11 Sayuran Pencegah Kanker – Cara Efektif Menghindari Sakit Kanker

Diposting pada
Terima Kasih untuk Berbagi

ANDA sebaiknya juga mengonsumsi sayuran tiap hari. Mengapa? Karena sayuran pencegah kanker. Jika Anda sering mengonsumsi sayuran, Anda bisa terhindar dari sakit kanker.

Ya, setiap orang pasti ingin terbebas dari penyakit kanker. Kanker apa saja. Kanker payudara, kanker tiroid, kanker kulit, kanker otak, kanker serviks, dsb. Kanker termasuk penyakit berat dan pengobatannya memerlukan biaya tidak sedikit.

Oleh karena itu, cara terbaik adalah menghindari penyakit kanker. Salah satunya dengan sering mengkonsumsi sayuran pencegah kanker. Walaupun Anda tidak mengonsumsi tiap hari. Tetapi, jika bisa tiap hari, ya lebih baik. Meskipun mengonsumsi sedikit.

Sering mengonsumsi sayuran bisa membuat Anda terhindar dari sakit kanker. Kanker adalah suatu penyakit yang timbul akibat pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh.

Sel-sel itu akhirnya berubah menjadi sel kanker dan menyebar ke seluruh bagian tubuh. Banyak penderita kanker yang tidak bisa diselamatkan nyawanya karena cepatnya perkembangan penyakit itu.

Selain mengonsumsi sayuran pencegah kanker, Anda juga bisa mengonsumsi makanan pencegah kanker. Setidaknya ada 18 makanan pencegah kanker yang bisa Anda pilih.

Daftar 11 Sayuran Pencegah Kanker yang Bisa Anda Pilih

Pertanyaannya sekarang adalah sayuran apa saja yang bisa Anda manfaatkan untuk mencegah penyakit kanker? Bagaimana penyiapan dan pengolahannya sehingga bisa mencegah kanker dengan efektif?

 

sayuran pencegah kanker

sayuran pencegah kanker otak (foto:disehat.com)

Beberapa sayuran yang bisa Anda konsumsi adalah sayuran yang memiliki kandungan zat antikanker atau yang lebih dikenal dengan karotenoid. Selain itu, Anda perlu menjalani hidup sehat dengan asupan nutrisi yang tepat, di antaranya dengan mengonsumsi sayuran pencegah kanker.

Setidaknya ada 11 sayuran yang bisa mencegah berkembangnya penyakit kanker dalam tubuh Anda. Penyakit kanker termasuk salah satu penyebab kematian tertinggi di banyak negara, termasuk Indonesia.

Ke-15 sayuran pencegah sakit kanker itu adalah;

1. Pencegah Kanker Brokoli, Kubis, Kol dan Kembang Kol

Sayur kubis, kol, brokoli, dan kembang kol sangat baik Anda konsumsi. Sebab, sayuran ini mengandung komponen kimia indole-3-carbinol (l3C) yang bisa melawan kanker payudara.

Caranya dengan mengubah estrogen sebagai pemicu tumbuhnya kanker menjadi pelindung Anda dari serangan kanker.

Sayur kubis, brokoli, terutama bagian kecambah tidak hanya mencegah kanker payudara, tetapi juga beberapa kanker lainnya. Brokoli juga bisa menonaktifkan radikal bebas dan karsinogen.

2. Cabai Bisa Menetralisir Beberapa Kanker

Cabai juga bisa Anda memanfaatkan untuk mencegah atau melawan kanker. Cabai mengandung senyawa capsaicin yang bisa menetralisir beberapa jenis kanker, termasuk kanker perut.

3. Pencegah Kanker Bawah Putih

Bawang putih telah dikenal luas sebagai sayuran obat. Misalnya untuk menurunkan darah tinggi, kolesterol tinggi, dsb. Cuma orang tidak suka mengonsumsi bawang putih dalam kondisi mentah karena rasa dan aromanya yang menyengat.

Bawang putih mengandung allyl sulfur yang bisa mencegah pembentukan ataupun pengaktifan nitrosamine dalam tubuh. Sekaligus memblokir zat-zat karsinogen yang mengancam kesehatan Anda.

Bawang putih juga kaya vitamin A, B. C, kalsium, potassium, besi, karoten dan selenium. Semua itu bisa mencegah mutasi gen, menghambat pertumbuhan sel kanker, dsb. Singkatnya, konsumsi bawang putih bisa membuat Anda terhindar dari sakit kanker.

4. Tomat Melawan Kanker Payudara

Anda suka mengonsumsi tomat? Itu gaya hidup sehat. Sebab, tomat mengandung zat yang melawan kanker. Misalnya, lycopene atau antioksidan yang melawan penyebab kanker.

Kandungan lain dalam tomat adalah vitamin C. Ini bisa mencegah kerusakan sel yang nantinya bisa berubah menjadi kanker. Konsumsi tomat rutin bisa membunuh sel kanker di mulut, payudara, prostat, pankreas dan kanker kolateral.

5. Sayuran Pencegah Kanker Sawi

Sawi termasuk sayuran anti kanker. Bisa mencegah penyakit kanker. Ia mengandung vitamin A dan K yang cukup tinggi,. Bahkan, semangkuk sawi mengandung 180% dari total vitamin K yang Anda butuhkan per hari.

Selain itu, semangkuk sawi juga mengandung 33% total vitamin A yang Anda butuhkan per hari. Salah satu fungsi vitamin A adalah mencegah terbentuknya berbagai penyakit kanker.

6. Lobak, Sebaiknya Dikonsumsi Mentah

Lobak juga berkhasiat besar untuk membuat Anda selalu sehat, termasuk sehat dari gangguan penyakit kanker. Ini karena kandungannya yang bernama glucosinolates.

Glucosinolates inilah yang berkhasiat melawan kanker dan mengurangi pertumbuhan sel tumor. Anda yang rajin mengonsumsi lobak akan terhindar dari penyakit kanker, khususnya kanker payudara.

Selain itu, juga bisa melawan tumor di usus besar dan anus. Tetapi, lobak sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan mentah.

7. Wortel Mencegah Kanker Mata

Sayuran ini kaya akan vitamin A, yakni 2.000 IU. Anda yang rajin mengonsumsi wortel bisa terhindar dari sakit kanker mata. Sebab, zat antioksidan dari wortel bisa mencegah mata rabun, katarak, dan kanker.

Kandungan lain yang juga mencegah kanker adalah vitamin C dan karoten. Vitamin C bisa melindungi Anda dari senyawa radikal bebas pemicu kanker.

Kandungan karoten yang tinggi ditunjukkan oleh warna wortel jingga. Setelah Anda konsumsi, zat karoten akan diubah menjadi vitamin A. Wortel setengah matang (masak) menghasilkan karoten tinggi yang bermanfaat bagi Anda untuk mencegah kanker.

8. Buncis, Pencegah Kanker Paling Top

Buncis juga termasuk sayuran anti kanker. Bisa Anda konsumsi untuk mencegah atau menghentikan penyebaran sel kanker dalam tubuh. Kandungan zat antioksidan yang tinggi bisa menangkal dan mengetahui radikal bebas dalam tubuh.

Buncis juga merupakan sayuran paling top untuk mencegah kanker. Ini berkat nutrisi di dalamnya yang bisa merangsang kinerja agen anti-karsigenik. Nutrisi pencegah kanker lainnya dalam buncis adalah lutein, vitamin C dan K.

Mengonsumsi wortel secara rutin tiap hari bisa mencegah kanker payudara, kanker usus besar, paru-paru, serviks, prostat, mulut, leukimia, dsb. Manfaat lain dari konsumsi wortel mencegah penyebaran penyakit HIV, diabetes, dan sakit jantung.

9. Bayam Efektif Menangkal Kanker Prostat

Bayam juga kaya zat antioksidan selain vitamin A, B2, C dan K. Selain itu, bayam juga mengandung magnesium, mangan, folat, zat besi, kalsium dan potassium.

Dengan berbagai kandungan itu bayam efektif untuk menangkal penyakit kanker prostat, kanker payudara, ovarium dan kanker kulit.

Tetapi, supaya penyerapan konsumsi bayam lebih baik sehingga khasiatnya mencegah kanker lebih besar, Anda sebaiknya juga mengonsumsi vitamin C seperti tomat dan jus jeruk.

Sebaiknya bayam direbus atau dibuat sayur minimal 2 menit.

10. Terong Melawan Kanker dan Menyehatkan Jantung

Terung atau terong ternyata kaya akan polifenol, antosianin, dan asam klorogenat. Zat-zat itu berfungsi mencegah tumor dan penyebaran sel kanker.

Konsumsi terong juga bisa memicu produksi enzim dalam sel yang bisa membuang berbagai racun dan membunuh sel kanker. Terong juga bisa melawan terjadinya mutasi gen penyebar kanker.

Manfaat lain dari konsumsi terong adalah menjaga kesehatan jantung, mengendalikan kolesterol, meningkatkan fungsi otak dan membuat kulit Anda lebih lembut dan bercahaya.

Siapa tak suka? Apalagi wanita. Tetapi, ah.. Anda suka masakan terong?

11. Merica Hitam Melawan Kanker Hati

Merica hitam juga punya khasiat melawan kanker. Ia mengandung piperin sekitar 32%. Senyawa antioksidan ini mampu menetralkan radikal bebas. Dengan kandungan itu, merica bisa melawan kanker hati.

Sebenarnya masih ada beberapa sayuran yang bisa Anda konsumsi untuk mencegah terjadinya sakit kanker pada tubuh Anda. Tetapi, dengan 11 sayuran pencegah kanker, Anda sudah punya banyak pilihan untuk mengonsumsi sayuran mana.

Tentu saja, Anda tidak akan mengonsumsi semuanya sekaligus. Atau silakan berganti-ganti biar tidak bosan. Selain itu, nanti Anda akan merasakan sayuran mana yang paling Anda sukai. Disukai bukan hanya karena rasanya nyaman, tetapi juga karena khasiatnya tinggi, yakni mampu mencegah kemungkinan kena kanker.

Sukses untuk mencegah penyakit kanker agar Anda selalu sehat.