Manfaat Buah Naga Merah untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Diposting pada
Terima Kasih untuk Berbagi

SETIDAKNYA ada enam macam buah naga. Yakni, buah naga merah, buah naga super merah, buah naga putih, ungu, kuning, dan hitam. Kali ini ingin kita kupas tentang manfaat buah naga merah untuk diet.

Buah naga merah adalah buah naga yang paling banyak penggemarnya dibandingkan dengan buah naga warna lain. Dinamakan buah naga merah karena daging buahnya warna merah keunguan. Sementara, warna kulitnya cenderung gelap.

Rasa buah naga sangat manis dan segar. Meskipun demikian, Anda yang punya kadar gula darah tinggi tidak perlu khawatir untuk mengonsumsinya. Sebab, buah naga tergolong rendah gula. Rasa manis dari buah naga adalah alami.

Buah naga merah mengandung antioksidan, kalsium, dan fosfor yang tinggi. Oleh karena itu, buah naga sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan. Bisa dikonsumsi langsung setelah dikupas kulitnya atau dibuat jus.

Anda bebas memilih cara mana yang Anda sukai. Tidak hanya dagingnya, kulit buah naga juga berkhasiat untuk kesehatan. Bisa untuk perawatan wajah dan kulit tubuh.

Bahkan, juga berkhasiat untuk diet menurunkan berat badan seperti yang ingin dikupas di halaman ini.

Berbagai Kandungan dalam Buah Naga Merah Cocok untuk Diet

Manfaat Buah Naga Merah untuk Diet
(foto:youtube.com)

Dengan kandungan serat yang sangat tinggi, manfaat buah naga merah sangat baik untuk diet. Kandungan lain yang membuat buah naga sangat bagus untuk program diet adalah vitamin, mineral, dan protein.

Apakah arti diet? Diet adalah mengatur pola makan untuk mencapai tujuan tertentu dalam kesehatan. Ada diet untuk menjaga kesehatan tubuhnya sesuai dengan anjuran dokter, diet untuk menurunkan berat badan atau menjaga berat badannya biar tetap ideal, dsb.

Berarti diet buah naga atau diet buah naga merah adalah mengonsumsi buah naga untuk tujuan tertentu dalam kesehatan. Misalnya diet buah naga untuk menurunkan berat badan. Artinya, perlu sering mengonsumsi buah naga merah untuk menurunkan berat badan.

Tetapi, diet juga bisa berarti mengurangi atau membatasi konsumsi makanan tertentu untuk mencapai kesehatan.

Buah naga merah sangat baik kita konsumsi untuk diet menurunkan berat badan karena kandungan gizinya yang sangat tinggi. Selengkapnya adalah:

  • Karbohidrat 11 gram
  • Lemak 0,4 gram
  • Protein 1,1 gram
  • Air 87 gram
  • Serat 0,04 miligram
  • Vitamin B1 0,04 gram
  • Vitamin B2 0,05 gram
  • Vitamin B3 0,16 miligram
  • Vitamin C 20,5 miligram
  • Kalsium 8,5 miligram
  • Zat Besi 0,16 miligram

Manfaat Buah Naga Merah untuk Diet: Membuat Anda Cepat Kenyang

Dari kandungan gizi yang tergambarkan di atas, maka manfaat dari konsumsi buah naga yang bisa Anda dapatkan antara lain:

1. Buah Naga Membuat Anda Merasa Cepat Kenyang

Karena kandungan kalorinya yang rendah, maka dengan mengonsumsi buah naga, Anda akan merasa cepat kenyang saat makan nasi. Entah ketika sarapan, makan siang atau makan malam.

Kandungan kalori pada 100 gram buah naga adalah 60 kalori. Ini yang membuat buah naga cocok untuk diet menurunkan berat badan atau menghindari kegemukan (obesitas).

Dengan kenyataan ini, Anda bisa membuat buah naga, khususnya buah naga merah sebagai pengganti cemilan. Ini akan menghindarkan Anda dari kegemukan.

2. Pencernaan Lancar, Tak Ada Penumpukan Lemak

Manfaat buah naga merah untuk diet lainnya adalah sistem pencernaan Anda akan berjalan lancar. Ini terjadi akibat kandungan serat yang tinggi pada buah naga.

Manfaat buah naga dengan serat tinggi adalah Anda akan merasa kenyang lebih lama. Otomatis Anda tidak akan mengonsumsi makanan berlebihan. Tentu saja, berat badan Anda yang tinggi akan turun.

Sebaliknya, berat badan Anda yang rendah (sedang) tidak akan naik tinggi. Berat badan Anda tetap dalam posisi berat badan ideal.

3. Terhindar dari Penyakit Kardiovaskular

Anda juga bisa terhindari dar penyakit kardiovaskulaer seperti sakit jantung dengan diet (mengonsumsi) buah naga. Ini berkat kandungan vitamin buah naga seperti vitamin B1, B2 dan B3.

Kandungan vitamin B3 akan menghindarkan Anda dari kolesterol tinggi. Jika Anda bisa menjaga tubuh dari penyakit kolesterol tinggi, maka Anda akan terhindar dari penyakit jantung, penyakit pembuluh darah, dsb.

Cara Membuat Jus Buah Naga Merah

Salah satu cara diet buah naga adalah dengan sering mengonsumsi jus buah naga atau mengonsumsi buah naga langsung. Kandungan air yang tinggi dan nutrisi dalam buah naga membuat buah ini sangat baik untuk program diet menurunkan berat badan atau meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Dengan bentuk jus buah naga, proses dalam pencernaan lebih bagus karena buah naga telah dihaluskan. Penyerapan sari-sari makanan dalam usus akan berjalan sangat lancar. Manfaat buah naga merah untuk diet memang besar.

Resep cara membuat jus buah naga ke-1:

Bahan-bahannya: 1 buah naga merah, gula pasir secukupnya, susu kental manis, es batu yang sudah diserut dan air.

Cara membuat jus buah naga: Kupas kulit buah naga, potong kecil-kecil, masukkan ke blender, tambahkan susu kental manis, gula secukupnya, lalu hidupkan blender. Tuangkan jus buah naga ke dalam mangkuk, lalu tambahkan es yang sudah diserut.

Penambahan susu kental dan gula jangan terlalu banyak. Jika terlalu banyak, justru menambah gemuk (berat badan naik). Padahal, pembuatan jus buah naga dalam rangkaian diet menurunkan berat badan.

Resep membuat jus buah naga ke-2:

Bahan-bahannya: 1 genggam brokoli, 100 gram buah naga merah, 100 gram nanas, 1 sendok teh almond (tanpa ini juga bisa).

Cara membuatnya: Masukkan ke blender buah naga yang sudah dikupas dan dipotong-potong, brokoli yang sudah dicuci, dan buah nanas yang sudah dikupas dan dipotong-potong, lalu hidupkan blender.

Setelah selesai, tuangkan jus buah naga ke dalam gelas dan tambahkan potongan es batu biar terasa lebih segar.

Demikian artikel mengenai Manfaat Buah Naga Merah untuk Diet yang mampu tanpadiabetes.com sajikan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kesehatan pembaca/pengunjung blog ini.