Kadar Gula Darah Normal Menurut Depkes – 9 Tips Cegah Diabetes

Diposting pada
Terima Kasih untuk Berbagi

KADAR gula darah normal menurut Depkes – Mengetahui standar pengukuran gula darah normal yang ditetapkan Depkes (Departemen atau Kementerian Kesehatan) sangat penting. Sebab, standar itu disesuaikan dengan kondisi Indonesia dari banyak segi.

Dengan mengetahui standar kadar gula darah menurut Depkes, Anda bisa memastikan apakah sekarang Anda dalam kondisi sehat dengan gula darah normal atau tidak sehat karena kadar gula darah tinggi tinggi.

Atau sebaliknya. Jika hasilnya menunjukkan kadar gula darah Anda sangat rendah berarti Anda tidak sehat. Anda menderita hipoglikemia. Penderita diabetes juga bisa mengalami gula darah rendah (hipoglikemia).

Aneh? Tidak aneh. Ini biasanya terjadi akibat pengaruh obat. Dengan obat tertentu, tiba-tiba kadar gula darah turun drastis. Gula darah rendah juga bisa dipicu oleh olahraga berlebihan atau pola makan yang buruk.

Maka, konsumsi obat penurun gula darah (diabetes) juga harus hati-hati. Konsumsi sesuai dengan ketentuan atau petunjuk dokter. Berolahraga pun harus wajar. Jangan berlebihan. Konsumsilah makanan penurun gula darah dengan baik dan rutin.

Kadar Gula Darah Normal Menurut Depkes untuk Dewasa dan Anak

kadar gula darah normal menurut depkes

Untuk menyembuhkan penyakit diabetes, Anda harus selalu mencegah gula darah naik. Jika sudah tinggi, Anda harus berusaha menurunkan sampai ke tingkat kadar gula darah normal. Acuan gula darah normal adalah ketentuan dari Depkes atau kadar gula darah normal menurut Depkes.

Untuk bisa menentukan kadar gula darah tinggi, normal atau rendah, Anda harus melakukan pemeriksaan gula darah. Anda bisa periksa di Puskesmas, Rumah Sakit, atau Klinik Kesehatan. Jika punya alat tes gula darah sendiri, Anda bisa cek sendiri di rumah.

Standar penentuan kadar gula darah normal menurut Depkes adalah sebagai berikut. Standar pengukuran kadar gula darah ini untuk dewasa dan anak-anak.

A. Kadar Gula Darah Menurut Depkes ketika Puasa

1. Kadar gula darah normal kurang dari 108 mg/dl
2. Kadar gula darah mulai dari 108 sampai 125 mg/dl pertanda awal risiko kena diabetes
3. Jika gula darah lebih dari 125 mg/dl, dipastikan Anda positif menderita diabetes (gula darah tinggi).

Maksud puasa di sini adalah tidak makan selama 8 jam. Biasanya dilakukan mulai malam menjelang tidur sehingga ketika pagi hari datang ke tempat pemeriksaan, Anda sudah puasa 8 jam.

B. Kadar Gula Darah Menurut Depkes ketika Sudah Makan

1. Kurang dari 140 mg/dl kadar gula darah normal
2. Kadar gula darah 140-199 mg/dl pertanda awal risiko kena diabetes
3. Kadar gula darah lebih dari 200 mg/dl berarti Anda menderita diabetes

Sesudah makan, maksudnya 2 jam setelah membatalkan puasanya dengan makan minum.

C. Kadar gula darah normal pada anak usia 5-11 tahun

1. Sebelum makan kadar gula darah di bawah 70 mg/dl
2. Sesudah makan kadar gula darah di bawah 150mg/dl

Dari hasil pengukuran itu, Anda bisa memastikan tentang apa yang harus Anda lakukan selanjutnya. Jika dari hasil tes gula darah diketahui kadar gula darah normal, ya Anda harus bersyukur. Anda dalam kondisi sehat. Tidak punya penyakit diabetes atau tidak punya risiko kena diabetes.

Anda harus mempertahankan kadar gula darah normal. Jika kondisi gula darah normal tidak dipertahankan, tidak mustahil Anda bisa kena sakit diabetes. Sia-sialah usaha Anda sebelumnya.

Jika hasilnya menunjukkan kadar gula darah Anda tinggi atau sangat tinggi, ya Anda harus berusaha menurunkan sampai ke tingkat gula darah normal. Banyak cara menurunkan gula darah yang bisa Anda lakukan. Bisa mengonsumsi obat diabetes resep dokter, herbal diabetes atau obat diabetes tradisional / alami.

Jika kadar gula Anda sudah sangat tinggi, ya Anda harus mengonsumsi obat diabetes resep dokter. Sebab, obat resep dokter bisa bekerja lebih cepat dan akurat. Kalau kenaikannya masih rendah, ya bisalah Anda mengonsumsi obat herbal diabetes atau obat herbal alami / tradisional.

Jadi, pengobatan menurut kadar penyakit yang Anda derita. Hanya saja, menurut data, banyak orang datang ke dokter ketika penyakit diabetesnya sudah stadium tinggi. Bahkan, stadium 4. Sebelumnya mereka merasa sehat. Tidak ada tanda-tanda kena diabetes. Atau ada tanda / gejala diabetes, tetapi dianggapnya itu sakit biasa.

Akibatnya, penyakit diabetes yang diderita tidak segera mendapatkan penanganan atau pengobatan.

9 Tips Menghindari Penyakit Diabetes / Gula Darah Selalu Normal

Berikut ini adalah 9 tips terbaik untuk selalu membuat kadar gula darah normal menurut Depkes. Dengan kata lain, tips menghindari penyakit diabetes, yaitu:

  1. Cek gula darah secara periodik 3 – 5 tahun sekali.
  2. Selalu menghindari makanan dan minuman penyebab diabetes / gula darah tinggi, terutama makanan minuman yang sangat manis. Jika mengonsumsi, ya gulanya sedikit saja dan tidak tiap hari.
  3. Sering mengonsumsi makanan minuman yang bisa mencegah penyakit diabetes atau bisa menghindarkan Anda dari gula darah tinggi (diabetes). Utamanya buah-buahan dan sayuran seperti brokoli, kembang kol, wortel, dsb.
  4. Hindari makanan minuman yang mengandung banyak lemak jahat. Makanan minuman yang tinggi lemak jahatnya seperti makanan cepat saji (fast food), makanan digoreng, keripik, kentang goreng, minuman ringan (soft drink), sirup, minuman teh manis, dsb.
  5. Perbanyak konsumsi makanan minuman dengan lemak jenuh. Misalnya makanan yang menggunakan minyak nabati, kacang dan biji-bijian.
  6. Hindari merokok. Dari hasil penelitian, perokok lebih berisiko 56% kena diabetes dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok.
  7. Jika Anda sekarang mengalami kegemukan, maka Anda harus menurunkan berat badan. Turunkan secepatnya biar Anda terhindar dari diabetes. Kalau sudah kena diabetes, aduhh.. mengatasi atau menyembuhkannya tidak mudah.
  8. Selalu sarapan pagi. Sarapan akan mengontrol nafsu makan sekaligus mengontrol kalori sehingga Anda bisa terbebas dari risiko kena diabetes.
  9. Istirahat cukup, termasuk tidur cukup dan hindari stres.

Baca Juga: Ciri-ciri Diabetes – Kenali Sejak Dini biar Anda Tidak Kena Diabetes

Demikian artikel mengenai kadar gula darah normal menurut Depkes dan cara menghindari penyakit diabetes. Semoga Anda terbebas dari diabetes.