Terima Kasih untuk Berbagi

MENGONSUMSI makanan sehat itu sangat penting. Apalagi, bagi Anda yang menderita diabetes. Tiap hari Anda harus selalu mengonsumsi makanan untuk penderita diabetes. Maksudnya, makanan yang bisa menyehatkan penderita diabetes.

Adakah makanan seperti itu? Banyak. Anda bisa menemukan makanan penderita diabetes dengan mudah. Tidak perlu yang mahal. Makanan murah pun bisa menyembuhkan sakit Anda. Asal Anda rajin mengonsumsinya.

Makanan sehat untuk penderita diabetes antara lain nasi merah, roti, kentang panggang, oatmeal, roti sereal dari biji-bijian utuh, dan daging tanpa lemak yang dikukus, direbus, dipanggang, atau dibakar. Daftar lengkap bisa dibaca di bawah bagian Daftar Makanan Penurun Diabetes.

Anda tentu saja tidak akan kesulitan menemukan makanan seperti disebutkan itu. Yang terpenting, makanan tidak digoreng tetapi direbus, dipanggang atau dibakar.

Jika Anda selalu mengonsumsi makanan-makanan sehat untuk diabetes, maka Anda pun akan sehat. Penyakit diabetes tidak sering kambuh. Anda bisa aman dari penyakit kencing manis dan selalu sehat.

Ya, saya punya tetangga seorang pensiunan dari Kementerian Kehakiman. Usia 85 tahun. Sudah 5 tahun ini dia mengonsumsi beras merah. Ia tinggalkan beras putih. Hasilnya, penyakit diabetesnya tak pernah kambuh karena selalu dalam kondisi normal.

Bagaimana rasanya mengonsumsi beras merah? “Ya, biasa saja. Yang penting bisa sehat,” jawabnya saat saya tanya.

Diet untuk Diabetes: Cara Ampuh Menurunkan Kadar Gula Anda

makanan untuk penderita diabetes

makanan penurun gula darah (foto:mediskus.com)

Ya, makanan memang faktor sangat penting yang bisa membuat Anda sehat atau sakit. Jika Anda bersedia diet dengan menghindari makanan penyebab diabetes dan mengonsumsi makanan untuk penderita diabetes, maka kadar gula darah Anda akan turun.

Ini berarti Anda akan sehat. Rasa tidak nyaman dengan melakukan diet untuk diabetes hanya pada awal saja. Jika diet sudah berjalan berbulan-bulan, Anda akan merasa nyaman. Sebaliknya, Anda justru merasa lebih sehat. Sakit diabetes tidak pernah kambuh.

Untuk memperkuat apa yang saya tulis ini, Anda bisa temui penderita diabetes. Coba tanya bagaimana kebiasaan makannya. Adakah mereka melakukan diet. Jika diet, seperti apa dietnya. Lalu, bagaimana kondisi sakitnya.

Hanya dengan mengonsumsi obat mungkin Anda bisa menurunkan kadar gula Anda. Tetapi, cara itu tidak bisa untuk selamanya. Efek samping obat akan terus bertambah dan nantinya bisa menimbulkan penyakit lain.

Apalagi, jika usia Anda sudah lebih 60 tahun dan daya tahan Anda menurun. Pengobatan diabetes makin sulit. Maka, cara terbaik untuk Anda sekarang adalah minum obat ditambah diet untuk diabetes.

Ada satu hal lagi yang sangat penting untuk Anda jalankan supaya gula darah Anda selalu normal. Penyakit diabetes tidak kambuh, yang berarti Anda selalu sehat.

Apa itu? Ya, lakukan olahraga rutin tiap hari. Tidak perlu olahraga berat dan mahal. Cukup jalan kaki di kompleks perumahan Anda tiap pagi sudah cukup.

Atau melakukan senam di halaman rumah atau di dalam rumah juga bisa. Yang penting melakukan olahraga rutin. Anda tidak boleh bosan dan tidak boleh menyerah.

35 Makanan untuk Penderita Diabetes yang Harus Anda Konsumsi

Makanan apa yang harus Anda konsumsi biar Anda selau sehat dan penyakit diabetes tidak kambuh? Setidaknya ada 35 makanan untuk diabetes yang perlu Anda kosumsi.

Ke-35 makanan untuk penderita diabetes itu adalah:

1. Brokoli, mengontrol kara glukosa dalam darah.

2. Bayam, menurunkan risiko sakit hingga 14%.

3. Cokelat hitam, kaya flavanoid yang bisa meningkatkan sensitivitas insulin.

4. Blueberry

5. Ikan, tetapi jangan digoreng.

6. Kacang cannellini

7. Ubi jalar, bisa menggantikan konsumsi kentang. Kandungan gulanya rendah.

8. Kacang kenari (walnut).

9. Kinoa

10. Kayu manis

11. Buah-buahan citrus seperti jeruk.

12. Tomat

13. Susu rendah lemak.

14. Yoghur rendah lemak

15. Kunyit,

16. Bawang putih

17. Buah naga

18. Apel hijau

19. Buah mengkudu

20. Pepaya

21. Cuka apel

22. Alpukat

23. Jambu air

24. Belimbing wuluh

25. Tauge (toge)

26. Lidah buaya

27. Kangkung

28. Kacang merah

29. Kacang tanah

30 Sawi hijau

31. Daun pandan

32. Daun selada

33. Paria (pare)

34. Daun serai

35. Ketela pohon.

Tentu saja, Anda tidak perlu mengonsumsi ke-35 makanan dan buah itu seluruhnya. Pilih saja buah mana yang Anda suka dan mudah pengadaannya. Artinya, mendapatkan buah itu mudah dan harganya tidak mahal.

makanan penyebab diabetes

makanan penyebab diabetes (foto:diabeteskering.com)

10 Makanan Penyebab Diabetes yang Harus Anda Hindari

Bersamaan dengan mengonsumsi makanan untuk penderita diabetes, Anda juga harus menghindari konsumsi makanan penyebab diabetes atau makanan pantangan diabetes.

Ya, menghindari makanan penyebab diabetes ini jauh lebih penting dari mengonsumsi makanan penurun diabetes. Mengonsumsi makanan penurun diabetes tidak akan ada gunanya jika Anda tetap mengonsumsi makanan penyebab diabetes.

Apalagi jika daya penurun diabetes kalah besar dibandingkan daya yang membuat diabetes meningkat akibat mengonsumsi makanan tertentu. Maka, kedua hal itu harus dilakukan bersamaan.

Ya, mengonsumsi makanan untuk diabetes ayau makanan penurun diabetes, ya mengonsumsi makanan penyebab diabetes.

Makanan apa yang menjadi penyebab diabetes? Makanan-makanan itu adalah:

1. Jus buah kemasan buatan pabrik. Ada zat pengawetnya dan tinggi garam.

2. Permen, tinggi gula ditambah bahan pengawet.

3. Kue kering, biasanya berkalori tinggi

4. Roti tawar putih, karbohidratnya tinggi

5. Kismis, kandungan gulanya tidak alami lagi akibat proses pengeringan.

6. Kentang goreng, banyak minyak dan karbohidrat.

7. Nasi putih, membuat kadar gula dalam tubuh mudah naik.

8. Minuman soda, zat pemanis tambahan memicu naiknya kadar gula.

9. Makanan cepat saji bisa membuat kadar gula dalam tubuh naik cepat.

10. Makanan kemasan itu tinggi gula, garam, kalori dan bahan pengawet.

Demikian artikel menganai berbagai makanan yang bisa menurunkan penyakit diabetes dan Anda perlu mengonsumsinya. Selain itu, juga terdapat banyak makanan yan harus Anda hindari karena bisa menjadi pemicu diabetes Anda kembali naik tinggi.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua.