11 Cara Menghilangkan Komedo Hitam dan Putih di Hidung

Diposting pada

ADA banyak cara menghilangkan komedo hitam dan putih di hidung. Anda bisa pilih cara mana yang cocok dan mudah dilakukan, tetapi cepat hasilnya.

Punya komedo tentu saja membuat Anda tidak nyaman. Bisa membuat seseorang tidak percaya diri. Ada rasa malu tampil bersama teman sekerja, sekantor atau sesama pelajar dan mahasiswa.

Komedo termasuk jenis jerawat. Hanya bentuknya lebih kecil / ringan. Bisa ada di wajah, hidung, punggung, bahu, dada, lengan dan leher.

Penyebab utama terjadinya komedo adalah sel kulit mati dan minyak yang terkumpul pada ujung luar folikel rambut. Akibat kulit di atas komedo terbuka dan terpapar udara, maka komedo tampak hitam.

Baca – 5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dalam Semalam

Cara Menghilangkan Komedo Hitam dan Putih

Salah satu cara menghilangkan komedo hitam dan putih adalah secara alami. Cara ini murah sekaligus mudah pelaksanaannya.

cara menghilangkan komedo hitam dan putih

1. Menggunakan Putih Telur

Anda bisa menghilangkan komedo dengan putih telur. Cara ini tergolong manjur sehingga Anda bisa mencobanya.

Cara menghilangkan komedo hitam dan putih di hidung tidak sulit, tetapi manjur (efektif). Sediakan putih telur (ambil telur 1 butir) dalam gelas atau wadah lain, lalu putih telur dikocok sampai berbusa.

Hasilnya, oleskan kocokan putih telur pada area komedo. Kemudian tutup dengan tisu yang sudah disiapkan. Di atas tisu diolesi putih telur secara rata. Jadi, mengoleskan putih telur dilakukan dua kali.

Setelah olesan putih telur kering (sekitar 30 menit), maka tisu bisa diangkat. Area komedo Anda bersihkan dengan air bersih mengalir. Anda bisa melakukan cara itu 2 – 3 kali setiap pemakaian.

2. Menggunakan Uap Air Hangat

Cara menghilangkan komedo hitam dan putih secara alami bisa Anda lakukan dengan menggunakan air hangat. Tetapi bukan airnya yang harus Anda gunakan, melainkan uapnya.

Cara ini bertujuan membuka pori-pori kulit. Dengan cara ini, kotoran yang ada pada kulit bisa bersih dengan sendirinya.

Baca – 7 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi

Caranya: siapkan air matang / hangat. Tuangkan air hangat pada suatu wadah, lalu hadapkan wajah Anda pada air hangat. Uap air panas / hangat akan membuka pori-pori Anda. Lakukan beberapa kali sampai komedo bersih dari hidung dan bagian tubuh yang lain.

3. Pasta Gigi Herbal

Anda juga bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride dan mineral untuk mengatasi komedo. Sebab, kedua senyawa (fluoride dan mineral) itu dapat menghaluskan wajah, hidung dan lainnya yang kasar karena banyak komedo.

Tetapi, ada baiknya Anda memilih menggunakan pasta gigi herbal. Sebab, pasta gigi herbal lebih aman. Tidak menggunakan bahan kimia seperti halnya pasta gigi biasa (non herbal). Kini banyak dijual di toko online.

Cara menghilangkan komedo di hidung adalah: Oleskan pasta gigi secara merata. Lalu diamkan selama 15 menit dan bilas menggunakan air bersih yang mengalir.

4. Menggunakan Baking Soda

Menggunakan baking soda untuk menghilangkan komedo di hidung juga bagus. Baking soda bisa menjaga kadar ph kulit, mengatur produksi minyak di kulit, dan mengelupas sel kulit mati yang menumpuk pada hidung.

Caranya: Buatlah pasta dengan bahan baking soda. Hasilnya Anda oleskan pada hidung dan wajah hingga rata.

5. Tepung Gandum untuk Masker

Tepung gandum juga bisa Anda buat masker untuk membersihkan komedo pada hidung.

Caranya: Buat dulu pasta dari tepung gandum, lalu hasilnya Anda oleskan pada area yang berkomedo. Diamkan 15 menit sampai kering. Setelah selesai, bilas dengan air bersih yang mengalir.

Baca – 9 Cara Menghilangkan Jarawat dengan Bahan Alami

6. Gunakan Scrub Kopi dan Gula

Tidak hanya untuk membuat minuman segar dan manis. Perpaduan kopi dan gula juga bisa Anda manfaatkan sebagai scrub untuk mengangkat kulit mati. Penggunaan scrub bisa membuat hidung halus, mulus, bersih dan bebas dari komedo.

Caranya: Siapkan 2 sendok makan bubuk kopi yang dilarutkan menggunakan air. Tambahkan 1 sendok makan gula pasir, lalu diaduk.

Bersihkan dulu hidung Anda. Baru Anda aplikasikan scrub dengan digosokkan secara merata pada are komedo selama 1 menit biar sel kulit mati bisa terangkat dengan sempurna.

7. Menggunakan Air Panas Campur Garam

Anda juga bisa menggunakan garam untuk membersihkan komedo hitam di hidung. Bukan saja sebagai penambah rasa asin untuk makanan.

Cara menggunakan garam untuk menghilangkan komedo hitam dan putih adalah siapkan air panas dalam suatu wadah. Lalu, larutkan garam ke dalam air panas dan hadapkan wajah dan hidung Anda pada air garam yang tersedia.

Baca – Cara Melepaskan Veneer Gigi Sendiri 

8. Lemon Menghilangkan Komedo di Hidung

Jeruk lemon juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan komedo hitam pada hidung. Lemon mengandung banyak vitamin C dan asam alpha hidroksi yang bisa menangkal radikal bebas di dalam kulit.

Dengan demikian, jeruk lemon juga dapat Anda manfaatkan sebagai cara menghilangkan komedo hitam dan putih.

Caranya: Peras jeruk lemon, lalu hasilnya Anda oleskan pada area hidung yang berkomedo. Diamkan 15 menut, lalu bilas dengan air bersih.

9. Jeruk Nipis 

Sama dengan jeruk lemon, maka jeruk nipis juga mengandung banyak vitamin C dan anti-oksidan. Bisa Anda manfaatkan untuk mencegah kulit hidung dan wajah berjerawat, mengatasi minyak berlebih, mengangkat sel kulit mati, dan mencerahkan muka. Bisa pula untuk menghilangkan komedo hitam secara alami.

Caranya: Siapkan jeruk nipis, diperas dan hasilnya Anda oleskan ke wajah, khususnya hidung yang ada komedonya. Diamkan 15 menit, barulah wajah dibilas dengan air bersih.

10. Bikin Masker dari Kulit Jeruk

Tidak hanya airnya. Kulit jeruk juga bisa Anda gunakan sebagai herbal untuk menghilangkan komedo hitam dan putih. Kulit jeruk ternyata mengandung vitamin C lebih banyak dibandingkan dengan vitamin  C di buah jeruk.

Kulit jeruk antara lain bisa Anda manfaatkan untuk masker wajah. Hasilnya bisa mengecilkan pori-pori wajah.

Caranya: Kulit jeruk dijemur sampai kering, lalu ditumbuh hingga halus, tambah air dan diaduk hingga membentuk pasta. Oleskan pasta ke wajah dan hidung berkomedo, diamkan sekitar 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

11. Pepaya Meregenerasi Kulit

Cara menghilangkan komedo hitam dan putih juga bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan buah pepaya. Dengan kandungan enzim papain, mengonsumsi pepaya bisa meregenerasi kulit.

Kandungan Vitamin E, A dan C dalam buah pepaya bisa menutrisi dan melembapkan kulit. Menghilangkan kulit mati, membersihkan kotoran, dan membersihkan komedo.

Baca – 5 Cara Cepat Menghilangkan Jerawat dalam Semalam

Bahkan, pepaya juga bisa Anda manfaatkan sebagai sunscreen atau tabir surya untuk melindungi wajah dan hidung dari sengatan matahari.

Cara pemakaian: Buah pepaya matang dipotong kecil-kecil, haluskan pepaya sampai lembut, lalu Anda oleskan ke hidung sebagai masker. Setelah 30 menit, hidung plus wajah bisa Anda bersihkan.

Demikian artikel mengenai cara menghilangkan komedo hitam dan putih di hidung. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *