Kurma untuk Diabetes Berbahaya atau Tidak? l tanpadiabetes.com

Diposting pada
Terima Kasih untuk Berbagi

KURMA untuk diabetes – Bolehkah penderita diabetes mengonsumsi buah kurma? Buah kurma akan membuat penderita diabetes lebih sehat atau sebaliknya?

Itulah pertanyaan beberapa penderita diabetes dalam suatu kegiatan penyuluhan tentang diabetes. Tema penyuluhan: cara sehat mengatasi diabetes. Pertanyaan diajukan masih dalam suasana Idul Fitri di mana banyak orang mengonsumsi buah kurma yang manis rasanya.

Saya sendiri juga sangat suka mengonsumsi buah kurma. Jika ada persediaan buah kurma di rumah, saya yang paling rajin mengonsumsi. Pada bulan Ramadhan lalu, buka bersama sebulan penuh selalu dimulai dengan mengonsumsi buah kurma.

Buah kurma mengandung zat gizi dan energi yang lengkap. Dalam buah kurma terkandung mineral, serat, vitamin B, B6, A dan K, zat besi, kalium, tanin, tembaga, magnesium, mangan, niasin, asam pantotenat, dan riboflavin.

Oleh karena itu, buah kurma bisa Anda pilih untuk menambah kebutuhan energi dan gizi.

Buah kurma memang ada kadar glikemiks indeksnya. Tetapi, kadarnya tidak tinggi. Hanya berkisar 45 dari 3 biji kurma. Untuk itu, Anda bisa mengonsumsi kurma tiap hari dalam jumlah tidak berlebihan.

Apalagi bagi penderita diabetes. Mereka harus membatasi diri dalam mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula, termasuk gula (rasa manis) dalam buah.

Disarankan, sebaiknya mengonsumsi buah kurma tidak lebih dari 3 butir. Ini supaya Anda tetap aman. Kadar gula tidak naik sehingga penyakit diabetesnya tidak meningkat.

Intinya, Anda sebagai penderita penyakit diabetes masih diperbolehkan makan buah kurma, tetapi sedikit saja. Yang terbaik tentu saja tidak mengonsumsi buah kurma tiap hari. Toh, kurma bukan makanan pokok kita yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

kurma untuk diabetes

Beberapa Manfaat Buah Kurma untuk Diabetes

Mengonsumsi buah kurma untuk diabetes sesungguhnya ada manfaatnya. Hanya saja, sekali lagi, mengonsumsinya tidak boleh berlebihan. Mengonsumsi sedikit saja.

Manfaat buah kurma bagi penderita diabetes karena kandungan gizi dan mineral. Antara lain:

1. Berguna untuk Memulihkan Tenaga

Jika bekerja lebih keras, penderita diabetes akan mudan mengalami kelelahan. Bahkan, juga merasa lesu. Dalam kondisi seperti ini, mengonsumsi buah kurma bisa memberikan energi sehingga rasa lelah dan lesu hilang. Mereka siap kembali bekerja karena fisik merasa segar. Ini akibat kandungan fruktosa dan glukosa dalam buah kurma.

2. Menyehatkan Pencernaan

Mengonsumsi buah kurma bisa menyehatkan pencernaan. Ini karena kandungan serat dalam buah kurma. Atau sering disebut senyawa Beta-D-Glukan. Ini justru bisa mengurangi penyerapan kolesterol oleh sel-sel tubuh.

3. Gula Darah Anda Tidak Akan Naik

Seperti telah disinggung di atas, buah kurma memiliki indeks glikemis yang bisa meningkatkan gula darah jika Anda mengonsumsinya. Tetapi, indeks glikemiksnya rendah. Jika Anda hanya mengonsumsi 3 butir kurma, glikemik Anda tidak akan naik drastis (signifikan). Lain halnya jika Anda mengonsumsi lebih dari 3 biji. Apalagi sampai 10 biji. Woww.. diabetes Anda bisa langsung kambuh (gula darah naik tinggi).

3. Tidak Menyebabkan Kegemukan

Mengonsumsi buah kurma tidak akan menyebabkan kegemukan. Penderita diabetes memang harus menghindari makanan minuman yang bisa menyebabkan kegemukan. Sebab, kegemukan adalah musuh atau penyebab diabetes. Kurma tidak mengandung lemak yang bisa menyebabkan kegemukan.

Cara Mengonsumsi Buah Kurma bagi Penderita Diabetes

Tetapi, Anda harus berhati-hati. Kurma untuk diabetes aman. Asal, Anda jangan mengonsumsi buah kurma lebih dari 3 butir per hari. Atau tidak mengonsumsi tiap hari.

Sebaliknya, Anda perlu mengonsumsi makanan yang bisa menurunkan gula darah. Setidaknya ada 35 makanan untuk penderita diabetes yang bisa Anda konsumsi.

Selain itu, saat mengonsumsi buah kurma, Anda tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang manis (mengandung gula tinggi). Anda juga perlu melakukan olahraga rutin tiap hari masing-masing selama 30 menit.

Kurma yang akan dikonsumsi penderita sebaiknya buah yang segar. Atau kurma yang tidak dikeringkan dan tidak ditambahkan gula.

Bagaimana dengan buah kurma yang dijual di pasar-pasar?

Kurma yang dijual di pasar Indonesia umumnya kurma yang dikeringkan. Bahkan, ada yang ditambahi gula. Buah kurma yang seperti itu jelas merupakan kurma tidak sehat. Bisa menyebabkan gula darah Anda naik tinggi. Jadilah Anda penderita diabetes.