12 Cemilan Sehat untuk Penderita Diabetes – Gula Darah Stabil

Diposting pada

PENDERITA diabetes tidak boleh makan sembarangan, baik jenis maupun ukurannya. Demikian pula untuk mengonsumsi cemilan. Anda harus memilih cemilan sehat untuk penderita diabetes.

Cemilan yang sehat untuk penderita diabetes adalah cemilan atau makanan yang mengandung banyak serat, protein tinggi, lemak baik dan karbohidrat rendah.

Berbagai kandungan dalam cemilan itu mampu menekan lonjakan gula darah di malam hari. Selain itu juga bisa menurunkan kadar gula darah di pagi hari. .

Cemilan apa saja yang sehat untuk penderita diabetes?

Cemilan Sehat Untuk Penderita Diabetes

Berikut ini daftar beberapa cemilan untuk penderita diabetes yang bisa Anda konsumsi sehingga kadar gula darah Anda bisa terkendali dan tidak melonjak tinggi.

Baca – 10 Kelompok Makanan Yang Aman Bagi Penderita Diabetes

Cemilan adalah makanan yang Anda konsumsi di luar makanan utama seperti makan nasi, baik nasi putih atau nasi merah.

 cemilan untuk penderita diabetes

1. Mengonsumsi Cemilan Sehat Kacang-kacangan

Salah satu cemilan sehat yang bisa Anda konsumsi adalah kacang-kacangan. Misalnya kacang almond, kacang kenari, dan kacang tanah yang kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan lemak sehat.

Tetapi, makannya harus dibatasi. Jangan berlebihan. Sebab, kacangan-kacangan juga mengandung
karbohidrat yang bisa menyebabkan penyakit diabetes Anda meningkat.

Maksimal boleh makan kacang-kacangan satu genggam per hari. Kacang almond juga bisa mengontrol kadar gula darah Anda. Kacang almond mengandung vitamin E.

Edamame adalah contoh snack (makanan kecil) berbahan kacang-kacangan ini mengandung protein dan serat larut. Sehingga bisa mengontrol kadar glukosa darah dan filtrasi ginjal.

2. Cemilan Sehat Soyjoy dari Kacang Kedelai

Cemilan dari bahan kedelai juga bisa Anda pilih karena tinggi serat dan nutrisi. Jika Anda ingin cemilan sehat sekaligus lezat, Anda bisa memilih Soyjoy.

Ada enam rasa dan enak yang bisa Anda nikmati dari snack ini. Rasa almond chocolate, banana, peanut, hawthorn berry, raisin almond dan strawberry.

Cemilan ini mengandung energi total 130 kilo kalori (kkal) dengan energi dari lemak 60 kkal. Selain itu, Soyjoy juga mengandung vitamin A, B, dan E.

Serat pangan dan protein dalam cemilan ini juga tinggi. Sangat baik untuk pencernaan. Apalagi kaya isoflavon, sangat baik untuk membuat kulit Anda selalu sehat.

Perpaduan antara bahan kedelai dan buah kering di dalam Soyjoy membuat makanan kecil / snack ini redah glikemik. Artinya, Soyjoy sangat bagus dikonsumsi penderita diabetes biar gula darahnya tetap stabil.

Baca – Resep Masakan Sehat untuk Penderita Diabetes

Yang menarik, harganya un murah. Yakni, Rp 77.000 – Rp 173.000.

2. Mengonsumsi Cemilan Buah Apel, Anggur, Jeruk, dsb.

Camilan sehat untuk penderita diabetes yang juga bisa Anda pilih adalah buah. Meskipun buah terasa manis, penderita diabetes boleh mengonsumsinya karena rasa manisnya adalah alami. Bukan karena ditambahkan gula.

Buah sangat baik Anda konsumsi karena mengandung serat, vitamin, mineral, dan antioksidan.
Pilih buah-buahan segar sehingga tidak membuat kadar gula darah naik.

Buah-buahan yang baik untuk Anda konsumsi adalah apel, jeruk, anggur, pir, beri-berian, dan kiwi. Semua cemilan itu aman untuk Anda konsumsi.

3. Cemilan Sehat Telur Rebus

Telur rebus juga bagus sebagai cemilan bagi penderita diabetes. Telur rebus bisa menjadi sumber protein yang baik dan mampu menurunkan gula darah. Pada sisi lain, kadar karbohidratnya juga sangat
rendah.

Tetapi, Anda tidak boleh mengonsumsi telur rebus lebih dari 2 butir per hari. Selain membuat gula darah stabil, mengonsumsi telur rebus juga membuat hemoglobin A1C lebih rendah. Kedua hal itu menjadi indikator pengukuran gula darah jangka panjang.

Baca – Cara Menyembuhkan Luka Diabetes Menggunakan Minyak Zaitun

Anda juga bisa memadukan telur rebus dengan cracker gandum yang kaya serat. Kandungan serat bisa memperlambat pencernaan dan pelepasan energi terjadi lebih lama. Dengan cara itu, gula darah Anda bisa lebih stabil.

4. Cemilan Sehat Popcorn – Jangan Diberi Pemanis

Anda penyuka popcorn? Mengonsumsi popcorn sebagai camilan penderita diabetes boleh, tetapi jangan diberi tambahan pemanis atau margarin.

Popcorn mengandung serat yang tinggi. Popcorn dibuat dari bahan jagung. Termasuk jenis gandum utuh. Setidaknya, dalam tiga kemasan popcorn mengandung 100 kalori, dan empat gram serat.

5. Pilih Cemilan Cokelat Hitam

Cemilan cokelat juga aman untuk Anda konsumsi. Hanya saja, Anda perlu memilih coklat hitam (dark chocolate). Cokelat ini mampu menjaga gula darah Anda tetap stabil.

Bahkan, juga bisa meningkatkan kerja hormon insulin yang sangat bagus bagi penderita diabetes.

Anda sebaiknya mengonsumsi cokelat yang mengandung minimal 70% kakao. Tetapi mengonsumsinya jangan banyak-banyak. Jumlah gula sekitar 15-30 gram per hidangan.

Baca – Cara Menguatkan Daya Tahan Tubuh dengan Buah

Informasi mengenal hal ini bisa Anda dapatkan di komposisi dan informasi nilai gizi yang biasanya ada di belakang kemasan.

6. Mengonsumsi Apel dan Selai Kacang

Buah apel juga bisa Anda jadikan cemilan sehat untuk penderita diabetes. Apel kaya serat, rendah kalori, dan mengandung flavonoid tinggi. Dengan kandungan itu, buah apel bisa melindungi tubuh dari diabetes.

Konsumsi apel bisa Anda padukan dengan selai kacang. Mengandung protein dan lemak sehat. Dikonsumsi bersama, kudapan atau snack buah apel dan selai kacang terasa nikmat, sehat, dan efektif mengontrol kadar gula darah.

7. Cemilan Sehat Tomat Ceri

Mengonsumsi cemilan sehat tomat ceri juga bagus. Bahkan, cemilan ini bisa membuat Anda cepat kenyang karena sayurannya tidak mengandung pati.

Buah tomat ceri sangat rendah kalori, lemak, dan karbohidrat. Selain itu kaya vitamin dan mineral. Kandungan antioksidan dan serat bisa meningkatkan kesehatan jantung dan pencernaan.

8. Greek Yoghurt Tawar

Yoghurt juga termasuk salah satu olahan susu paling sehat bagi penderita diabetes. Yoghurt
tinggi kalsium dan sumber protein yang baik.

Mengonsumsi yoghurt tawar bisa membuat gula darah tetap stabil karena mengandung protein, karbohidrat, dan lemak yang seimbang.

Baca – Olahraga yang Bisa Menurunkan Gula Darah 

9. Cemilan Sehat Biji-bijian

Penderita diabetes juga bisa mengonsumsi cemilan sehat jenis biji-bijian. Misalnya biji labu, chia seeds, atau biji bunga matahari. Biji-bijian mengandung lemak sehat, protein, dan serat yang baik bagi tubuh.

Berbagai jenis biji-bijian itu juga sumber vitamin E. Maka, penderita diabetes layak untuk sering mengonsumsi biji-bijian.

11. Makanan Sehat Sayuran Hijau

Mengonsumsi sayuran hijau untuk penderita sakit diabetes sangat baik. Sebab, sayuran merupakan makanan yang mengandung kalori dan gula yang sangat rendah.

Selain itu, sayuran hijau juga mengandung vitamin K, mineral magnesium, folat, fosfor, kalium, dan seng yang sangat dbutuhkan oleh tubuh.

Sayuran warna oranye seperti wortel, labu, dan waluh juga bagus Anda konsumsi. Sebab, semua sayuran itu tinggi serat dan rendah kalori.

Anda dapat mengolah sayuran menjadi berbagai cemilan atau snack seperti menjadi salad atau sup. Memasak sayur jangan terlalu lama biar vitamin dan mineralnya tetap tinggi.

12. Puding Chia Seed

Puding, selain lezat rasanya, juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Antara lain bisa membuat gula darah Anda selalu stabil.

Baca – Gula Darah pada Ibu Hamil dan Cara Mengataisnya

Anda bisa membuat puding sendiri di rumah. Sebab, cara membuatnya tidak sulit. Bahan seperempat cangkir chia seed dan satu setengah cangkir susu dicampur di dalam mangkuk besar.

Bisa menggunakan susu murni atau susu almond. Tuangkan semua bahan dalam mangkuk besar, lalu diaduk rata.

Setelah selesai, diamkan kurang lebih 20 menit. Simpan di dalam kulkas dan Anda siap menikmatinya. Segar, tetapi menyehatkan gula darah Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *