Manfaat Bawang Putih untuk Kanker – Mencegah dan Mengobati

Diposting pada
Terima Kasih untuk Berbagi

ANDA ingin bebas dari penyakit kanker? Tentu saja ya. Silakan Anda mengonsumsi bawang putih. Manfaat bawang putih untuk kanker sangat besar. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa mereka yang sering mengonsumsi bawang putih, risiko kena kanker sangat kecil.

Ya, kanker apa saja. Sangat banyak jenis kanker. Paling banyak penderitanya adalah kanker paru. Data tahun 2015 menunjukkan bahwa penderita kanker paru yang akhirnya meninggal tercatat 31.692 orang.

Disusul kanker kolon dengan 13.742 orang meninggal, kanker perut, kanker serviks 11.264 orang, kanker payudara 10.538 orang, kanker hati 10.464 orang, kanker leukemia 6.072 orang, neoplasma 5.318 orang, kanker pankreas 5.037 orang dan kanker otak 4.588 orang.

Melihat data itu, kita harus berusaha mencegah diri kita dijangkiti penyakit kanker. Banyak penyakit kanker yang ganas. Usaha penyembuhan dan pengobatan sering tidak bisa mengejar lajunya pertumbuhan sakit kanker.

Akhirnya, dokter pun menyerah. Penderita kanker tidak bisa lagi diselamatkan. Bagi Anda yang masih sehat, melakukan pencegahan sakit kanker sangat penting supaya terhindar dari penyakit kanker.

Hasil Beberapa Penelitian tentang Manfaat Bawang Putih untuk Kanker

manfaat bawang putih untuk kanker

herbal dari bawang putih, jahe dan cuka (foto:tokopedia.com)

Apa yang harus dilakukan untuk mencegah sakit kanker? Sejak kapan seseorang harus berusaha melakukan pencegahan agar terhindar dari serangan penyakit kanker?

Ya, salah satu caranya adalah Anda perlu mengonsumsi bawang putih. Ya, bawang putih yang selalu dibutuhkan oleh ibu-ibu untuk bumbu masakan. Kapan pun Anda masuk dapur, pasti menemukan bawang putih.

Dalam suatu penelitian terhadap 400 ribu wanita lebih ditemukan bahwa manfaat bawang putih untuk kanker itu nyata. Mereka yang sering makan bawang putih, risiko kena kanker kolon 50 persen lebih rendah dibanding mereka yang makan bawang putih tetapi hanya sedikit.

Para ilmuwan meyakini bahwa khasiat bawang putih untuk penyakit kanker karena adanya kandungan zat antioksidan dan allicin yang bisa memerangi infeksi dan bakteri.

Penelitian lain menyebutkan bahwa mereka yang mengonsumsi lebih dari enam siung bawang putih dalam seminggu juga risikonya kena kanker lebih kecil. Atau sangat kecil kemungkinan mereka terkena kanker.

Yakni, risiko kena kanker kolorektal adalah 30% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi bawang putih. Dan, 50% lebih rendah untuk kanker perut.

Riset juga mendapati bahwa bawang putih bisa mengatasi sakit di musim dingin, tidak mudah kena flu, dsb.

Tetapi, supaya manfaat bawang putih untuk kesehatan bisa maksimal, sebaiknya bawang putih dicincang, dipotong, digeprak atau ditumbuk. Bawang putih juga bisa ditumis, dipanggang atau digoreng.

Bawang putih jika dimakan dalam keadaan mentah, banyak orang tidak tahan. Aroma dan rasanya sangat menyengat.

Penelitian terbaru menyebutkan bahwa bawang putih mengandung zat diallyl sulfide (DAS), diallyl disulfide (DADS) dan diallyl trisulfide (DATS) memberikan perlindungan terhadap karsinogen. Ada juga kandungan zat sulfur yang bisa digunakan untuk mencegah pertumbuhan kanker.

Manfaat bawang putih memang diakui besar dalam kesehatan, termasuk manfaat bawang putih tunggal, manfaat bawang putih lanang atau bawang putih dayak.

Baca: 11 Sayuran Efektif Dikonsumsi untuk Mencegah Kanker

Cara Menyiapkan Bawang untuk Pengobatan Kanker

Bagaimana cara menyiapkan bawang putih untuk mencegah atau menyembuhkan penyakit kanker?

Caranya adalah bawang putih diiris tipis-tipis atau digeprak. Cara ini bisa membuat enzim allinase yang bersifat antikanker keluar. Jika bawang putih dimasak, maka khasiat kesehatan hilang.

Anda bisa mengonsumsi bawang putih mentah, direbus atau sebagai bumbu masakan. Terbaik bawang putih digeprak, lalu biarkan 15 menit atau lebih untuk menghasilkan enzim allinase. Enzim akan menghasilkan senyawa anti-kanker atau anti-jamur.

Jika ingin merebusnya, siapkan 6 – 7 siung bawang putih. Iris tipis-tipis atau digeprak. Lalu rebus dengan 3 gelas air. Setelah airnya mendidih, angkat dan diamkan. Anda bisa minum 3 kali sehari dan tiap minum setengah gelas air rebusan bawang putih..

Jika ingin mengonsumsi bawang putih mentah, bisa siapkan 1 -2 siung per hari. Bisa dikonsumsi dalam bentuk irisan kecil-kecil atau bawang dijadikan acar.

Manfaat bawang putih untuk kanker memang sangat besar. Mengonsumsi bawang putih secara periodik bisa menghindarkan Anda dari kanker. Antara lain kanker payudara, kanker usus, kanker pankreas, kanker prostat, dan kanker perut.

Baca Juga: Kenali Ciri-ciri Kanker Otak dan Cara Mencegahnya

Manfaat Bawang Putih Lainnya:

Selain mencegah dan mengobati penyakit kanker, bawang putih juga berkhasiat untuk mengatasi berbagai penyakit lain, di antaranya:

1.Penyembuh jerawat. Caranya, bawang putih digeprak atau dihancurkan. Lalu tempelkan pada jerawat di wajah Anda. Senyawa dalam bawang putih akan membersihkan darah dalam jerawat dan berfungsi sebagai antibiotik.

2. Menyehatkan jantung. Konsumsi bawang putih bisa menurunkan darah tinggi, kolesterol tinggi sehingga Anda bisa terhindar dari anacaman sakit jantung dan stroke.

3. Mengencerkan darah. Ini sangat penting supaya darah yang mengangkut oksigen dari paru ke semua jaringan tubuh, terutama otak dan jantung berjalan lancar. Aliran darah di arteri dan vena tak ada gangguan lagi. Anda pun jadi sehat.

4. Membantu meningkatkan insulin. Bagi Anda yang menderita diabetes, konsumsi bawang putih bisa meningkatkan produksi insulin. Dengan itu, insulin bisa membawa lebih banyak gula darah ke berbagai sel untuk diubah menjadi energi.

Anda Juga Bisa Mengonsumsi Herbal Kanker

Jika Anda tidak ingin repot menyiapkan ramuan untuk mencegah dan mengobati kanker, Anda bisa membeli obat herbal kanker. Banyak herbal kanker dijual di pasaran, baik yang dibuat dari bawang putih atau bahan herbal lain. Banyak juga toko online yang menjual obat kanker, dari bahan bawang putih atau lainnya seperti dari daun sirsak.

Misalnya Kapsul Bawang Putih Murah, Herbakol dari bahan bawang putih dan jahe, Obat Kanker Bawang Dayak, Garlic Sole (obat herbal dari bawang putih tunggal), Kapsul Herbal Bawang Putih Tunggal, Bawang Putih Cuka Apel dan Madu, dsb. Hargnya pun tidak mahal.

Anda bisa memilih obat herbal untuk kanker yang cocok, termasuk harganya.

Demikian artikel tentang manfaat bawang putih untuk kanker. Baik untuk mencegah ataupun menyembuhkan berbagai sakit kanker. Sebagai upaya antisipasi, Anda sebaiknya mengonsumsi bawang putih secara periodik. Bisa satu minggu sekali, dua minggu sekali, dsb. Semoga artikel ini bermanfaat.