Gerakan untuk Mengecilkan Perut – Cara Ampuh Mengatasi Perut Buncit

Diposting pada
Terima Kasih untuk Berbagi

Gerakan untuk mengecilkan perut – Jika ada tanda-tanda bahwa perut Anda makin buncit, Anda sebaiknya berusaha mencegahnya. Punya perut buncit itu tidak sehat. Nantinya Anda bisa kena penyakit lain.

Meskipun sekarang Anda masih merasa nyaman dengan perut yang makin membesar. Jangan biarkan itu berlanjut. Anda harus mencegah perut menjadi buncit. Apalagi sampai tampak seperti ibu hamil tua.

Amit-amit, kondisi demikian jangan sampai Anda biarkan. Apalagi Anda merasa sebagai orang sukses. Perut buncit tanda banyak uang dan bisa makan apa yang disukainya. Atau jadi pejabat yang sering diundang acara makan-makan.

Kata dr Fiona Amelia MPH, perut buncit tidak hanya mengganggu penampilan. Perut buncit juga mengandung berbagai risiko kesehatan. Antara lain bisa kena sakit diabetes, hipertensi (darah tinggi), penyakit jantung, pembuluh darah dan kanker.

Lakukan Gerakan untuk Mengecilkan Perut Buncit Sejak Muda

Bagaimana cara mengatasi perut buncit? Apa yang harus dilakukan?

Sebenarnya banyak cara bisa Anda lakukan untuk mencegah atau mengatasi perut buncit. Misalnya dengan olahraga, menghindari makanan minuman penyebab perut buncit, dsb.

gerakan untuk mengecilkan perut

(foto:mediskus.com)

Di sini hanya akan dikupas mengenai cara mengatasi perut buncit dengan olahraga. Baik perut buncit sudah tampak besar, sedang, masih kecil, atau belum punya perut buncit.

Anda sebaiknya sejak dini memperhatikan kesehatan perut Anda. Jika mulai ada tanda-tanda perut buncit, Anda harus segera mencegahnya. Mencegah jangan sampai menunggu waktu karena perut buncit terus meningkat.

Jika perut buncit sudah tampak besar, mengatasi atau mengecilkan perut buncit menjadi tidak mudah. Berbagai cara dilakukan, tetapi perut buncit masih saja buncit.

Seorang pemuda usia 22 tahun berkisah kepada dokter. Dia punya perut buncit yang sulit dihilangkan. Padahal beberapa cara sudah dia lakukan. Misalnya, olahraga zumba, pilates, sit up, slimming terapi, bahkan mengonsumsi ramuan pelangsing.

Tetapi, perut buncit hanya turun beberapa hari. Tak lama kemudian perut buncit naik lagi. Perut makin buncit terasa setelah makan siang.

Jenis-jenis Gerakan untuk Mengecilkan Perut Buncit

Seperti telah disinggung di atas, salah satu cara ampuh yang bisa Anda lakukan adalah mengecilkan perut buncit dengan olahraga. Atau melakukan gerakan untuk mengecilkan perut buncit. Yang dimaksud dengan kata “gerakan” adalah olahraga.

Misalnya:

1. Crunches

Ini adalah jenis olahraga yang paling efektif (ampuh) untuk membakar lemak di sekitar perut. Caranya, Anda berbaring di atas matras. Lalu, kaki ditekuk sehingga membentuk sudut 90 derajat.

Kedua tangan Anda letakkan di belakang kepala. Tarik nafas dalam-dalam. Hembuskan nafas ketika Anda mengangkat tubuh ke atas. Hembuskan nafas lagi ketika Anda akan menurunkan tubuh ke lantai.

Lakukan olahraga ini tiap hari sampai perut menjadi ramping. Tidak buncit lagi. Atau setidaknya empat hari dalam satu minggu.

2. Side Crunches

Gerakan menurunkan perut buncit ini mampu membakar lemak dalam perut dengan cepat. Gerakan olahraga side crunches ini harus dilakukan dengan hati-hati biar Anda tidak mengalami cedera.

Caranya, ya lakukan olahraga ini dengan tenang, hati-hati, tidak tergesa-gesa. Jika Anda melakukan olahraga ini dengan cepat, Anda bisa mengalami sakit di bagian tengah tubuh.

3. Twist Crunches

Kini, Anda bisa melakukan twist crunches untuk mengecilkan perut buncit. Cara menjalankan olahraga ini sangat mudah. Tetapi, bisa mencegah perut buncit atau mengecilkan perut dengan baik.

Siapkan matras sebagai alas berolahraga. Lalu, Anda berbaring di atas matras dengan kedua tangan di belakang kepala. Lalu, tekuk lutut 90 derajat. Telapak kaki harus tetap menempel di lantai.

Setelah Anda terbiasa dengan gerakan crunches di atas, Anda bisa melakukan gerakan yang lebih variatif sebagai menu tambahan. Tujuannya agar Anda dapat mengurangi lemak perut lebih banyak lagi.

Selanjutnya mengangkat tubuh seperti melakukan crunches. Hanya, Anda tambah mengangkat bahu kanan ke kiri dan sebaliknya. Ya, cara itu bergantian dengan cara yang benar.

Jika bisa, Anda lakukan gerakan olahraga itu sampai 10 kali dalam satu latihan/olahraga. Lakukan olahraga ini tiap hari sampai Anda sukses mengecilkan perut.

4. Bicycle Exercise

Untuk menjalankan gerakan mengecilkan perut yang ini Anda tetap di atas matras. Olahraga ini bagaikan Anda sedang bersepeda. Anda hanya melakukan gerakan seperti orang bersepeda.

Maka, namanya bicycle exercise. Atau olahraga bersepeda. Antara lain Anda harus menggerakkan kaki seperti sedang mengayuh sepeda.

Silakan berbaring di atas matras dengan kedua tangan di belakang kepala. Lalu, angkat kedua kaki dan tekuk seperti orang akan mengayuh sepeda. Selanjutnya gerakkan kaki secara bergantian. Mirip orang mengayuh sepeda.

Ini seperti Anda latihan mengendarai sepeda statis. Tetapi, sepedanya dalam khayalan.

5. Vertical Leg Crunches

Masih tetap berbaring di atas matras, Anda angkat atau julurkan kedua kaki ke atas lurus. Lalu, angkat tubuh Anda ke atas dengan kedua kaki makin menurun. Saat mengangkat tubuh ke atas, hembuskan nafas dalam-dalam.

Setelah kepala dan badan tegak, Anda kembali menurunkan kepala dan badan untuk kembali ke posisi berbaring. Lakukan cara ini beberapa kali biar perut buncit cepat kembali rata. Dengan cara ini, Anda kembali sehat. Tidak lagi dihantui oleh perut buncit.

Pengalaman Mengecilkan Perut Buncit dengan Olahraga

Ini pengalaman seorang pemuda/mahasiswa, Ahmad Fuad Zamzamy, yang sukses mengecilkan perut buncit. Kata dia, olahraga bisa membantu menggerakkan cairan dalam perut yang akhirnya keluar melalui air seni dan air keringat. Jika tidak berolahraga, cairan akan menyebabkan perut besar (buncit).

Dengan berolahraga, cairan didorong keluar melalui jaringan menuju ke aliran darah dan jadilah air keringat. Atau dibawa ke empedu yang akhirnya keluar sebagai urine (air seni).

Itulah beberapa gerakan untuk mengecilkan perut yang perlu Anda coba. Tidak berat. Hanya perlu meluangkan waktu dan jalani olahraga mengecilkan perut ini dengan senang hati. Anda akan cepat sukses mengatasi perut buncit.