80% Penyebab Terjadinya Kanker Akibat Makanan Tidak Sehat

Diposting pada
Terima Kasih untuk Berbagi

MENCEGAH penyebab terjadinya kanker sangat penting. Sebab, kanker merupakan penyakit berat seperti halnya penyakit diabetes. Baik untuk penderitaan fisik yang dialami oleh penderita maupun berat dari segi pembiayaan.

Saya punya adik ipar yang menderita kanker payudara. Aduhh, beban yang harus dipikulnya sungguh sangat berat. Apalagi saat akan menjalani kemo ataupun sesudah kemo. Kesehatannya selalu drop dan harus beristirahat sampai beberapa hari untuk memulihkannya.

Tetapi, lebih berat yang dialami adik saya sendiri. Ia menderita kanker hidung (nasofaring). Pernah ia harus menjalani kemo hampir tiap hari selama satu bulan. Sampai dia tidak bisa berbicara karena sedikitnya cairan yang dihasilkan di tenggorokan.

Tetapi, dengan tekad yang besar untuk sembuh, mereka berdua akhirnya mampu melewati masa kritis. Kini, keduanya bisa kembali sehat dan melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik. Tentu saja tidak bisa 100% seperti sebelum sakit.

Walaupun tidak bisa 100% seperti sebelum sakit. Ketabahan dan kesabaran memang sangat diperlukan bagi penderita sakit berat. Bahkan, itu bisa menjadi faktor utama untuk tetap bisa hidup sehat.

13 Daftar Penyebab Terjadinya Kanker

penyebab terjadinya kanker

penderita penyakit kanker pulang dari berobat di Tiongkok (foto:spirit.id)

Oleh karena itu, cara terbaik adalah menghindari penyebab terjadinya kanker. Ya, kanker apa pun. Jika Anda bisa mencegah terjadinya kanker, Anda akan tetap sehat. Anda tidak harus mengalami penderitaan berat dari sakit kanker, baik kanker payudara, kanker hidung atau kanker lainnya.

Apa saja penyebab penyakir kanker? Lalu, bagaimana cara menghindari penyakit kanker?

Setidaknya ada 15 penyebab penyakit kanker. Anda harus berusaha meniadakan penyebab penyakit kanker secepat atau sedini mungkin. Sebab, jika penyakit kanker diketahui telah menyebar dalam tubuh, maka Anda akan sulit menghentikan.

Apalagi untuk kanker ganas. Dalam waktu cepat, kanker akan meluas dan makin berat penyembuhannya. Bahkan, dokter pun akhirnya menyerah. Mereka tidak sanggup lagi menyembuhkan kanker Anda.

Sebagian besar atau 80% kanker terjadi, menurut Dr dr Andhika Rachman, SpPD, dokter ahli kanker dari RS Kanker Dharmais Jakarta, akibat lingkungan. Salah satu penyebab sakit kanker akibat lingkungan adalah makanan yang Anda konsumsi.

Ya, makanan memang punya peran besar atas terjadinya satu penyakit, termasuk penyakit kanker.

Dua Penyebab Utama Penyakit Kanker

Ada dua jenis penyebab kanker. Pertama akibat pola makan dan kedua akibat mutasi gen.
Penyebab kanker dari makanan yang Anda konsumsi antara lain untuk kanker kulit, leher, kepala, kolon dan rektum (usus besar dan anus), dan kanker paru-paru.

Tetapi, tidak semua penyakit disebabkan oleh faktor tunggal. Kebanyakan justru diakibatkan oleh gabungan faktor. Ya, akibat makanan, pola hidup, mutasi gen, dan keturunan.

Rincian Penyebab Sakit Kanker

 

makanan penyebab kanker

makanan penyebab kanker (foto:medianita.com)

Berikut ini ke-13 penyebab penyakit kanker yang harus Anda hindari supaya Anda tetap sehat. Selain menghindari makanan penyebab sakit kanker, juga cek kondisi fisik dengan periksa kesehatan.

1. Makanan yang kandungan garamnya tinggi

2. Makanan yang diasapi bisa menyebabkan kanker lambung

3. Mengonsumsi daging merah seperti daging kambing, daging sapi, kerbabu, babi, dsb.

4. Makanan yang difermentasi seperti tape

5. Makanan yang gosong

6. Makanan yang mengandung kimia seperti formalin

7. Makanan minuman yang mengandung bahan kimia

10. Konsumsi alkohol yang bisa jadi penyebab kanker kerongkongan

11. Akibat faktor genetik (keturunan) seperti kanker payudara, kanker kulit dan kanker usus besar.

12. Sinar ultraviolet, termasuk sinar matahari

13. Perilaku seks menyimpang dengan berganti-ganti pasangan (kanker serviks).

Cara terbaik untuk menghindari terjadinya sakit kanker adalah menghindari semua penyebab kanker di atas. Ya, makan daging boleh tetapi batasi. Jangan berlebihan.

Perbanyak mengonsumsi sayur dan buah segar, melakukan olahraga secara rutin, menjauhi rokok dan alkhohol, dan membatasi sinar ultravilet matahari dengan menggunakan tabir atau penghalang.

Cara Mencegah Sakit Kanker

Cara praktis mencegah kanker adalah melakukan pemeriksaan dini sebelum penyakit kanker muncul dan meluas. Jika kondisi sakit kanker masih pada tahap awal, maka kemungkinan besar masih bisa disembuhkan.

Tetapi, jika sudah meluas dan membesar atau stadium IV, misalnya, maka penyembuhan penderita sangat berat. Setidaknya, peluang untuk sembuh agak kecil. Untuk penderita kanker stadium IV, peluang sembuh hanya 20%.

Lain halnya jika masih pada stadium I, peluang penyembuhan masih sangat besar, yaitu 90%. Selain itu, juga menghindari penyebab sakit kanker dan mengonsumsi makanan sehat serta menjalani pola hidup sehat.

Tahapan dari perkembangan sakit kanker:

  • stadium I, kemungkinan sembuh masih besar, yakni 90%
  • stadium II, kemungkinan sembuh menurun jadi 70%
  • stadium II, kemungkinan sembuh menjadi 40%, dan
  • stadium IV, pasien hanya memiliki 20% kemungkinan bertahan hidup

Demikian artikel mengenai penyebab terjadinya kanker dan cara pencegahannya. Semoga artikel ini bermanfaat.