5 Cara Praktis Bersih-bersih di Rumah untuk Menghalau Corona

Diposting pada

DI tengah maraknya wabah corona yang telah memakan korban jiwa ribuan orang, Anda sebaiknya selalu menjaga diri. Ini sangat penting supaya Anda tetap sehat, dan tidak terkena penularan virus corona.

Selain selalu membersihkan tangan kita dengan air mengalir dan sabun, kita juga perlu sering membersihkan perabotan rumah tangga.

Tujuannya tidak lain agar perabot rumah tangga tetap bersih dan bebas dari kuman. Tidak menularkan virus kepada kita dan anggota keluarga kita. Kita selalu dalam kondisi sehat.

Tetapi, bagaimana cara praktis bersih-bersih di rumah untuk menghalau corona?

Perabot Rumah Tangga Apa Saja Yang Harus Sering Dibersihkan untuk Menghalau Corona?

Penularan virus corona paling sering memang terjadi akibat kontak (hubungan) antar-orang. Terutama saat seseorang bersin dan Anda yang berada di dekatnya terkena percikan bersin (mengandung virus).

Baca – 10 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Biar Tidak Kena Virus

Atau seseorang yang lah terkena virus tiba-tiba batuk di dekat Anda. Virus corna akan terhirup ke pernapasan Anda.

Cara Praktis Bersih-bersih di Rumah untuk Menghalau Corona

Cara Praktis Bersih-bersih di Rumah untuk Menghalau Corona (foto:m.medcom.id)

Tetapi kalau penderita corona batuk ke arah suatu benda, maka benda itu akan terkena virus juga. Jika Anda akan memegang benda yang ada virusnya itu, maka Anda bisa tertular virus corona.

Maka, benda atau perabot rumah tangga Anda perlu sering dibersihkan. Virus bisa bertahan sampai berjam-jam di permukaan benda dari berbagai bahan. Apakah berbahan kayu, besi, dsb.

Para ahli menyarankan agar kita sering membersihkan permukaan benda seperti meja, kursi, dan benda apa saja yang mudah terjangka di rumah Anda, sering dibersihkan.

Syukur cara membersihkan perabotan rumah tangga menggunakan cairan disinfektan.

Baca – Kota Kecil di Italia Sukses Melawan Virus Corona, Caranya?

Permukaan benda di rumah yang sering tersentuh adalah meja, gagang pintu, sakelar, pegangan, meja, toilet, keran, dan bak cuci. Semua harus dibersihkan secara teratur.

Cara Membersihkan Perabot Rumah Untuk Menghalau Virus Corona 

Berikut cara terbaik membersihkan permukaan benda di rumah tangga agar terbebas dari virus corona. Benda rumah tangga perlu sering dibersihkan supaya corona tidak menular pada Anda dan keluarga Anda.

1. Gunakan sarung tangan sekali pakai

Gunakan sarung tangan sekali pakai ketika membersihkan parabotan rumah tangga. Jika kaus tangan yang telah dipakai akan dipakai lagi, maka kaus tangan jangan dipakai untuk keperluan lain.

Jadi, sediakan sepasang sarung tangan khusus untuk membersihkan perabot rumah tangga biar bersih dari kemungkinan ada virus corona. Setelah pekerjaan selesai, sarung tangan segera dilepas.

2. Jika permukaannya kotor, harus dibersihkan menggunakan deterjen atau sabun dan air sebelum disinfeksi.

3. Untuk desinfeksi, larutan pemutih rumah tangga yang diencerkan, larutan alkohol dengan setidaknya 70 persen alkohol, dan disinfektan rumah tangga terdaftar EPA yang paling umum harus efektif.

4. Anda bisa membuat sendiri cairan disinfektan untuk membersihkan perabot rumah tangga atau keperluan lain.

Baca – Anda Merasa Kena Virus Corona? Inilah Cara Mengatasinya

Caranya sangat mudah. Anda cukup mencampurkan 5 sendok makan cairan disinfektan pada 1 galon air atau 4 sendok teh disinfektan pada 1 liter air.

5. Larutan pemutih rumah tangga encer juuga bisa Anda gunakan jika sesuai untuk permukaan. Anda perlu mengikuti instruksi pabrik untuk aplikasi dan ventilasi yang tepat.

Jangan gunakan produk yang sudah kedaluwarsa. Atau melewati batas akhir penggunaan. Selain itu, jangan sekali-kali mencampur pemutih rumah tangga dengan amonia atau pembersih lainnya.

Cara paling efektif membunuh kuman atau virus adalah menggunakan desinfeksi setelah melakukan pembersihan berbagai perabot rumah tangga.

Bagaimana Cara Membersihkan Tangan Yang Benar Biar Bebas dari Corona?

Caranya antara lain sebagai berikut:

1. Anda harus sering membersihkan tangan. Lebih-lebih sesudah melepas sarung tengan atau selah kontak dengan orang yang sakit. Caranya dengan mencuci tangan pakai sabun dan air selama 20 detik.

Jika tidak tersedia air mengalir dan sabun, maka Anda dapat menggunakan pembersih tangan berbasis alkohol atau hand sanitizer. Syaratnya, kandungan alkohol paling tidak 60%.

Baca РVietnam Bisa Bebas Corona, Bagaimana Caranya? 

2. Kapan Anda harus cuci tangan?

  • Setelah menutup hidung
  • Setelah batuk
  • Setelah bersin
  • Sesudah dari kamar kecil
  • Sebelum makan atau menyiapkan makanan
  • Sesudah memegang hewan atau hewan piaraan seperti kucing, anjing, ayam, kambing, sapi, kerbau, dsb.
  • Sebelum dan sesudah memberikan perawatan rutin untuk orang lain yang membutuhkan bantuan.

Demikian artikel mengenai Cara Praktis Bersih-bersih di Rumah untuk Menghalau Corona. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Andasemua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *