Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Daun Sirih dan Jeruk Nipis

Diposting pada
Terima Kasih untuk Berbagi

MENGHILANGKAN bau badan dengan daun sirih. Anda bisa mencobanya biar bau badan (BB) Anda hilang. Anda akan nyaman bergaul dan bergurau dengan teman-teman atau dengan siapa pun. Bau badan bukan penyakit kronis, tetapi sering membuat repot seseorang bila tidak segera diatasi.

Banyak cara bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau badan, baik dengan minum obat atau menggunakan cara-cara tradisional. Misalnya, dengan minuman teh daun sirih, minuman dengan jeruk nipis, mandi dengan campuran rebusan daun sirih, dsb.

Ya, coba saja cara menghilangkan bau badan mana yang cocok untuk Anda. Cara yang bisa menghilangkan bau badan tidak sedap. Apalagi, bau badan yang menyengat sehingga orang-orang di sekitarnya merasa sangat terganggu. Orang lain tidak nyaman duduk dekat Anda. Tidak nyaman untuk bercakap-cakap atau bersendau gurau dengan Anda.

Cara menghilangkan bau badan sesungguhnya tidak sulit. Banyak bahan herbal atau tanaman obat bisa Anda gunakan. Contohnya, cara menghilangkan bau badan dengan daun sirih atau cara menghilangkan bau badan dengan jeruk nipis. Anda tentu tidak sulit menemukan kedua bahan itu.

Bau badan atau badan bau tidak sedap bisa jadi akibat banyak bakteri atau akibat adanya gangguan kelenjar andokrin. Atau karena makanan yang Anda konsumsi, gaya hidup atau Anda kurang menjaga kebersihan diri.

Ada yang merincinya bau badan dari kulit, hidung (nafas), mulut (saluran cerna atas), anus (saluran cerna bawah), dan vagina (saluran kelamin luar). Yang paling besar tentu saja bau badan dari kulit, khususnya ketiak.

Terkadang baunya sangat kuat. Jenis BB yang semacam ini dinamakan bromhidrosis (ismidrosis). Bromhidrosis terjadi akibat bercampurnya keringat (tidak berbau) dan bakteri saprofit yang ada di permukaan kulit. Terkadang baunya sangat kuat dan deodoran tak mapu mengatasinya. Bahkan, bisa timbul efek samping seperti gatal-gatal dan noda keringat.

5 Cara Menghilangkan Baun Badan dengan Daun Sirih

 

daun sirih

ihh… bau (foto:aylacream.com)

Lalu, bagaimana cara menghilangkan bau badan dengan daun sirih? Mengapa menggunakan daun sirih? Apa kandungan daun sirih sehingga bisa menghilangkan bau badan?

Daun sirih bisa digunakan untuk menghilangkan bau badan karena mempunyai sifat antiseptik. Daun sirih bisa membasmi bakteri yang menyebabkan badan berbau.

Selain itu, daun sirih mengandung senyawa aktif yang mampu membuat bau badan lebih harum. Kandungan senyawa itu antara lain minyak atsiri jenis kavikol, kadiven, eugenol, sineol dan karvakol.

Bagiamana cara menghilangkan bau badan dengan daun sirih? Banyak sekali cara bisa Anda lakukan. Pilih cara menghilangkan bau badan mana yang bisa Anda lakukan.

1. Minum Teh Daun Sirih Plus Teh Hijau

Cara menghilangkan bau badan dengan daun sirih pertama adalah dengan minum teh daun sirih. Anda bisa membuat sendiri teh daun sirih atau beli yang sudah jadi.

Beberapa toko online menjual banyak produk herbal dari daun sirih. Ada berjenis-jenis teh daun sirih yang bisa kamu pilih. Ada teh daun sirih untuk minuman, kapsul dan ada yang dalam bentuk sabun. Anda bisa memilih mana yang cocok. Harganya sangat murah.

2. Daun Sirih Digosokkan dan Ditempelkan di Ketiak

Ini cara yang paling mudah. Ambil beberapa lembar daun sirih segar, cuci bersih, lalu gosokkan dan tempelkan di ketiak. Setelah sekitar 15 – 20 menit, ketiak dibersihkan dengan air bersih. Tetapi, daun sirih yang akan digunakan harus segar atau belum layu.

3. Mandi dengan Air Rebusan Daun Sirih

Ambil beberapa daun sirih, cuci bersih dengan air mengalir, lalu direbus. Setelah mendidih, angkat air rebusan dan tambahkan pada air yang akan Anda gunakan untuk mandi. Jadi, Anda gunakan air rebusan daun sirih untuk mandi.

4. Masker Daun Sirih

Cara ini mirip dengan cara nomor dua. Bedanya, cara ini dengan menggunakan daun sirih sebagai masker di ketiak. Ambil beberapa lembar daun sirih segar, cuci bersih, lembutkan dan tambah air sedikit. Hasilnya Anda gunakan sebagai masker di ketiak, sumber bau badan. Setelah 15 – 20 menit, ketiak dibersihkan menggunakan air bersih.

5. Daun Sirih Dicampur dengan Bahan Lain

Anda juga bisa mencampur atau menggabungkan bahan daun sirih dengan bahan herbal lainnya. Baik untuk mandi, minum, dsb.

Misalnya, membuat minuman dari daun sirih dan kunyit, daun sirih dan daun beluntas, serta minuman daun sirih dan jahe. Membuat masker ketiak dari bahan daun sirih dan aneka jeruk, daun sirih dan mentimun, daun sirih dan daun kemangi, serta daun sirih dan bunga kecombrang.

Anda bebas memilih mana yang Anda suka. Atau pakai cara lain.

Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Jeruk Nipis

Anda juga bisa menghilangkan bau badan dengan jeruk nipis. Apalagi, bagi Anda yang alergi dengan deodoran. Cara menghilangkan bau badan dengan jeruk nipis atau dengan daun sirih seperti dijelaskan d atas sangat tepat.

Jeruk nipis bisa dicampur dengan kapur. Bahan kapur juga ampuh untuk menghilangkan bau badan. Cara membuatnya sangat mudah. Kapur ditumbuh dan dicampur dengan air perasan jeruk nipis. Hasilnya dioleskan pada ketiak, sumber keluarnya bau badan tidak sedap.

Campuran jeruk nipis dan kapur akan mampu mengatasi bakteri yang tidak bisa diatas dengan deodoran. Lakukan cara ini sampai tubuh Anda tidak lagi mengeluarkan bau tidak sedap.

Bahan tradisional lain yang juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bau badan adalah mentimun, jahe, jeruk lemon, dan daun kemangi. Masing-masing bahan bisa digunakan tersendiri atau dicampur dengan daun sirih seperti telah dijelaskan di atas.

Demikian artikel mengenai cara menghilangkan bau badan dengan daun sirih atau dengan jeruk nipis. Pilih cara mana yang Anda suka. Semoga Anda sukses mengatasi bau badan.

 

One thought on “Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Daun Sirih dan Jeruk Nipis

Comments are closed.