Penyebab Sembelit atau Buang Air Besar yang Tidak Lancar

Diposting pada
Terima Kasih untuk Berbagi

Penyebab sembelit – Pernah mengalami sembelit atau buang air besar (BAB) tidak lancar? Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Saya pernah mengalaminya. Saya pun datang ke dokter dan diberi resep untuk beli obat di apotek.

Eh, obatnya ternyata yang sering diiklankan di TV. Harganya pun murah, Rp 10.000 untuk satu tablet. Tetapi, tablet itu bukan untuk diminum. Melainkan dimasukkan ke dalam dubur. Tiga jam kemudian, saya pun BAB dengan lancar. Tentu saja, plong rasanya.

Masalah sembelit, BAB tidak lancar atau konstipasi bisa dialami oleh siapa saja. Dari anak-anak, remaja, pemuda sampai orang tua. Semua bisa mengalami kesulitan ketika BAB. Bahkan bayi usia 3 bulan pun bisa mengalami masalah BAB.

“Dok, saya ingin tanya. Anak saya usia 3 bulan. Dalam 3 minggu, hanya BAB sekali dalam seminggu. Malah, yang sekarang sudah satu minggu belum BAB. Apakah itu normal? Anak saya mengonsumsi ASI dan ASIP,” tanya seorang ibu mengenai anaknya yang mengalami sembelit.

Baca Juga: 31 Cara Menghilangkan Bau Ketiak secara Alami

13 Penyebab Sembelit dan Cara Mengatasinya

penyebab sembelit

(foto:triarahmat.web.id)

Banyak penyebab sembelit yang membuat seseorang sulit buang air besar. Yang terbaik dan sehat adalah Anda melakukan BAB setiap hari sekali. Biasakan untuk pergi ke belakang (WC) tiap hari sekali. Misalnya tiap pagi.

Selain itu, mengatasi penyebab terjadinya sembelit dengan menghindari penyebabnya. Maksudnya, sembelit tentu ada penyebabnya. Jika Anda bisa meniadakan penyebab sembelit, ya Anda tidak akan mengalami sembelit.

Penyebab sembelit atau buang air besar tidak lancar:

1. Anda kurang mengonsumsi serat. Cara mengatasi sembelit adalah perbanyak makan wortel, kentang, bayam, brokoli kangkung, seledri, alpukat, apel, pepaya, pir, nanas, kacang tanah, kedelai, dan makan lain yang mengandung serat tinggi.

2. Kurang minum air putih. Cara mememperlancar BAB adalah Anda sebaiknya minum air putih 7 – 9 gelas perhari.

3. Terlalu lama duduk. Jika pekerjaan mengharuskan Anda duduk terus-menerus di kantor, ya tiap 2 jam sebaiknya berdiri dan berjalan sekitar 2 menit.

4. Kurang aktivitas fisik. Cara mengatasi sembelit adalah sering melakukan aktivitas fisik seperti membersihkan halaman rumah, menyirami bunga, menyapu halaman rumah, dsb.

5. Sedang hamil. Anda sebaiknya tidak hanya tiduran sepanjang hari ketika hamil. Tetapi, juga beraktivitas fisik seperti bersih-bersih rumah, memasak, dsb.

6. Sedang stres. Ya, segera hilangkan atau atasi stres. Sebab, stres tidak membuat Anda sehat.

7. Punya penyakit khusus yang menyebabkan sembelit, seperti darah tinggi, diabetes, hipotiroid, stroke, dsb,

8. Terjadi penyumbatan pada usus akibat kanker.

9. Mengonsumsi obat seperti obat anti-nyeri, antihistamin dan antidepresan.

10. Kurang olahraga. Pencegahannya, ya Anda harus sering melakukan olahraga. Cukup olahraga ringan seperti senam, jalan kaki, joging, bersepeda, renang, dsb.

Baca Juga: 35 Makanan Ampuh untuk Menyembuhkan Penyakit Diabetes

11. Mengonsumsi makanan cepat saji terlalu sering dan terlalu banyak. Misalnya mengonsumsi kentang goreng, daging merah, hotdog, bacon, es krim, keripik kentang, bugger, nuget ikan, dan pizza. Cara memperlancar BAB, ya kurangi mengonsumsi makanan cepat saji. Boleh mengonsumsi tetapi tidak tiap hari dan dalam jumlah yang wajar.

12. Sering mengonsumsi minuman berkafein atau alkohol. Solusinya, tinggalkan minuman berkafein dan alkohol. Atau setidaknya, mengurangi konsumsi minuman berkafein seperti minuman kopi dan teh serta minuman beralkohol.

13. Banyak mengonsumsi makanan tinggi lemak seperti aneka gorengan, produk susu sapi, dsb. Cara mencegah sembelit adalah berbuat sebaliknya, yaitu menghidari makanan tinggi lemak. Sebagai gantinya, Anda perlu mengonsumsi makanan rendah lemak.

Cara Memperlancar BAB: Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Bagaimana cara memperlancar BAB? Antara lain Anda perlu mengonsumsi banyak buah yang kaya serat. Misalnya, tomat, pisang, alpukat, melon, jeruk lemon, belimbing, apel merah, buah naga, mangga, nanas, pepaya, stroberi dan buah kering seperti kurma, plum, aprikot, dan kismis.

Selain itu, Anda juga perlu mengonsumsi sayur yang kaya serat. Contohnya, sawi, brokoli, wortel, kembang kol, buncis, kubis, jagung, terong, kacang buncis, kale, kacang merah, jamur, bawang, kangkung, kentang, dan bayam.

Baca Juga: Sakit Punggung Sebelah Kiri, Jangan-jangan Anda Sakit Jantung

Serat adalah zat gizi utama yang bisa melancarkan pencernaan. Serat membuat tubuh mampuĀ  menyerap air sehingga bisa melunakkan feses yang menyumbat di jalur akhir saluran pencernaan.

Semua makanan nabati, termasuk buah-buahan dan sayuran, mengandung banyak serat. Setiap hari wanita perlu mengonsumsi 25 gram serat dan pria 38 gram. Ditambah rajin minum air putih dan olahraga, Anda akan bebas dari kemungkinan mengalami sembelit.

Demikin artikel mengenai penyebab sembelit atau buang air besar tidak lancar dan cara mengatasi sembelit atau BAB. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.