Hati-hati, Mengonsumsi Santan Kelapa Penyebab Darah Tinggi

Diposting pada
Terima Kasih untuk Berbagi

SANTAN kelapa penyebab darah tinggi – Hati-hati untuk penderita darah tinggi. Mengonsumsi makanan / masakan dengan banyak santan kelapa bisa menyebabkan tensi darah naik tinggi. Atau darah tinggi Anda kembali kambuh.

Ini saya alami beberapa hari lalu saat berkunjung ke tempat famili. Saya dijamu kolak pisang dan makan siang dengan kuah santan. Sore hari setiba kembali di rumah, saya langsung merasakan efeknya.

Badan terasa tidak sehat dan tengkuk mulai kencang. Terpaksa malam itu saya langsung tidur dan tidak melakukan kegiatan apa pun seperti biasanya. Juga tidak menonton tayangan televisi.

Saya tidak periksa dokter karena masih punya cadangan obat darah tinggi. Eh, sampai satu minggu (7 hari), tengkuk kencang dan sakit darah tinggi (hipertensi) belum hilang juga. Badan pun tetap belum sehat. Masih merasa sakit dan tubuh plus kepala terasa berat.

Setelah persediaan obat tensi habis, ternyata saya masih belum sehat. Hanya terkadang merasa sehat. Lalu, saya coba pergi ke masjid untuk shalat berjamaah.

Sepulang dari masjid, tak lama kemudian tubuh kembali tidak sehat. Terpaksa saya kembali istirahat di tempat tidur.

Setelah persediaan obat habis, saya periksa dokter untuk mendapatkan obat baru.

Diet, Ampuh untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Dari pemeriksaan dokter, tekanan darah saya adalah 155/90 mmHg. Tidak terlalu tinggi bagi saya yang sudah berusia 60 tahun lebih dan punya darah tinggi selama 27 tahun.

Dokter memberi saya obat penurun darah tinggi, penghilang kepala pusing dan vitamin. Semua telah saya minum habis.

santan kelapa                                 kuah santan kelapa (foto:female.com)

Selain minum obat, saya juga sering melakukan senam pagi atau senam sore dan diet. Saya melakukan diet sudah bertahun-tahun. Diet merupakan cara yang ampuh untuk menurunkan darah tinggi. Saya melakukan diet darah tinggi atas saran seorang dokter yang memeriksa saya.

Diet bukan menghindari makanan tertentu. Tetapi, mengurangi sehingga tekanan darah bisa dikendalikan. Misalnya, membatasi makan makanan banyak garam, makanan minuman banyak gula, kulit ayam, jeroan hewan, aneka gorengan, dsb.

Saya merasakan bahwa diet memiliki manfaat besar untuk mengendalikan tekanan darah tinggi. Tinggal intensitasnya diatur. Misalnya, biasanya makan tempe goreng dua potong sehari. Coba kurangi jadi satu potong sehari.

Atau terkadang ada hari tanpa mengonsumsi tempe goreng dan aneka gorengan lain. Jika tensi darah sudah normal, konsumsi aneka gorengan bisa ditambah. Tetapi, jangan berlebihan.

Saya pernah tensi darah naik. Saat dicek dokter, tekanan darah diastolik naik jadi 110. Sementara, tekanan darah sistolik 140 (normal). Dokter meminta saya untuk periksa tiap bulan sekali.

Saya tidak memenuhi permintaan dokter. Tetapi, diet saya tingkatkan. Tiga bulan kemudian saya datang lagi ke dokter. Tekanan darah saya dinyatakan normal.

Perlu 13 Hari untuk Sembuh dari Darah Tinggi – Hindari Mengonsumsi Santan Kelapa

Kembali ke masalah tensi darah naik akibat mengonsumsi makanan dengan banyak santan kelapa. Masalah ini memang masih menjadi perdebatan di kalangan medis. Santan menyebabkan tensi naik atau tidak.

Bagi saya, konsumsi santan kelapa menyebabkan tensi darah naik tinggi setelah saya berusia 60 tahun lebih. Sebelum usia 60 tahun, saya selalu sehat dengan mengonsumsi santan kelapa.

Tiap hari raya Idul Fitri, saya selalu berkunjung ke rumah orang tua. Saya pun ikut menikmati lontong opor dengan kuah santan kelapa. Sebelum usia 60 tahun, tensi saya tetap normal. Tidak mengalami kenaikan tinggi. Santan kelapa bukan penyebab darah tinggi.

Tetapi, setelah usia menginjak 60 tahun, tensi darah saya selalu naik usai Lebaran. Saya harus beristirahat di tempat tidur sampai berhari-hari. Begitu saya analisa dan saya tidak mengonsumsi kuah santan saat makan opor di hari raya, saya tidak jatuh sakit. Tensi tidak naik tinggi dan saya tetap sehat.

Efek atau dampak mengonsumsi santan kelapa sangat besar dan sangat dalam. Meskipun sudah minum obat penurun darah tinggi, tensi tidak segera normal. Perlu berhari-hari untuk istirahat, minum obat, diet dan senam.

Ya, perlu kesabaran untuk menunggu tubuh kembali sehat dan tensi kembali normal. Sebaiknya, Anda, saya dan semua penderita untuk berhati-hati mengonsumsi makanan minuman penyebab darah tinggi.

Kali ini, saya perlu 13 hari untuk menyembuhkan diri dari deraan darah tinggi. Pengalaman mengonsumsi kuah santan kelapa menjadi penyebab darah tinggi naik bukan sekali ini. Telah beberapa kali saya alami. Tetapi, terkadang lalai hingga pengalaman buruk itu kembali terulang.

Mengonsumsi makanan yang dimasak dengan santan kelapa tidak seberapa, rasa enaknya tidak seberapa, tetapi sakitnya sampai berhari-hari. Bahkan berminggu-minggu.

Yang terbaik memang selalu berhati-hati. Sebelum mengonsumsi makanan tertentu, selayaknya kita bertanya, amankah makanan minuman ini untuk saya. Jika tidak aman, jangan dikonsumsi. Lebih baik memilih makanan lain yang sehat. Tidak menyebabkan tensi darah naik tinggi.

Bagaimana dengan pengalaman Anda? Pernahkah tensi darah Anda naik tinggi akibat mengonsumsi makanan minuman dengan santan kelapa? Semoga Anda selalu sehat. Bisa mengelola dan mengatur pola makan sehingga tensi darah tidak naik tinggi dan selalu sehat.

Kesimpulan

Demikian artikel mengenai pengaruh konsumsi makanan dengan santan kelapa terhadap darah tinggi. Santan kelapa bisa menyebabkan tekanan darah naik tinggi. Tetapi, dari pengalaman saya, pengaruh dari konsumsi santan kelapa itu terjadi setelah saya berusia 60 tahun. Sebelumnya tidak berpengaruh.

Apakah hal yang sama juga terjadi pada diri Anda? Coba cek tensi jika Anda punya darah tinggi dan mengonsumsi opor ayam atau makanan lain dengan santan kelapa. Kalau tidak menyebabkan tensi darah naik berarti daya tahan tubuh Anda bagus. Daya tahan tubuh adakalanya berkaitan dengan usia.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua. Tetap sehat.