Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil Tua dan Ibu Menyusui

Diposting pada
Terima Kasih untuk Berbagi

Manfaat buah naga sangat besar untuk kesehatan. Jika Anda belum pernah mengonsumsi buah naga, coba lakukan. Rasanya manis dan segar. Kali ini, tanpadiabetes akan mengulas masalah manfaat buah naga untuk ibu hamil tua dan ibu menyusui.

Harga buah naga juga tidak mahal. Rata-rata per kilogram adalah Rp 7.500 untuk kualitas super. Tidak sulit untuk mendapatkan buah naga. Anda bisa membelinya di pasar swalayan atau toko buah.

Anda juga bisa menanam sendiri buah naga di pekarangan atau samping/depan rumah. Cara budidaya buah naga tidak sulit. Anda bisa menanam stek tumbuhan naga dengan diberi tiang panjat yang diperlukan untuk perambatan tanaman naga jika sudah mulai tumbuh.

Perawatannya juga tidak sulit. Baik untuk penyiraman air, pemupukan, pemangkasan ataupun yang lain, semua bisa Anda kerjakan dengan mudah. Jika Anda menanam dalam area yang luas, 1 hektar misalnya, tentu Anda perlu pembantu.

Jika Anda menanam dua atau tiga batang naga, tentu saja Anda bisa menangani sendiri sebagai tambahan kegiatan. Selain bisa menghasilkan buah naga yang segar manis, banyak pengalaman yang bisa didapatkan. Termasuk untuk kesehatan diri dengan banyak aktivitas fisik.

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil Tua

manfaat buah naga untuk hamil tua

Apa saja manfaat buah naga untuk ibu hamil tua, yakni hamil 8 – 9 bulan? Manfaat terbesar dari konsumsi buah naga untuk ibu hamil tua adalah mampu memasok asam folat yang tinggi.

Buah naga mengandung asam folat 114,4 mg untuk satu buah. Asam folat diperlukan oleh ibu hamil supaya bayi yang dikandungnya terhindar dari kecacatan pada otak dan sumsung tulang belakang.

Baca Juga: 23 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan, Kecantikan dan Ibu Hamil

Mengonsumsi asam folat untuk ibu hamil sebenarnya tidak hanya di usia kehamilan tua ( 8 – 9 bulan). Tetapi, kebutuhan konsumsi asam folat harus dipenuhi sejak kehamilan muda.

Tujuannya supaya calon bayi yang dikandungnya selalu tumbuh dengan baik dan selalu sehat. Tetapi, Bunda juga tidak boleh mengonsumsi asam folat berlebihan. Dikhawatirkan hal ini bisa menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

Untuk kepastiannya berapa asam folat yang Bunda butuhkan tiap harinya dan berapa lama harus mengonsumsinya, Bunda bisa konsultasi dengan dokter waktu periksa kehamilan.

Konsumsi asam folat juga bisa diperoleh dari makanan lain. Bahkan, juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi suplemen asam folat. Tetapi, yang terbaik memang mengonsumsi asam folat dari makanan atau buah yang alami.

Untuk Detoksifikasi dan Meningkatkan Daya Tahan Ibu Hamil

Selain mendapatkan asupan asam folat, dengan mengonsumsi buah naga rutin tiap hari, Bunda juga bisa mendapatkan manfaat lain untuk kesehatan Bunda dan bayi yang dikandungnya.

Buah naga mengandung serat yang tinggi dan sangat baik untuk detoksifikasi dan meningkatkan daya tahan ibu hamil. Selain itu, buah naga juga sumber oksidan yang bisa menjaga kesehatan Bunda menjelang kelahiran si kecil.

Buah naga satu biasanya bisa memasok 20% asam folat yang Bunda butuhkan. Ini berarti Bunda memerlukan konsumsi 4 – 5 buah naga untuk konsumsi harian.

Jika ternyata Bunda tidak bisa memenuhi kebutuhan yang semestinya, Bunda bisa mendapatkan asam folat dari bahan lain. Misalnya dari sayuran berwarna hijau, biji-bijian, kuning telur, hati, ginjal, dan buah..

Harga buah naga buat orang kebanyakan mungkin masih terbilang mahal. Apalagi, jika harus mengonsumsi tiap hari selama beberapa bulan kehamilan, tentu memerlukan biaya besar.

Tetapi, bagi Anda yang punya dana, ya tidak masalah. Yang penting, Bunda dan bayi yang dikandungnya selalu dalam keadaan sehat dan lahir lancar. Manfaat buah naga memang besar.

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Menyusui: ASI Menjadi Lebih Lancar

Tidak hanya untuk ibu hamil. Manfaat buah naga untuk ibu menyusui juga sangat besar. Mengonsumsi buah naga bisa membuat air susu ibu (ASI) lancar. Bahkan, kualitas ASI juga cukup baik sehingga bisa memenuhi kebutuhan kesehatan si bayi.

1. Bisa memberikan asupan nutrisi yang cukup

Nutrisi yang dimaksud mencakup karbohidrat, vitamin, gula dan mineral. Ibu menyusui memerlukan makanan dengan kandungan nutrisi yang cukup sehingga Bunda dan bayinya bisa tumbuh sehat.

Buah naga memberikan nutrisi yang cukup untuk Bunda dan bayinya. Bukan makanan yang sekadar harus mengenyangkan, tetapi juga harus menyehatkan.

2. Pencernaan si bayi berjalan lancar

Kondisi ini tercipta akibat kandungan serat yang tinggi dari buah naga yang Bunda konsumsi. Dengan lancarnya pencernaan, maka si kecil akan tumbuh sehat. Kebutuhan untuk mengonsumsi serat bisa terpenuhi dengan baik.

3.Bisa memberikan perlindungan yang lebih baik

Manfaat bua naga untuk ibu menyusui lainnya adalah si kecil bisa mendapatkan nutrisi perlindungan (imunitas) yang lebih baik dan tidak mudah kena penyakit. Tentu saja, besarnya imunitas tubuh tergantung pada jenis buah yang Bunda konsumsi.

Kapan sebaiknya Bunda mengonsumsi buah naga?

Waktu terbaik bagi Anda untuk mengonsumsi buah naga adalah pagi hari dan malam hari. Atau dua hari sekali.

Seperti disinggung di atas, nutrisi yang dibutuhkan oleh Bunda yang sedang menyusui bayinya adalah mengonsumsi banyak sayuran berdaun hijau, telur, daging, dan buah warna merah dan jingga.

Tujuannya sebagai upaya agar ASI mengalir lancar. Tetapi, Bunda tidak boleh mengonsumsi buah naga atau buah lain dalam jumlah yang terlalu banyak (berlebihan).

Demikian artikel mengenai manfaat buah naga untuk ibu hamil tua dan manfaat buah naga untuk ibu menyusui. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.