8 Alat Fitness Rumahan Murah – Bisa Olahraga Tiap Hari

Diposting pada

ALAT fitness rumahan. Untuk bisa berolahraga rutin, Anda tidak perlu pergi ke tempat kebugaran. Anda bisa melakukan olahraga atau fitness dengan baik di rumah jika memiliki alat fitnes sendiri.

Banyak keuntungan melakukan fitness atau olahraga di rumah. Anda tidak perlu pergi ke tempat gym. Apalagi tempatnya agak jauh. Bisa memakan waktu dan biaya.

Tentu saja, Anda juga bisa hemat biaya, terutama biaya transport. Selain itu juga bisa hemat bayar iuran bulanan. Olahraga atau melakukan fitnes di rumah tak perlu biaya apa pun.

Anda hanya perlu membeli alat-alat fitness sekali saja. Bisa dimulai dari penyediaan alat fitness rumahan terbaik dengan harga murah.

Baca – 6 Urutan Fitness Untuk Pemula

Dengan perjalanan waktu, alat olahraga rumahan bisa terus ditambah sampai lengkap.

Alat Fitness Rumahan Apa Saja Yang Sebaiknya Anda Miliki?

alat fitness rumahan

Peralatan fitness apa saja yang harus Anda sediakan untuk melakukan fitness / olahraga di rumah? Bagaimana dengan harga alat fitness rumahan?

Berikut 8 alat fitness rumahan yang perlu Anda miliki biar rajin berolahraga. Pilih jenis alat fitness rumahan yang cocok dengan Anda atau orang serumah. Syukur bisa memperoleh alat fitness rumah murah:

1. Resistance Band

Apa resistance band? Peralatan fitnes ini berupa seutas tali karet elastis. Fungsinya untuk melatih kekuatan dan ketahanan otot.

Tingkat elastisitas resistance band bermacam-macam. Ada yang rendah, sedang dan tinggi. Bagi pemula, tentu saja cocok dengan tali karet yang ringan atau rendah.

Menggunakan tali karet, Anda harus membentangkan tali ke kanan dan ke kiri. Pada ujung tali ada pegangan untuk membentangkan tali.

Semakin tinggi elasitasnya, semakin sulit / berat untuk membentangkan alat olahraga tali karet tersebut. Otomatis otot tangan Anda harus bekerja ekstra untuk membentangkan tali karet.

Selain ditarik dengan tangan ke kiri dan kanan, bisa juga Anda tarik ke atas. Ujung bawah diinjak dengan kaki dan ujung satunya ditarik ke atas dengan tangan.

Baca – 7 Manfaat Kesehatan dengan Menggunakan Sepeda Statis

Anda bisa menarik tali karet berkali-kali. Ditarik, dikendorkan, ditarik, dikendorkan, dst.

Harga alat fitness rumahan ini bervariasi dan sangat murah. Dari Rp 20.000 sampai Rp 100.000. Anda bisa memilih tali karet yang mana.

2. Tali Skipping

Anda juga bisa melakukan olahraga di rumah dengan tali skipping. Untuk melakukan fitness / olahraga ini, Anda bisa menggunakan jenis tali apa saja.

Tetapi jika ingin menggunakan tali khusus yang lebih baik dan tahan lama (awet), Anda bisa membeli di toko online. Harga alat fitness ini sangat murah. Dimulai dari harga Rp 10.000-an.

Cocok untuk anak-anak muda. Tetapi juga bisa dipakai oleh orang dewasa. Lompat tali ini bermanfaat untuk kesehatan jantung, paru-paru, dan memperkuat otot kaki.

Dengan alat fitness atau olahraga ini, Anda juga bisa membakar banyak lemak. Lakukan lompat tali terus-menerus selama 30 detik atau sekitar 50 kali lompatan.

Istirahat sejenak, lalu lompat tali bisa diulang lagi dengan durasi yang sama. Lakukan lompat tali 3 – 4 kali dalam seminggu.

3. Foam Roller

Anda juga bisa memilih alat gym di rumah berupa foam roller. Yakni, gulungan busa empuk yang bisa Anda pakai untuk melemaskan otot yang terasa kaku dan kencang sehabis olahraga berat.

Anda juga bisa menggunakan foam roller sebelum berolahraga. Tujuannya untuk mencegah terjadinya cedera.

Baca – Cara Mengatasi Pembengkakan Kanker Getah BeningĀ 

Foam roller juga bisa menjadi alat bantu olahraga yoga untuk melatih dan menguatkan keseimbangan tubuh. Manfaat lain dari peralatan olahraga ini adalah menghilangkan selulit di tubuh.

4. Matras Yoga

Jika Anda suka berolahraga yoga, maka sediakan perlengkapan berupa matras yoga. Ini adalah alat olahraga penting bagi Anda yang rutin melakukan yoga atau meditasi.

Dengan menggunakan matras yoga, Anda bisa membuat pijakan tetap mantap saat melakukan manuver-manuver yoga.

Selain itu, matras juga bisa melindungi tubuh Anda dari benturan. Misalnya Anda jatuh tergelincir. Yoga menggunakan matras juga bisa membuat Anda merasa nyaman.

5. Dumbell Membentuk Otot Lengan dan Bahu

Dumbell adalah versi mini dari alat angkat beban di gym. Bobot dumbell bervariasi, dari yang sangat ringan (0,5 kg) sampai yang berat (10 kg).

Dumbell dapat membentuk otot lengan dan bahu. Selain itu, juga bisa diikutsertakan saat Anda melakukan sit up, bench press, hingga squat untuk memaksimalkan sesi olahraga.

Dumbell merupakan alat olahraga atau fitness yang bentuknya lebih kecil dan lebih pendek dibandingkan dengan barbel. Selain itu, dumbell bisa diangkat dengan satu tangan.

6. Alat Fitness Kettlebell

Alat fitness rumahan lainnya yang juga bisa Anda pilih adalah kettlebell. Yakni, perangkat latihan bebal yang berbentuk seperti bola dan memiliki pegangan di bagian atasnya.

Ada yang menilai kettlebell merupakan alat latihan paling wajib. Untuk beberapa latihan yang melibatkan gerakan mengayun atau atau mendorong, menggunakan beban yang lebih berat sangat baik seperti kettlebell.

Baca – Susu Formula untuk Bayi Usia 6 – 12 Bulan Biar Cepat Gemuk

Harga alat fitness rumahan ini agak mahal, yakni Rp 390.000-an.

7. Sepeda Statis

Olahraga rumahan yang banyak digunakan adalah sepeda statis. Naik sepeda statis tak ubahnya naik sepeda biasa. Hanya, naik sepeda statis tak pergi kemana-mana. Sepeda tetap berada di tempatnya karena tanpa roda.

Dengan bersepeda statis, Anda bisa menguatkan menguatkan oto kaki, meningkatkan kesehatan dan membakar banyak kalori.

Manfaat lain dari menggunakan sepeda statis adalah mengurangi tingkat stres dan meningkatkan mood. Bahkan, bisa membantu mengatasi penyakit berbahaya seperti diabetes, darah tinggi, kolesterol tinggi, jantung, dsb.

Harga sepeda statis dari Rp 900.000. Tetapi, yang pakai bisa banyak orang. Ya, orang serumah makai semua. Mereka semua bisa lebih sehat.

8. Samsak Tinju

Samsak tinju bisa jadi alat fitnes atau olahraga rumahan yang sangat baik. Tidak hanya membuat fisik atau badan kita sehat. Latihan tinju juga bisa membuat kita mampu mengendalikan emosi sehingga tidak mudah stres.

Dengan ini lathan tinju, kita dapat meluapkan kekesalan tanpa harus melukai siapa pun. Alat olahraga ini juga bisa gunakan latihan bela diri. Tentu saja, hal ini penting untuk mengatasi jika suatu kita dalam berbahaya.

Harga alat fitness ini dari Rp 150.000. Anda bisa memilih yang terbaik untuk Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *