6 Pantangan Gula Darah Rendah yang Harus Anda Hindari

Diposting pada

ANDA sering menderita gula darah rendah? Hati-hati. Gula rendah bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Bahkan, gula darah rendah yang dibiarkan dalam waktu lama bisa menyebabkan kematian.

Maka, Anda harus mencegah terjadinya gula darah rendah (hipoglikemia) yang terlalu sering. Dengan kata lain, Anda harus membuat gula darah selalu normal.  Salah satu caranya dengan menghindari pantangan gula darah rendah.

Apa saja pantangan gula darah rendah? Bagaimana cara menghindari pantangan gula darah rendah?

Gula Darah Rendah Bisa Terjadi pada Semua Orang

Kadar gula darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Tetapi, kebanyakan penderita gula darah rendah adalah mereka yang punya penyakit diabetes (gula darah tinggi).

Biasanya, kadar gula darah rendah turun drastis akibat minum obat diabetes yang berlebihan atau penggunaan obat-obatan insulin. Tidak makan sampai beberapa jam, olahraga lebih berat dari biasanya, dsb, juga bisa menyebabkan gula darah Anda turun sampai di bawah normal.

Ada beberapa pantangan gula darah rendah yang harus Anda hindari supaya tubuh Anda tetap sehat. Tidak terjadi hal-hal yang fatal bagi kesehatan tubuh yang tidak Anda inginkan.

Sebaliknya, Anda harus selalu berusaha membuat kadar gula Anda selalu normal. Gula darah normal pertanda Anda dalam keadaan sehat.

Lakukan pertolongan pertama jika Anda tiba-tiba mengalami darah rendah.

 

pantangan gula darah rendah

madu (foto:liputan6.com)

Pantangan gula darah itu antara lain:

1. Mengonsumsi Karbohidrat Terlalu Banyak

Anda sebaiknya selalu membatasi konsumsi karbohidrat terlalu tinggi. Ini menyebabkan produksi insulin oleh pankreas. Makanan yang tinggi karbohidrat antara lain kentang, nanas, ubi, mangga, beras, mi, sereal, jagung, roti, gula, dsb.

2. Membiarkan Berat Badan Tinggi

Jika berat badan Anda melebihi batas normal, segera turunkan. Berat badan yang tinggi atau badan yang sangat gemuk (obesitas) juga bisa menyebabkan gula darah rendah.

3. Dosis Insulin dan Obat Anti-diabetes Terlalu Tinggi

Gunakan insulin sesuai dengan ketentuan dan kebutuhan. Jangan terlalu tinggi atau terlalu sering melakukan suntik insulin bagi penderita diabetes (gula darah tinggi).

Suntik insulin dan obat antidiabetes diperlukan ketika hormon insulin dalam tubuh tidak bisa berfungsi optimal.

Tetapi, pemberian insulin atau obat diabetes terlalu tinggi, ya bisa menyebabkan gula darah bisa turun drastis. Ini bisa berbahaya untuk kesehatan Anda.

4. Tidak Makan Sampai Berjam-jam

Tidak makan atau puasa sampai berjam-jam juga bisa menyebabkan kadar gula darah rendah (turun). Kondisi ini bisa Anda lihat saat periksa gula darah dalam kondisi puasa (tidak makan selama 8 jam). Hasilnya bisa dipastikan gula darah Anda rendah (walau masih normal).

Begitu makan dan 2 jam kemudian gula darah diperiksa lagi, maka hasilnya angka kadar gula darah Anda naik banyak. Itulah sebabnya, orang berpuasa dianjurkan untuk makan sahur. Biar perut tidak kosong dalam waktu yang lama.

Selain beban puasa di siang hari tidak terlalu berat, badan juga tetap sehat. Termasuk dalam kaitan gula darah. Dengan sahur, kadar gula darah tetap normal.

5. Daging Tinggi Lemak dan Produk Susu

Hindari makanan yang mengandung lemak tinggi. Sebaliknya, Anda mengonsumsi makanan rendah lemak. Produk susu yang mengandung lemak juga perlu Anda hindari.

Misalnya keju. Semua itu bisa menyebabkan kadar gula darah Anda menjadi rendah.

6. Porsi Makan Berubah-ubah

Porsi makan jangan berubah-ubah. Kadang banyak, kadang sedikit. Apalagi Anda sudah melakukan suntik insulin. Sebaiknya porsi makan dijaga agar konstan (tidak berubah-ubah).

Demikian pula waktu makan. Sebaiknya dijadwal dan jadwal makan selalu dipatuhi. Banyak penderita diabetes mengeluh, setelah makan kok gula darahnya turun.

Menurut dr. Dante Saksono H. Sp.PD-KEMD, Ph.D. dari RS Cipto Mangunkusumo Jakarta, hal itu terjadi akibat porsi makan kecil sehingga insulin yang disuntikkan melebihi kebutuhan. Maka, porsi makan dan waktu makan perlu dipatuhi.

Penutup

Memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi sangat penting bagi penderita diabetes atau Anda yang pernah menderita kadar gula darah rendah. Gula darah rendah juga bisa menyebabkan kesehatan Anda terganggu. Bahkan, risikonya juga tinggi (fatal).

Anda bisa minum madu untuk menjaga agar gula darah tetap normal. Terhindar dari kadar gula darah rendah. Minum madu satu sendok makan, maka Anda akan terhindar dari gula darah turun (rendah).

Oleh karena itu, jaga kesehatan Anda agar tidak terkena gula darah rendah (hipoglikemia). Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.