15 Pantangan Penyakit Gula Kering – Kenali Ciri dan Penyebabnya

Diposting pada
Terima Kasih untuk Berbagi

PENYAKIT gula atau diabetes bisa dibedakan antara penyakit gula kering dan penyakit gula basah. Kini, kita akan bicara tentang pantangan penyakit gula kering. Makanan apa saja yang harus dihindari oleh penderita penyakit gula kering?

Sebelumnya, di sini akan disampaikan bahwa penyakit gula kering adalah penyakit diabetes yang menyebabkan penderitanya tampak kurus dan kering. Penyebab dari penyakit gula kering adalah insulin mengalami kerusakan sehingga tidak bisa berfungsi dengan baik.

Fungsi insulin adalah mengangkut glukosa dalam darah untuk diubah menjadi energi melalui berbagai sel dalam tubuh. Akibat tidak berfungsinya insulin dengan baik, maka kadar gula darah Anda dalam darah meningkat melebihi ukuran normal.

Gula darah normal adalah 70 – 100 mg/dl saat diukur dalam kondisi berpuasa (tidak makan 8 jam) dan 70 – 140 mg/dl (diukur 2 jam setelah makan, setelah tidak puasa).

Jika Anda mengalami gejala penyakit gula atau diabetes kering seperti digambarkan di atas, yaitu tubuh kurus kering, maka Anda harus segera mengatasinya. Anda harus segera mencegah terjadinya penyakit gula yang lebih berat dan parah.

Caranya, coba cek berapa kadar gula darah Anda. Jika kadar gula darah Anda melebihi angka normal, ya berarti Anda terkena penyakit gula. Anda bisa cek gula darah di puskesmas, di klinik atau rumah sakit.

pantangan penyakit gula kering

bintang film 80-an tampak kurus karena diabetes (foto:kapanlagi.com)

Jika Anda punya alat ukur gula darah sendiri, ya Anda bisa ukur di rumah. Bagi penderita diabetes sangat penting punya alat ini sehingga bisa cek setiap saat. Dengan mengetahui kadar gula darah, Anda bisa segera menurunkannya jika ternyata gula darah Anda naik.

Salah satu cara untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi adalah Anda harus menghindari pantangan penyakit gula kering. Sebab, pantangan diabetes kering itulah penyebab utama diabetes tipe 2.

15 Pantangan Penyakit Gula Kering, Adakah Sebagian merupakan Makanan Kesukaan?

Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana cara mencegah penyakit gula kering atau diabetes kering berkembang menjadi lebih parah? Pantangan apa yang harus dihindari sehingga sakit gula kering bisa disembuhkan?

Dengan menghindari makanan pantangan diharapkan Anda bisa menurunkan kadar gula darah Anda. Menghindari pantangan harus total. Jangan setengah-setengah. Jika setengah-setengah, dikhawatirkan Anda tidak bisa sukses menyembuhkan diabetes Anda.

Apa yang disampaikan ini berdasarkan pengalaman beberapa penderita diabetes (gula kering) yang saya temui. Mereka masih “nyuri-nyuri” dengan mengonsumsi makanan dan minuman pantangan. Misalnya masih bikin minuman kopi atau teh manis.

Kalau sudah begitu, mereka pun gagal menyembuhkan diabetesnya. Atau bagian tubuhnya yang luka harus dipotong.

Ke-15 pantangan diabetes kering dari makanan dan minuman, yaitu:

Berikut ini daftar pantangan penyakit gula kering yang perlu Anda ketahui. Jika merasakan gejala diabetes seperti di bawah ini, Anda perlu segera mengatasi. Pertama, pastikan apakah itu gejala diabetes atau bukan. Caranya, cek gula darah Anda. Kedua, hindari pantangan diabetes.

Jika belum kena diabetes, ya hindari pantangan ini supaya Anda bebas dari diabetes atau penyakit gula. Boleh makan tetapi jangan berlebihan dan jangan tiap hari.

1. Minum manis dengan kandungan banyak gula, terutama minuman yang menggunakan sirup. Teh manis, minuman kopi manis, atau minuman apa saja yang sangat manis harus dihindari. Nasi putih juga mengandung banyak gula sehingga sebaiknya diganti degan nasi merah, jagung atau ketela pohon (singkong).

2. Aneka gorengan seperti kentang goreng, tahu goreng, tempe goreng, dsb

3. Merokok. Penelitian di Amerika menyebutkan bahwa penderita diabetes yang merokok, sakitnya meningkat 22%. Meskipun hal itu juga ditambah oleh penyebab lain.

4. Mengonsumsi pil kontrasepsi atau pil KB.

5. Mengonsumsi soda berlebihan. Sebab. minuman bersoda mengandung gula dalam jumlah yang tinggi. Minuman bersoda dari luar negeri merajai di pasar minuman Indonesia.

6. Mengonsumsi kafein seperti minuman kopi. Hasil penelitian menunjukkan penderita penyakit gula kering (diabetes) yang rajin minum kafein makin berat penyakitnya. Cokelat dan cacao juga mengandung kafein. Teh celup hijau dan hitam berkafein tinggi.

7. Roti putih yang dibuat dari bahan pati tepung juga bisa menyebabkan gula darah Anda naik. Penderita diabetes sebaiknya mengonsumsi roti yang terbuat dari bahan gandum, sagu dan jagung. Ini membuat kebutuhan nutrisi dan energi bagi penderita diabetes akan terpenuhi.

8. Mi dan pasta mengandung karbohidrat tinggi, terbuat dari tepung. Sama dengan nasi putih yang harus dihindari oleh penderita diabetes. Mi sulit dicerna oleh pencernaan dan akhirnya memerlukan bantuan insulin. Bisa terjadi insulin tak mampu memenuhi kebutuhan. Dampaknya terjadi penyakit gula darah.

9. Sereal karena banyak kandungan gula tetapi sedikit serat.

10. Daging goreng seperti ayam goreng, bebek goreng, ikan goreng, dsb.

11. Kulit unggas seperti kulit ayam

12. Keju seperti roti yang berisi keju atau penganan lainnya.

13. Susu full cream, es krim, yoghurt,

14. Minuman kemasan rasa buah karena banyak gula, jus buah ditambah gula, dan buah kalengan  ditambah sirup gula. Ya, segala minuman dan makanan ditambah gula harus Anda hindari.

15. Sayuran ditambah keju, saus, mentega dan sayuran kalengan harus Anda hindari karena ditambahi garam.

Ya, sebagian pantangan penyakit gula kering ini sama dengan makanan pantangan diabetes secara umum. Tetapi, lebih dikhususkan untuk penyakit gula kering. Adakah dari 15 makanan itu merupakan makanan favorit Anda?

Anda bisa mengonsumsi obat herbal diabetes untuk mengatasi diabet Anda. Ada 12 obat herbal diabetes pilihan untuk Anda.

 Ciri-ciri Penyakit Gula Kering, Diet Solusi Terbaik bagi Anda

pantangan duabetes

minum teh hijau manis (foto:suzu.com)

Mengetahui gejala atau ciri-ciri penyakit gula kering sangat penting. Dengan mengetahui kondisi gula darah, Anda bisa segera menurunkannya supaya Anda kembali sehat. Bebas dari penyakit gula kering.

Misalnya, dengan meningkatkan diet, yaitu menghindari makanan minuman pantangan penyakit gula kering  seperti diuraikan di atas. Berdasarkan pengalaman saya diet darah tinggi, diet kolesterol dan maag, maka diet untuk diabetes juga sangat efektif.

Kalau Anda mampu menghindari makanan pantangan dengan baik, ya Anda akan sukses menyembuhkan penyakit diabetes. Sebaliknya, jika tidak bisa menghindari pantangan makanan secara total, ya Anda akan gagal menyembuhkan penyakit gula kering.

Ciri-ciri penyakit gula kering secara lengkap adalah:

1. Mulut terasa mudah kering akibat kurang minum (dehidrasi).

2. Cepat merasa haus.

3. Sering buang air kecil, terutama pada malam hari. Ini akibat glukosa yang terbuang melalui urine. Seharusnya, glukosa dialirkan ke sel-sel tubuh untuk diubah menjadi energi jika insulin berfungsi dengan baik.

4. Mudah merasa lapar. Rasanya selalu ingin makan. Penyebabnya adalah peningkatan glukosa yang tidak bisa diangkut ke sel-sel tubuh.

5. Ada bau mulut akibat terjadinya pembakaran lemak dan aseton sebagai sumber keton.

6. Pandangan mulai kabur akibat pengaruh glukosa yang tinggi dalam darah.

7. Terasa pegal-pegal pada bagian otot akibat kurang minum (dehidrasi).

8. Merasa lemah, letih, lesu dan loyo layaknya orang kurang darah (penyakit anemia).

9. Luka di kulit sulit disembuhkan.

10. Kaki bengkak

11. Gatal-gatal di kulit

12. Mudah mengantuk

13. Berat badan terus menurun

14. Mudah sakit kepala.

15. Terasa gatal-gatal di kulit.

Demikian artikel mengenai 15 pantangan penyakit gula kering atau pantangan diabetes kering. Tanpadiabetes.com berharap Anda bisa sukses mengelola penyakit gula kering sehingga Anda tetap sehat.