Terima Kasih untuk Berbagi

KENALI ciri-ciri penyakit kanker otak. Anda bisa melakukan pencegahan sejak awal begitu tahu ada gejala atau ciri-ciri kanker otak pada diri Anda. Kanker merupakan penyakit yang sangat ditakuti karena perkembangannya sangat cepat sehingga sering pengobatan tak mampu menyembuhkannya.

Apalagi kanker otak. Anda harus mewaspadai karena otak merupakan organ vital bagi tiap manusia. Gangguan terhadap otak berpengaruh besar pada kehidupan seseorang, sehingga Anda harus selalu mencegah terjadinya kanker otak sebisa dan sekuat mungkin.

Salah satu cara untuk mencegahnya adalah mengenali ciri-ciri kanker otak. Banyak orang mengetahui dirinya kena kanker otak setelah area serangan meluas. Tadinya mereka anggap apa yang mereka rasakan hanyalah penyakit biasa yang nantinya hilang sendiri.

Tentu saja, kondisi kanker otak dengan area serangan yang meluas seperti itu sulit disembuhkan. Setidaknya, penyembuhan akan memerlukan energi yang besar, terutama dari penderita. Selain itu, juga perlu biaya besar.

Oleh karena itu, langkah terbaik adalah mengenali ciri-ciri penyakit kanker otak, penyebab dan bagaimana cara mencegah kanker otak. Dengan cara itu, Anda bisa berbuat cepat, misalnya periksa dokter jika gejalanya sudah agak berat.

Dokter akan melakukan pemeriksaan apakah gejala-gejala yang Anda alami akibat kanker otak atau karena penyebab lain. Jika perlu, dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan seperti CT scan, MRI, angiogram, myelogram, spinal tap dan biopsi.

ciri-ciri penyakit kanker otak
aduhh..sakitnya… (foto:vemale.com)

 Kenali 16 Ciri-ciri Penyakit Kanker Otak biar Bisa Cepat Disembuhkan

Berikut ini adalah 16 ciri-ciri penyakit kanker otak yang sangat penting untuk Anda kenali. Apa saja ciri-ciri atau tanda kanker otak rambut rontok.

1. Sakit atau nyeri di kepala yang berat. Meskipun hanya 1 persen penyebab nyeri kepala adalah tumor otak.

2. Daya penglihatan berkurang banyak dan terjadi radang syaraf pada mata. Bahkan, sebagian penderita kanker otak sampai mengalami kebutaan.

3. Mati rasa. Beberapa organ tubuh tak bisa digerakkan dengan bebas, antara lain kaki dan tangan.

4. Ada perubahan perilaku sehari-hari akibat respon otak terganggu. Perilakunya di luar kendali otak.

5. Rambut kepala rontok secara tidak wajar. Misalnya rontok tiap hari dalam jumlah banyak yang bisa menyebabkan kepala botak.

6. Mual dan memuntahkan makanan sampai menyemprot.

7. Kejang-kejang, meskipun hanya 2% kasus kejang-kejang diakibatkan oleh tumor otak.

8. Kelelahan yang tinggi atau berlebihan dan mudah mengantuk.

9. Gangguan berjalan dan berbicara.

10. Keterampilan motorik menurun

11. Gangguan kepribadian. Misalnya mudah marah, labil, pelupa, kehilangan inisiatif dan spontanitas, dsb.

13. Gangguan hormon.

14. Berkurangnya daya penciuman

15. Nafsu makan menurun tajam

16. Mengalami kelumpuhan pada salah satu sisi tubuh

Ya, itulah antara lain ciri-ciri kanker otak yang harus Anda waspadai. Masih ada beberapa ciri lain yang lebih spesifik. Area serangan kanker otak bisa berbeda-beda sehingga ciri kanker penyakit otak yang dialami satu orang bisa berbeda dengan yang lain.

Perbedaan ciri-ciri kanker otak pada tiap orang tergantung pada lokasi dan fungsi otak yang diserang kanker. Cara terbaik adalah melakukan pencegahan agar Anda tidak terkena serangan kanker yang amat ganas itu.

Tentu saja, mereka yang mengalami kejadian seperti disebutkan di atas tidak otomatis menunjukkan bahwa mereka telah terkena kanker otak. Untuk memastikan hal itu, Anda perlu periksa dokter dan nantinya akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan penyakit apa yang Anda derita.

 Apakah Kanker Otak dan Bagaimana Cara Mencegahnya

Menurut dr. Budionor dari alodokter.com, kanker otak terbagi menjadi dua macam. Yakni, kanker otak primer dan kanker otak sekunder.

Kanker otak primer adalah kanker otak yang berasal dari jaringan otak itu sendiri. Kanker otak sekunder adalah kanker yang terbentuk akibat anak sebar (metastasis) kanker lain.

Tentu saja, sebaiknya Anda melakukan pencegahan agar tidak dihinggapi penyakit kanker, termasuk kanker otak. Cara mencegah kanker otak tidak sulit kok. Hanya perlu tekad dan semangat untuk selalu hidup sehat. Misalnya:

1. Menjalani pola hidup sehat

2. Atasi stres dengan baik dan selalu berusaha mengelola stres dengan bijak.

3. Jangan mengonsumsi rokok dan alkohol.

4. Istirahat cukup, termasuk tidur cukup.

5. Jaga tubuh Anda agar tidak kegemukan. Sebab, kegemukan bisa mudah dihinggapi penyakit kanker atau lainnya.

6. Olahraga secara teratur. Tidak perlu olahraga yang berat. Cukup olahraga jalan kaki, jogging, senam, bersepeda, renang atau lainnya yang bisa Anda lakukan. Yang penting Anda melakukan olahraga secara rutin.

7. Cek kesehatan secara rutin atau periodikm baik di puskesman, rumah sakit, klinik, dokter praktek, atau menggunakan alat kesehatan sendiri.

8. Lakukan diet sehat. Diet untuk menjaga tubuh Anda selalu sehat. Diet disesuaikan dengan tujuan diet. Diet adakah menghindari makanan minuman penyebab sakit kanker dan banyak mengonsumsi makanan minuman yang membuat Anda tidak mudah terkena sakit kanker.

9. Hindari makanan penyebab kanker otak yang harus Anda hindari antara lain daging merah, daging olahan, makanan kemasan, gorengan, tepung putih, kentang goreng dan makanan yang menggunakan pemanis buatan.

10. Konsumsi makanan pencegah kanker otak. Misalnya brokoli, teh hijau, kacang-kacangan, kenari, jahe, kunyit, tomat, alpukat, bawang putih, pepaya, kubis, ikan salmon, jeruk, apel, dsb. Baca: 11 Sayuran Mampu Mencegah Kanker dengan Efektif.

Demikian artikel mengenai penyakitkan kanker otak dan cara pencegahannya. Tanpadiabetes.com berharap semoga Anda selalu sehat karena sehat itu nyaman..