Terima Kasih untuk Berbagi

PUASA bisa menyembuhkan diabetes? Ketika Anda periksa gula darah di laboratorium, ada dua jenis pemeriksaan yang harus Anda jalani. Yaitu, pemeriksaan dalam kondisi puasa (tidak makan selama 8 jam) dan pemeriksaan darah sewaktu atau dua jam setelah makan.

Hasilnya berbeda jauh. Hasil pemeriksaan ketika berpuasa lebih rendah daripada pemeriksaan setelah Anda makan.

Contohnya, pada awal tahun 2017 saya periksa gula darah di laboratorium dekat rumah. Pemeriksaan gula darah waktu puasa adalah 92 mg/dl. Sementara, hasil pemeriksaan gula darah setelah dua jam makan adalah 128 mg/dl. Ya, jauh kan bedanya?

Mendapati hasil seperti itu, tentu saja saya sangat senang dan bersyukur. Sebab, hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan saya sehat. Tidak terkena sakit gula atau diabetes.

Tetapi, ternyata sebenarnya ada makna yang lebih penting dari itu. Apa? Puasa sesungguhnya bisa digunakan sebagai cara untuk menormalkan atau menurunkan gula darah.

Artinya, jika Anda punya penyakit diabetes akibat kadar gula darah tinggi, Anda bisa berpuasa Senin dan Kamis untuk menurunkan gula darah. Ya, puasa Senin Kamis bagi Anda yang beragama Islam.

Dengan memilih hari itu, Anda bisa punya dua keuntungan. Pertama, gula darah Anda bisa turun dan kedua bisa mendapatkan pahala puasa sunah. Tetapi, puasa di hari lain bukan Senin Kamis juga boleh untuk tujuan pengendalian diabetes.

Bagi Anda yang non-muslim, bisa memilih hari apa yang diinginkan. Puasa di sini adalah salah satu cara untuk menurunkan gula darah. Ternyata hasilnya sangat efektif.

Baca: 7 Cara Mengobati Diabetes Melitus: Praktis, Mudah dan Murah

6 Hal Penting untuk Sukses Menyembuhkan Diabetes

menyembuhkan diabetes

makanan penyebab diabetes (foto:tripadvisor.co.uk)

Saya menyadari bahwa puasa sebagai cara efektif untuk menurunkan gula darah setelah membaca penuturan seorang member di Kaskus.co.id mengenai ayahnya yang menderita diabetes.

Ayahnya adalah dokter bedah dan sudah 5 tahun lebih menderita penyakit diabetes. Pernah konsultasi dengan temannya sesama dokter dan disuruh makan kentang rebus. Ayahnya hanya tertawa karena mengonsumsi kentang rebus pernah dicoba dan tidak ada hasilnya.

Ayahnya lalu berdoa kepada Allah. Dalam mimpinya setelah shalat istikharah, ia mendapatkan petunjuk untuk kesembuhan sakitnya. Berikut ini apa yang dilakukannya untuk kesembuhan diabetesnya.
.
1. Tidak makan nasi, kentang, mi atau makanan dengan karbohidrat tinggi.

2. Mengonsumsi 10 buah kersen (talok) per hari. Tetapi, bukan buah kersen yang matang (merah), tetapi buah kersen yang masih hijau (mentah).

3. Makan cuma lauk pauk, sayur mayur dan buah-buahan. Tetapi bukan durian.

4. Menjalani puasa senin kamis

5. Minum jamu kunir putih, kunyit asem

6. Berdoa dan berserah diri kepada Allah. Selalu optimis dan yakin bahwa Allah tahu segalanya yang terbaik untuk dirinya.

Bagaimana hasilnya? Gula darahnya turun menjadi sekitar 120-150 mg/dl. Ditambah kulit tubuhnya seperti bayi, sangat halus dan cerah.

Baca: 12 Obat Herbal Diabetes: Khasiat dan Harganya

Dulu, dokter ini sering dicemooh karena perilakunya untuk menyembuhkan diabetes yang dideritanya dinilai aneh. Setelah tahu hasilnya, banyak orang yang memuji ketahanan hidupnya.

Tiga Terapi Penting untuk Menyembuhkan Diabetes

Member Kaskus lain juga menginformasikan tentang cara mengobati atau menyembuhkan penyakit diabetes. Apa yang dia sampaikan berdasarkan buku berbahasa Inggris yang dia baca.

Ada tiga hal penting yang perlu dilakukan oleh penderita diabetes, yaitu:

1. Selalu menjaga pola makan dan sekali-kali berpuasa

2. Rutin menjalani olahraga. Pilih olahraga yang ringan saja. Tidak perlu olahraga berat.

3. Patuhi saran/rekomendasi dokter bagi Anda yang menjalani medikasi atau menyembuhkan sakitnya dengan periksa dokter.

Menurut penulis buku yang dia baca, penyakit diabetes tidak bisa disembuhkan. Cuma bisa dikendalikan. Tetapi, dalam beberapa kasus, diabates bisa masuk remisi.

Maksudnya, penyakit diabetes tidak pernah muncul atau kambuh. Selama diabetes tidak kambuh, penderita kembali ke kondisi semula, yaitu sehat tanpa penyakit diabetes.

Tetapi di balik itu, penderita tetap harus hati-hati. Harus menghindari konsumsi makanan yang bisa menyebabkan diabetes, rutin berolahraga, jangan kegemukan dan kadangkala menjalani puasa.

Ini adalah pola hidup sehat yang menghindarkan Anda terkena diabetes, terutama bagi Anda yang pernah terkena diabetes atau sekarang masih menghadapi penyakit diabetes atau kencing manis.

Jika Anda sudah kena diabetes, ya perlu mengonsumsi obat. Baik obat resep dokter, obat herbal ataupun obat tradisional diabetes.

Untuk remisi 1 tahun, Anda harus menjalani puasa untuk menurunkan kadar gula darah (glukosa) tanpa harus mengonsumsi obat. Tetapi, Anda perlu sering cek gula darah, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, fungsi ginjal dan mata.

Untuk remisi sampai 5 tahun atau lebih, gula darah normal tanpa obat. Tetapi, Anda tetap perlu cek laboratorium gula darah dan kemungkinan penyakit lain akibat diabetes.

Jika Anda punya alat cek gula darah, Anda bisa cek sendiri gula darah Anda. Ada juga alat cek gula darah digital yang bisa digunakan untuk cek darah tinggi dan kolesterol. Jadi, satu untuk tiga. Satu alat untuk 3 fungsi (kemanfaatan).

Anda bisa mengonsumsi obat herbal diabetes untuk pengendalian gula darah dan kesehatan lainnya. Dengan itu, Anda tetap sehat dan terhindar dari penyakit diabetes yang lebih berat.

Gejala Penyakit Diabetes dan Cara Mengatur Pola Makan

Untuk mencegah diabetes berkembang menjadi penyakit yang lebih berat, Anda perlu mengetahui gejala utama diabetes. Ada beberapa gejala yang perlu Anda waspadai, yaitu:

a. Anda mudah merasa haus

b. Anda mudah lapar

c. Sering buang air kecil, terutama pada malam hari.

d. Luka yang tidak mudah disembuhkan

e. Berat badan turun tanpa sebab yang jelas.

f. Pandangan kabur

Jika Anda mengalami gejala penyakit diabetes seperti disebutkan di atas, Anda sebaiknya segera periksa dokter. Atau kalau punya alat tes gula darah sendiri, ya silakan cek berapa kadar gula darah Anda.

Jika kadar gula darah Anda tinggi atau melebihi angka gula darah normal, ada kemungkinan Anda menderita sakit diabetes atau sakit gula.

Anda harus segera menurunkan gula darah Anda kembali menjadi normal. Antara lain atur pola makan dengan 3 kali makan dengan diselingi makanan kecil 3 kali.

Misalnya, sarapan pukul 07.00, makanan kecil pukul 09.00, makan siang pukul 13.00, makanan kecil pukuk 16.00, makan malam pukuk 19.00 dan makan snack pukul 21.00.

Porsi makan harus dikurangi dari biasanya. Misalnya separo dari porsi sebelumnya.

Demikian artikel mengenai cara menyembuhkan diabetes Anda. Semoga Anda sukses untuk menurunkan gula darah Anda.