Penderita Diabetes Perlu Miliki Alat Pengukur Gula Darah

Diposting pada

PENDERITA sakit diabetes sebaiknya memiliki alat pengukur gula darah sendiri. Bahaya dari penyakit diabetes sangat besar. Maka, Anda harus sungguh-sungguh mengatasinya biar diabetes Anda bisa cepat sembuh. Atau gula darah Anda kembali normal.

Diabetes termasuk penyakit dengan penderita meninggal cukup tinggi. Anehnya, dua pertiga penderita tidak tahu bahwa dirinya punya penyakit diabetes sudah cukup lama. Bahkan sudah kronis.

Mereka baru tahu ketika jatuh sakit dan periksa dokter. Misalnya punya luka sulit sembuh sehingga mereka periksa ke puskesmas. Dari pemeriksaan dokter,  mereka diketahui mengidap diabetes sudah cukup parah. Tetapi, mereka tidak tahu bahwa penyakit diabetes telah lama bersarang di tubuhnya.

Anda bisa memilih alat cek gula darah yang Anda inginkan. Ada 9  alat cek gula darah yang bisa Anda pilih.

Penyebab Sakit Diabetes: Tidak Pernah Mengukur Gula Darah

Mengapa bisa terjadi demikian? Karena mereka tidak pernah memeriksakan gula darahnya. Mereka mengira dirinya selalu sehat sehingga tidak perlu periksa ke dokter atau ke layanan kesehatan lainnya seperti puskesmas, poliklinik, dsb.

alat pengukur gula darah

alat pengukur gula darah (foto:simomot.com)

Karena merasa sehat, mereka mengonsumsi semua makanan yang diingini dan dianggap nyaman. Misalnya mengonsumsi makanan kaleng yang diawetkan. Padahal, makanan kaleng mengandung garam (natrium) tinggi.

Yang terbaik memang selalu cek gula darah secara periodik. Misalnya 3 tahun sekali. Dengan cara itu, mereka akan mengetahui kondisi kesehatan tubuhnya terutama yang berkaitan dengan gula darah (penyebab sakit diabetes).

Jadi, cek kesehatan tidak harus menunggu sakit. Yang terbaik, cek kesehatan sebelum sakit. Jika dari cek kadar gula darah diketahui gula darah Anda mendekati tinggi, maka Anda harus segera menurunkannya.

Dengan melakukan pemeriksaan gula darah secara periodik, Anda bisa bebas dari sakit diabetes (gula darah tinggi). Anda bisa selalu memiliki kadar gula darah normal alias sehat.

Anda Perlu Miliki Alat Pengukur Gula Darah, Mengapa dan Untuk Apa? 

Tetapi jika Anda sudah telanjur kena penyakit diabetes akibat gula darah yang tinggi, maka yang harus Anda lakukan adalah berusaha jangan sampai gula darah Anda naik sampai tinggi.

Caranya banyak. Misalnya minum obat diabetes, baik obat medis, obat herbal ataupun obat tradisional. Selain itu, menerapkan pola makan sehat. Yakni, menjalani cara makan yang sehat untuk penderita diabetes (gula darah tinggi).

Antara lain seperti telah disinggung di atas, adalah membatasi konsumsi garam. Anda perlu mengenali makanan-makanan yang dibuat dengan banyak tambahan garam.

Atau makanan-minuman yang mengandung banyak gula dengan rasanya yang sangat manis. Ini juga harus Anda hindari. Ya, semua makanan pantangan untuk penderita gula darah tinggi harus dihindari.

Bisa Memastikan Makanan Apa yang Kandungan Gulanya Tertinggi

Salah satu cara praktis untuk mengetahui makanan apa saja yang bisa menyebabkan gula darah Anda naik tinggi adalah dengan sering mengukur kadar gula darah.

Ini sangat penting supaya Anda mengetahui dengan persis makanan minuman apa saja yang menyebabkan gula darah Anda naik tinggi.

Sebab, kandungan garam atau gula dalam suatu makanan tidak sama. Misalnya kandungan garam atau gula dalam makanan kaleng buatan perusahaan A beda dengan kandungan garam atau gula dalam makanan kaleng buatan perusahaan B.

Belum lagi menyangkut kualitas dan jenis garam dan gula yang dipakai. Tentu tidak semua perusahaan melakukan hal yang sama.

Cara yang tepat untuk mengetahui pengaruhnya pada penyakit diabetes Anda adalah dengan mengukur gula darah setelah Anda mengonsumsi makanan kaleng.

Kalau kadar gula darah Anda naik, berapa kenaikannya. Bandingkan dengan kadar gula darah Anda sebelum mengonsumsi makanan kaleng.

Kalau kenaikan kadar gula darah Anda kecil atau tidak naik berarti makanan itu aman dikonsumsi. Yang penting jangan mengonsumsi banyak. Atau jangan melebihi batasan maksimum untuk konsumsi natrium, yakni 2300 mg natrium.

Tetapi, jika kenaikannya tinggi, ya Anda harus menghindari makanan itu. Anda tidak boleh main-main dengan makanan larangan diabetes. Risikonya sangat besar. Lebih baik memilih makanan pengganti yang tidak membahayakan kesehatan Anda.

Atau menggunakan resep khusus untuk menyediakan makanan bagi penderita diabetes. Ini adalah cara yang aman untuk membuat kadar gula darah Anda selalu stabil dan Anda selalu sehat.

Punya Alat Pengukur Gula Darah Sendiri, Anda Bisa Selalu Sehat 

Ya, inilah kegunaan dari memiliki alat pengukur gula darah sendiri. Jika cara itu Anda jalankan dengan baik dan sungguh-sungguh, Anda bisa bebas dari deraan penyakit diabetes.

Walaupun penyakit diabetes tidak bisa sembuh 100%, tetapi karena jarang kambuh dan kadar gula darah Anda selalu normal berarti Anda sehat. Gula darah tidak akan menghancurkan organ-organ tubuh Anda.

Ahli Diabetes Prof Dr dr Sidartawan Soegondo, SpPD-KEMD, FINA menyatakan bahwa memiliki alat tes gula darah itu sangat penting bukan hanya untuk para penderita diabetes. Siapa pun yang memiliki riwayat penyakit diabetes dari keluarga juga harus rajin cek gula darah.

Tujuannya supaya mereka mengetahui kemungkinan adanya ancaman sakit diabetes. Dengan mengetahui ancaman diabetes lebih dini, mereka bisa segera mengatasinya sehingga gula darahnya tidak naik tinggi. Dengan cara itu, mereka akan selamat dari kemungkinan kena penyakit diabetes.

Kalau sudah kena diabetes, penderita harus selalu mengatasi penyakitnya sepanjang hidup. Sebab, diabetes tidak bisa disembuhkan.

“Hanya bisa suntik insulin dan kontrol makanan, serta aktivitas fisik biar hidupnya berkualitas,” kata Prof Sidartawan seperti dikutip oleh lifestyle.okezone.com.

Kesimpulan

Bagi Anda yang kini menderita diabetes, sebaiknya punya alat pengukur gula darah. Dengan memiliki alat ini, Anda bisa mengetahui kondisi diabetes Anda setiap saat. Jika naik, Anda bisa segera menurunkan sehingga tidak berkembang menjadi parah. Anda pun akan selalu sehat.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *