Terima Kasih untuk Berbagi

JIKA sekarang ini Anda sudah menderita diabetes, coba hindari makanan pantangan. Ya, menghingdari pantangan makanan untuk penderita diabetes adalah cara paling efektif untuk bebas dari sakit gula.

Tidak percaya? Coba buktikan dengan sepenuhnya menghindari makanan yang kandungan gulanya tinggi. Beras putih, misalnya. Saya punya tentangga, Bapak Drs Bayir Nuri namanya. Sudah empat tahun dia berganti mengonsumsi beras merah.

Kini, dia menyatakan dirinya benar-benar sehat. Penyakit diabetesnya tidak pernah kambuh lagi. Oleh karena itu, dia tidak ingin coba-coba kembali mengonsumsi nasih putih. Ia merasa nyaman dengan beras merah, meskipun harganya agak mahal.

Ya, kadar gula nasi putih memang sangat tinggi. Yakni, 0,1 g untuk per 100 gram beras putih. Oleh karena itu, banyak dokter menyarankan agar penderia diabetes berganti mengonsumsi beras merah.

Dari hasil penelitian diketahui bahwa mengonsumsi beras merah bisa menurunkan kadar gula darah Anda. Ini kebalikan dari konsumsi nasi beras putih. Mengonsumsi nasi putih dalam jumlah banyak akan cepat menaikkan kadar gula Anda.

Manfaat Kesehatan Nasi Jagung Lebih Tinggi, Mengapa Anda Enggan Mengonsumsinya?

Bagi penduduk Indonesia, faktor kebiasaan menjadi kendala utama mengganti konsumsi nasi beras putih dengan nasi beras merah. Lidah yang tidak pernah merasakan nasi merah akan merasa asing ketika harus mengonsumsi nasi beras merah.

Sama halnya ketika Anda mengonsumsi nasi jagung. Kalau bukan karena terpaksa, Anda pasti memilih nasi beras. Rasa nasi jagung tidak gurih seperti nasi beras. Selain itu teksturnya tidak selembut nasi beras.

Padahal, nilai gizi nasi jagung lebih tinggi dibandingkan dengan nasi beras. Tidak hanya itu. Manfaat kesehatan dari nasi jagung juga sangat banyak. Antara lain bisa mengurangi risiko kena sakit jantung dan stroke, menurunkan risiko kanker, mencegah anemia (kurang darah), dsb.

Ada baiknya dalam mengonsumsi makanan, Anda tidak hanya mempertimbangkan kelezatannya, tetapi juga manfaatnya untuk kesehatan. Ya, setidaknya Anda dan kita semua perlu sesekali mengonsumsi nasi jagung. Apalagi bagi penderita diabetes.

Harga jagung lebih murah daripada beras. Lebih-lebih jika dibandingkan dengan harga beras merah. Harga beras merah adalah Rp 20.000-an – Rp 35.000/kg, tergantung jenis dan kualitas beras. Sementara, harga jagung per kilogramnya di bawah Rp 10.000.

Tetapi, apakah Anda akan memilih beras merah atau nasi jagung, ya terserah Anda. Yang terpenting adalah Anda harus menghindari pantangan makanan untuk penderita diabetes. Sebab, dengan cara itu Anda akan sehat.

Anda bisa mengontrol penyakit diabetes yang Anda derita dan membuat tubuh Anda selalu sehat. Ini yang jauh lebih penting untuk Anda lakukan.

pantangan makanan untuk penderita diabetes
makanan pantangan untuk penderita diabetes (foto hallosehat.com)

Beras Merah Lebih Kaya Serat, Vitamin dan Mineral

Sebenarnya, konsumsi nasi beras putih untuk penderita diabetes masih bisa dengan porsi yang sangat kecil. Yakni, hanya beberapa sendok nasi. Ini membuat banyak orang tidak mampu menjalankannya.

Mereka lebih memilih konsumsi makanan lain yang membuat mereka tidak menderita. Itulah sebabnya, penjualan beras merah kini bisa ditemukan di mana-mana, khususnya di swalayan. Pembelinya pun tidak sedikit. Walaupun harga agak mahal.

Tidak hanya kandungan gulanya lebih rendah. Beras merah juga kaya serat. Ini sangat penting. Sebab, serat akan memperlambat masuknya glukosa ke dalam darah sehingga tidak akan meningkatkan gula darah secara drastis. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral dalam beras merah lebih tinggi.

Rendahnya kandungan serat, vitamin dan mineral pada beras putih karena proses penggilingan. Proses penggilingan menyebabkan hilangnya serat, vitamin dan mineral dari beras putih.

Sesungguhnya masih ada bahan makanan yang bisa Anda konsumsi dengan aman. Asal tidak dalam jumlah banyak. Misalnya, singkong, oatmeal, gandum, ubi, dll.

Tetapi, orang sekarang tidak hanya mementingkan manfaat, tetapi juga kenyamanan. Mungkin mengonsumsi beras merah lebih nyaman, lebih mantap dan lebih enak dibandingkan dengan mengonsumsi nasi jagung, ubi, singkong, atau lainnya.

BACA pula artikel mengenai 35 makanan sehat yang bisa menurunkan sakit diabetes Anda.

24 Pantangan Makanan untuk Penderita Diabetes

Selain nasi beras putih seperti disebutkan di atas, masih ada banyak pantangan makanan untuk penderita diabetes yang harus Anda hindari. Makanan memang punya peran penting dalam pengendalian penyakit diabetes dab juga penyakit-penyakit lain.

Jika Anda bisa menghindari pantangan makanan diabetes, maka Anda selalu sehat. Anda akan sukses menurunkan kadar gula darah Anda.

Tentu saja, ini tidak mudah. Anda harus berjuang keras untuk mengontrol diabetes Anda. Anda harus bisa menghindari makanan penyebab diabetes, apa pun yang terjadi.

Apa saja pantangan makanan untuk penderita diabetes? Berikut ini daftarnya. Jangan dilihat jumlahnya. Makanan yang aman untuk Anda masih lebih banyak. Tidak hanya aman, tetapi juga bisa membuat Anda sehat.

Ke-24 makanan yang harus dihindari oleh penderita diabetes adalah:

1. Nasi putih
2. Roti putih
3. Kentang goreng
4. Sereal dengan banyak gula dan sedikit serat
5. Daging goreng
6. Kulit unggas
7. Keju
8. Ikan goreng, tahu goreng, tempe goreng dan semua aneka gorengan
9. Susu full cream, kecuali susu skim
10. Es krim
11. Yoghurt, tetapi Anda bisa mengonsumsi yoghurt rendah lemak
12. Keju, kecuali keju rendah lemak
13. Minuman kemasan rasa buah
14. Minuman jus buah dicampur gula. Boleh mengonsumsi jus tanpa gula
15. Buah kalengan ditambahkan sirup gula.
16. Selai buah ditambahkan gula. Selai tanpa gula boleh.
17. Minuman teh manis
18. Minuman kopi dengan gula dan krim
19. Minuman bersoda
20. Minuman beralkohol
21. Minuman penambah stamina atau energy drink.
22. Sayuran ditambah saus, keju, dan mentega.
23. Sayuran kalengan ditambahkan banyak garam.
24. Sayuran yang dijadikan acar.

Risiko Mengonsumsi Makanan Pantangan Diabetes Sangat Berat

Bagi Anda yang sekarang menderita penyakit diabetes, daftar di atas bukan hanya untuk dibaca. Tetapi, untuk dijalankan. Artinya, Anda harus benar-benar menghindari semua makanan dan minuman itu.

Jika melanggar, risikonya sangat berat. Anda bisa kena sakit jantung, stroke, penyempitan pembuluh darah dan kerusakan saraf. Selain itu, tentu saja penyakit diabetes Anda makin tinggi dan penyembuhannya tidak mudah.

Demikian artikel mengenai pantangan makanan untuk penderita diabetes. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

Baca: Hindari 15 Pantangan Makanan Minuman untuk Penyakit Gula Kering