Makanan Penyebab Kanker Serviks Vs Makanan Pencegah Kanker Serviks

Diposting pada
Terima Kasih untuk Berbagi

KANKER serviks termasuk penyakit dengan kasus kematian paling besar. Selayaknya, sejak dini kaum wanita menjauhi kanker ini. Salah satu caranya dengan menghindari konsumsi makanan penyebab kanker serviks. Makanan apa saja yang bisa memicu kanker serviks?

Kanker serviks adalah kanker yang muncul pada leher rahim wanita. Semua wanita bisa terkena penyakit kanker serviks atau kanker leher rahim. Namun, yang lebih besar risikonya adalah mereka yang aktif secara seksual, yakni suka berganti-ganti pasangan.

Dengan berganti-ganti pasangan bisa menyebabkan terjadinya virus HPV, khususnya HPV 16 dan HPV 18. Ini adalah penyebab kanker serviks terbesar, yakni 2/3 kasus kanker serviks akibat virus ini.

Penyebab kanker serviks terbesar berikutnya adalah suka berganti-ganti pasangan seks. Ini bisa mengakibatkan terjadinya penularan virus HPV yang juga penyebab terjadinya kanker serviks.

Karena jumlah penderita yang meninggal akibat kanker serviks cukup besar, baik di tingkat dunia ataupun di Indonesia, maka selayaknya Anda semua selalu memperhatikannya, terutama kaum wanita.

Caranya, ya dengan mengenali dan memahami perilaku kanker ganas ini. Langkah berikutnya adalah menghindari segala aktivitas yang bisa menyebabkan terjadinya kanker serviks.

Salah satunya dengan menghindari makanan pemicu kanker serviks. Apa saja makanan atau minuman penyebab kanker serviks? Mengapa makanan minuman tertentu bisa menyebabkan kanker serviks?

Data tentang penderita kanker serviks di Indonesia menunjukkan penderita terbanyak di Jawa Timur. Disusul Jawa Tengah. Jumlah penderita di DKI Jakarta justru sangat sedikit.

Penderita di Jawa Timur pada tahun 2013 tercatat 21.313 orang. Disusul Jateng tercatat 19.734 orang. Sedangkan di Jakarta tercatat 5.919 orang.

Artikel tentang Kanker Serviks selanjutnya membahas:

  • 7 Makanan Penyebab Kanker Serviks
  • Makanan dan Buah Pencegah Kanker Serviks
  • Pengobatan Kanker Serviks dengan Obat Herbal

makanan penyebab kanker serviks
makanan penyebab kanker serviks (foto:ibudanmama.com)

7 Makanan Penyebab Kanker Serviks yang Harus Anda Hindari

Pertanyaan selanjutnya adalah makanan penyebab kanker serviks apa saja yang harus Anda jauhi? Siapa saja yang paling berisiko kena kanker leher rahim ini?

Berikut ini adalah makanan minuman penyebab kanker serviks yang harus Anda hindari, baik sebagai terapi (penyembuhan) ataupun pencegahan.

Tidak hanya untuk penderita kanker serviks. Anda yang sehat juga perlu menghindari makanan minuman yang potensial membuat Anda kena penyakit kanker serviks. Dengan menghindari konsumsi makanan pemicu kanker leher rahim akan membuat Anda punya kekebalan yang membuat Anda tidak mudah terjangkiti kanker ini.

1. Sate, Kambing Guling dan Steak

Anda penggemar sate? Ya, hati-hati. Sebab, makanan yang pengolahannya dengan cara dibakar atau dipanggang bisa menjadi penyebab sakit kanker serviks.

Demikian pula steak ataupun kambing guling. Oleh karena itu, Anda perlu hati-hati. Penyebab  kanker serviks karena biasanya bahan bakar untuk memanggang adalah arang.

Arang mengandung karbon yang digolongkan sebagai zat karsinogenik atau zat pemicu kanker. Zat itu muncul selama proses pembakaran atau pemanggangan.

Senyawa penyebab kanker terbentuk sesudah bertemu dangan atom karbon dari arang. Ada dua senyawa yang terbentuk dan penyebab kanker serviks, yaitu Hidrokarbon Polisiklik Aromatik (PAH) dan Amino Heterosiklik (HCA).

2. Ikan Asin, Makanan Penyebab Kanker Serviks dan Tenggorokan

Banyak orang sangat suka mengonsumsi ikan asin. Tetapi, tahukah bahwa ikan asin bisa menjadi penyebab kanker serviks? Oleh karena itu hati-hati. Anda masih boleh mengonsumsi ikan asin, tetapi jangan terlalu sering.

Ikan asin atau ikan asap merupakan ikan yang diawetkan. Ikan ini memiliki kandungan zat niytosamin, yaitu zat karsinogenik yang bisa mengaktifkan virus Epstein Barr. Zat ini muncul ketika ikan dalam proses pengasinan dan dijemur di bawah sinar matahari.

Selain kanker serviks, ikan asin juga bisa menyebabkan kanker nesofaring. Yakni, kanker atau tumor ganas yang terjadi di daerah kepala dan leher. Anda sebaiknya selalu mengonsumsi makanan yang bervariasi supaya semua kebutuhan gizi terpenuhi dengan baik. Gizi sehat dan seimbang.

Boleh makan ikan asin, ikan asap, ikan kaleng, dsb. Tetapi, Anda harus variasi dengan lauk ikan lainnya, terutama ikan segar.

3. Makan Berlemak: Aneka Gorengan, Makanan Instan

Hindari makanan berlemak. Setidaknya, jangan terlalu sering mengonsumsi makanan berlemak. Makanan ini bisa menyebabkan Anda terkena penyakit kanker serviks. Sebab, makanan berlemak nantinya akan menghasilkan banyak hormon estrogen yang kian lama berubah menjadi pemicu kanker serviks.

Makanan berlemak antara lain makanan cepat saji (fast food), daging olahan, makanan instan, krim susu, dan aneka gorengan. Apalagi, aneka gorengan yang saat memasak menggunakan minyak goreng bekas. Makanan gorengan seperti itu sangat berisiko dan Anda harus menghindarinya.

Biar tetap sehat dan terhindar dari kanker serviks, ya Anda jangan terlalu sering mengonsumsi makanan berlemak. Atau pilih saja makanan rendah lemak. Misalnya, daging khas dalam, dada ayam, susu low fat, dsb.

Selain itu, Anda harus memperbanyak makanan berserat seperti buah dan sayuran.

4. Suka Makanan dan Minuman Beralkohol

Mengonsumsi makanan dan minuman beralkohol juga bisa menyebabkan Anda terkena kanker serviks. Di dalam tubuh, alkohol akan terurai dan membentuk senyawa kimia asetaldehid.

Senyawa beracun ini potensial menyebabkan terjadinya kanker serviks, kanker mulut, faring, laring, dan kanker kerongkongan.

Apalagi, seseorang suka minum alkohol dan juga suka merokok. Risikonya terkena kanker lebih besar. Minuman alkohol juga bisa menyebabkan Anda terkena sirosis hati.

Satu-satunya cara supaya Anda tetap sehat adalah menghindari konsumsi alkohol. Makanan yang mengandung alkohol antara lain tape, cake yang mengandung alkohol dan lain-lain. Sedangkan minuman yang mengandung alkohol adalah minuman keras, rhum, wine, arak, dan lain-lain.

Jalan terbaik adalah menghindari konsumsi alkohol. Jika tidak bisa, ya kurangi separonya. Secara bertahap, Anda harus berusaha bebas dari alkohol sehingga Anda akan selalu sehat, termasuk sehat dari kanker serviks.

5. Makanan Menggunakan Bahan Kimia

Pada zaman modern sekarang ini, kepraktisan sangat penting dan banyak digemari orang. Termasuk dalam penyediaan makanan. Banyak produsen makanan menggunakan bahan kimia seperti bahan pengawet, pewarna buatan ataupun bahan pemanis buatan demi kepraktisan.

Penggunaan pengawet tak hanya disukai oleh produsen, tetapi juga oleh konsumen. Sebab, dengan menggunakan campuran bahan kimia, makanan akan terasa lezat, awet, dan praktis.

Tetapi, dengan penggunaan bahan kimia, makanan atau minuman yang Anda konsumsi bisa menyebabkan Anda terkena kanker, di antaranya kanker serviks.

Makanan yang harus Anda hindari antara lain adalah makanan dengan bumbu penyedap, makanan instan, makanan kaleng, dan juga daging dalam makanan siap saji karena jenis-jenis makanan tersebut dapat memicu terjadinya kanker seviks.

Makanan paling aman ya masak sendiri tanpa menggunakan campuran bahan kimia. Anda tidak perlu khawatir untuk memasak sendiri. Dengan kemajuan teknologi, masak sendiri sekarang juga sangat mudah dan cepat.

Jika Anda harus makan di restoran, ya pilih yang risikonya paling kecil. Pilih makanan yang campuran kimianya tidak banyak.

6. Makanan dengan Kandungan Tinggi Gula

Makanan dan minuman dengan banyak gula tidak hanya menyebabkan diabetes (kencing manis). Tetapi juga bisa jadi penyebab kanker serviks. Ya, hatilah-hatilah saat mengonsumsi makanan minuman rasa manis.

Makanan minuman yang mengandung gula tinggi antara lain berbagai aneka kue rasa manis, sirup, minuman bersoda, dan lainnya. Anda tetap boleh mengonsumsinya tetapi tidak tiap hari.

Kebutuhan akan gula per hari adalah 50 gram (4 sendok makan). Anda tidak boleh mengonsumsi lebih dari itu karena risikonya kena penyakit kanker dan diabetes.

Ketika membuat jus buah, sebaiknya Anda tidak menambahkan gula. Sebab, buah sudah mengandung zat gula. Maka, Anda merasakan banyak buah sangat manis. Gula dalam buah umumnya aman atau tidak menyebabkan sakit karena itu adalah kandungan gula alami.

7. Makanan Penyebab Kanker Serviks dari Sayuran dan Buah

Sayuran dan buah-buahan memang sangat baik untuk kesehatan tubuh, termasuk tubuh bayi. Namun bagaimana jika sayuran dan buah-buahan tersebut mengandung pestisida?

Pestisida adalah faktor penyebab kanker cukup besar. Apalagi jika Anda mengkonsumsi sayuran dan buah yang mengandung pestisida tiap hari. Anda sebaiknya mulai menghindari konsumsi buah beri, apel dan selada non-organik demi kesehatan Anda.

Sayuran dan buah non-organik umumnya menggunakan hormon dan penyubur tanaman dengan tujuan supaya sayuran dan buah yang dihasilkan lebih bagus. Buah-buahan yang sering menggunakan pestisida antara lain jeruk, anggur, apel, dan strawberi.

Untuk meminimalkan efek negatif dari pestisida, maka sayuran dan buah harus Anda cuci bersih dengan air mengalir. Walau cara itu tidak bisa menghilangkan pengaruh pestisida 100%.  Cara lain Anda tidak terus-menerus mengonsumsi buah yang tercemar pestisida. Selingi dengan buah yang tidak tercemar pestisida.

Makanan dan Buah Pencegah Kanker Serviks

Selain menghindari makanan penyebab kanker serviks, Anda sebaiknya juga mengonsumsi makanan dan buah pencegah kanker serviks. Dengan cara ini, upaya hidup sehat makin kuat. Ini akan mampu menangkal kemungkinan terjadinya kanker serviks.

Berikut ini adalah 5 makanan dan buah pencegah kanker serviks. Anda bisa mengonsumsi berganti-ganti. Ya, Anda tidak harus mengonsumsi semuanya. Pilih beberapa saja yang bisa Anda lakukan.

1. Brokoli, Kandungan Kalsiumnya Setara dengan Susu

Brokoli sangat baik Anda konsumsi sebagai makanan pencegah kanker serviks. Bahkan, brokoli merupakan satu-satunya sayuran yang mengandung kalsium setara dengan susu segelas.

Brokoli memiliki banyak nutrisi. Yang mampu mencegah kanker serviks adalah asam folat atau vitamin B9. Asam folat mampu mengurangi gerakan pertumbuhan sel kanker serviks.

Dalam sayuran brokoli juga terkandung zat antioksidan, salah satu senyawa anti kanker. Bahkan, kandungan glucoraphanin dan indole 3 carbinal tidak hanya mencegah kanker serviks, tetapi juga menghindari kanker prostat dan kanker payudara.

Kandungan nutrisi penting lainnya pada brokoli antara lain protein, lemak, kalsium, asam lemak omega 3, karbohidrat, potassium, fosfor, zat besi, Zink, magnesium, vitamin A, B1, B2, B6, B3, B5, B9, C, E, K. mangan, dan triptofan.

Brokoli juga bebas dari lemak jahat pemicu kolesterol tinggi.

2. Kubis, Full Gizi jika Anda Konsumsi Mentah

Sama dengan brokoli, Anda juga bisa mendapatkan kubis dengan mudah. Bahkan, Anda cukup pergi ke dapur untuk mendapatkan kubis. Kubis merupakan sayuran utama bagi kebanyakan rumah tangga. Harganya murah dan bisa Anda dapatkan setiap saat.

Kandungan paling penting dalam sayuran ini adalah lupeol, sinigrin, I3C, Sulforaphae, dan DIM. Kandungan-kandungan itu bisa menghambat perkembangan sel kanker serviks.

Jika Anda bersedia mengonsumsi mentah, kubis ini full gizi. Artinya, pemanfaatan gizinya bisa maksimal. Tetapi, sebelumnya kol harus dicuci bersih dengan air mengalir (mancur).

Terbanyak kandungan dalam kol adalah vitamin A, C, E, dan vitamin K. Kol juga kaya asam folat, belerang, kalsium, zat besi, kalium, serta magnesium. Sayuran ini tidak mengandung kolesterol dan lemak jahat. Selain itu rendah kalori. Sangat menyehatkan.

3. Tomat, Kandungan Zat Lycopene Pencegah Kanker

Selain sebagai sayuran, tomat ternyata juga berkhasiat sebagai pencegah kanker, termasuk pencegah kanker serviks.

Tomat mengandung vitamin C yang tinggi, vitamin A dan zat Lycopene yang bisa menghancurkan radikal bebas. Zat Lycopene inilah yang aktif mencegah kanker.

Kemampuan tomat menangkal radikal bebas justru lebih tinggi dibandingkan dengan vitamin E dan A. Lycopene adalah senyawa pigmen makanan yang menghasikan warna merah atau kuning pada tomat.

Tidak hanya kanker serviks. Tomat juga bisa bermanfaat untuk penanganan kanker payudara, kanker prostat, kanker paru-paru, kanker pankreas, dan kanker usus. Konsumsi tomat bisa meminimalkan risiko kena penyakit kanker.

4. Wortel Penghambar Pertumbuhan Kanker Serviks

Selama ini wortel dikenal sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Ternyata, wortel juga bisa Anda manfaatkan untuk menjaga diri dari serbuan kanker serviks.

Wortel memang mengandung beta karoten yang cukup tinggi. Ini bisa menghambat pertumbuhan sel kanker serviks. Nutrisi dari wortel juga bermanfaat untuk menetralisir penyebab tumbuhnya sel-sel kanker.

Wortel bisa dikonsumsi mentah, direbus atau dibuat jus. Ya, semua terserah Anda. Yang penting rajin mengonsumsi wortel, Anda akan terhindar dari kanker serviks.

5. Teh Hijau, Efektif untuk Mencegah Kanker Serviks

Teh hijau juga sangat ampuh (efektif) untuk mencegah kanker serviks. Banyak kaum wanita yang suka mengonsumsi minuman teh hijau. Selain rasanya segar, juga punya banyak khasiat pengobatan dan kecantikan.

Selain mencegah kanker serviks, mengonsumsi teh hijau bisa melancarkan pencernaan dan membuat tubuh sehat dan langsing. Maka, banyak wanita minum teh hijau untuk program diet.
Tetapi, kandungan polyphenol dan flavonoid membuat sel kanker pasif. Selain itu akan membuat daya tahan tubuh Anda mampu menangkal berbagi penyakit.

Demikian sedikit informasi mengenai beberapa makanan penyebab kanker serviks dan makanan pencegah kanker serviks. Inti dari artikel ini, Anda harus berusaha membebaskan diri dari penyakit kanker serviks.

Pengobatan Kanker Serviks yang Bisa Anda Lakukan

Anda bisa melakukan pengobatan kanker serviks dengan mengonsumsi obat herbal kanker serviks. Banyak suplemen kesehatan ini bisa Anda dapatkan di toko-toko online. Banyak orang yang mampu menyembuhkan sakitnya dengan mengonsumsi herbal kanker serviks ini.

Antara lain:

1.QnC Jelly Gamat 100% Herbal, Obat Kanker Serviks. Suplemen ini dibuat dari teripang laut dan sangat besar khasiatnya untuk menyembuhkan sakit kanker serviks. Harga Rp 155.000

2. Obat Kanker Serviks Herbal Denature. Obat herbal ini bisa mengatasi 12 kanker, termasuk kanker serviks. Daya kerjanya 10.000 kali lebih kuat dibandingkan dengan terapi sdriamicin dan terapi kemo yang biasa di gunakan. Harga Rp 315.000 untuk dua paker, yakni kapsul Ziirzax dan kapsul Typhogell.

3. Ace Max’s. Obat herbal kanker serviks in terbuat dari perpaduan kulit buah manggis dan daun sirsak. Obat herbal ini dalam bentuk jus yang bisa langsung diminum. Banyak penyakit bisa diatasi dengan konsumsi herbal ini. Harganya Rp 240.000.

4. Pembalut Kesehatan Herbal Anti Kanker Serviks 

Pembalut Airiz dari Tiens ini mengandung oksigen dan ion negatif. Diproduksi dengan mengunakan teknik “double-cores” : menggabungkan oksigen aktif dan ion secara efektif. Bisa mencegah kemungkinan dari kanker serviks. Harganya Rp 64.000.

Banyak penderita kanker serviks yang terlambat mengobati atau menyembuhkan sakitnya. Sebaiknya Anda selalu memperhatikan berbagai gejala yang menunjukkan adanya penyakit tertentu, seperti kanker serviks.

Semoga artikel mengenai makanan penyebab kanker serviks dan makanan pencegah kanker serviks ini bisa bermanfaat untuk Anda semua. Anda bisa terhindar dari kanker serviks.

2 thoughts on “Makanan Penyebab Kanker Serviks Vs Makanan Pencegah Kanker Serviks

Comments are closed.