8 Cara Pengobatan Diabetes Melitus Tipe 2 yang Sangat Manjur

Diposting pada
Terima Kasih untuk Berbagi

PENGOBATAN diabetes melitus tipe 2. Penderita diabetes melitus tipe 2 harus sungguh-sungguh mengobati sakitnya. Jika tidak diobati, risikonya sangat berat. Anda bisa menderita sakit jantung, disfungsi ereksi, infeksi jamur, gigi rapuh, kerusakan ginjal, dsb.

Tentu saja, hal ini akan membuat beban hidup Anda makin berat. Sudah sakit diabetes ditambah penyakit lain sebagai akibat diabetes melitus tipe 2 yang tidak disembuhkan sampai tuntas.

Oleh karena itu, lakukan pengobatan hingga kondisi penyakit diabetes Anda normal atau sembuh. Bahkan, setelah sembuh pun Anda masih harus hati-hati karena diabetes bisa kambuh. Diabetes adalah penyakit sepanjang hidup, sama seperti darah tinggi, asam urat, stroke, penyakit jantung, dsb.

Sikap hati-hati, misalnya, Anda harus menghindari makanan yang bisa menyebabkan sakit diabetes. Anda harus selalu berolahraga supaya tetap sehat. Pendeknya, Anda harus menghindari semua aktivitas yang bisa membuat penyakit diabetes muncul lagi.

Siap untuk menjalankan itu semua?

Ya, harus siap. Saya yakin Anda tentu tidak ingin penyakit diabetesnya tidak sembuh. Apalagi nantinya masih ditambah penyakit baru sebagai akibat diabetes yang tidak disembuhkan sampai tuntas. Anda perlu mengenali gejala penyakit diabetes sehingga bisa segera mengatasinya.

Berdasarkan survei kesehatan tahun 2013, penderita penyakit diabetes di Indonesia mencapai 9,3 juta orang. Atau 6,9% dari jumlah penduduk. Dari survei kesehatan tahun 2007, penderita diabetes adalah 5,7%. Ini berarti jumlah penderita diabetes 2013 meningkat 1,2% dari hasil survei 2007.

pengobatan diabetes melitus tipe 2
foto:infokesonline.com

Pada tahun 2030 nanti diperkirakan penderita sakit diabetes mencapai 21,9 juta orang. Kini, jumlah penderita diabetes di Indonesia tertinggi ke-7 dunia.

Pertanyaannya, apa yang ingin Anda lakukan ke depan? Membiarkan diri Anda tetap sakit diabetes atau ingin sembuh? Bagi Anda yang sehat, apa yang ingin Anda lakukan supaya tidak kena sakit diabetes?

Cek Gula Darah dan Hindari Makanan dengan Kandungan Gula Tinggi

Sebelum membicarakan cara mengobati penyakit diabetes melitus tipe 2, ada baiknya kita pahami dulu apa penyakit diabetes melitus. Memahami masalah penyakit diabetes sangat penting supaya kita bisa melakukan pengobatan dengan baik bagi yang sudah kena dan bisa menghindari diabetes bagi Anda yang masih sehat.

Keduanya sangat penting. Banyak orang kena diabetes atau penyakit gula karena sebelumnya tidak pernah melakukan pencegahan. Tidak memperbaiki pola hidup, pola makan, tidak pernah cek gula darah, dsb.

Mereka mengira tubuhnya selalu sehat, lalu banyak mengonsumsi makanan yang manis-manis. Eh, tahu-tahu kena penyakit diabetes. Biasanya, tahu dirinya kena penyakit diabetes ketika sakit sudah agak berat.

Misalnya, punya luka yang lama tidak sembuh-sembuh. Lalu periksa dokter dan dokter cek gula darahnya. Ternyata, gula darahnya sangat tinggi yang berarti dia telah kena sakit diabetes.

Penyakit diabetes itulah yang menyebabkan lukanya sulit disembuhkan. Meskipun sudah diobati, tetapi luka tidak kunjung sembuh.

Yang terbaik adalah cek gula darah setelah usia 35 tahun. Meskipun usia 20 tahun bisa kena sakit diabetes. Tetapi, itu sangat sedikit. Jika dengan keinginan sendiri melakukan cek gula darah saat usia 20 tahun, itu sangat bagus. Bisa tahu apakah diri Anda sehat atau tidak. Punya gula darah tinggi atau tidak.

Kalau hasilnya menunjukkan kadar gula darah Anda tinggi, Anda bisa segera menurunkannya sebelum berkembang menjadi sakit diabetes. Ini akan mencegah Anda dari sakit diabetes sepanjang hidup. Biaya cek gula darah juga murah.

Jika hasilnya menunjukkan gula darah normal, ya Anda bisa merasa tenang dan aman. Anda sehat dan bebas dari kemungkinan kena diabetes. Lalu, Anda selalu menjaga jangan sampai gula darah naik tinggi.

Caranya dengan mengatur makanan yang ingin Anda konsumsi. Boleh mengonsumsi makanan minuman yang manis-manis. Tetapi tidak berlebihan. Tidak tiap hari. Anda bisa catat makanan minuman apa saja yang kandungan gulanya sangat tinggi dan harus Anda hindari.

Misalnya permen, pudding, es krim, aneka kue/roti, madu, selai, saus tomat kemasan, sirup, softdrink, dsb.
Catat semua nama makanan minuman dengan kadar gula tinggi dan tempelkan catatan itu di ruang makan. Kasih tulisan: “Hati-hati, jangan dimakan. Bahaya !”, misalnya.

8 Cara Pengobatan Diabetes Melitus Tipe 2

Berikut ini 8 cara pengobatan diabetes melitus tipe 2 yang bisa Anda lakukan untuk menyembuhkan sakit Anda. Tetapi, sebagian dari cara pengobatan diabetes ini juga bisa Anda lakukan untuk pencegahan.

Bagi Anda yang menderita sakit diabetes biar sakitnya tidak kambuh lagi. Bagi Anda yang belum pernah kena diabetes, biar tetap sehat dan tidak sakit diabetes.

1. Turunkan Berat Badan

Jika tubuh Anda gemuk dengan berat badan melebihi angka normal, maka Anda harus menurunkannya. Sebab, kegemukan (obesitas) adalah salah satu penyebab seseorang kena diabetes.

Bahkan, kegemukan menjadi penyebab utama (nomor satu) dari terjadinya sakit diabetes. Coba timbang berapa berat badan Anda. Apakah beratnya melebihi batas normal. Jika lebih, turunkan sehingga menjadi berat badan ideal biar Anda selalu sehat.

2. Lakukan Pola Makan Sehat

Melakukan pola makan sehat maksudnya adalah Anda hanya mengonsumsi makanan yang sehat yang bisa menghindarkan diri dari sakit diabetes. Misalnya, menghindari makanan minuman yang mengandung kadar gula dan lemak yang tinggi.

Contoh makanan tinggi gula dan lemak adalah yoghurt, oatmeal instan, dressing salad, minuman berenergi, buah kering, air kelapa, saus botolan, kismis, kue kering, makanan cepat saji, makanan kalengan, minuman bersoda, susu, dsb.

3. Rutin Melakukan Olahraga

Paling tidak Anda harus melakukan olahraga 2,5 jam seminggu. Ya, pilih olahraga yang ringan sehingga mudah melakukannya. Jalan kaki keliling kompleks perumahan, jogging, senam, push up, lompat tali, naik turun tangga, dsb.

4. Menghindari Konsumsi Alkohol

Konsumsi alkohol bisa menyebabkan turunnya produksi insulin. Padahal, insulin sangat diperlukan untuk membawa gula darah yang akan diproses menjadi energi.

Tidak hanya buruk untuk proses gula darah dalam tubuh yang kemudian menyebabkan diabetes. Mengonsumsi alkohol juga buruk bagi kesehatan tubuh.

5. Berhentilah Merokok

Penderita diabetes sebaiknya tidak merokok. Dari berbagai penelitian, merokok berpengaruh buruk pada kesehatan tubuh. Merokok bisa menyebabkan Anda mudah kena diabetes melitus tipe 2, kanker paru-paru, kanker mulut, sakit darah tinggi, jantung, paru-paru, dsb.

6. Pandangan Kabur

Penyakit diabetes yang tidak disembuhkan bisa menyebabkan sakit mata seperti pandangan mata kabur. Bahkan, mata bisa mengalami kebutaan. Maka, Anda sebaiknya selalu periksa mata. Setidaknya 2 tahun sekali.

7. Mengonsumsi Obat Herbal Diabetes Buatan Sendiri

Anda bisa menurunkan gula darah/penyakit diabetes dengan mengonsumsi obat herbal diabetes dengan membuat sendiri dari bahan tumbuhan herbal/obat atau membeli obat herbal diabetes yang sudah jadi.

Banyak tanaman herbal yang bisa Anda konsumsi untuk menurunkan kadar gula darah. Banyak tanaman obat yang bisa Anda buat minuman penurun gula darah atau diabetes. Misalnya, lidah buaya, brotowali, teh hijau, biji aplukat, kayu manis, bawang merah, air tebu, daun sirsak, dsb.

Anda bisa membuat ramuan minuman herbal untuk menurunkan gula darah dari bahan tanaman-tanaman obat tersebut.

8. Mengonsumsi Obat Herbal Diabetes Buatan Pabrik

Banyak obat herbal diabetes dijual di toko online atau toko obat herbal. Setidaknya ada 20 obat herbal diabetes yang bisa Anda pilih. Obat herbal diabetes buatan pabrik lebih komplet dan higienis. Antara lain Melabic Obat Herbal untuk Diabetes, Kapsul Insulin Ekstrak Daun Yakon Obat Herbal Diabetes Ampuh Khaifah, Kapsul Insulfit Daun Insulin Obat Diabetes, dan Jamu Jamsi Obat Diabetes.

Demikian artikel mengenai pengobatan diabetes melitus tipe 2. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kesembuhan diabetes Anda.