18 Makanan Pencegah Kanker dan 10 Makanan Penyebab Kanker

Diposting pada
Terima Kasih untuk Berbagi

COBALAH konsumsi makanan pencegah kanker sejak sekarang. Tidak usah tiap hari. Ini hanya sebagai upaya preventif (pencegahan) penyakit kanker. Tujuannya supaya Anda tidak kena sakit kanker. Jika sudah kena kanker, pengobatannya berat, termasuk berat biayanya.

Kanker adalah penyakit yang diakibatkan oleh pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh secara tidak normal. Sel-sel itu akhirnya menjadi sel kanker dan bisa menyebarkan ke seluruh anggota tubuh seseorang.

Penyakit kanker sering tidak memberikan gejala. Artinya, kebanyak penderita kanker tidak mengetahui tanda-tanda atau gejala awal dirinya kena kanker. Penyakit kanker dirasakan ketika telah berlangsung lama dan telah tumbuh besar.

Tentu saja, ini membuat penyembuhannya tidak mudah. Sebab, penyakit kanker telah menyebar ke beberapa bagian tubuh.

Oleh karena itu, cara terbaik adalah mencegah terjadinya penyakit kanker. Ya, kanker apa pun. Anda perlu aktif mencegahnya.

Bagaimana caranya, ya ikut lanjutan artikel ini.

Makanan Pencegah Kanker – Perlu Dilakukan Sejak Anda Masih Muda

makanan pencegah kanker

 

makanan pencegah kanker (foto:faktakanker.com)

Menurut Yayasan Kanker Indonesia (YKI), mencegah penyakit kanker perlu dilakukan sejak muda. Caranya dengan melaksanakan hidup sehat sejak usia muda.

Selain itu juga menghindari penyebab penyakit kanker. Misalnya, mengonsumsi makanan yang bisa mencegah terjadinya kanker. Suka berolahraga sehingga tubuh lebih dan daya tahan tubuh lebih kuat. Ini akan membuat Anda tidak mudah dihingga penyakit, termasuk penyakit kanker.

Sayangnya, kebanyakan orang merasa sehat lalu tidak pernah melakukan pencegahan penyakit. Karena merasa sehat, mereka tidak berpikir tentang kemungkinan ke penyakit.

Bahkan, penyakit sudah mulai menggerogoti anggota tubuhnya pun mereka masih merasa sehat. Ini terjadi, karena banyak penyakit tidak memberikan tanda-tanda atau gejala.

Akibatnya, bisa jadi Anda merasa sehat, padahal penyakit kanker sudah tumbuh dalam tubuh Anda sejak dua bulan lalu, misalnya. Anda merasakan rasa sakit atau gejala kanker ketika kanker sudah menyebar luas pada tubuh Anda.

Akhirnya, upaya pengobatan dan penyembuhan tidak bisa menghentikan penyakit kanker. Bahkan, penyebaran kanker lebih cepat daripada upaya penyembuhan.

Bersyukurlah Anda yang bisa sukses mengobati sakit kanker sehingga bisa selamat dari akibat buruk yang tidak Anda inginkan. Meskipun untuk itu, Anda harus mengeluarkan biaya besar untuk pengobatan dan menderita akibat penyakit yang Anda alami.

Cara terbaik, sekali lagi, adalah melakukan pencegahan. Mencegah supaya Anda tidak terkena penyakit kanker. Ya, kanker apa saja. Anda harus selalu sehat sehingga tidak ada tempat tumbuhnya penyakit kanker.

Ada beberapa cara mencegah terjadinya sakit kanker pada diri Anda. Yaitu, (1) menghindari makanan penyebab kanker dan (2) mengonsumsi makanan pencegah kanker.

Jenis-jenis Makanan Penyebab Kanker yang Harus Anda Hindari

Makanan apa saja yang bisa menyebabkan sakit kanker sehingga harus Anda hindari? Adakah makanan yang bisa mencegah terjadinya sakit kanker? Lantas, bagaimana cara mengonsumsi makanan pencegah kanker?

8 Makanan Penyebab Kanker yang Harus Anda Hindari

1. Makanan berlemak jenuh. Anda masih boleh makan, tetapi jangan berlebihan dan jangan tiap hari. Misalnya, daging merah, susu dan olahannya, serta makanan berminyak dan berlemak seperti makanan fastfood.

2. Makanan tanpa serat. Misalnya, bubur, nasi tim, kentang rebus, tepung – tepungan yang diolah menjadi bubur atau puding.

3. Makanan yang telah diawetkan atau disimpan terlalu lama seperti makanan dalam kaleng. Perhatikan kandungan dan gula dalam makanan kaleng. Jika melebihi kewajaran, Anda sebaiknya menghindari makanan itu. Atau, makanan tetapi sedikit saja.

4. Mengonsumsi minuman alkohol dan merokok.

5. Aneka gorengan, makanan yang diasap, dan makanan yang diasinkan, termasuk kentang goreng yang banyak penggemarnya.

6. Makanan banyak garam dan gula. Walaupun keduanya tidak merupakan penyebab langsung sakit kanker, namun konsumsi garam dan gula bisa menghilangkan nutrisi lain yang bisa melawan kanker.  Makanan banyak garam bisa merusak lapisan perut yang akhirnya meningkatkan risiko kena kanker perut.

7. Makanan kaya karbohidrat seperti tepung terigu. Karbohidrat dalam tepung bisa meningkatkan kadar gula dalam darah yang akhirnya memicu sel tumor dan kanker, khususnya kanker payudara, hati, usus dan kanker lambung.

8. Buah dan sayur yang tercemar pestisida. Kandungan pestisida yang akhirnya membuat Anda terkena kanker. Sebelum dikonsumsi, sebaiknya buah dan sayur dicuci bersih dengan air yang mengalir.

9. Hidup secara seimbang dan hindari stres

10. Periksa kesehatan secara periodik dan teratur. Tujuannya untuk mendeteksi kemungkinan ada penyakit dalam diri Anda, sementara Anda belum tahu karena tidak ada gejalanya.

18 Makanan Pencegah Kanker yang Harus Anda Konsumsi

Makanan apa yang saja yang harus Anda konsumsi untuk mencegah terjadinya panyakit kanker?
Banyak. Anda bisa memilih makanan apa yang Anda suka. Yang penting sering-sering mengonsumsinya sehingga Anda bisa terhindar dari sakit kanker.

Berikut ini adalah 17 makanan yang bisa menghindarkan Anda dari penyakit kanker.

1. Kacang tanah. Kaya vitamin E yang bisa mencegah kanker kolon, paru-paru, hati, dsb.

2. Kunyit. Bisa mencegah perkembangan sel-sel kanker menjadi penyakit kanker. Kunyit mengandung curcumin yang efektif untuk melawan kanker dan penyakit lain, termasuk penyakit maag.

3. Ikan salmon, apalagi yang ditangkap liar. Kaya vitamin D yang menghalangi pembuluh darah yang membantu tumbuhnya tumor/kanker.

4. Teh, bisa menghambat pertumbuhan kanker karena mengandung senyawa katekin. Studi di China menunjukkan peminum teh sangat kecil kena kanker.

5. Ubi jalar juga mencegah Anda kena kanker kolon, lambung dan paru-paru. Bahkan, juga kanker payudara akibat kandungan beta karoten.

6. Buah berry, seperti blueberry, raspberry dan buah-buahan beri lainnya, sangat efektif untuk mencegah kanker karena kaya oksidan dan asam elagik.

7. Sayuran seperti kembang kol dan kubis sangat baik dikonsumsi untuk mencegah kanker. Sayuran ini mengandung fitonutrien yang bisa melawan kanker.

8. Tomat juga bisa Anda konsumsi untuk mencegah kanker prostat. Tomat mengandung likopen, zat antioksidan yang kuat dan juga bisa mencegah kanker lain. Bisa juga Anda konsumsi jus tomat, saus tomat, ataupun pasta.

9. Buah delima, kaya asam elagik yang menghambat pertumbuhan sel kanker. Asam elagik juga bisa menonaktifkan senyawa penyebab kanker.

10. Kubis segala jenis. Ya, kubis hijau, kubis putih, brokoli, bunga kol, selada air atau kol ungu, semua bisa Anda konsumsi untuk mencegah kanker. Tetapi, sedikitnya Anda harus mengonsumsi 5 porsi kubis per minggu. Ini bisa mencegah atau menurunkan perkembangan kanker.

11. Bawang putih dan bawang bombai. Banyak kanker bisa dilawan dengan mengonsumsi kedua jenis bawang ini. Yakni, kanker lambung, kanker usus besar, kanker saluran pencernaan, kanker prostat, kanker paru-paru dan kanker payudara. Bawang bombai kaya akan senyawa antikanker.

12. Kedelai, termasuk makanan yang dibuat dari kedelai seperti tahu dan tempe. Tetapi, konsumsi kedelai tidak disarankan untuk kanker payudara dan kanker prostat. Kedelai mengandung isoflavon, zat anti-kanker.

13. Diet dengan dua pertiga makanan terdiri dari sayuran, buah-buahan dan sereal utuh. Sepertiga lainnya daging atau ikan.

14. Pilih konsumsi sayuran dan buah-buahan berwarna. Hijau, merah, oranye gelap sangat baik dipilih untuk dikonsumsi karena kandungan nutrisinya tinggi.

15. Sarapan pagi dengan makanan yang mengandung asam folat tinggi. Misalnya sayur, buah, dan produk gandum utuh segar, bukan dari pil suplemen..

16. Anggur ungu dan merah sangat baik untuk mencegah kanker karena kaya akan resveratol yang memiliki senyawa anti oksidan dan anti inflamasi.

17. Perbanyak minum air putih karena cairan dapat mengencerkan konsentrasi zat penyebab kanker di kandung kemih.

18. Sayuran warna gelap juga bisa menghindarkan Anda dari berbagai kanker. Misalnya, kanker pangkal tenggorokan, mulut, paru-paru, pankreas, perut, dan kulit. Sayuran berdaun gelap, misalnya bayam dan kangkung. Keduanya juga kaya akan serat, asam folat, dan karotenoid.

Sebenarnya masih ada beberapa makanan yang bisa mencegah kanker. Misalnya ada yang menyebut ada 36 makanan pencegah kanker.

Tentu saja, Anda tidak perlu mengonsumsi semuanya. Ambil beberapa dan konsumsi secara konsisten (terus-menerus). Bagi yang belum kena kanker, misalnya mengonsumsi dua minggu sekali, tiga minggu sekali, dst.

Bagi yang telah kena kanker sesuai dengan petunjuk karena sifat makanan dan jenis kanker berbeda-beda.

Demikian artikel mengenai makanan pencegah kanker dan makanan yang bisa menghindarkan Anda dari penyakit kanker. Tanpadiabetes.com berharap semoga Anda bisa terhindar dari sakit kanker, sakit yang membuat penderitaan amat berat, baik penderitaan fisik maupun finansial.