Terima Kasih untuk Berbagi

DIABETES bukan penyakit ringan. Anda perlu mengenali gejala awal diabetes dan cara pencegahannya. Ini sangat penting supaya Anda bisa terbebas dari deraan penyakit diabetes. Atau bisa sehat kembali.

Pernah bertemu dengan penderita sakit diabetes? Tanda paling mudah diketahui dari adanya penyakit diabetes adalah punya luka yang sulit disembuhkan. Bahkan, anggota badan yang luka akhirnya diamputasi (dipotong) supaya luka penyakit diabetes tidak makin meluas menggerogoti bagian tubuh Anda yang lain.

Diabetes (diabetes melitus) memang merupakan penyakit jangka panjang. Maksudnya, penyakit yang sulit disembuhkan. Pengobatannya memerlukan waktu yang cukup lama. Bahkan sepanjang hidup. Atau dengan kata, diabetes adalah penyakit jangka panjang.

Penyakit diabetes timbul akibat kadar gula darah (glukosa) yang tinggi melebihi angka normal. Kadar gula yang normal atau sehat adalah 70 – 100 mg/dl untuk pemeriksaan saat puasa (tidak makan). Jika sudah makan dan diperiksa 2 jam kemudian, kadar gula normal adalah 70 – 140 mg/dl.

Bagaimana dengan gula darah Anda? Pernah periksa gula darah? Jika belum pernah, coba periksakan gula darah Anda di Puskesmas, rumah sakit atau klinik. Biaya periksa tidak mahal.

Jika punya alat sendiri, Anda bisa periksa gula darah di rumah. Dari pemeriksaan, Anda akan tahu diri Anda sehat atau punya penyakit gula darah tinggi.

gejala awal diabetes dan cara pencegahannya

haussss… (foto:jateng.tribune.com)

Pahami Gejala Awal Diabetes dan Cek Gula Darah di Laboratorium

Ya, cek gula darah adalah sangat penting. Jika gula darah Anda melebihi angka normal, maka Anda bisa segera mengobatinya sehingga diabetes Anda tidak melonjak tinggi. Dengan pengobatan yang intensif, gula darah Anda bisa kembali menjadi normal.

Banyak penderita diabetes yang saya temui menyatakan tidak pernah merasakan gejala tertentu sebelum menderita sakit gula. Mereka selalu merasa sehat sehingga tidak pernah periksa dokter.

Mereka tahu dirinya sakit diabetes setelah punya luka yang tidak mudah sembuh. Saat periksa dokter dan dicek gula darahnya, ternyata gula darahnya tinggi melebihi angka normal. Sakit gula darah atau diabetes itulah yang membuat lukanya sulit disembuhkan.

Oleh karena itu, periksa gula darah adalah sangat penting. Luangkan waktu untuk periksa gula darah. Anda bisa periksa gula darah 5 tahun sekali. Tidak harus tiap tahun. Biayanya juga murah kok.

Diperkirakan penderita penyakit diabetes di Indonesia menempati peringkat ke-7 dunia. Tingkat prevalensi diabetes 6,8%. Rata-rata 10 juta orang per tahun menderita sakit diabetes. Jadi, angkanya cukup tinggi.

Selain melakukan cek gula darah secara periodik (5 tahun sekali), Anda juga perlu mengetahui gejala awal diabetes dan cara pencegahannya. Ini sangat penting supaya Anda bisa cepat melakukan pencegahan jika diketahui ada gejala penyakit diabetes pada tubuh Anda.

20 Gejala Awal Diabetes yang Perlu Anda Ketahui

1. Mudah merasa lelah

2. Kulit terasa kering

3. Mudah merasa haus

4. Punya luka sulit disembuhkan.

5. Berat badan menurun drastis

6. Penglihatan kabur

7. Sering kesemutan di kaki atau tangan

8. Sakit kepala

9. Terjadi infeksi di kulit atau gatal-gatal

10. Mudah merasa sangat lapar.

11. Sering buang air kecil.

12. Infeksi di jari kaki atau jari tangan

13. Infeksi di bawah payudara

14. Kurang konsentrasi

15. Mendengkur ketika tidur

16. Denyut jantung cepat

17. Sering berkeringat

18. Ada gangguan pendengaran

19. Bau mulut manis

20. Sering muntah

 

alat cek diabetes

cek gula darah … (foto:nordicsemi.com)

Jika Anda merasakan gejala awal diabetes seperti disebutkan di atas, maka tunggu beberapa hari. Apakah gejala itu masih muncul atau menghilang. Jika masih tetap muncul, cara terbaik adalah cek kadar gula darah Anda.

Ya, katakanlah gejala penyakit diabetes yang Anda rasakan sebagai peringatan (warning). Lalu, untuk memastikan apakah Anda menderita diabetes atau tidak, ya Anda periksa gula darah.

Berbagai gejala seperti disebutkan di atas memag bukan semata gejala diabetes. Tetapi, juga gejala untuk sakit lain. Misalnya, kepala sakit. Bisa juga sebagai gejala darah tinggi, kolesterol tinggi, migraian, dsb.

Berikut 15 Tips Cara Melakukan Pencegahan Diabetes

Cara terbaik supaya Anda tidak terkena sakit diabetes adalah melakukan pencegahan. Yakni, mencegah biar Anda tidak kena diabetes. Atau jika tanda-tanda diabetes sudah muncul, Anda bisa segera menurunkannya menjadi gula darah normal.

Pertanyaannya, bagaimana cara pencegahan diabetes? Apa yang harus Anda lakukan?

Ya, selalu hindari makanan minuman yang mengandung kadar gula tinggi. Ini adalah makanan bagi penderita diabetes. Di sisi lain, Anda harus rajin melakukan olahraga dan selalu mengonsumsi makanan penurun diabetes.

Sulit?? Tidak. Yang penting Anda harus bertekad ingin hidup sehat dan siap melawan diabetes dengan menghindari makanan pantangan untuk diabetes.

1. Banyak gerak, misalnya jalan kaki, senam, berkebun, lari mengelilingi kompleks perumahan, dsb. Ini efektif, lo. Bisa menurunkan 30% gula darah.

2. Mengonsumsi kayu manis. Ini juga efektif untuk menurunkan gula darah.

3. Selalu sarapan pagi. Ya, jangan anggp sepele. Sarapan pagi bersar manfaatnya.

4. Selalu mengonsumsi makanan sehat. Maksudnya, makanan sehat untuk penyakit diabetes. Baca: 35 jenis makanan untuk penderita diabetes.

5. Mengonsumsi kedelai. Tinggi protein dan bisa menggantikan konsumsi daging. Olahan kedelai, ya tahu, tempe, oncom, dsb.

6. Vitamin D. Ini juga penting, baik dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D atau berjemur matahari pagi. Vitamin D seperti telur, tahu, tempe, susu kedelai, hati sapi, jamur, dsb.

7. Tidur cukup (6 – 8 jam/hari).

8. Banyak minum air putih (6 – 8 gelas/hari).

9. Banyak makan sayur dan buah. Bisa meningkatkan metabolisme dan menurunkan gula darah.

10. Hindari makanan dan minuman manis. Makanan dan minuman manis jelas akan meningkatkan gula darah Anda dan berisiko diabetes tinggi.

11. Hindari stres. Sebab, stres justru menaikkan kadar glukosa darah.

12. Jangan merokok.

13. Hindari badan gemuk (obesitas) dan makanan berlemak. Makanan berlemak akan membuat Anda gemuk dan gemuk bisa menyebakan Anda terkena diabetes.

14. Hindari konsumsi makanan kecil (ngemil). Keripik, biskuit dan kue manis adalah makanan kecil yang disukai oleh banyak orang. Tetapi, makanan beracun bagi penderita diabetes.

15. Minum obat diabetes, baik obat resep dokter, obat herbal diabetes atau obat tradisional diabetes. Anda bebas memilih mana yang Anda suka. Kenali gejala awal diabetes dan cara pencegahannya.

Demikian artikel mengenai gejala awal diabetes dan cara pencegahannya. Semoga Anda bebas dari diabetes.