7 Cara Menambah Berat Badan 5kg dalam Seminggu

Diposting pada

BAGAIMANA cara menambah berat badan 5kg dalam seminggu? Ya, ini adalah salah satu jenisĀ  program meningkatkan berat badan dalam satu minggu. Tentu saja, program ini diperlukan oleh mereka yang berat badannya rendah atau berbadan kurus.

Yang terbaik memang punya berat badan ideal. Berat badan yang tidak berlebihan atau terlalu tinggi (kegemukan) dan berat badan yang tidak terlalu rendah atau berbadan kurus.

Berat badan yang ideal juga pertanda badan dalam kondisi sehat. Badan sehat tidak mudah kena penyakit sehingga harus terus dipelihara.

Lain halnya dengan berat badan berlebihan (kegemukan) dan berat badan terlalu rendah (kurus). Keduanya rentan terhadap penyakit.

Cara Mengetahui Berat Badan Anda Terlalu Rendah (Tidak Ideal)

Cara Menambah Berat Badan 5kg dalam Seminggu

(foto:mamikos.com)

Nah, sekarang pertanyaannya bagaimana cara menambah berat badan 5kg dalam seminggu?

Tentu saja, cara menambah berat badan yang akan kita jalankan haruslah cara yang sehat. Bukan asal berat badan meningkat, tetapi tak lama kemudian jatuh sakit.

Cara meningkatkan berat badan yang sehat adalah dengan membangun kenaikan berat otot tanpa jaringan lemak berlebihan. Cara ini tidak hanya akan meningkatkan berat badan.

Tetapi juga sekaligus mendapatkan berat badan yang meningkat dan sehat. Ditambah Anda akan mendapatkan postur tubuh yang indah.

Jadi, ada empat hal yang perlu mendapatkan perhatian untuk menaikkan berat badan.

Pertama, Anda harus mengubah waktu makan.

Kedua, konsumsilah kalori yang lebih banyak. Pilih makanan dengan kalori yang lebih banyak.

Ketiga, bentuk otot dengan olahraga

Keempat, konsumsi cemilan sebelum dan setelah berolahraga.

Kelima, jika Anda tetap merasa kesulitan untuk meningkatkan berat badan, ya silakan hubungi dokter.

Cara mengukur berat badan ideal, yaitu:

Misalnya, Anda memiliki berat badan 70 kg dan tinggi badan 160 cm (1,60 meter). Kalikan tinggi badan dalam kuadrat: 1,60 x 1,60 = 2,56. Lalu, bagi angka berat badan dengan hasil kuadrat tinggi badan: 70/2,56 = 23,4. BMI 23,4 jika dilihat berdasarkan standar WHO, kamu termasuk normal.

6 Cara Menambah Bera Badan dengan Cepat

Berikut cara menambah berat badan dengan cepat dalam seminggu. Misalnya penambahan berat badan 5kg dalam seminggu.

1. Tingkatkan asupan produk susu seperti yogurt, puding, atau es krim.

Makanan-makanan itu bisa dikonsumsi sebagai cemilan atau makanan penutup. Makanan-makanan itu mengandung kalori yang banyak dan air yang sangat penting untuk menaikkan berat badan.

Anda juga bisa membuat makanan berlemak sehat untuk menu makanan ketika ngemil atau saat makan pagi, maka siang atau makan malam.

Anda bisa memilih makanan selai kacang. Makanan ini tak hanya cocok untuk roti. Tetapi bisa pula dikudap bersama apel, pisang, atau biskuit gandum.

Cara lain dengan menambahkan minyak zaitun ke dalam kentang panggang, sandwich, ataupun salad.

2. Konsumsi Minuman yang Tinggi Kalori

Untuk meningkatkan asupan kalori yang bisa membuat tubuh selalu sehat, Anda bisa mengonsumsi jus buah murni, susu, ataupun jus sayuran.

Tambahkan yogurt berlemak, keju, atau bubuk protein ke dalam sajian jus buah untuk meningkatkan kalorinya. Tetapi, hindari mengonsumsi alkohol. Tinggi kalori,tetapi minim nutrisi.

3. Habiskan Dulu Makanan Tinggi Kalori

Cara mengonsumsi makanan juga perlu Anda perhatikan dari sisi kesehatan. Misalnya tatacara makan. Anda sebaiknya menghabiskan dulu makanan dengan tinggi kalori. Cara itu tidak menyebabkan Anda cepat kenyang.

Padahal, di sisi lain Anda ingin meningkatkan berat badan. Ini menuntut Anda harus banyak makan.

Maka, ketika sarapan misalnya, Anda sebaiknya makan dulu potongan alpukat, lalu telur, dan diakhiri dengan sereal..

4. Tingkakan Nafsu Makan

Supaya bisa makan lebih banyak sehingga berat badan Anda bisa meningkat, maka Anda perlu meningkatkan nafsu makan. Badan biar lebih sehat dan lebih segar.

Apalagi Anda berharap diet bisa membuahkan hasil yang lebih cepat. Menambah berat badan 5kg dalam seminggu. Meningkat nafsu makan adalah tugas utama agar program manikkan berat badan sukses.

Caranya yang sering makan. Jangan dibatasi hanya tidak kali sehari. Buat makan 5 – 6 kali sehari.

5. Tingkatkan Berat Badan Bertahap

Yang terbaik meningkatkan berat badan badan bertahap. Ini cara yang sehat. Jika kenaikannya drastis, dalam jangka panjang kurang baik. Lebih baik, misalnya naik 1 kg – 2 kg per bulan.

6. Latihan Membuat Otot Lebih Kuat

Berat badan Anda bisa naik dengan membentuk otot yang kuat. Anda bisa latihan memperkuat otot 2 kali sehari. Olahraga memperkuat otot antara lain crunch, lunge, dan squat.

Jika Anda menjadi anggota (member) pusat kebugaran, Anda bisa berlatih dengan peralatan yang sudah tersedia. Anda tinggal rajin berlatih. Gimana siap?

7. Olahraga Senam, Jalan Kaki, tetapi Hindari Olahraga Kardio

Anda juga bisa melakukan olahraga untuk meningkatkan berat badan. Tetapi, pilihlah olahraga yang sesuai dengan kondisi fisk Anda. Misalnya jalan kaki, senam, hingga angkat beban untuk membentuk massa otot. Hindari olahraga kardio yang berlebihan (berat) seperti lari.

Cara Menggemukkan Badan Wanita

Bagaimana dengan wanita yang juga punya berat badan rendah? Secara umum, cara menggemukkan badan wanita tidak berbeda dari cara yang harus dilakukan oleh pria.

1. Makanan Berkalori dan Bergizi

Selain berkalori, makanan yang bisa meningkatkan berat badan wanita adalah mengonsumsi makanan bergizi. Makanan tinggi kalori yang juga sarat nutrisi adalah brown rice, kacang-kacangan, buah kering, dan alpukat.

Makanan tinggi kalori tetapi tinggi glikemiknya. Makanan ini bisa menyebabkan diabetes, sakit jantung dan penyakit berbahaya lainnya.

2. Sumber Protein Berkualitas

Makanan yang mengandung protein tinggi juga sangat baik Anda konsumsi biar berat badan bisa meningkat menjadi berat badan ideal. Dengan mengonsumsi protein tinggi, badan akan tersusun dari otot-otot yang kuat nan indah.

Sumber protein berkualitas tinggi, misalnya telur, daging, ikan, susu, biji, suplemen protein, dll. Tubuh memerlukan 0.8gm / berat badan (kg) / hari protein untuk membangun otot baru.

3. Selalu Sarapan Pagi

Wanita jangan melalaikan dan menyepelekan peran sarapan pagi. Karena kesibukan mengurus rumah tangga atau sibuk bermake up menjelang berangkat kerja, wanita sering melalaikan sarapan pagi.

Dalam sibuk apa pun, usahakan selalu sarapan pagi. Sarapan pagi dilengkapi dengan mengonsumsi 1 butir telur dan segelas jus buah tiap hari. Catat bagaimana perubahan tubuh Anda, terutama dengan berat badan.

Penutup

Banyak penyebab mengapa seseorang berbadan kurus. Anda sebaiknya melakukan beberapa solusi yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan senang hati.

Selain itu, Anda harus menjalankan cara menambah berat badan 5kg dalam seminggu. Lakukan dengan rutin dan konsisten sampai akhirnya Anda sukses menaikkan berat badan menuju berat badan ideal sekaligus badan sehat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *