiri, Anda bisa langsung cek. Harga alat cek gula darah tidak mahal, kok.

Jika tidak punya, ya Anda harus periksa di laboratorium kesehatan. Biayanya tidak mahal. Tetapi manfaatnya, Anda bisa tahu pasti berapa kadar gula darah Anda. Rendah, sedang (normal) atau tinggi.

Cek gula darah sangat penting untuk memastikan gejala yang terjadi pada diri Anda itu akibat penyakit diabetes atau penyakit lain.

Jika ternyata hasil cek darah menunjukkan bahwa gula darah Anda tinggi, Anda harus segera menurunkannya menjadi gula darah normal. Gula darah perlu dijaga supaya tetap normal atau Anda tetap sehat. Tidak terkena diabetes.

Banyak bisa Anda lakukan untuk menurunkan gula darah. Minum obat kimiawi, obat herbal atau obat diabetes tradisional alami dengan memanfaatkan tumbuhan/tanaman obat.

Banyak orang yang terlambat mengetahui bahwa dirinya kena diabetes. Bahkan, 50% lebih penderita diabetes terlambat mengetahui penyakitnya. Ketika tahu, penyakitnya sudah kronis atau parah sehingga penyembuhannya tidak mudah.

Ini terjadi karena mereka tidak mengetahui gejala atau ciri diabetes pada tubuhnya. Atau tahu, tetapi tidak segera menyembuhkan sakit atau tidak menurunkan gula darahnya.

Tentu saja, ini membuat penyembuhannya sangat berat. Bahkan, akhirnya berujung pada kematian seperti ditunjukkan oleh data survei tentang penyakit diabetes.

Ciri-ciri Diabetes pada Wanita

Banyak juga wanita yang terkena penyakit diabetes. Lalu, apa ciri-ciri diabetes pada wanita? Ciri-cirinya antara lain:

1. Infeksi. Tingkat gula darah (glukosa) yang tinggi pada wanita sering ditandai dengan terjadinya infeksi di beberapa bagian tubuh. Misalnya terjadi pada mulut dalam bentuk sariawan atau infeksi di vagina. Bisa juga infeksi terjadi di saluran kemih.

2. Menurunnya gairah seksual. Penyakit diabetes bisa menyebabkan gairah seksual wanita menurun. Tidak semangatlah.

3. Mudah merasa lapar, mudah merasa haus, sering buang air kecil di malam hari, berat badan terus turun, punya luka yang sulit disembuhkan, mudah merasa lelah, dsb. Ya, ciri diabetes yang ini sama dengan ciri penyakit diabetes yang dialami oleh kaum pria (lelaki).

Demikian artikel mengenai ciri-ciri diabetes dan cara mengatasinya. Mengenali ciri-ciri penyakit diabates sangat penting supaya Anda bisa berbuat cepat mengatasinya. Membuat gula darah bisa diturunkan hingga menjadi normal dan Anda kembali sehat. Terhindar dari penyakit diabetes yang lebih berat.

One thought on “Ciri-ciri Diabetes – Kenali Sejak Sekarang biar Anda Tidak Kena Diabetes

Comments are closed.