Resep Masakan untuk Diabetes – Cara Cepat Menyembuhkan Penderita

Diposting pada
Terima Kasih untuk Berbagi

RESEP masakan untuk penderita diabetes sangat penting. Resep adalah panduan bagaimana menyiapkan makanan sehat untuk penderita diabetes. Dengan resep pembuatan makanan khusus, Anda bisa terhindar dari kemungkinan diabetes naik tinggi akibat makanan yang Anda konsumsi.

Apalagi resep masakan untuk penderita diabetes atau penderita penyakit lain dibuat oleh mereka yang ahli. Misalnya dari ahli gizi, dokter, paramedis atau ahli pengobat. Diabetes Anda akan terkendali dengan baik sehingga bisa dihindarkan kemungkinan diabetes melonjak tinggi.

Saya punya tetangga seorang pelaut yang menderita penyakit darah tinggi. Tiap akan melaut, ia harus mengurus izin ke instansi perhubungan. Salah satu persyaratan untuk bisa melaut adalah tidak punya penyakit khusus seperti darah tinggi.

Biasanya, ia harus selalu mengulang tes karena tensi darahnya masih tinggi. Sebelum menjalani tes ulang, ia lebih dulu periksa ke dokter dan minum obat.

Kali ini, ia punya cara lain. Selama lima hari sebelum maju tes kesehatan, ia mengonsumsi menu khusus untuk darah tinggi atau hipertensi. Ia berlangganan jasa katering khusus. Hasilnya, ketika ia tes kesehatan untuk mendapatkan izin melaut, ia langsung dinyatakan lulus karena tensinya normal.

“Baru kali ini saya sekali tes kesehatan langsung dinyatakan sehat. Ini berkat menu khusus untuk penderita darah tinggi dari katering yang saya pesan”, katanya.

Baca: 11 Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Cepat

Layanan Katering untuk Penderita Diabetes Tumbuh di Banyak Kota

resep menu makanan untuk penderita diabetes

tumis bahan utama bayam (foto:iftomorro-nevercomes.blogspot.com)

Tentu saja, hal yang sama juga bisa Anda lakukan untuk penyembuhan penyakit lain seperti penyakit diabetes. Jika ingin gula darah Anda turun, sebaiknya melakukan diet. Ya, diet untuk diabetes.

Anda bisa menyiapkan sendiri masakan/makanan yang ingin Anda konsumsi. Atau berlangganan pada penyedia katering yang melayani penyediaan makanan sehat untuk penderita diabetes. Ya, khusus makanan untuk penderita diabetes.

Di kota-kota besar, layanan pembuatan makanan sehat untuk penderita sakit khusus seperti darah tinggi, diabetes atau penyakit lain bisa Anda temukan dengan mudah.

Lebih-lebih di kota besar seperti Jakarta. Layanan katering untuk penyakit khusus mudah Anda temukan. Layanan untuk itu juga tampak tumbuh di mana-mana. Ada usaha katering khusus yang bisa membuka beberapa cabang, termasuk di luar kota.

Ada jasa katering yang melayani untuk penyediaan menu makanan bagi penderita diabetes/kencing manis/gula, hipertensi/darah tinggi, kolesterol, asam urat, jantung, ginjal, empedu, liver, dan masih banyak lagi.

Ada juga jasa katering yang tidak hanya melayani penyediakan makanan sehat. Tetapi, juga menyelenggarakan kursus untuk membuat atau menyediakan masakan menu khusus untuk penderita sakit tertentu.

Kursus selain untuk mereka yang ingin membuat masakan khusus untuk keluarga yang punya penyakit dengan kebutuhan menu sehat, juga melayani kursus untuk mereka yang ingin membuka jasa katering makanan sehat bagi penderita penyakit tertentu.

Atau Anda sendiri kena diabetes dan ingin bisa menyediakan menu khusus yang sehat untuk Anda, maka Anda juga bisa mengikuti kursus di sini. Kursus berlangsung satu bulan.

Baca: 90 – 95% Penderita Diabetes Diakibatkan oleh Makanan

Cara Membuat Resep Masakan untuk Penderita Diabetesdan Hal-hal yang Harus Anda Perhatikan

Yang sangat penting untuk Anda perhatikan ketika membuat masakan untuk penderita diabetes adalah:

1. Hindari penggunaan tepung terigu, tepung sagu, kecap manis, saos tomat dan sambal. Makanan yang menggunakan tepung, misalnya ayam goreng tepung, tempe goreng tepung, tahu goreng tepung, dsb. Atau makanan apa saja yang menggunakan tepung harus Anda hindari.

2. Makan nasi sedikit dengan banyak lauk. Mengapa banyak lauk, karena lauk adalah makanan sehat. Nasi beras hanya diperbolehkan makan satu setengah (1 1/2) mangkok untuk sehari. Ya, sehari bukan sekali makan sebagaimana orang sehat.

Yang boleh diperbanyak adalah lauknya. Lauknya bisa daging, sayuran, dan ikan. Lalu ditambah mengonsumsi buah-buahan. Jika belum biasa, makan sedikit nasi tentu belum kenyang.

Tetapi nanti setelah Anda biasa banyak makan lauk dan sedikit nasi, Anda akan merasa nyaman. Ya, makan adalah tergantung pada kebiasaan. Orang Indonesia memang biasa makan nasi putih banyak. Kapan saja dan di mana saja, yang dibutuhkan adalah nasi dari bahan beras putih.

Maka, biarpun makan banyak roti, mereka merasa belum makan atau belum kenyang kalau belum makan nasi. Padahal yang dibutuhkan tubuh bukan nasi secara fisik. Melainkan kandungan gizinya.  Ya, pilihlah makanan yang banyak proteinnya, bukan karbohidratnya.

3. Makanan dan minuman yang mengandung banyak gula. Roti, misalnya, banyak mengandug gula dan garam. Apalagi roti yang lezat. Tentu banyak kandungan gulanya sehinga rasanya sangat manis. Demikian pula buah dalam kaleng, juga mengandung banyak gula. Ditambah, label kandungan yang tertera dalam kemasan tidak sering tidak sesuai dengan kenyataan.

4. Sayuran yang dimasak dengan tambahan garam, keju, mentega, dan saus dalam jumlah banyak.

Dengan empat poin itu, sebenarnya menyediakan makanan untuk penderita diabetes juga tidak sulit. Hanya sedikit makanan yang dilarang, tetapi banyak makanan yang dibolehkan.

Contoh Resep Masakan untuk Penderita Diabetes

Berikut ini adalah contoh resep masakan untuk penderita diabetes. Banyak jenis makanan untuk penderita diabetes yang bisa kamu buat. Cara membuatnya tidak sulit. Tetapi, jika Anda tidak punya waktu untuk membuat sendiri, ya bisa berlangganan pada layanan katering untuk itu.

Hampir di semua kota ada jasa katering untuk itu. Anda bisa membuka google untuk mencari alamat mereka di kota Anda dan membandingkan jenis layanan dan harga. Selain itu, kualitas layanan juga sangat beragam.

Jika Anda ingin menyiapkan sendiri makanan/masakan khusus untuk penderita diabetes, Anda bisa mencari di Internet. Salah satu blog yang menawarkan banyak resep membuat masakan untuk penderita diabetes adalah cookpad.com.

Saat artikel ini ditulis, blog itu menyediakan 119 resep makanan untuk penderita diabetes. Mungkin nanti bisa bertambah lagi.

Blog ini juga menyediakan resep masakan untuk diabetes premium. Artinya, Anda harus membayar untuk mendapatkan resep khusus untuk diabetes.

Salah satu resep masakan untuk diabetes adalah:

Tumis Pare Ikan teri (anti pahit), Diabetes Friendly

Bahan-bahan yang harus disiapkan adalah: 4 buah pare, 1/4 kg ikan teri, 7 siung bawang merah, 6 siung bawang putih, 1 buah kunyit, 7 cabe rawit, garam secukupnya,  gula tropicana slim/gula pasir. minyak jagung/minyak biasa, minyak wijen, dan air royco.

Cara mengolahnya adalah:

1. goreng kering teri, tiriskan
2, pare dipotong lalu direndam air secukupnya yang sudah diberi garam, peras pare sampai air berwana hijau kemudian cuci kembali, tiriskan
3. Bawang putih dan cabe rawit merah diiris tipis
4. Kunyit diblender dengan diberi sedikit air
5. Bahan yang sudah diiris, saatnya dihaluskan. Tuangkan kunyit yang sudah dihaluskan
6. Beri bumbu royco dan gula sesuai selera
7. Masakan siap disajikan untuk dinikmati

Demikian artikel mengenai Resep Masakan untuk Penderita Diabetes. Resep di atas hanyalah sebagai contoh. Anda bisa membuat resep sendiri sesuai dengan keinginan Anda. Semoga Anda bisa menyembuhkan penyakit diabetes Anda.