Kadar Gula Darah Normal Menurut Usia dan Cara Menjaganya

Diposting pada
Terima Kasih untuk Berbagi

ANDA perlu tahu kadar gula darah normal menurut usia. Jika kadar gula darah Anda tinggi, Anda bisa segera menurunkan sampai ke tingkat gula darah normal. Jika terlalu rendah, Anda juga harus segera menaikkannya. Dengan cara itu, Anda akan selalu sehat.

Jika kadar gula darah tinggi tidak segera diturunkan, Anda akan kena penyakit diabetes. Ini berarti Anda kena penyakit seumur hidup karena sulitnya penyembuhan diabetes. Oleh karena itu, Anda harus berusaha keras menurunkan kadar gula darah tinggi Anda menjadi gula darah normal. Berapa normalnya, ya sesuai dengan usia Anda.

Gula darah atau glukosa sesungguhnya merupakan sumber energi untuk tubuh. Tetapi, jika jumlah glukosa berlebihan atau tubuh tidak bisa mengatur dan menyerap semua glukosa, maka Anda akan terkena penyakit diabetes. Demikian juga ketika gula darah Anda sangat rendah, juga menjadikan Anda tidak sehat.

Penyakit diabetes terjadi diakibatkan oleh tingginya tingkat glukosa dalam aliran darah.

Untuk mengetahui apakah gula darah Anda normal atau tidak, terlalu tinggi atau tidak, Anda harus memeriksa (cek) gula darah. Jika Anda punya alat tes gula darah digital, Anda bisa cek sendiri. Jika tidak punya, ya Anda harus periksa di laboratorium kesehatan di puskesmas, rumah sakit atau klinik kesehatan.

Periksa gula darah secara periodik sangat penting. Misalnya 3 – 5 tahun sekali. Dengan mengetahui kadar gula darah, Anda bisa memastikan Anda sehat atau tidak sehat. Kalau gula darah normal, pertanda Anda sehat. Jika melebihi angka normal, ya Anda harus menurunkannya dengan mengonsumsi obat atau lainnya.

Banyak orang tidak pernah cek gula darah. Ketika jatuh sakit, dari hasil pemeriksaan dokter ternyata mereka menderita penyakit diabetes dalam kondisi sudah parah. Tentu saja, pengobatannya tidak mudah.

kadar gula darah normal menurut usia
anak menderita diabetes (foto:aici.do.id)

Kadar Gula Darah Normal Menurut Usia: Kadar Gula Darah Orang Dewasa dan Anak

Berapa kadar gula darah normal menurut usia Anda? Pengukuran gula darah dibedakan antara pengukuran (tes) sewaktu puasa (tidak makan setidaknya selama 8 jam), dua jam setelah makan, dan sebelum makan (dalam keadaan tidak puasa).

Gula Darah Normal untuk Lelaki Dewasa Saat Puasa (8 Jam)

  • Pria dewasa tidak menderita diabetes: 70-99 mg/dl (3,9-5,5 mmol/L)
  • Pria dewasa memiliki penyakit diabetes: 80-130 mg/dl (4,5-7,2 mmol/L)

Gula Darah Normal 2 Jam setelah Makan:

  • Pria dewasa tanpa diabetes: Kurang dari 140 mg/dl (7,8 mmol/L)
  • Pria dewasa memiliki diabetes: Kurang dari 180 mg/dl (10,0 mmol/L

Gula Darah Sebelum Makan: sekitar 70-130 mg/dL

Bagaimana dengan pengukuran gula darah wanita? Ya, sesungguhnya tidak ada perbedaan antara ukuran kadar gula normal untuk pria dan wanita, termasuk lansia.

Kondisi gula darah Anda digolongkan sebagai gejala diabetes jika ada di tingkat 100 dan 125 mg/dl. Meskipun belum tergolong gula darah tinggi, Anda sebaiknya segera menurunkannya menjadi gula darah normal. Jika dibiarkan terus naik hingga menjadi kadar gula darah tinggi, bisa-bisa penurunannya tidak mudah atau memakan waktu, biaya dan tenaga yang tidak kecil/sedikit.

Ukuran Gula Darah Normal untuk Anak-anak

Hati-hati, anak-anak yang belum dewasa juga bisa kena diabetes. Umumnya diabetes pada anak akibat faktor keluarga, yakni sebagai penyakit diabetes turunan.

Maka, jika ada orang tua punya diabetes, maka waspadai kalau kemungkinan si anak juga akan terjangkit diabetes. Anda perlu cek kadar gula darah anak sehingga dipastikan kondisi kesehatannya. Punya potensi kena diabetes atau tidak.

Berikut ini batasan ukuran kadar gula darah normal pada anak, yakni:

  • Usia 5 tahun: 100 sampai 200 mg/dl
  • Usia 5-11 tahun: 70 sampai 150 mg/dl, setelah makan menjadi 150 mg/dl
  • Usia  di bawah 12 tahun: 70 mg/dl sampai 150 mg/dl.

Tentu saja, yang lebih penting adalah kita harus mencegah terjadinya penyakit diabetes. Baik untuk anak-anak, orang dewasa, pria atau wanita dan lainnya. Mencegah memang lebih baik daripada mengobati.

Caranya, ya lakukan cek gula darah secara periodik. Jika hasil cek menunjukkan kadar gula darah tinggi atau di atas angka normal, maka kita harus menurunkannya. Jika terlalu rendah, ya kita harus menaikkannya.

Waspadai jika Nafsu Makan Anda Meningkat

Selain dengan cek (periksa) di laboratorium, Anda juga bisa mengetahui kemungkinan atau gejala gula darah Anda naik tinggi dari adanya tanda-tanda khusus. Misalnya, nafsu makan meningkat atau selalu ingin makan.

Gejala gula darah lainnya adalah berat badan terus turun, mudah merasa lelah, sering merasa haus, sering buang air kecil, mudah gelisah, penglihatan kurang jelas (buram), kulit terasa kering, memerah dan terasa panas, dan gigi sering infeksi.

Tetapi untuk kepastian bahwa tanda-tanda atau gejala tersebut sebagai akibat gula darah tinggi, ya Anda perlu periksa laboratorium. Atau Anda bisa menggunakan alat tes gula darah digital. Sebagian dokter juga ada yang menyediakan alat cek gula darah digital sehingga Anda tidak perlu ke laboratorium.

Gula Darah Tinggi Bisa Akibat Penyakit Lain

Tetapi, gula darah tinggi juga tidak selalu menunjukkan sakit diabetes. Ada juga gula darah tinggi akibat sakit lain. Misalnya, stres akut, gagal ginjal, hipertiroidisme, asupan makanan yang berlebihan, obat-obatan tertentu dan pankreatitis.

Oleh karena itu, untuk memastikan apakah gula darah tinggi berarti Anda kena penyakit diabetes, Anda sebaiknya kunjungi dokter. Mungkin akan dilakukan tes lain seperti tes A1C atau tes hemoglobin A1c (HbA1c). Apakah HbA1c Anda normal atau tidak.

Membuat Gula Darah Normal: Olahraga dan Makanan Sehat

Supaya Anda selalu bisa mempertahankan kadar gula darah normal menurut usia, Anda sebaiknya rutin melakukan olahraga dan mengonsumsi makanan sehat. Melakukan olahraga setidaknya 2,5 jam per minggu.

Ya, olahraga apa saja yang bisa melatih otot-otot tubuh. Ini sangat penting karena otot tubuh yang sehat bisa menyimpan gula sangat besar. Kondisi kadar gula darah normal bisa selalu dipertahankan.

Yang penting, olahraga jangan berlebihan. Bisa-bisa, malah akan menyebabkan gula darah rendah. Selain itu, selalu mengonsumsi makanan sehat untuk diabetes, makan tepat waktu dan hindari stres.

Demikian artikel mengenai kadar gula darah normal menurut usia. Semoga artikel ini bermanfaat dan Anda semua bisa selalu sehat.