10 Makanan Penurun Gula Darah Pilihan – Ampuh Atasi Diabetes

Diposting pada
Terima Kasih untuk Berbagi

MAKANAN penurun gula darah bisa menjadi menu penting bagi Anda yang menderita sakit diabetes. Selain menghindari makanan penyebab diabetes, Anda perlu mengonsumsi makanan tertentu yang bisa menurunkan atau mengatasi gula darah.

Kedua hal itu, yakni menghindari makanan penyebab diabetes dan mengonsumsi makanan penurun diabetes,  sebaiknya dilakukan bersamaan. Dengan cara itu, usaha mengatasi penyakit diabetes atau gula darah bisa berjalan lancar. Kadar gula darah cepat turun. Otomatis Anda bisa sembuh dari penyakit diabetes.

Paling tidak, sakit diabetes tidak sering kambuh. Kadar gula tidak sering naik.

Saya sendiri, meskipun tidak punya penyakit diabetes karena gula darah saya normal, saya tetap berusaha mengonsumsi makanan penurun gula darah. Tetapi tidak tiap hari. Sifatnya untuk mencegah jangan sampai gula darah saya tinggi. Dengan kata lain untuk jaga-jaga.

Misalnya sesekali makan dengan sayur bayam. Biar tidak bosan, menunya bisa divariasi. Bisa dimasak jadi bubur ayam bayam, tumis bayam nyamnyam, bobor bayam jagung, kripik bayam, tumis bayam jagung, sayur bening bayam, tumis bayam sosis, sayur bening bayam wortel, dsb.

Ya, sayur bayam dimasak dalam berbagai variasi sehingga Anda tidak bosan untuk mengonsumi. Sebaliknya, Anda selalu nyaman mengonsumsi sayur bayam.

Dengan demikian, gula darah Anda bisa turun dan Anda mampu mengontrol kadar gula darah tiap hari. Apalagi jika Anda punya alat cek gula darah. Anda bisa memastikan tubuh Anda sehat atau tidak kena diabetes.

10 Makanan Penurun Gula Darah yang Perlu Anda Kenali

makanan penurun gula darah

tumis bayam pedas (foto:masakankoki.ci)

Berikut ini daftar 10 makanan penurun gula darah yang bisa Anda konsumsi biar gula darah tidak naik sampai tinggi. Kalau sudah tinggi dan Anda kena diabetes, waduhh… menurunkannya tidak mudah.

Bisa-bisa Anda harus minum obat sepanjang hidup. Jika punya luka sulit disembuhkan. Apalagi sudah parah seperti ada anggota badan yang luka dan sulit disembuhkan. Dokter meminta anggota badan itu dipotong supaya penyakit tidak menyebar.

Jadi, Anda perlu menjaga diri dengan baik-baik supaya tidak kena diabetes. Caranya dengan menghindari makanan pantangan diabetes dan sering mengonsumsi makanan penurun diabetes.

Ke-10 makanan untuk menurunkan gula darah yang harus Anda konsumsi adalah:

1. Bayam, Kaya Kandungan Magnesium

Bayam mengandung magnesium tinggi yang bisa membuat gula darah selalu stabil. Magnesium bisa mengontrol gula darah dan mengendalikan pengeluaran insulin.

Selain itu juga bisa mengatur glukosa sehingga gula darah tidak naik. Tetapi, masakan sayur bayam harus dihabiskan dalam satu hari. Jangan disimpan di kulkas karena alasan medis.

2. Jus Pare, Mampu Memproduksi Banyak Insulin

Pernah makan sayur pare? Rasanya sangat pahit, tetapi khasiatnya untuk mengatasi banyak penyakit sangat besar, termasuk penyakit diabetes.

Bahkan, ada yang mengatakan pare adalah pabrik insulin. Sebab, kemampuan menurunkan gula darah bagaikan insulin. Ada 3 senyawa dalam buah pare yang sangat efektif menurunkan gula darah

Cara membuat jus pare sangat mudah. Pere dicuci, potong kecil-kecil, masukkan blender dan blender dihidupkan. Selesai. Tetapi hati-hati, jangan diberi gula.

3. Buah Alpukat, Makanan Penurun Gula Darah

Nutrisi dalam buah alpukat cukup tinggi. Bisa dikonsumsi untuk menurunkan gula darah karena terkenal mempunyai asam lemak tak jenuh dan dapat mengatur gula dalam darah agar tidak berlebihan.

Biji alpukat juga bisa Anda konsumsi untuk menurunkan gula darah atau mencegah gula darah naik tinggi. Caranya, biji dibersihkan, dikeringkan, lalu dipotong kecil-kecil. Selanjutnya, potongan biji alpukat direbus dan air rebusan itulah yang diminum untuk menurunkan diabetes Anda.

4. Bawang Putih Bisa Mencegah Komplikasi

Bawang putih bisa mengatasi banyak penyakit, termasuk penyakit diabetes. Selain menurunkan gula darah, konsumsi bawang putih juga bisa meningkatkan sensitivitas insulin.

Konsumsi bawang putih juga bisa mencegah terjadinya komplikasi akibat sakit diabetes. Misalnya sakit jantung. Minyak atsiri dari bawang putih bisa mencegah terjadinya komplikasi.

5. Kacang Almond Kaya Vitamin E dan Fosfor

Penderita diabetes juga sangat baik untuk mengonsumsi kacang almond. Kandungan magnesium dalam kacang almond bisa mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Kacang almond hasil pertanian dari Timur Tengah seperti Iran, Arab Saudi, Libanon dan Turki kaya akan vitamin E, kalsium, fosfor, zat besi, zinc, selenium dan niacin. Almond berfungsi mengatur abrosption dan pengolahan glukosa sehingga kadar gula bisa turun.

6. Kacang Kedelai Mencegah Anda dari Sakit Jantung

Penderita diabetes sangat baik selalu mengonsumsi kacang kedelai. Tahu dan tempe merupakan makanan yang dibuat dari bahan kedelai. Protein dan serat yang larut dalam kedelai mengatur kadar glukosa darah dan filtrasi ginjal.

Selain itu, konsumsi kedelai juga bisa mencegah penderita diabetes terserang penyakit jantung atau stroke. Banyak juga penderita diabetes meninggal akibat serangan jantung atau stroke.

7. Apel, Efektif untuk Mengatasi Diabetes

Buah apel juga bagus untuk menurunkan diabetes. Buah ini mengandung serat larut yang sangat efektif untuk mengatasi diabetes. Oleh karena itu, buah apel sangat efektif untuk menyembuhkan diabetes tipe 2.

Tetapi, sebaiknya Anda memilih apel kecil yang tidak akan membuat kadar gula darah Anda melonjak. Sebab, apel juga mengandung gula. Selain itu, sekali makan apel jangan dalam jumlah banyak. Apel segar dan apel mentah lebih baik daripada apel kalengan.

8. Telur Rebus

Mengonsumsi telur rebus juga sangat bagus untuk menurunkan gula darah. Ya, telur rebus, bukan telur goreng karena ada minyak gorengnya. Khasiat telur rebus masih utuh sehingga efektif untuk menurunkan gula darah.

Dengan mengonsumsi telur rebus, penderita diabetes bisa mendapatkan nutrisi dan energi yang cukup. Tetapi, telur rebus sebaiknya hanya untuk sarapan pagi. Satu lagi, telur rebus jangan ditambah garam atau gula.

9. Ketan Hitam Efektif Menyetabilkan Gula Darah

Anda bisa menyetabilkan kadar gula darah dengan mengonsumsi ketan hitam. Ketan hitam juga bisa menurunkan kadar insulin pada penderita diabetes tipe 2. Caranya, ketan hitam dikukus seperti halnya Anda memasak nasi beras.

Ada baiknya nasi ketan kukus dikonsumsi dengan lauk ikan. Mengapa? Daging ikan mengandung zat omega 3 yang bisa menurunkan kadar gula darah. Ketan hitam merupakan makanan penurun diabetes yang cukup efektif.

10. Gandum

Kadar gula darah Anda juga bisa turun ketika Anda mengonsumsi gandum. Sebab, gandum mengandung serat alami yang utuh sehingga bisa menurunkan gula darah.

Bisa ditambah sayuran brokoli dan cabai yang dibuat sebagai sambalnya. Dengan ini biar makannya bertambah lahap. Ditambah sayur dan ikan juga makin bagus. Konsumsi gandum bisa dijadikan menu harian.

Demikianlah artikel mengenai 10 makanan penurun gula darah pilihan yang bisa Anda konsumsi. Tetapi, jika Anda tidak ingin membuat sendiri karena kesibukan atau faktor lain, ya Anda bisa membeli obat herbal diabetes.

Herbal diabetes juga dibuat dari bahan tumbuhan yang berkhasiat sebagai penyembuh penderita sakit.